TIPS MERAWAT DANDANG

Dandang adalah salah satu alat memasak tradisional sebelum ditemukannya alat penanak nasi moderen yaitu rice cooker. Beras akan dikukus dalam dandang setelah sebelumnya dimasak setengah matang dalam panci terpisah. Di dalam dandang terdapat saringan yang berlubang agar uap air dapat memanaskan beras yang berada di atasnya. Karena seringnya dandang dipakai memasak nasi maka kadang-kadang dandang menjadi bau akibat kurang bersih dalam pencucian sehingga masih ada sisa-sisa nasi yang lengket pada dinding bagian dalam dan saringan.Untuk menghilangkan bau pada dandang maka kita harus benar dalam membersihkannya. berikut ini tipsnya:

1. Setelah dipakai memasak diamkanlah dandang agar menjadi dingin lalu rendamlah dengan air dingin agar sisa-sisa nasi yang menempel pada dinding bagian dalam dan saringan terlepas sehingga memudahkan dalam pencucian.

2. Cucilah bagian luar dan dalam serta saringan dengan spon lembut(khusus bagian bawah dandang memakai spon kasar) yang telah dibasahi dengan air yang telah dicampur dengan sabun khusus penccuci piring (lebih baik yang mengandung aroma jeruk atau lemon), bersihkan seluruh bagian dandang termasuk saringannya jangan sampai ada sisa-sisa nasi yang menempel sedikitpun karena sisa nasi yang menempel adalah penyebab bau pada dandang.

3. Setelah dicuci dan dibilas, tiriskanlah dandang dan saringannya, letakkanlah dandang dengan posisi terbalik agar sisa air yang berada di dalamnya menetes, pisahkanlah saringan dari dandang agar cepat kering.

Post a Comment for "TIPS MERAWAT DANDANG"