CARA MENGGUNAKAN/MENCUCI DENGAN MESIN CUCI

Mesin cuci adalah Alat elektronik yang berguna untuk mencuci pakaian. hampir semua orang mengetahui cara menggunakan alat ini tapi bagi sebagian orang yang masih awam atau baru memilikinya pasti bingung bagaimana cara memulainya. untuk itu saya akan sedikit berbagi pengalaman untuk anda yang memerlukannya.


Pastikan kabel penghubung listrik belum dimasukkan ke stopkontak listrik.

Mencuci
  1. Aturlah tombol pembuangan air pada posisi wash(bukan drain).
  2. pisahkan pakaian yang mudah luntur dari pakaian yang lain agar lunturnya tidak menyebar ke pakaian yang lain, untuk pakaian yang mudah luntur mencucinya diakhirkan.
  3. Siapkan ember berisi air dan detergen (takaran disesuaikan dengan jumlah pakaian yang akan dicuci atau bacalah petuinjuk pada bungkus detergennya) lalu diaduk sampai detergennya larut bersama air.
  4. Masukkan air yang sudah bercampur detergen ke dalam mesin cuci lalu tambahkan air bersih kira-kira dua pertiga tabungf mesin cuci.
  5. Masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci sampai benar-benar terendam air lalu diamkan selama 15-30menit agar kotoran yang melekat pada pakain terlepas, usahakan  jumlah pakaian tidak melebihi duapertiga bagian tabung di dalam mesin agar mesin dapat berputar secara maksimal.
  6. Setelah didiamkan selama beberapa menit  masukkan kabel penghubung listrik/steker ke stopkontak lalu putarlah tombol pengatur waktu otomatis/timer pada setengah putaran lalu diamkan sampai mesin mati sendiri.
  7. Bila mesin sudah benar-benar mati cobalah buka penutup mesin lalu lihat kondisi pakaian apakah sudah bersih? bila belum bersih cobalah mengaduk pakaian lalu ulangi proses mencuci dengan memutar ulang tombol pengatur waktu otomatis/timer.
  8. Setelah selesai mencuci buanglah air bekas mencuci dengan memutar tombol pembuangan air ke posisi drain.
  9. Setelah semua air terbuang putar balik tombol pembuangan air ke posisi wash.

Membilas
  1. Isi kembali tabung mesin cuci yang berisi pakaian yang sudah dicuci dengan air bersih sampai semua pakaian terendam, 
  2. putar tombol pengatur waktu otomatis/timer kira-kira seperempat putaran(ini adalah proses pembilasan agar buih detergen yang menempel pada serat kain terlepas).
  3. Bila mesin sudah benar-benar berhenti ulangilah proses pembilasan agar buih detergen yang menempel pada serat kain benar-benar terlepas atau bila perlu tambahkan pewangi atau pelembut pakaian.
  4. Setelah selesai membilas buanglah air cucian dengan memutar tombol pembuangan air ke posisi drain.          

Mengeringkan
  1. Masukkan pakaian yang sudah di bilas ke dalam tabung pengering lalu tekan-tekanlah pakaian yang sudah masuk agar memenuhi tabung pengering.
  2. setelah tabung pengering terisi penuh pakaian putarlah tombol spin searah jarum jam kira-kira setengah putaran kemudian tunggu sampai mesin pengering benar-benar berhenti secara otomatis sampai tidak terdengar suara dari dalam mesin.
  3. Setelah mesin benar-benar berhenti bukalah penutup tabung pengering, pastikan pakaian di dalam mesin sudah berhenti berputar, ambillah pakaian lalu pindahkan ke wadah yang lain untuk selanjutnya bisa dijemur langsung.
  4. Apabila pada saat mesin pengering berputar terdengar suara berisik seperti ada yang memuk*l-m*kul badan mesin dari dalam, ini artinya tabung pengering labil akibat kurang padatnya pakaian di dalamnya, bukalah tutupnya lalu diamkan sebentar sampai mesin berhenti berputar lalu tekan-tekan pakaian di dalamnya lalu coba tutup dan nyalakankembali.
Setelah selesai jangan lupa mencabut steker dari stopkontak dan membersihkan  bagian luar dan dalam mesin cuci sampai kering.

CIRI-CIRI MCB YANG MASIH BAGUS DAN YANG SUDAH LEMAH/RUSAK

Gambar MCB
Gambar MCB
MCB (miniature circuit breaker) adalah alat instalasi listrik yang berfungsi memutus dan menyambungkan arus listrik, adakalanya dalam kurun waktu tertententu dapat mengalami kerusakan baik karena faktor usia ataupun alatnya sendiri yang kualitasnya kurang baik.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai masalah yang berhubungan dengan listrik, misalnya saja tiba-tiba listrik di rumah padam sedangkan saat itu sedang tidak ada pemadaman aliran listrik oleh PLN, hal tersebut bisa saja diakibatkan oleh kerusakan pada peralatan listrik di rumah, salah satunya misalnya MBC yang sedang kita bahas ini, sebelum kita memastikan bahwa penyebab matinya listrik di rumah diakibatkan oleh MCB alangkah baiknya mengetahui dulu apa saja ciri-ciri MCB yang masih baik atau yang sudah rusak tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.


Ciri-ciri MCB yang masih bagus/baik
  • MCB hanya akan turun/mati/off secara otomatis bila terjadi hubungan pendek/korsleting dan pemakaian daya listrik yang melebihi kemampuan MCB.
  • MCB yang turun/mati/off akibat pemakaian daya listrik berlebih akan mudah dinyalakan kembali setelah sebagian alat listrik dimatikan.
  • MCB yang masih bagus akan selalu berada  pada posisi on dan tidak akan off tanpa sebab-sebab seperti pada poin 1. 

Ciri-ciri MCB yang sudah lemah/rusak
  • MCB yang sudah lemah/rusak tidak akan turun/mati/off secara otomatis bila terjadi hubungan pendek/korsleting dan pemakaian daya listrik yang melebihi kemampuan MCB.
  • MCB yang sudah lemah/rusak yang  turun/mati/off akibat hubungan pendek akan sulit dinyalakan kembalimeskipun penyebab hubungan pendek itu sudah diperbaiki.
  • MCB yang sudah lemah/rusak yang  turun/mati/off akibat pemakaian daya listrik berlebih akan sulit dinyalakan kembali meskipun sebagian alat listrik sudah dimatikan.

CARA MEMASANG-MENGGANTI KABEL SETRIKA BARU

Cara memasang/mengganti kabel setrika baru
  1. Bukalah skrup yang ada di bagian tumit(belakang) setrika, biasanya hanya satu sekrup.
  2. tarik tumitnya sampai terlihat bagian terminal kabel,di situ terdapat tiga bagian terminal tapi pada umumnya hanya dua yang dipakai sedangkan satu terminal yang jarang dipakai biasanya dihubungkan dengan kabel grounding.
  3. cabutlah kabel yang rusak sampai terlepas dari tumit setrika.
  4. untuk kabel setrika yang terdiri dari dua kabel pasanglah kabel setrika yang baru dengan cara memasukkannya ke dalam lubang tumit setrika lalu pasangkan masing-masing kabel ke plat terminal yang sama dengan pemasangan kabel sebelumya.
  5. Kabel setrika yang terdiri dari tiga kabel mempunyai fungsi masing-masing, dua ujung kabel akan terhubung dengan konektor steker/colokan dan elemen, sedangkan satu kabel lagi terhubung dengan dua buah plat yang menempel pada plat kecil yang terletak pada sisi steker, saat steker/colokan dimasukkan ke stopkontak maka plat ini akan bersentuhan dengan plat yang terdapat pada sisi bagian dalam stopkontak(yang terhubung ke kabel grounding), pada terminal setrika kabel ini dihubungkan ke terminal di bagian dalam setrika yang terhubung dengan badan setrika, pada intinya kabel ini akan diteruskan ke kabel grounding yang terhubung dengan stopkontak dan sampai ke bumi, gunanya untiuk menetralisir arus liar yang mengakibatkan percikan bunga api pada stopkontak dan mencegah kita dari bahaya tersengat listrik saat menggunakan setrika.

