Home » , » CARA MEMPERBAIKI SAKLAR LISTRIK TEMBOK

CARA MEMPERBAIKI SAKLAR LISTRIK TEMBOK

Saklar Listrik
Saklar listrik adalah salah satu alat instalasi listrik yang berfungsi menyambungkan dan memutuskan arus listrik sebuah beban misalnya lampu, pada suatu saat sakelar ini dapat mengalami ganguan yang mengakibatkan lampu yang disakelarnya tidak menyala saat saklar di ON kan, atau pada kasus lain lampu dapat menyala tetapi redup dan berkedip, semua gejala seperti itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
  • Lapu yang sudah putus
  • komponen pada fitting lampu mengalami kerusakan.
  • Kabel instalasi ada yang putus.
  • Komponen di dalam sakelar mengalami ganguan kerusakan.
Untuk lampu yang sudah putus maka gantilah dengan lampu yang baru, sedangkan untuk kerusakan pada fitting lampu dan instalasi kabelnya silahkan baca artikel saya yang berjudul  "cara memperbaiki fitting lampu". Dan untuk memperbaiki sakelar listrik silahkan simak uraiannya di bawah ini:

Peralatan yang dibutuhkan:
- Obeng plus
- Obeng minus
- Koas kecil
- Ampelas

    Tahapan-tahapan memperbaiki sakelar listrik tembok                                                                                                                                                                                   
    Gambar Saklar listrik
     
    1. Untuk keselamatan saat  perbaikaan agar tidak tersengat arus listrik maka matikanlah listrik di rumah dengan meng OFF kan tuas MCB.

    2. Lepaskanlah sakelar dari tembok dengan melonggarkan kedua sekrup yang menempel pada sakelar menggunakan obeng plus.

    3. Setelah sekrup terlepas tariklah badan saklar ke arah luar tembok secara pelan-pelan, kemudian lepaskan kabel yang terhubung dengan terminal yang ada pada bagian belakang sakelar kemudian bawalah sakelar ke tempat yang terang untuk memudahkan saat perbaikan.

    4. Perhatikan bentuk sakelar bagian belakang bagaimanakah sistim rekatnya apakah memakai baud atau pengunci, bila perekatan rumah sakelar memakai sistim sekrup maka untuk dapat membuka sistim mekanisnya lepaskanlah sekrup tersebut tetapi bila sistim rekatnya menggunakan sistim pengunci maka congkellah penguncinya menggunakan obeng minus sehingga rumah sakelar dapat terbuka.  
     
    5. Setelah rumah sakelr telah terbuka maka akan terlihatlah sistim
    mekanis sebuah sakelar yang terdiri dari beberapa plat logam dan per  / pegas, penyebab tidak terkoneksinya listrik ke lampu bersumber dar
    sistim mekanisnya, sistim mekanis sakelar tidak akan berfungsi dengan baik bila tertutup oleh kotoran atau benda asing lain yang menutupinya, pada saklar listrik yang tertanam di tembok rumah kerusakan pada umumnya disebabkan oleh semut yang membuat sarang di dalam sakelar.

    Gambar Saklar tertutup sarang semut
    6. Perhatikanlah contoh gambar terlihat sakelar mekanis yang penuh dengan sarang semut, bersihkanlah  bagian yang penuh dengan debu, kotoran atau semut menggunakan koas kecil. 
    7. Selain membersihkan menggunakan koas ampelaslah konektor yang berkekatan dengan pegas yang berfungsi memutuskan dan menyambungkan arus listrik.

    8. Untuk mencegah semut tidak kembali membuat sarang pada sakelar maka letakkanlah kapur barus di dalam tedus.
    Gambar saklar sudah dibersihkan
    9. Setelah pembersihan selesai maka pasanglah kembali seluruh komponen sakelar kemudian pasanglah sakelar ke tembok,

    10. Nyalakanlah listrik dengan meng ON kan tuas MCB. cobalah menyalan lampu dengan nenekan sakelar tembok yang telah diperbaiki, bila lampu menyala dengan normal maka perbaikan berhasil. Tetapi bila lampu tidak menyala maka periksa ulang komponen mekanis sakelar mungkin ada yang tidak terpasang atau bergeser posisi.


    Artikel Terkait:

    3 komentar:

    1. Terima kasih atas informasi dan ilmu yang manfaat ini...

      ReplyDelete
    2. ini dia yang saya butuhkan, saklar rumah saya sering dimasukin semut, untung saja saya baca blognya. oh iya mas, saya bingung masang kembali pernya ini, trus lempengan2nya...

      ReplyDelete

    Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.