CARA MEMASAK NASI SAAT LISTRIK MATI/PADAM

Bagi anda yang terbiasa memasak/menanak nasi dengan penanak nasi listrik misalnya : rice cooker,magic jar, magic com mungkin akan bingung bagaimana bila listrik mati/padam sedangkan lapar tidak bisa ditunda lebih lama lagi, maka solusinya adalah kembali ke cara masak tradisional yaitu cara memasak nasi pakai api. Ada dua cara memasak nasi secara tradisional yaitu "satu kali tahapan" dan cara memasak dengan "dua tahapan".


1. "satu kali tahapan"
adalah cara memasak dengan sekali tahapan beras menjadi nasi. caranya adalah:
  1. siapkan panci yang ukurannya sesuai dengan jumlah takaran beras yang akan dimasak.
  2. Siapkan beras yang sudah dicuci dan dibuang gabah, batu-batu kecil, dan benda-benda yang tidak kita inginkan.
  3. Masukkan beras ke dalam panci lalu isi dengan air, ukurlah ketinggian air kira-kira satu buku/ruas jari telunjuk atau jari tengah dari batas atas beras sampai permukaan air (berapapun takaran beras yang akan dimasak maka cara pengukuran airnya sama seperti itu).
  4. letakkan panci yang sudah berisi beras dan air di atas kompor menyala dan diamkan nasi sampai matang kira-kira setengah jam, sering-seringlah melihat ke dalam panci jangan sampai nasinya gosong.
  5. bila air dalam panci sudah kering tapi nasi belum matang maka boleh ditambahkan air panas sedikit demi sedikit di atas permukaan nasi secara merata. Lakukanlah tahapan ini beberapa kali sampai mendapatkan nasi yang benar-bbenar matang secara sempurna.


2. "dua tahapan"
cara memasak nasi dengan dua tahapan yaitu memasak nasi setengah matang lalu mengukusnya. caranya:
  1. siapkan panci yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah takaran beras yang akan dimasak.
  2. Siapkan beras yang sudah dicuci dan dibuang gabah, batu-bati kecil, dan benda-benda yang tidak kita inginkan.
  3. Masukkan beras ke dalam panci lalu isi dengan air, ukurlah ketinggian air kira-kira satu buku/ruas jari telunjuk atau jari tengah dari batas atas beras sampai permukaan air (berapapun takaran beras yang akan dimasak maka cara pengukuran airnya sama seperti itu).
  4.  letakkan panci yang sudah berisi beras dan air di atas kompor menyala dan diamkan selama 15-20menit sampai air dalam panci kering.
  5. setelah air dalam panci mengering(nasi sudah setengah matang) matikanlah apinya.
  6. Siapkan dandang atau langseng, yaitu panci yang di dalamnya terdapat saringan sebagai pembatas air dan nasi.
  7.  isilah dandang atau langseng dengan air sampai batas saringannya lalu letakkan di atas kompor yang menyala dan diamkan sampai airnya mendidih.
  8. Ambillah nasi(setengah mateng) dari dalam panci lalu masukkan ke dalam dandang atau langseng yang airnya sudah mendidih. dan tunggu kira-kira setengah jam untuk mendapatkan nasi yang benar-benar matang.
  9. Dengan cara yang kedua ini rasa nasi akan jauh lebih enak dan pulen.

Post a Comment for "CARA MEMASAK NASI SAAT LISTRIK MATI/PADAM"