KERUSAKAN YANG UMUM TERJADI PADA MESIN CUCI DUA TABUNG

mesin cuci
gambar mesin cuci dua tabung
Alat elektronik yang satu ini hampir sudah umum digunakan di setiap kelurga , betapa tidak? karena fungsi fungsi mesin cuci besar sekali manfaatnya dalam membantu meringankan pekerjaan rumah tangga dalam hal ini mencuci pakaian, selain mencuci, pada mesin cuci  yang menggunakan dua tabung terdapat tabung yang khusus berfungsi memeras pakaian yang telah dicuci agar lebih cepat kering saat dijemur, maka lengkaplah alat ini menjawab kebutuhan rumah tangga yang memerlukannya.

Karena pemakaian yang terus menerus dan selalu berhubungan dengan air maka pada suatu saat mesin ini akan mengalami kerusakan, beberapa kerusakan yang umum terjadi pada mesin cuci adalah:
  • Motor yang berfungsi untuk mencuci terbakar lilitannya yang mengakibatkan tidak dapat berputarnya pemutar pada tabung pencuci
  • Motor pengering/spin terbakar/putus lilitannya sehingga tabung pengering tidak berfungsi
  • As pemutar pakaian yang terdapat dalam tabung pencuci roda giginya gundul akibat beban cucian yang terlampau berat sehingga pemutar pakaian yang ada di dalam tabung pencuci tidak dapat berputar atau tersendat-sendat meskipun motor penggerak berputar.
  • Tali/belt penghubung motor dengan as pemutar tidak berfungsi  karena melar/longgar yang mengakibatkan tidak dapat berputarnya pakaian yang sedang dicuci, hal ini ditandai dengan munculnya suara berisik seperti suara tikus saat mesin pencuci dinyalakan.
  • Rusaknya kapasitor, ditandai dengan tidak berfungsinya motor, atau motor masih berfungsi tetapi putarannya lambat dan tidak beraturan.
  • Komponen timer yang kotor/berkarat, yang mengakibatkan laju motor tibatiba brthenti padahal timer masih berada pada angka tertentu, dan motor akan berfungsi kembali bila putaran timer diputar sedikit searah jarum jam.
  • Kabel penghubung ke stopkontak dan kabel yang ada di dalam mesin cuci putus akibat gigitan tikus.

Dengan mengetahui gejala kerusakan mudah-mudahan dapat mempermudah dalam hal memperbaiki mesin cuci bila suatu waktu terjadi masalah yang sama pada mesin cuci anda di rumah. untuk memperbaiki mesin cuci yang rusak silahkan baca postingan saya di bawah ini:

6 Responses to "KERUSAKAN YANG UMUM TERJADI PADA MESIN CUCI DUA TABUNG"

  1. mesin cuci sy 2 tabung. tabung pengeringnya berputar tp lambat. dan airx keluar sangat lambat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebab tabung pengering lambat bisa bermacam-macam, diantaranya adalah belt/karet pada motor yang sudah longgar. mkalau air yang keluar sangat lambat bisa saja salurannya tersumbat, coba diperiksa pada saluran pembuangan mesin pengering

      Delete
  2. Mesin cuci untuk bilas masih bisa berputar, tapi mesti dibantu dorong/putar. apa kira kira penyebab atau kerusakn nya..??? mohon bantuan solusi..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa motornya sudah lemah, atau time beltnya sudah longgar harus ganti baru

      Delete
  3. kenapa mesin cuci 2 tabung jd lambat putaranya?
    tabung untuk necucg

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa karena sabuk karet (timing belt) pada motor sudah longgar

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.