CARA MERAWAT JAS HUJAN, RAINCOAT & PONCO

Jas hujan
Jas hujan atau mantel plastik adalah perlengkapan yang mesti dimiliki pada saat musim hujan, pakaian ini sangat membantu kita agar terhindar dari air hujan, bagi pengendara motor jas hujan adalah perlengkapan wajib yang harus selalu ada dan dibawa kemanapun saat mengendarai sepeda motor.

Tetapi kadang-kadang kita lalai dalam menjaga jas hujan ini sehingga jas hujan pun menjadi rusak dan tidak dapat terpakai lagi, beberapa hal yang tidak menyenangklan apabila kita kurang dalam merawat jas hujan adalah:

  • Jas hujan menjadi kotor dan bau dikarenakan jarangnya dibersihkan atau saat masih basah langsung dilipat tanpa menunggu jas hujan tersebut kering. 
  • Terdapat banyak lubang atau sobek yang mengakibatkan tembusnya air ke badan.hal ini dikarenakan cara penyimpanan dan penggunaan jas hujan yang kurang hati-hati.

Cara merawat jas hujan, raincoat, ponco:
  • Bersihkan dan laplah jas hujan / raincoat / ponco sampai bersih dan kering setiap selesai digunakan dengan menggunakan lap yang berdaya serap tinggi atau kain lap yang kering.
  • Janganlah melipat jas hujan dalam keadaan basah karena jas hujan yang dilipat dalam keadaan basah akan mengeluarkan bau yang tidak sedap akibat dari menempelnya keringat dan bakteri pada bagian dalam jas hujan yang telah dipakai.
  • Untuk mencegah agar jas hujan tidak robek akibat terkait  atau terjepit hindari menyimpan jas hujan di besi penjepit barang atau disimpan diantara jok dan tangki sepeda motor.
  • Hampir semua jas hujan terbuat dari plastik yang mudah meleleh bila terkena bara api oleh karena itu  Janganlah menyalakan api sambil memakai jas hujan atau jauhi orang yang sedang menyalakan api.
  • agar jas hujan awet dan terjaga kebersihannya maka simpanlah jas hujan di bagasi motor atau tas.

Cara mengatasi / memperbaiki jas hujan yang sobek:

Peralatan yang dibutuhkan:
  • Plastik yang mirip dengan bahan jas hujan.
  • gunting
  • koran bekas 
  • lem cair super
Pada musim hujan keberadaannya jas hujan sangat penting untuk melindungi tubuh kita dari percikan air hujan, tetapi sayangnya hampir semua jenis jas hujan terbuat dari bahan plastik yang mudah sekali robek, diawali dengan sobek sedikit saja maka dalam waktu yang singkat akan melebar dan membesar, sebelum robekan kecil pada jas hujan membesar tamballah jas hujan yang robek dengan cara-cara yang pernah saya lakukan untuk jas hujan saya, inilah caranya;
  1. Letakkan jas hujan di atas permukaan yang rata (bisa di atas meja yang besar atau lantai rumah) dengan posisi bagian yang robek berada di bawah,
  2. Untuk menahan cairan lem agar tidak tembus ke lantai letakanlah koran di bawah bagian jas hujan yang robek  
  3. Ukur dan guntinglah plastik yang mirip dengan bahan jas hujan kira-kira mampu menutupi bagian jas hujan yang sobek.
  4. Siapkan lem cair serbaguna yang cepat kering dalam hitungan detik dan mampu melekatkan berbagai macam bahan. hati-hati menggunakan lem jenis ini karena baunya sangat menyengat yang dapat merusak mata dan berdaya rekat kuat sekali, jauhkanlah mata dari lem ini dan bila kulit terkena lem cepatlah dibersihkan agar kulit kita tidak menempel pada benda lain atau kulit kita yang lain.
  5. Olesi plastik yang sudah diukur dengan lem kemudian tempelkan ke bagian jas hujan yang robek lalu tahan beberapa saat sampai lem mengering, usahakan plastik yang ditempel dan jas hujan yang robek tidak kusut atau tidak menempel rata karena kalau tidak maka air hujan masih bisa tembus ke dalam jas hujan melalui bagian yang robek meski sudah ditambal.
  6. Setelah lem mengering angkatlah jas hujan dari lantai kemudian lepaskan koran yang ada pada bagian bawah jas hujan.

Post a Comment for "CARA MERAWAT JAS HUJAN, RAINCOAT & PONCO"