Cara meluruskan kabel setrika yang melilit dan kusut:
  1. Guntinglah setiap anyaman benang yang menggulung kusut pada kabel yang ada di dalamnya, sehingga anyaman tali
  2. yang berfungsi melindungi kabel terlihat dan tidak bertaut dengan kabel.
  3. Bentangkan kabel setrika lalu bungkus dengan isolasi setiap kabel yang terlihat sehingga sudah tidak kusut lagi.

Tentang kabel setrika 

yang terdiri dari tiga buah kabel 
Dua buah kabel terhubung ke  elemen yang kemudian tersambung ke dua jari steker  yang pemasangannya boleh dibolak balik karena sumber listriknya berasal dari arus AC(alternating curent).
Satu kabel khusus terhubung dengan badan setrika melalui perantara sebuah termnal yang ada di dalam strika, kemudian terhubung dengan kabel yang nantinya terhubung ke grounding. kabel ini harus terpasang dengan benar.jangan sampai tertukar dengan dua kabel yang lainnya,muntuk memastikannya bila kabel setrika digan ti dengan yang baru maka ukurlah dulu menggunakan AVO meter agar diketahui kabel mana untuk grounding dan kabel mana unuk elemen.

Yang terdiri dari dua buah kabel
Pemasangan kabel untuk jenis ini sangat mudah yaitu hanya dipasang pada kedua terminal kabel yang terhubung ke elemen.setrika.

"Pemasangan Kabel grounding pada setrika sangat dianjurkan mengingat cara pemakaiannya yang dekat dengan tubuh manusia sehingga rentan untuk dapat bersentuhan dengan kulit, bila terjadi kebocoran kabel yang mengakibatkan terhubungnya badan setrika ke listrik positif maka gronding akan meminimalisir setrum tersebut sehingga tidak berbahaya bagi manusia."

CARA MEMBUKA/MEMBONGKAR DAN MENGGANTI ELEMEN SETRIKA BARU

Cara membuka/ membongkar elemen setrika

1. Bukalah skrup yang ada di bagian tumit(belakang) setrika, biasanya hanya satu sekrup. Kemudian tarik tumitnya sampai terlihat bagian terminal kabel(terdapat tiga bagian terminal tapi pada umumnya hanya dua yang dipakai sedangkan satu terminal yang jarang dipakai biasanya dihubungkan dengan kabel grounding). Bukalah dua buah baud terminalnya dan lepaskan kabelnya.

2. bukalah sekrup yang terdapat di sudut bagian dalam tumit setrika ini. Congkellah tombol pengatur suhu pakai obeng min setiap pinggirannya sedikit-demi sedikit sampai terlepas. setelah tombol terlepas bukalah dua buah sekrup yang ada di bawahnya. Sekarang anda bisa mencabut gagang/pegangan setrika dari badan setrika.

3. Setelah gagang terlepas pisahkanlah badan setrika dari pelat pemanasnya dengan cara membuka semua sekrupnya maka akan terlihatlah bagian dalam setrika.
"Di bagian dalam terdapat elemen setrika yang bentuknya mirip huruf "U",

cara membukanya ialah:
  • pertama tama kita buka dulu baud yang terdapat pada terminal penghubung elemen .
  • lalu conggkellah sedikit demi sedikit elemennya menggunakan obeng min, anda perlu bersabar dalam melakukan ini karena elemen ini sangat kuat sekali menempel pada plat pemanasnya.
  • Bawalah contoh elemen yang rusak saaat anda membeli elemen yang baru karena terdapat banyak sekali bentuk dan ukuran yang berbeda-beda . 
 Cara memasang/mengganti elemen setrika baru
  1. Pasanglah elemen yang baru ke tempat bekas elemen yang lama, kalau agak macet cobalah menekan pakai kayu sampai semua bagian elemen terpasang pas pada tempatnya.
  2. Sambungkan masing-masing ujung elemen ke terminal.
  3. elemen harus terpasang pas dan menempel penuh pada tempatnya karena kalau ada bagian yang ngangkang/tidak menempel penuh maka panas setrika tidak akan sempurna dan mengakibatkan terbakarnya elemen setrika.

CARA MENYAMBUNG KABEL LISTRIK SATU SAKELAR DUA LAMPU

Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara memasang, menyambung, merangkai atau merakit kabel listrik untuk dua buah lampu pada ruangan berbeda yang dapat dikontrol atau dimati hidupkan oleh satu sakelar, misalnya lampu ruang tamu dan lampu ruang keluarga, dan sakelar diletakkan di sekitar ruang keluarga.


Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter
 Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Sakelar untuk satu, satu buah .
  • Fitting/mangkok lampu, dua buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm, secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus listrik, satu buah.
  • Klem kabel no.10, satu bungkus
satu saklar dua lampu
Rangkaian instalasi listrik: satu sakelar untuk dua lampu


Cara memasang:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari "ON" (1) ke "OFF" (0).
  2. Sambungkan salah satu terminal pada sakelar memakai kabel berwarna hitam ke kabel positip jalur utama instalasi listrik((biasanya berwarna hitam dan bila diuji pakai tespen maka tespennya akan menyala).
  3. gabungkan salah satu terminal dari kedua fitting lampu memakai kabel hitam kemudian sambungkan ke terminal sakelar yang belum disambung kemana-mana.
  4. gabungkan terminal dari kedua fitting lampu yang belum disambung kemana-mana memakai kabel biru kemudian sambungkan ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik (biasanya berwarna biru dan bila diuji pakai tespen maka tespennya tidak akan menyala).

MENYAMBUNG/MERANGKAI/MEMASANG KABEL LISTRIK DUA SAKELAR UNTUK DUA LAMPU

saklar brocco 2 lampu
Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara memasang, menyambung, merangkai atau merakit kabel listrik dua sakelar untuk dua buah lampu pada ruangan berbeda yang masing-masing dapat dikontrol atau dimati hidupkan di satu tempat, misalnya lampu ruang tamu dan lampu ruang keluarga, sedangkan sakelar diletakkan di sekitar ruang keluarga.



Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • saklar untuk dua lampu, satu buah .
  • fitting/mangkok lampu, dua buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm, secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus listrik, satu buah.
  • Klem kabel no.10, satu bungkus
Gambar rangkaian instalasi listrik: dua sakelar dua lampu
  
Cara memasang:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari "ON" (1) ke "OFF" (0).
  2. Gabungkan(jumper) salah satu terminal dari masing-masing sakelar menggunakan kabel yang sudah dikupas kulitnya kira-kira 4cm kemudian terminal yang sudah digabung tadi disambungkan menggunakan kabel berwarna hitam ke kabel positip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna hitam dan bila diuji pakai tespen maka tespennya akan menyala).
  3. Pasang kabel berwarna biru pada salah satu terminal sakelar yang tidak digabung/jumper kemudian sambungkan kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu ruang tamu.
  4. Pasang kabel berwarna biru pada terminal sakelar yang belum disambung ke mana-mana kemudian sambungkan ujung kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu ruang keluarga.
  5. Gabungkan(jumper) salah satu terminal dari masing-masing fitting lampu yang belum dipasang kabel apapun kemudian sambungkan memakai kabel berwarna biru ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna biru)
  6. jangan lupa untuk mengisolasi setiap sambungan kabel dan memasang klem kabel dengan jarak antar klem 50cm agar kabel menjadi kokoh dan rapi.

