ALAT PENANAK NASI SEPANJANG MASA

gambar dandang
Dandang tradisional

Kemajuan teknologi yang begitu cepat mempengaruhi cara manusia dalam menjalani aktifitas hidupnya, dengan teknologilah maka ditemukan suatu inovasi(penemuan baru) dalam segala hal untuk kelangsungan hidup manusia yang lebih baik. Tak terkecuali dalam perkembangan peralatan rumah tangga, cara memasak nasipun berubah dari cara memasak nasi secara tradisional ke cara-cara yang lebih modern. berikut ini beberapa contoh alat penanak nasi yang pernah ada di indonesia:

DANDANG TRADISIONAL, Pada awal perkembangannya, dandang adalah alat pemasak nasi yang paling populer di masanya. yaitu cara memasak nasi menggunakan media panci khusus dan saringan berbentuk kerucut dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Dandang ini terbagi menjadi dua bagian yaitu: saringan yang terbuat dari anyaman bambu yang berbentuk kerucut dan panci dandang yang berbentuk lingkaran di bagian atas dan bawah dan meramping pada bagian tengahnya.

Selain dandang yang diterangkan di atas tadi ada bentuk dandang lain yang terbuat dari bahan alumuniun dan stainles steel, bentuk dandang ini berbentuk tabung yang di tengahnya terdapat saringan yang terbuat dari bahan logan berlubang-lubang kecil, cara masaknya mirip dengan dandang tradisional hanya saja saringan kerucut diganti dengan saringan lempengan logam berlubang.


Cara memasak nasi dengan dandang:
  1. Beras ditapi menggunakan tampah untuk memisahkan gabah, batu-batu kecil dari beras dan benda-benda lain selain beras.
  2. Beras dicuci dengan air bersih.
  3. beras dimasak(dikarih/diaron) di atas tungku api berbahan bakar kayu bakar menggunakan panci biasa dan ditambahkan air sebatas satu ruas jari di atas permukaan beras.
  4. Panci diangkat dari api saat nasi telah setengah matang yang ditandai dengan habisnya air yang ada di dalam panci.
  5. Panaskan air di atas tungku yang sedang menyala dengan menggunakan panci dandang yang diisi air yang ukurannya kira-kira seperempat ukuran panci dandang.
  6. Pada saat air di dalam panci dandang mendidih pindahkanlah nasi setengah matang yang berada dalam panci pertama ke dalam saringan kerucut lalu letakkanlah saringan kerucut yang telah beriisi nasi setengah matang tadi ke panci dandang dengan posisi sisi kerucut yang lancip berada di bawah, lalu tutuplah saringan kerucut memakai tutup panci.
  7. Tunggulah kira-kira 30menit sampai nasi benar-benar matang untuk selanjutnya akan dipindahkan ke bakul nasi.

RICE COOKER, alat masak ini ditemukan pertama kali oleh tentara jepang dengan menggunakan elemen listrik sebagai media pemanasnya, alat ini berfungsi memasak nasi dengan sekali tahapan yaitu dengan cara memasukkan beras yang dicampur air ke dalam pancinya kemudian listrik dialirkan menggunakan kabel penghubung yang dimasukkan ke stopkontak listrik dan tinggal menunggu kira-kira 30menit beraspun akan berubah menjadi nasi yang siap dimakan. pada awal perkembangannya "Rice Cooker" ini hanya dapat memasak beras menjadi nasi saja tanpa dapat menghangatkan nasinya.


MAGIC JAR/MAGIC COM, seiring dengan perkembangan teknoligi maka alat penanak nasi pun berkembang dari "Rice Cooker" yang hanya mampu memasak nasi saja menjadi alat penanak nasi yang mampu memasak nasi sekaligus menghangatkan nasinya sebut saja "Magic Jar" atau "Magic Com", selain itu alat ini mampu mati secara otomatis bila nasi sudah matang dan berubah ke mode penghangatan.


MAGIC WARMER, Semakin lama bermunculanlah alat nasi yang revolusioner yang memiliki keunggulan melebili pendahulunya, diantara keunggulan-keunggulan alat ini diantaranya yaitu: dapat dipakai untuk membuat bubur, panci anti lengket, alat pengontrol digital, dan lain-lain.


Beberapa keunggulan "Magic warmer":
  • Dapat memasak nasi sekaligus menghangatkannya.
  • Selain untuk memasak nasi dapat juga digunakan untuk merebus dan mengukus bahan makanan seperti kue dan sayuran.
  • Panci anti lengket yang bebas dari PFDA(perfluorootanoic acid) yaitu sejenis senyawa oxid penyebab kangker, senyaewa inilah yang biasanya terdapat pada panci anti lengket.

Demikianlah cerita singkat mengenai perkembangan alat penanak nasi dari yang tradisional hingga yang modern, semoga bermanfaat.

0 Response to "ALAT PENANAK NASI SEPANJANG MASA"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.