CARA MEMASANG-MENGGANTI KABEL SETRIKA BARU

Cara memasang/mengganti kabel setrika baru
  1. Bukalah skrup yang ada di bagian tumit(belakang) setrika, biasanya hanya satu sekrup.
  2. tarik tumitnya sampai terlihat bagian terminal kabel,di situ terdapat tiga bagian terminal tapi pada umumnya hanya dua yang dipakai sedangkan satu terminal yang jarang dipakai biasanya dihubungkan dengan kabel grounding.
  3. cabutlah kabel yang rusak sampai terlepas dari tumit setrika.
  4. untuk kabel setrika yang terdiri dari dua kabel pasanglah kabel setrika yang baru dengan cara memasukkannya ke dalam lubang tumit setrika lalu pasangkan masing-masing kabel ke plat terminal yang sama dengan pemasangan kabel sebelumya.
  5. Kabel setrika yang terdiri dari tiga kabel mempunyai fungsi masing-masing, dua ujung kabel akan terhubung dengan konektor steker/colokan dan elemen, sedangkan satu kabel lagi terhubung dengan dua buah plat yang menempel pada plat kecil yang terletak pada sisi steker, saat steker/colokan dimasukkan ke stopkontak maka plat ini akan bersentuhan dengan plat yang terdapat pada sisi bagian dalam stopkontak(yang terhubung ke kabel grounding), pada terminal setrika kabel ini dihubungkan ke terminal di bagian dalam setrika yang terhubung dengan badan setrika, pada intinya kabel ini akan diteruskan ke kabel grounding yang terhubung dengan stopkontak dan sampai ke bumi, gunanya untiuk menetralisir arus liar yang mengakibatkan percikan bunga api pada stopkontak dan mencegah kita dari bahaya tersengat listrik saat menggunakan setrika.

Cara meluruskan kabel setrika yang melilit dan kusut:
  1. Guntinglah setiap anyaman benang yang menggulung kusut pada kabel yang ada di dalamnya, sehingga anyaman tali
  2. yang berfungsi melindungi kabel terlihat dan tidak bertaut dengan kabel.
  3. Bentangkan kabel setrika lalu bungkus dengan isolasi setiap kabel yang terlihat sehingga sudah tidak kusut lagi.

Tentang kabel setrika 

yang terdiri dari tiga buah kabel 
Dua buah kabel terhubung ke  elemen yang kemudian tersambung ke dua jari steker  yang pemasangannya boleh dibolak balik karena sumber listriknya berasal dari arus AC(alternating curent).
Satu kabel khusus terhubung dengan badan setrika melalui perantara sebuah termnal yang ada di dalam strika, kemudian terhubung dengan kabel yang nantinya terhubung ke grounding. kabel ini harus terpasang dengan benar.jangan sampai tertukar dengan dua kabel yang lainnya,muntuk memastikannya bila kabel setrika digan ti dengan yang baru maka ukurlah dulu menggunakan AVO meter agar diketahui kabel mana untuk grounding dan kabel mana unuk elemen.

Yang terdiri dari dua buah kabel
Pemasangan kabel untuk jenis ini sangat mudah yaitu hanya dipasang pada kedua terminal kabel yang terhubung ke elemen.setrika.

"Pemasangan Kabel grounding pada setrika sangat dianjurkan mengingat cara pemakaiannya yang dekat dengan tubuh manusia sehingga rentan untuk dapat bersentuhan dengan kulit, bila terjadi kebocoran kabel yang mengakibatkan terhubungnya badan setrika ke listrik positif maka gronding akan meminimalisir setrum tersebut sehingga tidak berbahaya bagi manusia."

1 comment for "CARA MEMASANG-MENGGANTI KABEL SETRIKA BARU"

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.