Cara pasang kabel untuki saklar dua lampu:


CARA MENYAMBUNG KABEL LISTRIK UNTUK SAKELAR+STOP KONTAK+LAMPU

Gambar sakelar stopkontak tembok
Gambar stopkontak+sakelar
Artikel ini membahas tentang cara  memasang saklar yang bersatu dengan stopkontak(seperti gambar) yang biasa dipasang/ditanam di dinding tembok. Jumlah kabel yang masuk sebanyak tiga buah yakni: kabel negatip, kabel positip bermuatan listrik/fasa bersumber dari listrik pusat dan kabel untuk disambungkan ke fitting lampu. sebelum membaca lebih lanjut sebaiknya anda ketahui dulu beberapa kata-kata penting ini:

  • Saklar, berfungsi menyambung dan memutus arus listrik sehingga apabila saklar dipasang sebelum lampu maka kita dapat mengontrol hidup dan matinya lampu tersebut.
  • Stopkontak, adalah lubang colokan tempat masuknya steker dari alat elektronik, umumnya terdapat dua lubang.
  • Fitting lampu: tempat/dudukan/mangkuk lampu, cara memasang lampu ke fitting umumnya diputar searah jarum jam.
  • Tespen: alat untuk menguji apakah suatu kabel listrik mengandung setrum atau tidak, terdapat lampu indikator yang akan menyala bila ujung tespen ditempelkan pada kabel yang mengandung setrum.
  • MCB: alat pemutus atau penyambung listrik bila terjadi konslet atau kelebihan daya. umumnya letaknya berdekatan dengan meteran listrik.
  • Jumper, cara menyambung dua buah jalur secara langsung, biasanya menggunakan kabel.
  • Klem, alat untuk menjepit kabel ke kayu/flafon agar kabel terlihat rapi dan kuat tidak berubah posisi.
Untuk lebih jelasnya tentang pemasangan ini, silahkan dibaca uraiannya di bawah ini,

Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter
Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Saklar yang bersatu dengan stop kontak/lubang colokan, satu buah.
  • Fitting lampu, satu buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm. panjang secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • klem kabel no.10, satu bungkus.
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik.
gambar rangkaian instalasi listrik saklar + stopkontak
Gambar rangkaian instalasi listrik stopkontak+sakelar+lampu

Cara memasang:
  1. Matikan listrik di rumah anda dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari ON (1) ke OFF (0).
  2. Sambungkan(jumper) salah satu terminal sakelar dengan salah satu terminal stopkontak memakai kabel pendek.
  3. Sambungkan kabel pendek (pada poin2) memakai kabel hitam ke kabel positip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna hitam dan bila diuji pakai tespen dan listrik sedang mengalir maka tespennya akan menyala).
  4. Sambungkan terminal stopkontak yang satunya ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik.
  5. Sambungkan terminal sakelar yang belum disambung ke mana-mana ke salah satu terminal fitting lampu.
  6. Sambungkan terminal fitting lampu yang belum disambung, ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna biru).
  7. jangan lupa untuk mengisolasi setiap sambungan kabel dan memasang klem kabel dengan jarak antar klem 50cm agar kabel menjadi kokoh dan rapi.

MENYAMBUNG, MERANGKAI, MEMASANG KABEL UNTUK SATU SAKELAR SATU LAMPU

Gambar saklar listrik tunggal
Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara memasang, menyambung, merangkai atau merakit kabel listrik untuk satu sakelar satu lampu.


Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter

Bahan-bahan:

  • Sakelar tunggal untuk satu lampu, satu buah .
  • Fitting lampu, satu buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm, secukupnya(disesuaikan dengan kebutuhan).
  • Isolasi khusus listrik, secukupnya(disesuaikan dengan kebutuhan).
  • Klem kabel no.10, secukupnya(disesuaikan dengan kebutuhan).
Gambar rangkaian instalasi listrik satu saklar untuk satu lampu
Gambar rangkaian instalasi listrik: satu sakelar untuk satu lampu

Cara memasang;
(pastikan anda telah mematikan sakelar, MCB pada posisi Off)
  1. Sambungkan salah satu terminal sakelar ke kabel positip  jalur utama instalasi listrik
  2. Sambungkan terminal sakelar yang lain ke salah satu terminal fitting lampu.
  3. Sambungkan terminal fitting lampu yang lain(yang belum disambung ke mana-mana) ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik.
  4. Pasang lampu pada fitting kemudian nyalakan kembali MCB(pada posisi On). cobalah tekan tuas sakelar, apakah lampu bisa dimati hidupkan dengan sakelar? kalau bisa berarti anda berhasil menyambung kabel untuk sakelar dan fitting lampu, bila tidak maka periks ulanglah jalur kabel sesuai gambar.

TIPS MERAWAT GAYUNG,EMBER,JOLANG

Ember,bak plastik/jolang,gayung/ciduk plastik adalah perlengkapan kamar mandi yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia karena fungsi dan harga yang terjangkau. tapi karena terbuat dari plastik maka barang-barang tersebut mudah sekali pecah karena terjatuh atau rapuh, untuk menjaga agar awet peralatan tersebut berikut ini tipsnya:

1. pergunakanlah hanya untuk kebutuhan kamar mandi,mencuci pakaian atau hal lain yang berhubungan dengan air. jangan mengisinya dengan benda-benda padat dan berat seperti batu,besi dan benda lainnya, karena dapat membuat pecah dan tergoresya lapisan plastik.

2. saat mengangkat ember yang berisi air peganglah kaitannya bukan bibir embernya.

3. Untuk gayung dan bak plastik/jolang gunakanlah hanya untuk air, gantunglah di tembok untuk menjaga agar tidak terjatuh ke lantai, karena bila diletakkan begitu saja di atas bak mandi maka akan mudah tersenggol dan terjatuh ke lantai.

4. Semua peralatan di atas sebaiknya sering dibersihkan dengan cara disikat setiap selesai digunakan lalu ditiriskan.

5. Usahakan tidak menjemur di bawah sinar matahari langsung karena akan membuat warna menjadi pudar dan membuat rapuh sehingga mengakibatkan mudah pecah atau robek.

CARA MEMPERBAIKI AVO METER

penunjuk avo meter
AVO meter atau ada juga orang menyebutnyadengan nama Multi tester adalah salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang berkecimpung di bidang elektronika atau kelistrikan, apalagi bagi mereka yang senang mengutak atik peralatan elektronik.

Ada kalanya Alat ini mengalami kerusakan yang mungkin diakibatkan oleh faktor usia alat ini, Komponen elektronika di dalam multi tester lambat laun akan berkurang kualitasnya sehingga mengganggu dalam aktifitas pengukuran yang pada akhirnya AVO meter ini menjadi tidak dapat digunakan sehingga kerja kitapun terhambat.

Pada perkembangannya Alat ini diproduksi berupa alat analog yang dapat mengukur Ampere, Volt, dan Ohm. media penunjuk besaran alat yang diukur ditunjukkan oleh gerakan jarum yang dapat berubah posisi ke kanan atau ke kiri. Teknologipun berkembang sehingga saat ini telah ditemukan alat ukur sejenis yang lebih akurat yang disebut AVO meter digital yang bentuk dan ukurannya lebih kecil dan tipis, media penunjuk besaran alat yang diukur menggunakan display yang berupa layar tampil.

Pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi tetntang perbaikan Avo meter analog, mungkin untuk perbaikan AVO meter yang digital akan dibahas pada postingan berikutnya.

Keluhan yang umum yang dimiliki oleh alat ukur elektronik yang bernama Multi tester/AVO meter adalah "jarum penunjuk tidak bisa bergerak" atau "bisa bergerak tapi tidak maksimal".

Penyebabnya:
  • Batre yang sudah habis
  • stelan Putaran potensio yang kurang pas
  • potensio yang sudah rusak
  • belum dikalibrasinya jarum penunjuk
  • komponen AVO meter yang sudah tidak berfungsi
  • Solderan di dalam AVO meter ada yang terlepas.
jarum penunjuk avo meter
Perbaikan:
  1. Periksa kabel pengukur apakah masih berfungsi atau sudah putus.
  2. Cabutlah kabel pengukur, nyalakan AVO meter lalu atur posisi jarum agar berada di posisi garis skala paling kiri dengan memutar skrup (biasanya terbuat dari plstik) yang berada tepat di atas pangkal jarum penunjuk.
  3. Pasang kedua kabel pengukur ke AVO meter lalu atur sakelar pemilih ke posisi RX1 Kilo ohm, satukan kedua ujung kabel pengukur,seharusnya jarum penunjuk langsung bergerak ke arah kanan dan diam pada garis skala nol, bila jarum tidak sampai ke garis skala nol putarlah tombol potensio(biasanya berada di sisi kanan dekat lubang tempat masuknya kabel pengukur) ke arah kanan sampai jarum penunjuk tepat berada pada posisi garis skala nol. tapi bila jarum melebihi garis skala nol putarlah potensio ke arah kiri sampai jarum penunjuk tepat berada pada posisi garis skala nol.
  4. Bila dengan poin 3 jarum penunjuk tetap tidak bergerak cobalah ganti baterai yang ada di dalam AVO meter dengan yang baru.
  5. Bila dengan mengganti baterai jarum tetap tidak berfungsi mungkin komponen di dalam AVO meter ada yang rusak, lepaskanlah sekrup yang ada di belakang badan AVO meter lihatlah komponen di dalamnya mungkin ada solderan yang terlepas atau ada komponen yang sudah rusak dan perlu diganti.

