TIPS MERAWAT SEPATU

Sepatu adalah bagian dari perlengkapan pakaian yang menghiasai kaki kita agar terlihat enak dipandang mata, dengan berbagai jenis dan warna yang memukau sepatu menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk selalu dipakai di manapun kita berada, selain memperindah penampilan kita ternyata sepatu juga memiliki fungsi yang sangat berguna sekali diantaranya yaitu:

  • Melindungu kaki kita dari terbentur benda keras,
  • Melindungi kulit kaki dari sengatan matahari,
  • Membuat halus telapak kaki kita karena dengan memakai sepatu kulit kita senantiasa lembab, 
Tetapi semua manfaat pemakaian sepetu itu akan sia-sia bila kita tidak merawatnya dengan baik, diantara akibat dari kurangnya perawatan pada sepatu maka akan muncul hal - hal seperti di bawah ini:
  • Kulit sepatu mudah rusak/sobek
  • Sepatu mengeluarkan bau yang tidak sedap
  • Banyaknya jamur yang tumbuh di sepatu
  • Warna yang cepat memudar
Untuk menghindari agar hal-hal seerti di atas tidak terjadi pada sepatu kita berikut ini cara perawatan sederhana yang saya rangkum dari beberapa jenis sepatu:


Cara merawat sepatu olah raga
Cucilah sepatu setelah dipakai berolah raga dengan cara:
  1. Lepaskan tali sepatu lalu rendam dengan sabun cuci detergen kemudian disikat memakai sikat halus sampai bersih lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai kering.
  2. Rendamlah sepatu dalam larutan air yang sudah dicampur detergen kira-kira 30menit 
  3. Bersihkan kotoran/noda yang menempel pada permukaan dan bagian dalam sepatu memakai sikat halus, hati-hati dalam menyikat permukaan sepatu bagian atas jagan sampai mengikis lapisan terluar dari sepatu yang terbuat dari bahan sintetik,
  4. Bilas sepatu memakai air bersih sampai tidak ada lagi buih yang menempel pada sepatu.
  5. Jemurlah sepatu dengan posisi miring dengan posisi bagian tumit sepatu berada pada posisi paling bawah agar air cepat menetes dan mengalir ke luar sepatu.
  6. Bila sepatu sudah kering cepatlah diangkat , karena bila terlalu lama dijemur maka akan membuat warna sepatu cepat memudar.
  7. Simpanlah sepatu di tempat yang terlindung dari sengatan sinar matahari dan hujan dan bungkus memakai plastik untuk meghindari dari debu atau kotoran yang menempel.
  8. Janganlah memakai sepatu dalam keadaan basah karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada sepatu dan kaos kaki.

Cara merawat sepatu kantor/pantopel yang terbuat dari kulit
Semirlah sepatu sebelum dipakai dengan cara:
  1. Bersihkan kotoran/debu yang menempel pada permukaan kulit sepatu memakai kain lembab kemudian dilap memakai kain kering yang halus setelah itu dijemur beberapa menit.
  2. Sikatlah permukaan kulit sepatu memakai sikat khusus untuk sepatu yang sebelumnya sudah disapukan ke semir sepatu,
  3. Setelah kulit sepatu dilapisi semir jemurlah beberapa menit agar semir menyerap ke pori-pori kulit sepatu.
  4. Ulangi menyikat sepatu dengan sikat khusus sepatu sampai permukaan kulit sepatu menjadi mengkilat.
  5. Bila sepatu terkena air saat dipakai segeralah di lap sampai kering atau dijemur beberapa saat sampai sepatu tidak basah lagi.

0 Response to "TIPS MERAWAT SEPATU"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.