CARA MERAWAT GUNTING PISAU, GOLOK AGAR TETAP TAJAM

Perkakas tajam yang kita miliki di rumah kebanyakan terbuat dari logam besi atau baja, pada penggunaannya seringkali berhubungan dengan air dan udara yang dapat mengakibatkan karat pada tekstur logam bagian luar, selain itu pemakaian yang sembarangan juga akan membuat perkakas kita menjadi tumpul yang akhirnya akan menyulitkan dalam penggunaan.

Meski kita hidup di era digital tetapi untuk mengurus peralatan ini haruslah dirawat dengan tangan kita sendiri agar perkakas kita selalu siap sedia dimanapun dan kapanpun saat akan digunakan. untuk itu saya mengumpulkan beberapa informasi tentang cara merawatnya untuk anda, semoga bermanfaat.

1. Gunakanlah perkakas ini sesuai kebutuhan pemakaiannya. contoh: pisau dapur digunakan untuk memotong daging, ikan, sayuran, dan bumbu. Gunting kertas digunakan hanya untuk menggunting kertas. Golok digunakan hanya untuk memotong kayu, pohon.

2. Setiap selesai digunakan maka cucilah sampai bersih semua perkakas di atas lalu dilap sampai kering, untuk mencegah karat pada bagian logamnya maka lumurilah permukaan semua perkakas dengan minyak goreng yang masih bagus, apabila dianggap perlu bungkuslah perkakas dengan bahan yang dapat melindungi dari air dan dapat melindungi alat dari terbentur benda lain.

3. Jika perkakas anda sudah terasa tumpul segeralah diasah sampai tejam dan rata. untuk pisau dan golok boleh diasah dengan batu asahan sambil sesekali membasuhnya dengan air agar kita dapat langsung bisa mengetahui apakah alat yang kita asah sudah tajam atau belum, bisa juga mengasah dengan gerinda.khusus untuk gunting ada beberapa metoda yang banyak orang lakukan untuk mengasahnya diantaranya yaitu:
  • untuk gunting kertas yang berukuran kecil caranya adalah dengan menggunting beberapa lembar daun tebu atau daun bambu, dengan cara ini diharapkan bagian gunting yang berfungsi memotong akan terasah secara alami sedikit-demi sedikit oleh kedua permukaan daun yang kasar.
  • untuk gunting kain dapat  mengasahnya menggunakan  batu asahan, yang diasah adalah bagian yang miringnya saja yaitu yang tidak saling bersentuhan ketika digunakan, perhatikan bagian gunting yang diasah jangan sampai salah karena jika salah maka bukannya gunting menjadi tajam malah bertambah tumpul.
4. hati-hatilah dalam menggunakan alat karena permukaan dari perkakas-perkakas ini sangatlah tipis sehingga mudah sekali patah atau rompal bila terkena benda keras lainnya seperti batu dan logam.

5. Simpanlah semua perkakas tajam di tempat-tempat aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Post a Comment for "CARA MERAWAT GUNTING PISAU, GOLOK AGAR TETAP TAJAM"