TIPS AMAN MEMAKAI ALAT ELEKTRONIK DI RUMAH

Alat elekrtonik yang kita miliki di rumah memiliki beberapa manfaat yang baik seperti meringankan dan mempercepat pekerjaan di rumah ataupun sebagai alat hiburan. Namun semua manfaat itu harus diikuti dengan pengetahuan kita tentang sifat dari alat elektronik tersebut agar aman bagi kita. Berikut ini saya rangkum beberapa tips aman yang umum untuk pemakaian semua jenis alat elektronik di rumah:


1.Pastikan anda pahan betul semua aturan buku panduan dari alat elektronik yang anda gunakan baik itu cara pakai atau perawatannya.

2. Pastikan kemampuan Voltase alat elektronik anda sama dengan voltase di rumah, biasanya terdapat sakelar pemilih voltase yang ada di bagian belakang badan alat.

3. Sebelum memasukkan steker(colokan) ke stop kontak matikanlah tombol/sakelar power yaitu di posisi "OFF".

4. Jauhkan kabel penghubung listrik dari sumber panas, terrselip/terjepit badan alat atau benda lain yang berat, atau menempel dengan posisi tegang pada sudut yang tajam/runcing.

5. Untuk alat elektronik yang tidak berubah posisi seperti Mesin pompa air listrik, mesin cuci dan lemari es harus sering dilihat kabel penghubung ke stop kontak, karena kabel yang diam dan tersembunyi akan mudah rapuh dan putus digigit tikus, bila ada kabel yang terkelupas tapi masih nyanbung segeralah dibungkus dengan isolasi khusus kabel listrik agar terhindar dari bahaya kesetrum atau hubungan pendek/konsleting.

6. Untuk alat elektronik yang menggunakan daya listrik besar contohnya: mesin pompa air listrik, mesin cuci, dan lemari es maka pada stop kontak yang terpasang steker dari alat elektronik tersebut harus dipasang kabel grounding yang terhubung ke tanah/bumi, karena stopkontak tersebut rentan terjadi percikan bunga api kecil yang mengakibatkan panas di sekitar stopkontak bahkan sampai terbakar, kabel grounding yang terhubung ke bumi akan menetralisir arus liar yang menjadi penyebab percikan bunga api di stop kontak juga menghindari kita dari tersengat aliran listrik.

7. setelah selesai menggunakan alat matikanlah dengan menekan tonbol/sakelar power ke posisi "OFF" lalu cabut steker dari stop kontak, jangan pernah mencabut kabel penghubung dengan memegang kabelnya karena akan mengakibatkan putusnya kabel penghubung ke steker tapi peganglah stekernya lalu cabut dari stop kontak.

8. Pastikan tangan anda kering dan memakai alas kaki kering saat menggunakan alat elektronik untuk menncegah dari bahaya tersengat aliran listrik.

9. Simpanlah alat elektronik anda pada tempat-tempat yang aman dari bahaya tersandung, dipakai mainan anak-anak, dan dirusak hewan peliharaan atau hewan pengerat seperti tikus.

10. Bersihkanlah selalu alat elektronik anda dengan alat pembersih yang aman bagi mahluk hidup dan tidak merusak alat.

11. Pergunakanlah alat elektronik anda secara bijaksana dengan melihat efisiensi waktu,listrik dan tenaga.

12. Bila ada kerusakkan segeralah perbaiki sendiri (bila anda mampu), tapi bila anda kurang paham lebih baik diserahkan kepada yang ahli yaitu tukang serpis berpengalaman yang sudah terbiasa memperbaiki dan mampu di bidangnya.

MCB (miniature circuit breaker)

MCB
MCB(miniature circuit breaker) Adalah alat pemutus aliran listrik Dari PLN Ke Konsumen yang dipasang setelah KWH meter bila terjadi hubungan pendek(konsleting) atau pemakaian berlebih dari kemapuan MCB.

Saat terjadi hubungan pendek atau pemakaian beban listrik melebihi kemampuan MCB maka keping bimetal yang berada dalam Kotak MCB akan memanas melewati batas toleransi maka kedua kepingnya akan saling menjauh mengakibatkan terputusnya aliran listrik yang melewatinya, pada saaat itu keping yang saling menjauh akan menekan tuas sakelar MCB ke posisi Off, Oleh karena itu bila MCB mati sendiri karena pemakaian listrik berlebih maka tidak akan bisa langsung dihidupkan harus menunggu beberapa saat sampai kedua kepingnya dingin kemudian barulah Tuas MCB dapat diatur kembali ke posisi on.

Arti kelebihan beban listrik adalah pemakain listrik di rumah melebihi daya yang diberikan oleh PLN atas permohonan konsumen.Misalnya bila listrik kita dibatasi hanya 900watt tetapi pemakaian listrik lebih dari itu.


Tiga fungsi atau manfaat MCB :

1. Sebagai sakelar, Kita dapat menghidupkan atau mematikan aliran listrik di rumah dengan merubah posisi tombol MCB "On" atau "Off".

2. Sebagai pengaman, Bila terjadi hubungan pendek(konskleting) maka secara otomatis MCB akan memutus aliran listrik ke rumah kita agar terhindar adari bahaya kebakaran.

3. Sebagai pembatas, membatasi pemakaian daya listrik sesuai pengajuan kunsumen yang disetujui oleh PLN.

TIPS MERAWAT HANDUK MANDI

Handuk adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang hampir di setiap rumah ada, handuk adalah sejenis kain tebal yang mudah menyerap air digunakan untuk mengeringkan kulit sehabis mandi, berenang, atau keringat. Bila kita kurang baik merawatnya maka handuk akan bau,berjamur, dan menjadi sumber penyakit kulit, maka agar terhindar dari semua itu simaklah tips perawatannya berikut ini:

1. Jemurlah handuk secara melintang pada tempat yang datar seperti pada jemuran tali atau jemuran alumunium di luar kamar mandi(lebih baik terkena sinar matahari) setelah anda menggunakannya, hal ini berguna agar handuk yang baru digunakan akan mudah kering.

2. Usahakan tidak menggantung handuk terlalu lama di dalam kamar mandi karena akan membuat handuk menjadi lembab, bau dan berjamur yang mungkin saja menjadi penyebab penyakit kulit.

3. Jemurlah handuk anda di bawah sinar matahari langsung setiap hari agar handuk anda senantiasa kering dan terbebas dari jamur dan penyakit kulit.

4. Cucilah handuk setidaknya seminggu sekali, cara mencucinya sama dengan mencuci pakaian pada umumnya yaitu direndam dulu memakai air yang dicampur sabun cuci pakaian/detergen lalu dicuci pakai mesin cuci atau dibersihkan menggunakan sikat halus secara hati-hati sampai bersih lalu dibilas dan diberi pengharum untuk kemudian dijemur di bawah terik matahari, untuk noda yang sulit bersih cobalah direndam ulang dengan air yang dicampur air cuka dapur.

5. Setelah handuk dicuci bersih jemurlah sampai kering kemudian lipatlah untuk selanjutnya disimpan dilemari, handuk yang telah dijemur jangan disetrika karena akan membuat serat kain handuk menjadi tipis.

