CARA MEGUSIR TIKUS DI RUMAH

gambar tikus
Hewan yang satu ini memang bikin jengkel, benda apa saja bisa dia rusak dengan giginya, konon cara seperti itu dilakukan karena gigi tikus bagian depan akan bertambah panjang setiap harinya, jadi agar tidak tumbuh terlalu panjang maka seekor tikus selalu menggigit apa saja agar giginya tidak bertambah panjang. Selain itu kotoran dan air kencingnya bau dan membawa penyakit. Oleh karena itu seyogyanyalah kita mengusir jauh-jauh tikus dari rumah agar kesehatan dan kebersihan rumah tetap terjaga. untuk mengusir tikus dari rumah silahkan baca paparannya di bawah ini:


1. Perangkap tikus, ini adalah salah satu cara yang paling aman karena tidak menggunakan bahan kimia atau racun, cukup dengan meletakkan makanan kesukaan tikus di dalamnya, dan biarkan tikus tertarik untuk masuk ke dalam perangkap dan biarkan tikus masuk perangkap. Kelemahan dari cara ini adalah kita hanya dapat menangkap tikus satu ekor dalam satu malam.

2. Lem tikus, Cara ini mirip dengan cara nomor1 cuma medianya adalah lem, dengan meletakkan sepotong makanana di bagian tengah lem akan membuat tikus tertarik untuk mengambilnya dan tanpa disadari kakinya sudah melekat pada lem, cara ini masih kurang efektif karena lem tersebut hanya berhasil pada jenis tikus yang kecil saja sedang yang berukuran besar masih dapat lolos, sering saya jumpai pada permukaan lem menempel rambut-rambut tikus yang tertinggal sedangkan tikusnya tidak ada, ini salah satu bukti bahwa penggunaan lem kurang efektif.

3. Racun tikus, ini salah satu cara yang cukup efektif  karena tikus akan mati setelah memakan makanan yang telah diberi racun tetapi resikonya tikus yang mati akan berada di mana saja karena racun tidak langsung bereaksi seketika jadi tikus masih bisa bergerak ke tempat lain beberapa menit setelah memakan racun. Selain itu racun tikus bukan saja berbahaya bagi tikus tetapi bagi manusia dan hewan lainnya.

4. Alat pengusir tikus elektronik, untuk cara ini anda harus menyiapkan dana yang cukup untuk dapat membelinya, alat ini bekerja dengan mengeluarkan gelombang suara yang mampu membuat tikus tidak nyaman saat mendengarnya sehingga tikus akan menjauh dari rumah. Kelemahan alat ini adalah gelombang suara tersebut dapat mengganggu hewan peliharaan, selain itu kita tahu bahwa tikus adalah salah satu hewan yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya, maka lama kelamaan tikus akan terbiasa mendengar gelombang suara yang dikeluarkan alat tersebut sehingga tikus akan tetap berada di lingkungan rumah.

5. Amonia, Amonia adalah senyawa kimia yang terdapat pada air kencing manusia, untuk mengusir tikus kita tinggal memasukkan amonia ke dalam botol kemudian disemprotkan ke setiap tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Hampir semua hewan termasuk tikus menandai wilayah kekuasaannya dengan membuang air kencing mereka di suatu tempat, maka dengan menyemprotkan amonia di bekas kencing tikus maka bau kencing tikus akan tergantikan dengan bau amonia sehingga penc1uman tikus akan terganggu dan akibatnya tikus akan kebingungan mencari jalan dan mencari alternatif jalan yang lain menjauh dari sana. Kelemahan dari cara ini adalah tempat yang sudah diberi amonia akan terc1um bau pesing yang sangat kuat.

6. Kulit durian dan buah mengkudu masak atau busuk. Aroma dari bahan-bahan yang didapat dari alam tersebut dipercaya dapat menjauhkan tikus dari rumah karena mempunyai bau-bauan yang menyengat. Cobalah taruh kulit durian dan potongan buah mengkudu matang di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Cara ini adalah cara yang paling aman menurut Saya karena menggunakan bahan alami yang aman bagi manusia dan hewan tetapi kita tidak mungkun dapat memiliki cangkang durian atau mengkudu bila bukan musimnya.

7. Kapur barus, tikus adalah hewan yang paling membenci bau-bauan yang menyengat seperti contohnya kapur baruis, dengan menyebar kapur barus di rumah maka tikus tidak berani masuk.

8. Memelihara predator tikus yaitu kucing, Kucing adalah salah satu pemangsa tikus selain dari burung hantu, burung elang, dan ular. Tetapi kucing ini hanya mampu memangsa tikus yang kecil-kecil saja sedangkan tikus got yang berukuran besar dia akan diam atau bahkan takut.

9. Pepermin atau daun pepermin, ambillah beberapa ikat daun  pepermin lalu ambil sarinya dengan cara didisemprotkan ke setiap tempat yang sering dilalui tikus. bila daun min sulit didapat maka alternatif lain adalah dengan menggunakan balsem yang beraroma mint dengan cara dioleskan kesetiap sudut tempat berjalannya tikus.

10. Menutup setiap celah atau lubang yang dapat dilalui tikus.

11. rajin-rajinlah membersihkan rumah jangan sampai ada sisa makanan yang tercecer

12. Tutuplah rapat-rapat tempat pembuangan sampah agar tikus tidak berleliaran atau berkembang biak di sana.

Demikianlah beberapa cara mengusir tikus dari dalam rumah, terserah anda mau pilih yang mana. semoga bermanfaat.

Untuk menghilangkan bau kotoran dan kencing tikus silahkan baca artikel Saya "Cara menghilangkan bau kencing tikus di lantai"

Post a Comment for "CARA MEGUSIR TIKUS DI RUMAH"