CARA MERAWAT PINTU KAMAR

Pintu adalah sarana yang ada pada ruangan yang memerlukan privasi, terlebih untuk sebuah kamar, apalagi kamar pribadi sangat memerlukan pintu yang dapat diandalkan jangan sampai sesuatu tentang kita diketahui oleh orang lain hanya karena pintu kamar kita didak dapat dikunci karena rusak.

Rusaknya pintu kamar oleh gejala alam seperti cuaca dan waktu mungkin tidak menjadi masalah, namun ketika pintu kamar kita rusak akibat kelalaian atau akibat kurang memperhatikan dalam hal perawatannya maka dapat diketahui bahwa yang punya kamar belum faham tentang cara menjaga kualitas pintu kamar yang benar. untuk mengetahui cara merawat pintu kamar yang benar maka di bawah ini saya jelaskan beberapa pengalaman saya tentang hal tersebut.
  • Untuk menjaga atau mencegah agar engsel pintu kamar tidak cepat rusak seperti terbelah ataupun patah maka jangan membuat atau menggantungkan gantungan pakaian atau menancapkan paku untuk menggantung pakaian di belakang pintu karena menyebabkan engsel pintu cepat rusak, pasanglah gantungan untuk baju pada tembok.
  • Untuk menjaga keamanan kamar selama anda berada di dalam kamar maka pasanglah  kunci selot beserta pasangannya pada kusen pintu bagian dalam, anda boleh memasang lebih dari satu selot. selain itu dengan memasang selot dari dalam maka kunci yang asli akan tetap awet karena jarang digunakan, pakailah hanya kunci selot selagi anda di dalam kamar, kunci yang asli hanya digunakan bila anda sedang meninggalkan kamar dalam jangka waktu lama.
  • Untuk menjaga kesetabilan kusen agar terpaku kedinding tembok maka pasanglah paku/besi. Uuntuk menghilangkan bunyi berderit saat anda membuka/menutup pintu tetesilah engsel pakai oli atau minyak goreng.
  • Hal lain yang sering menjadi penyebab engsel rusak adalah seringnya pintu dijadikan mainan oleh anak-anak, maka jangan biarkan anak-anak menggelantungi pintu karena engsel dan daun pintu akan cepat rusak dan patah akibat tidak kuat menahan beban berat.
  • Akibat dari faktor usia kayu yang sudah tua maka kekuatannyapun akan melemah, dapat terlihat dengan memudarnya warna cat atu banyaknya serangga yang bermukim di dalam kayu kusen dan pintu, maka dari itu rajin-rajinlah mengecat pintu dan kusen minimal setahun sekali untuk menjaga agar selalu tampak bagus dan mencegah keropos oleh rayap.

Post a Comment for "CARA MERAWAT PINTU KAMAR"