TIPS MERAWAT OVEN MICROWAVE

Oven microwave adalah alat elektronik dapur yang hampir setiap waktu digunakan baik untuk memasak ataupun untuk menghangatkan makanan. oleh karena itu ovenpun akan mudah sekali kotor dan berbau oleh sisa makanan yang tercecer baik itu di dalam oven ataupun pada dinding terluar oven. Sudah seharusnyalah kita merawat Oven microwave milik kita agar selalu terjaga kebersihannya dan panjang umur sehingga akan selalu siap untuk dipakai kapan saja tanpa mengalami hambatan apapun yang akan mengganggu saat penggunaan.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Saya mengenai tips merawat Oven microwave di bawah ini:
  • Jagalah kabel penghubung ke stopkontak listrik agar kabel tersebut tidak terkelupas akibat ttertindih beban berat atau digigit tikus  yang akan menyebabkan konslet atau tersentuh kulit. sebaiknya kabel penghubung listrik dicabut dari stopkontak saat Oven microwave tidak digunakan.
  • Gunakanlah wadah untuk tempat makanan yang terbuat dari bahan yang aman untuk dimasukkan ke dalam Oven microwave seperti: plastik, melamin, tembikar, kayu, dan kaca.
  • Jangan menggunakan wadah makanan yang terbuat dari bahan logam karena dapat memicu percikan api yang akan menyebabkan terbakarnya Oven microwave.
  • Hindari memasak bahan makanan dengan menggunakan pembungkus yang menggunakan alumunium foil karena bahan tersebut dapat memantulkan gelombang micro sehingga bahan makanan menjadi lama matang atau bahkan tidak akan panas.sehingga bahan makanan tersebut tidak matang secara merata.
  • Aturlah waktu pemanasan agar sesuai dengan jenis makanan yang sedang dimasak.
  • Untuk menghangatkan makanan janganlah terlalu lama karena akan menyedot listrik cukup besar.
  • Bila bahan daasar masakan adalah termasuk jenis yang mudah matang maka saat memasaknya janganlah berada jauh dari Oven microwave untuk mencegah bahan makanan tersebut menjadi gosong.
  • Oven microwave adalah alat untuk memasak dan menghangatkan makanan jadi tidak dirancang untuk  hal lain seperti menggoreng, karena panas yang dihasilkan tidak maksimal untuk cara memasak dengan metoda menggoreng.
  • Hindari memasak cairan lebih dari dua menit karena bila air melewati suhu yang maksimal akibatnya saat pintu oven dibuka maka air yang berada di dalam Oven microwave muncrat, untuk amannya diamkanlah dahulu sampai suhu cairan dan dinding Oven microwave berkurang panasnya.
  • Jauhkanlah alat ini dari jangkaun anak-anak.
  • Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dibagian dalam Oven microwave adalah dengan cara  meletakkan bahan-bahan seperti serai, serbuk vanili, dan jeruk nipis di dalam sebuah wadah kemudian masukkan ke dalam Oven microwave, kemudian nyalakan Oven microwave pada kekuatan maksimal selama 30detik, dengan begitu bau yang tidak sedappun akan hilang tergantikan oleh aroma bahan-bahan tadi.
  • Cara melepaskan kotoran pada bagian dalam Oven microwave: masukkan kain lembab ke dalam Oven microwave kemudian nyalakan secara maksimal selama 30-40 menit, Uap yang terlepas dari kain akan melepaskan kotoran yang melekat pada dinding oven, setelah itu bersihkan menggunakan kain kering.

Beberapa cara membuat cairan pembersih untuk microwave:
  • Campurkan deterjen dengan air hangat lalu gunakan untuk membersihkan bagian interior dan pintu microwave dengan kain atau spon lembut yang bersifat tidak mengikis.
  • Campurkan 45ml  baking soda ditambah air secukupnya, gunakanlah spon lembut untuk membersihkan bagian dalam, pintu, dan body microwave, selanjutnya dapat dilap menggunakan kain basah atau lembab.. 

Post a Comment for "TIPS MERAWAT OVEN MICROWAVE"