TIPS AMAN MEMAKAI SETRIKA OTOMATIS

Para ibu rumah tangga sudah pasti tahu setrika dan cara menggunakannya, tetapi jarang yang tahu bagaimana cara menggunakannya secara aman, aman di sini adalah aman untuk pemakainya agar terhindar dari kecelakaan saat menyetrika.

Setrika adalah alat rumah tangga yang berguna untuk membantu kita dalam merapikan pakaian, penggunaan setrika sangat dekat sekali dengan tubuh pemakainya saat digunakan padahal setrika tersebut panas dan mengandun listrik, maka dari itulah kita perlu tahu bagaimana cara mengindari bahaya saat menggunakan setrika tersebut.

Di bawah ini Saya rangkum beberapa tips aman memakai setrika otomatis yang didapat dari pengalaman pribadi dan bergagai sumber, berikut penjelasannya:

1. Pastikan voltase di rumah = voltase setrika, dahulu sebelum adanya penyeragaman voltase di seluruh daerah di indonesia terdapat dua voltase yang digunakan yaitu 110volt dan 220volt dan kemungkinan besar satu daerah berbeda voltasenya dengan daerah lain oleh karena itu sangat dianjurkan untuk melihat berapa voltase yang tertera pada alat elektronik tersebut atau biasanya terdapat sakeler pemilih voltase pada setiap alat elektronik tersebut sehingga kita tinggal memilih sesuai dengan voltase yang berlaku di daerah kita. Tetapi untuk saat sekarang semua voltase di Indonesia telah menggunakan 220volt dan hampir semua alat elektronik yang beredar di Indonesia telah siap dengan voltase tersebut.

2. Pakailah alas kaki kering saat menyetrika, ini berguna apabila setrika kita nyetrum maka sendal tersebut akan mengurangi setrumyan mengalir ke tubuh kita.

2. Lengkapi stop kontak dengan arde/grounding, pemasangan ground pada stopkontak berguna untuk membuang arus liar yang berupa percikan api kecil pada stopkontak, dengan begitu dapat mencegah dari bahaya kebakaran.

3. Jangan menggunakan setrika yang pernah terjatuh, setiap alat elektronik yang pernah terjatuh atau terbanting rentan terhadap kerusakan komponen di dalamnya, selain rusak kemungkinan lainnya adalah terjadinya hubungan pendek atau konsleting  pada jalur perkabelan di dalam setrika yang mengakibatkan matinya listrik di rumah, dan yang lebih parah adalah setrum mengalir ke badan setrika yang terbuat dari logam yang dapat membahayakan kita sebagai penggunanya karena apabila kita menyentuh badan setrika maka tubuh kita akan tersengat setrum.

4. Pastikan kabel dan steker dalam keadaan baik, baik di sini adalah bahwa kabel terlihat wajar dengan tidak ada kawat tembaga yang keluar dari kabel dan kabel tidak dalam kondisi melilit, sedangkan steker dapat mengalirkan listrik ke setrika dan tidak goyang atau mudah terlepasa saat dihubungkan ke stopkontak.

5. Gantilah komponen yang rusak sesuai aslinya, apabila setrika rusak lalu diperbaiki maka gantilah komponen yang rusak tersebut yang sesuai dengan aslinya karena komponen yang asli dapat menjamin kualitas yang terbaik dari komponen tersebut yang imbasnya adalah keselamatan dan daya tahan setrika terjamin.

6. Gunakan meja setrika yang datar dan stabil, dengan meja yang datar dan stabil akan membuat nyaman saat kita meyetrika dan terbebas dari kecelakaan.

7. Hindari kabel menyentuh bagian setrika yang panas, saat menyetrika kadang-kadang kita kurang memperhatikan kalau kabel setrika menyentuh bagian setrika yang panas padahal keadaan seperti itu akan membuat kabel setrika mudah melilit dan meleleh walaupun dilindungi oleh sejenis anyaman kain atau benang sepanjan kabel, karena panas setrika tetap akan tembus ke bagian dalam kabel, maka lama-lama kabel akan terkelupas sehingga sangat rentan tersentuh kulit yang dapat mengakibatkan badan kita kena setrum.

8. Jangan meninggalkan setrika yang terpasang ke stopkontak, apapun bisa terjadi pada setrika yang ditinggalkan dalam keadaan terhubung ke listrik, misalnya tersentuh orang lain atau dipakai mainan anak kita, selain itu apabila terjadi konslet atau percikan api maka akan menjadi api besar yang akan mengakibatkan kebakaran.

9. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, simpanlah setrika yang baru dipakai  pada tempat tempat yang kira-kira tidak terjangkau oleh anak-anak.

10. Jagalah kebersihan setrika sehabis anda memakainya walaupun hanya sebentar, bersihkanlah setrika dengan pembersih khusus yang banyak dijual dipasaran.

Post a Comment for "TIPS AMAN MEMAKAI SETRIKA OTOMATIS"