6. Handuk yang kita pakai setelah beberapa lama akan menjadi kusam, untuk mencegah kusam maka sebelum handuk dipakai(handuk baru) sebaiknya handuk dicuci dengan cara:
  • didihkan air secukupnya lalu masukkan pewangi pakaian, 
  • setelah mendidih tuang air ke dalam ember yang sudah berisi handuk yang akan dicuci, 
  • tambahkan dengan deterjen, usahakan air dapat merendam handuk secara keseluruhan, 
  • diamkan selama satu jam setelah itu sikat handuk dan cuci seperti biasa hasilnya handuk handuk tetap berwarna cemerlang walaupun sudah dipakai berulang kali.

CARA MENCARI PENYEBAB MCB ATAU LISTRIK MATI/OFF SENDIRI

MCB listrikSetiap rumah pasti pernah mengalami mati lampu/padamnya aliran listrik, tetapi hanya rumah kita saja yang padam sedangkan listrik rumah tetangga tetap menyala. Aliran listrik padam ditandai dengan berubahnya posisi sakelar MCB dari posisi "on" ke posisi "off". Kebanyakan orang pasti langsung menghidupkannya kembali MCB, tapi bagaimana bila sakelar MCB yang kita hidupkan kembali ke posisi "off"?


Penyebabnya antara lain:
  • Beban listrik yang terlampau besar melebihi batas kemampuan MCB, misalnya daya listrik yang diberi oleh PLN adalah 900w sedangkan pemakaian listrik di rumah melebihi 900w.
  • Adanya hubungan pendek atau konsleting, yaitu saling bersentuhannya dua jalur kabel positip dan negatip baik secara langsung ataupun secara tidak langsung, contoh konslet secara langsung adalah bersentuhannya dua kabel positip dan negatip yang terbuka, sedangkan contoh konslet secara tidak langsung adalah fitting lampu yang tergenang air yang diakibatkan oleh bocornya genting lalu airnya menetes pada langit-langit rumah tempat menempelnya fitting lampu.
  • Adanya alat elektronik yang rusak atau terbakar, misalnya mesin pompa air listrik yang lilitan/spullnya terbakar.
  • stopkontak yang terbakar

Langkah-langkah cara mengetahui penyebab listrik di rumah padam/mati:
  1. Bila listrik di rumah tiba-tiba mati yang ditandai dengan berubahnya posisi sakelar MCB(mini circuit broken) dari "on" ke "off" maka jangan panik, diamkanlah beberapa saat untuk memberi waktu komponen di dalam MCB menjadi dingin dulu kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali.
  2. Bila MCB kembali ke posisi off maka mulailah melepaskan seluruh beban listrik di rumah anda seperti mematikan seluruh lampu yang menyala, mencabut seluruh steker dari stopkontak,dan lain-lain.
  3. Nyalakan kembali MCB ke possisi "on",
  4. Bila MCB tidak kembali ke "off" maka nyalakanlah lampu satu persatu diikuti memasang kembali steker yang tadi dicabut dari stopkontak. Penyebab listrik mati dapat diketahui saat kita menyalakan satu beban(alat listrik) listrik diikuti matinya MCB(kembali ke off) maka alat itulah penyebabnya.
  5. Bila MCB kembali ke "off"(tidak bisa dinyalakan) periksalah semua stopkontak mungkin ada yang terbakar sehingga terjadi konslet. bila semua stopkontak dalam keadaan baik kemungkinan ada yang konslet pada jalur utama instalasi listrik anda, periksalah instalasi listrik yang ada di para rumah anda mungkin ada kabel yang terkelupas oleh tikus atau rapuh karena usia sehingga terjadi hubungan pendek atau konsleting.
  6. penyebab lainnya adalah MCB nya sudah rusak dan harus diganti baru, untuk masalah seperti ini segeralah hubungi PLN agar diganti dengan MCB yang baru.
  7. Bila anda telah melakukan poin 1-4 kemudian listrik menyala normal hanya beberapa saat kemungkinan pemakaian listrik di rumah melebihi batas daya yang diberikan oleh PLN, cobalah mengurangi pemakaian listrik dengan mematikan peralatan listrik yang menyedot daya/watt besar. saran saya segeralah hubungi PLN untuk tambah daya/watt.
Bila rumah anda memiliki beberapa MCB tambahan untuk membagi jalur listrik menjadi beberapa bagian maka cara untuk mencari penyebab listrik padam adalah dengan cara:
  1. Matikan semua MCB.
  2. Nyalakan MCB pusat.
  3. Nyalakan MCB tambahan satu persatu
  4. Bila ada MCB cadangan yang kembali mati maka lakukanlah kegiatan seperti pada poin 2 dan 3.

"Listrik mati sedangkan MCB on"

Peristiwa semacam ini mungkin saja terjadi pada listrik di rumah, penyebabnya bisa bermacam-macam tetapi yang umum terjadi adalah:
  • Terputusnya aliran listrik dari PLN, mungkin akibat longgarnya sambungan kabel twis (kabel hitam yang menghubungkan listrik dari tiang listrik PLN ke rumah), atau memang di sekitar wilayah rumah kita sedang ada pemadaman aliran listrik yang sebagian orang menyebutnya "mati lampu".
  • Adanya sambungan kabel yang terlepas atau putus antara KWH meter ke MCB. Cobalah untuk memeriksa kondisi kabel yang yang terpasang dari KWH meter ke MCB.
  • Adanya kabel yang putus dari keluaran MCB ke jalur instalasi di rumah. untuk mengujinya periksalah kabel yang terpasang dari MCB ke instalasi listrik di rumah karena mungkin saja ada sambungan yang terlepas atau terputus.
  • MCB sudah rusak, rangkaian mekanis yang terdapat dalam MCB bisa saja mengalami penutrunan kualitas akibat dari pemakaian yang sudah lama sekali sehingga komponen di dalam MCB mengalami kerusakan. Bila memang MCB adalah penyebab dari matinya listrik di rumah maka segeralah untuk menggantinya dengan mcb yang baru, laporlah ke PLN setempat untuk mendapatkan pelayanan penggantian MCB baru.

CARA MEMASAK NASI SAAT LISTRIK MATI/PADAM

Bagi anda yang terbiasa memasak/menanak nasi dengan penanak nasi listrik misalnya : rice cooker,magic jar, magic com mungkin akan bingung bagaimana bila listrik mati/padam sedangkan lapar tidak bisa ditunda lebih lama lagi, maka solusinya adalah kembali ke cara masak tradisional yaitu cara memasak nasi pakai api. Ada dua cara memasak nasi secara tradisional yaitu "satu kali tahapan" dan cara memasak dengan "dua tahapan".


1. "satu kali tahapan"
adalah cara memasak dengan sekali tahapan beras menjadi nasi. caranya adalah:
  1. siapkan panci yang ukurannya sesuai dengan jumlah takaran beras yang akan dimasak.
  2. Siapkan beras yang sudah dicuci dan dibuang gabah, batu-batu kecil, dan benda-benda yang tidak kita inginkan.
  3. Masukkan beras ke dalam panci lalu isi dengan air, ukurlah ketinggian air kira-kira satu buku/ruas jari telunjuk atau jari tengah dari batas atas beras sampai permukaan air (berapapun takaran beras yang akan dimasak maka cara pengukuran airnya sama seperti itu).
  4. letakkan panci yang sudah berisi beras dan air di atas kompor menyala dan diamkan nasi sampai matang kira-kira setengah jam, sering-seringlah melihat ke dalam panci jangan sampai nasinya gosong.
  5. bila air dalam panci sudah kering tapi nasi belum matang maka boleh ditambahkan air panas sedikit demi sedikit di atas permukaan nasi secara merata. Lakukanlah tahapan ini beberapa kali sampai mendapatkan nasi yang benar-bbenar matang secara sempurna.


