CARA MERAWAT BATU BATRE/ELEMEN KERING

Batu baterai atau disebut juga dengan nama elemen kering adalah salah satu sumber listrik yang praktis yaitu dapat dibawa ke mana-mana , mudah dalam pemasangan dan tahan lama. batu batre sangat banyak dibutuhkan pada perangkat elektrionik yang berukuiran kecil seperti untuk mainan anak-anak, handphone, laptop,  dan peralatan lainnya, apabila kita kurang tahu tentang bagaimana cara merawatnya maka keunggulan batre ini akan terhapuskan.

Dengan perawatan yang baik maka sebuah batu batre akan tahan lebih lama dan tidak akan membahayakan. di bawah ini Saya jelaskan poin-poin penting tentang cara merawat batu batre yang benar agar manfaat batre dapat kita rasakan.
  • Pada saat pemasangan awal atau penggantian batre lama yang sudah habis setrumnya dan diganti dengan yang baru, maka pastikan kutub batere dipasang dengan benar sesuai instruksi dudukan baterenya, lihatlah pada bagian dudukan batre biasanya terdapat gambar batu batre yang benar lengkap dengan petunjuk positip dan negatipmya, bila kita benar pada tahap pemasangan awal maka dapat dipastikan alat yang memakai batre tersebut akan berjalan dengan baik..
  • Selama pemakaian batu batre pastilah terjadi habisnya setrum di dalam batre, hal ini dapat diketahui dengan tidak berjalannya alat yang dipasang batre tersebut seperti sedia kala untuk itu gantilah semua batere secara bersamaan (jangan mencampur batere lama dengan yang baru), karena pemasangan batu batre yang bermacam-macam pada sebuah alat akan mempengaruhi kinerja alat tersebut, selain itu batu batre yang sudah lemah akan menguras setrum yang ada pada batre yang masih baru, tentu saja hal ini sangat merugikan karena batre yang seharusnya dapat bertahan lebih lama kini sangat boros dan cepat habis strumnya. 
  • Untuk menjaga usia batre agar berumur panjang maka jangan menggunakan/mencampur beberapa batere dengan bahan dasar yang berbeda-beda seperti: CARBON ZINC, NI-CAD, LI-ON dan ALKALINE secara bersamaan karena akan memperpendek umur batere.
  • Janganlah mengisi kembali (rechare) batere yang tidak ada perintah untuk dicharge ulang dari pabrikan baterai karena akan memperpendek umur batre.
  • Pada saat batre sudah habis setrumnya maka Janganlah membuang batre bekas ke dalam api, atau dibawa tanpa kemasan.
  • Janganlah menyimpan batu batre di dalam perangkat elektronik dalam waktu yang sangat lama, karena batu batre yang terpasang terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan keluarnya cairan kimia yang ada di dalam batre yang mengakibatkan karat pada bodi batre, selain itu bahan kimia tersebut mungkin saja berbahaya bagi kesehatan, jadi sering-seringlah memeriksa alat elektronik yang menggunakan batu batre jangan sampai tidak katahuan bahwa batre sudah habis setrumnya.
"Jenis batu batere yang tidak dapat diisi kembali(recharge) akan tahan lama bila penanganannya benar"

Post a Comment for "CARA MERAWAT BATU BATRE/ELEMEN KERING"