2. "dua tahapan"
cara memasak nasi dengan dua tahapan yaitu memasak nasi setengah matang lalu mengukusnya. caranya:
  1. siapkan panci yang ukurannya disesuaikan dengan jumlah takaran beras yang akan dimasak.
  2. Siapkan beras yang sudah dicuci dan dibuang gabah, batu-bati kecil, dan benda-benda yang tidak kita inginkan.
  3. Masukkan beras ke dalam panci lalu isi dengan air, ukurlah ketinggian air kira-kira satu buku/ruas jari telunjuk atau jari tengah dari batas atas beras sampai permukaan air (berapapun takaran beras yang akan dimasak maka cara pengukuran airnya sama seperti itu).
  4.  letakkan panci yang sudah berisi beras dan air di atas kompor menyala dan diamkan selama 15-20menit sampai air dalam panci kering.
  5. setelah air dalam panci mengering(nasi sudah setengah matang) matikanlah apinya.
  6. Siapkan dandang atau langseng, yaitu panci yang di dalamnya terdapat saringan sebagai pembatas air dan nasi.
  7.  isilah dandang atau langseng dengan air sampai batas saringannya lalu letakkan di atas kompor yang menyala dan diamkan sampai airnya mendidih.
  8. Ambillah nasi(setengah mateng) dari dalam panci lalu masukkan ke dalam dandang atau langseng yang airnya sudah mendidih. dan tunggu kira-kira setengah jam untuk mendapatkan nasi yang benar-benar matang.
  9. Dengan cara yang kedua ini rasa nasi akan jauh lebih enak dan pulen.

TIPS MEMBERSIHKAN KOMPOR GAS AGAR TERLIHAT BARU

Hal-hal yang diakibatkan oleh kurangnya perawatan pada kompor gas:
  • Permukaan kompor terlihat kotor.
  • Nyala api kurang maksimal karena tersumbatnya lubang tempat keluarnya api oleh jelaga/kotoran.
  • Warna api menjadi merah akibat ikut terbakarnya jelaga/kotoran yang menempel pada lubang tempat keluarnya api sehinggga akan terlihat asap hitam dan terc1um bau gosong.
  • Pemakaian gas menjadi boros karena nyala api yang tersumbat.

Cara membersihkan kompor:

Gambar1
1. Lepaskan dudukan alat masak dari kompor seperti terlihat pada gambar1 kemudian bersihkan kotoran yang menempel pada dudukan alat masak tersebut dengan lap basah yang telah dicelupkan ke dalam air yang telah bercampur sabun cuci piring bila perlu sikat sampai bersih dan dibilas. keringkan dengan kain lap atau dijemur dibawah sinar matahari. 
Gambar2







2. Lepaskan besi tempat keluarnya api (bentuknya bundar dan pinggirannya bergigi) (Gambar2) lalu bersihkan seperti poin 2.






Gambar3






Gambar4
3. Lepaskanlah bagian kompor yang berfungsi menyalurkan gas dari pemantik ke besi tempat keluarnya api(Gambar3), cara melepasnya adalah dengan melepaskan pengunci yang terbuat dari kawat, setelah itu angkatlah bagian penyalur tadi ke atas dan ditarik ke arah belakang kompor. cara membersihkannya dengan spon lembut yang diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon. lalu semprot dengan air ke dalam kedua lobang yang ada di masing masing ujungnya agar kotoran yang ada di dalam ikut terangkat.


4. Pasang kembali semua komponen kompor seperti semula. coba nyalakan, sekarang nyala kompor anda menjadi sempurna dan terlihat bersih seperti baru.

5. Bersihkanlah badan kompor dengan lap kering untuk membersihkan kotoran yang tebal kemudian bersihkan dengan lap lembab yang telah diberi cairan cuka dapur, boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon agar lemak dan sisa minyak terangkat.

TIPS MERAWAT BANTAL GULING

Perlengkapan tidur yang akan kita bahas kali ini paling sering kita gunakan di setiap malam bahkan sebagian orang menggunakannya pada siang hari, oleh karena itu keringat pun banyak menempel dan mengakibatkan bau yang tidak sedap padahal dengan perawatan yang benar maka bantal dan guling terjaga kebersihannya yang nantinya akan berpengaruh pada kualitas tidur kita, bagaimana tidur klita akan nyenyak kalau di tempat tidur terc1um bau apak. Oleh karena itu saya berpikir untuk berbagi tips dalam hal perawatannya. berikut uraiannya:

  1. Gunakan kain pembungkus bantal atau guling dari bahan katun agar mudah menyerap keringat.
  2. Pakailah hanya untuk kebutuhan tidur anda,jangan dipakai alas duduk, dan jangan sampai dipakai mainan anak-anak karena akan menghancurkan busa/kapuk di dalamnya sehingga bantal dan guling menjadi tipis/mengecil.
  3. Untuk menghilangkan lembab,bau,dan tungau atau hewan kecil lainnya penyebab penyakit jemurlah minimal dua minggu sekali dibawah terik sinar matahari (sinar matahari mengandung ultra violet yang dapat menghilangkan bibit penyakit). Saat dijemur harus sering dibolak-balik agar sinar matahari merata ke seluruh permukaannya lalu dipuk*l-p*kul memakai pem*kul khusus yang terbuat dari rotan atau memakai sapulidi (yang bersih) untuk menghilangkan debu yang menempel. Bila anda mempunyai vacuum cleaner pakailah untuk membersihkan permukannya agar kutu atau tungau benar-benar terangkat dari serat kain.
  4. Cuci dan gantilah kain pembungkus seminggu sekali.
  5. Bila basah terkena cairan segeralah dijemur sampai kering.
  6. Bila bantal dan guling yang terbuat dari kapuk terendam air maka untuk mengeringkannya tidak cukup hganya dengan dijemur langsung tapi anda harus melepaskankain pelindung kapuk dan mengeluarkan kapuknya dan ditebar diatas tampah atau permukaan yang datar/rata lalu dijemur di bawah terik sinar matahari langsung sampai benar-benar kering, setelah kering kapuk dimasukkan ladi ke kain pelindungnya.
  7. Untuk yang berbahan dasar busa harus diperas atau dispin pakai mesin cuci baru setelah itu bisa dijemur.

TIPS MERAWAT DANDANG

Dandang adalah salah satu alat memasak tradisional sebelum ditemukannya alat penanak nasi moderen yaitu rice cooker. Beras akan dikukus dalam dandang setelah sebelumnya dimasak setengah matang dalam panci terpisah. Di dalam dandang terdapat saringan yang berlubang agar uap air dapat memanaskan beras yang berada di atasnya. Karena seringnya dandang dipakai memasak nasi maka kadang-kadang dandang menjadi bau akibat kurang bersih dalam pencucian sehingga masih ada sisa-sisa nasi yang lengket pada dinding bagian dalam dan saringan.Untuk menghilangkan bau pada dandang maka kita harus benar dalam membersihkannya. berikut ini tipsnya:

1. Setelah dipakai memasak diamkanlah dandang agar menjadi dingin lalu rendamlah dengan air dingin agar sisa-sisa nasi yang menempel pada dinding bagian dalam dan saringan terlepas sehingga memudahkan dalam pencucian.

2. Cucilah bagian luar dan dalam serta saringan dengan spon lembut(khusus bagian bawah dandang memakai spon kasar) yang telah dibasahi dengan air yang telah dicampur dengan sabun khusus penccuci piring (lebih baik yang mengandung aroma jeruk atau lemon), bersihkan seluruh bagian dandang termasuk saringannya jangan sampai ada sisa-sisa nasi yang menempel sedikitpun karena sisa nasi yang menempel adalah penyebab bau pada dandang.

3. Setelah dicuci dan dibilas, tiriskanlah dandang dan saringannya, letakkanlah dandang dengan posisi terbalik agar sisa air yang berada di dalamnya menetes, pisahkanlah saringan dari dandang agar cepat kering.

CIRI KABEL LISTRIK POSITIP, NEGATIP, GROUNDING


gambar tespen
"Pemakaian warna kabel mungkin akan berbeda-beda di setiap rumah tergantung keinginan orang yang memasangnya, keseragaman dalam pemasangan warna kabel listrik di rumah akan mempermudah dalam pemasangan, perawatan, dan perbaikan"

"yang paling utama dalam pemasangan instalasi listrik di rumah adalah bahwa kita mengerti cara menyambung kabel listrik secara paralel, kuncinya kita tau yang mana kabel yang bermuatan positip(+), negatip(-), atau grounding"


Ciri-ciri kabel positip/fasa/api:
  • Saat listrik mengalir pada sebuah kabel maka bila kita uji memakai tespen maka tespen itu akan menyala.
  • Bila kabel positip/fasa/api bersentuhan dengan kulit maka akan terasa nyetrum.
  • Dari Kwhmeter kabel ini akan melewati sakelar MCB dulu untuk kemudian dapat dipakai oleh kita,oleh sebab itu bila kita akan memperbaiki listrik di rumah harus mematikan sakelar MCB dulu agar listrik tidak mengalir ke instalasi listrik di rumah dan terhindar dari bahaya setrum.

Ciri-ciri kabel negatip/netral:
  • Bila kabel negatip/netral diuji memakai tespen maka tespen tidak akan menyala.
  • Bila kabel negatip/netral bersentuhan dengan kulit tidak akan kesetrum.
  • Kabel ini tidak melewati sakelar MCB.
  • Sumbernya dari jalur kabel listrik PLN.

Ciri-ciri kabel grounding/arde
  • Bila kabel grounding/arde diuji memakai tespen maka tespen tidak akan menyala.
  • Bila kabel grounding/arde bersentuhan dengan kulit tidak akan kesetrum.
  • Kabel ini tidak berhubungan dengan jalur kabel listrik PLN tapi terhubung langsung ke bumi/tanah di sekitar rumah.
  • Fungsinya untuk membuang arus liar dan percikan api akibat konslet atau dhubungan pendek.
  • Kabel ini paling bayak dipasang pada stopkontak.

CARA MENYAMBUNG KABEL LISTRIK KE STOPKONTAK

stopkontak dinding
gambar stop kontak
Untuk anda yang awam cara memasang, merangkai, merakit kabel listrik ke stopkontak/lubang colokan di rumah dan ingin belajar memasang sendiri di rumah tidak usah khawatir karena caranya sangat mudah sekali.


Bahan-bahan:
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm yang panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Stopkontak/lubang colokan, satu buah.
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik, satu buah.
  • klem kabel no.10, satu bungkus.

 Peralatan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang buaya/tang monyong(yang dapat memotong kabel)
  • Tespen
  • Pisau cutter
rangkaian kabel listrik ke stopkontak

Cara menyambung:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi saklar MCB dari ON (1) ke OFF (0).
  2. Kupaslah kulit kabel NYM yang berwarna putih lalu yang berwarna hitam sampai terlihat pembungkus kabel yang berwarna hitam dan biru.
  3. Kupaslah pembungkus kabel yang berwarna hitam dan biru sampai terlihat tembaganya kira-kira 2cm.
  4. sambungkan kabel biru dan kabel hitam ke masing-masing terminal stopkontak.Ada dua macam cara memasang kabel ke terminal stopkontak yaitu: sistem baud> kabel akan dikencangkan dengan memutar baud/sekrup ke arah kanan memakai obeng. sitem jepit:> kabel langsung masuk ke lubang terminal stopkontak dengan menekan tombol merah atau putih, kemudian setelah kabel masuk lepaskan tombolnya, maka dengan otomatis kabel yang telah masuk akan terkunci/terjepit dari dalam."
  5. Lakukan poin3 lalu sambungkan masing-masing ujung kabel yang telah terpasang pada poin4 dengan kabel positip dan negatip jalur utama instalasi listrik.
  6. jangan lupa untuk mengisolasi setiap sambungan kabel dan memasang klem kabel dengan jarak antar klem 50cm agar kabel menjadi kokoh dan rapi. 

"Pemasangan kabel untuk stopkontak boleh pake warna apa saja dan pemasangannya boleh dibolak balik. yang penting masing-masing kabelnya tersambung ke kabel positip dan negatip kabel utama instalasi listrik di rumah anda." 

"bila dianggap perlu, pasanglah kabel grounding pada stopkontak" 


Cara memasang kabel listrik untuk stopkontak 3(tiga) lubang

Stop kontak yang mempunyai tiga lubang jarang sekali ditemukan di indonesia karena steker pasangannya yaitu steker berjari tiga jarang ada di pasaran Indonesia. tetapi ada beberapa produsen alat elektronik dari luar negri  yang memproduksi steker berjari tiga sebagai penghubung listrik alat elektronik dan memasarkannya ke Indonesia.

Stop kontak yang mempunyai 3(tiga) lubang colokan mempunyai fungsi yang sama dengan stop kontak yang hanya mempunyai dua lubang, persamaannya adalah: keduanya terhubung dengan kabel positp, negatip, dan grounding/arde.sedangkan perbedannya adalah:
  • Stop kontak dua lubang: terdapat dua buah lubang yang terhubung dengan jalur listrik positip dan negatip, kabel grounding terhubung dengan dua plat kecil yang terletak pada sisi bagian luar badan stop kontak.
  • Stop kontak tiga lubang:  Terdapat tiga buah lubang yang terdiri dari dua lubang yang terhubung dengan jalur kabel listrik positip dan negatip, sedangkan satu lubang yang lain terhubung ke jalur kabel grounding/arde.

Cara memasang:
  • Sambungkan kabel positip dan negatip dari jalur instalasi listrik utama ke kedua terminal kabel stop kontak yang sejajar.
  • sambungkan kabel grounding/arde ke terminal kabel yang terpisah sendiri.

CARA MEMPERBAIKI MAJIC JAR/MAJIC COM/RICE COOKER

MAJIC JAR / MAJIC COM / RICE COOKER / penanak nasi
Saran untuk dibaca: Cara Memperbaiki Saklar/switch Alat Penanak Nasi

Alat penanak nasi ini sudah umum dipakai oleh masyarakat karena fungsinya yang praktis yaitu dapat memasak nasi sekaligus menghangatkannya.

6 bagian penting Sebuah magic jar:
  1. Dua buah lampu indikator yang letaknya di sisi bawah badan magic jar. terdiri dari lampu penunjuk memasak/cook berwarna merah dan lampu penunjuk menghangatkan/warm biasanya berwarna kuning atau hijau.
  2. Thermostate, ialah komponen pengatur suhu/panas yang letaknya di bagian dalam badan magic jar.
  3. Thermofuse, fungsinya mirip sekering yang akan putus pada temperatur yang melebihi batas toleransinya, letaknya di dalam badan magic jar.
  4. Elemen badan, fungsinya untuk memasak nasi letaknya di sekeliling badan bagian dalam magic jar.
  5. Elemen tutup, fungsinya menghangatkan nasi, letaknya di dalam penutup magic jar.
  6. Kabel penghubung.
Cara kerja magic jar:
  1. Saat memasak nasi kabel dihubungkan ke stopkontak dan lampu indikator(warm) menyala lalu sakelar ditekan dan lampu indikator memasak/cook menyala.
  2. Listrik mengalir dari kabel menuju thermostate,thermofuse,elemen badan dan elemen tutup.
  3. Elemen yang dialiri listrik akan memanas dan akan memasakkan nasi sampai suhu tertentu.
  4. Saat nasi sudah matang pada suhu tertentu maka akan mempengaruhi thermostate dan akan memutuskan arus listrik menuju elemen badan yang akan ditunjukkan dengan berpindahnya posisi sakelar ke atas yaitu mode menghangatkan(warm) dan matinya lampu indikator memasak (cook).
  5. Selanjutnya Thermostate akan mengatur suhu di dalam majic jar agar stabil pada suhu hangat.
Keluhan yang sering muncul dan penyebabnya:
  • Mati total, penyebab: Thermofuse putus atau kabel penghubung mungkin putus akibat digigit tikus.
  • Nasi cepat kuning/bau, penyebab: elemen tutup putus atau terbakar.
  • Nasi cepat kering, penyebab: thermostate kotor atau ada yang menghalangi atau rusak akibat usia.
  • Tidak panas baik memasak ataupun menghangatkan, penyebab:elemen badan putus atau terbakar.
  • Tombol tidak mengunci saat memasak nasi atau tidak kembali ke atas(posisi warm) saat nasi sudah masak, penyebab: thermostate kotor,ada yang menghalangi atau rusak akibat usia.
Cara membuka elemen tutup:
  1. Buka sekrupnya kemudian lepaskan penutup dari badannya
  2. lepaskan sambungan kabelnya
  3. lepaskan elemen tutup dari tempatnya.
Cara membuka elemen badan:
  1. Buka baud yang ada di bagian bawah magic jar lalu congkel sela antara badan bagian tengah dengan penutup badan bagian bawah menggunakan obeng min.
  2. setelah penutup badan bagian bawah terlepas lihatlah di sedkeliling bagian dalam badan, di situ ada elemen badan yang terbungkus alumunium foil(mirip lakban) , lepaskan sambungan kabelnya lalu ambil elemennya.

PANDUAN CARA MUDAH MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF

Speaker aktif adalah alat elektronik yang mengubah dan memperkuat sinyal audio yang lemah dari suatu sumber(komputer,dvd,tuner,dll) agar bisa didengar oleh telinga manusia.Suara akan keluar dari speaker melalui beberapa tahapan tertentu agar menghasilkan suara yang baik.

Cara kerja speaker aktif adalah seperti "sistem" yaitu terdiri dari beberapa bagian yang saling terkait/berhubungan, bila ada bagian yang rusak maka bagian yang lain akan terpengaruh sehingga sistem tidak akan bekerja dengan baik.


Cara kerja speaker aktif

1. Sinyal audio yang lemah dari suatu sumber akan diteruskan melalui KABEL AUDIO menuju rangkaian elektronika yang ada di dalam kotak speaker.

2. di dalam rangkaian itu sinyal audio masuk ke POTENSIO METER(volume) untuk dihambat agar sinyal audio dari sumber dapat diatur besar kecilnya. putaran potensio akan berpengaruh pada besar kecilnya suara yang keluar dari speaker.

3. Dari potensio meter sinyal akan diteruskan ke bagian TONE CONTROL, di sini sinyal suara akan diatur kualitasnya(bass,treble,middle) agar menghasilkan suara yang enak didengar.

4. setelah sinyal suara diolah oleh tone control maka sinyal audio yang masih lemah akan masuk ke bagian POWER AMPLY, disini sinyal yang lemah akan diperkuat/diperbesar.

5. Sinyal audio yang sudah kuat akan diteruskan ke lilitan yang ada dalam speaker, setelah itu barulah keluar suara dari SPEAKER.

Dengan mengetahui cara kerja speaker aktif diharapkan akan mempermudah kita dalam memperbaikinya bila suatu saat terjadi kerusakan pada speaker aktif kita.

Apapun kerusakan pada speaker aktif anda, uraian di bawah ini adalah tahapan untuk mencari di mana letak kerusakannya mudah-mudahan bermanfaat.

1. lepaskan kabel audio dari sumbernya, misalnya komputer,DVD player, tuner,dll.

2. masukkan steker ke stopkontak, atur volume pada seperempat putaran lalu nyalakan speaker aktif anda dengan menekan tombol power ke posisi "on", lihatlah pada lampu powernya, bila tidak menyala kemungkinan kabel penghubung listrik yang putus. bila lampu indikator menyala lanjutkan ke poin 3.

3. sentuhlah ruas paling ujung jack audio(jack audio letaknya paling ujung kabel,terdiri dari tiga ruas yang tiap ruasnya dibatasi oleh cincin plastik) dengan jari tangan, bila salah satu speker berbunyi (seperti suara kentut) berarti jalur dari kabel sampai speaker masih bagus tapi bila tidak ada suara maka ada bagian yang rusak antara salah satu jalur kabel sampai speaker.

4. lakukan pengujian seperti poin 3, kali ini yang disentuh adalah ruas tengah jack audio. Bila salah satu speker berbunyi (seperti suara kentut) berarti jalur dari kabel sampai speaker masih bagus tapi bila tidak ada suara maka ada bagian yang rusak antara salah satu jalur kabel sampai speaker.

5. Matikan tombol power kemudian cabut steker(kabel listrik ) dari stopkontak. Buka skrup kotak speaker(yang nyambung dengan kabel listrik/penghubung ke stop kontak) yang ada di bagian belakang lalu tarik bagian depan dan belakang kotak speaker sehingga menjadi dua bagian. Putuskan pangkal kabel audio yang yang menempel pada terminal rangkaian yang letaknya di dalam kotak speaker (jangan lupa untuk mengingat letak kabel agar mudah bila akan dipasang lagi).

6. masukkan steker ke stopkontak, atur volume pada seperempat putaran lalu nyalakan speaker aktif anda dengan menekan tombol power ke posisi "on", sentuhlah dengan jari terminal bekas menempelnya kabel audio, ada tiga buah titik terminal tapi hanya dua yang akan mengeluarkan suara ke speaker saat disentuh jari. "Bila pada pengujian poin 3 dan poin 4 speaker tidak berbunyi sedangkan pada pengujian poin 6 speaker bunyi maka yang rusak adalah kabel audio."

7. bila pada pengujian poin 6 salah satu speaker tidak berbunyi maka cobalah lepaskan kabel speaker yang tidak bunyi lalu tukar dengan speaker anda yang lain, ulangi pengujian pada poin 6. "bila speaker berbunyi maka speaker yang anda tukar tadi rusak tapi bila tidak ada suara yang keluar berarti yang rusak adalah bagian power amply". Bagian tone control jarang rusak, yang paling unum adalah potensio volume yang kotor oleh karat sehingga saat volume diputar muncul seperti suara tikus dan kadang-kadang suara speaker membesar atau mengecil sendiri. untuk memperbaikinya cukup menetesi lubang potensio(dari dalam kotak speaker) dengan 4lk0h0l atau minyak goreng bersih.

CARA MENGGUNAKAN HANDY VACUUM CLEANER

Pastikan voltase listrik di rumah anda sama dengan voltase pada penyedot debu anda, hampir semua alat elektronik menggunakan voltase 220v yang sama dengan voltase listrik di Indonesia.
  1. Untuk mempermudah saat menggunakan, ujung penyedot dapat diganti dengan macam-macam bentuk (bawaan pabrik), sesuaikan ujung penyedot dengan tempat yang akan dibersihkan misalnya bila anda akan membersihkan sudut ruangan atau sela-sela yang sempit maka gunakanlah ujung penyedot yang berbentuk lancip. Gunakan Selang fleksibel untuk menjangkau tempat yang sempit dan agak dalam.
  2. pastikan sakelar penyedot debu pada posisi mati/off kemudian masukkan steker penyedot debu ke stopkontak listrik.
  3. bila penyedot debu anda dipasang Selang fleksibel maka pasang juga tali penyedot debu agar penyedot debu bisa di gendong di pundak(seperti menggendong tas), genggamlah pegangan penyedot debu dengan kuat tapi tidak kaku lalu tangan yang lain memegang ujung penyedot.
  4. Hidupkan tombol (posisi "on")yang berada dekat pegangan lalu mulailah mengarahkan ujung penyedot ke tempat-tempat yang dianggap berdebu.
  5. setelah selesai matikan tombol penyedot debu (ke posisi "off") lalu bersihkanlah saringan debu yang berada di bagian dalam badan penyedot debu, caranya tekanlah tuas pengunci yang ada di pinggir belakang body lalu lepaskan penutup belakang, di situ perdapat saringan penyedot yang berbentuk setengah bola,pinggirannya terbuat dari plastik sedangkan saringannya sendiri terbuat dari kain tebal. cabutlah saringan itu ke arah belakang lalu bersihkan debu-debunya dengan cara di p*kulkan ke tempat sampah. jangan lupa untuk memasang kembali saringan yang telah dibersihkan.*saringan harus sering dicek meski anda belum selesai membersihkan, karena kalau saringan penuh maka aliran udara akan tersumbat mengakibatkan cepat panas dan terbakarnya motor penyedot debu .
  6. cabut steker lalu rapikan kabel penghubung dengan cara menggulung dan mengikatnya lalu simpan penyedot debu kesayangan anda di tempat yang aman.