TIPS MERAWAT KESET

Anda pasti tahu apa itu keset, keset adalah kain atau anyaman rami atau ijuk yang diletakkan di depan pintu atau teras  depan sebuah rumah atau ruangan yang berfungsi untuk membersihkan atau mengeringkan  kaki dan alas kaki sebelum seseorang melewati suatu ruangan. Keset ini biasanga diletakkan di lantai tepat di depan pintu masuk seperti: ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi dengan ukuran yang tidak lebih dari lebar pintu. Bahan dasar kesetpun berbeda-beda tergantung kegunaannya masing-masing, untuk keset yang terbuat dari anyaman rami atau ijuk biasanya diletakkan di luar rumah yang berguna untuk membersihkan alas kaki seperti sendal dan sepatu, sedangkan keset yang terbuat dari kain biasanya diletakkan di dalam ruangan yang berfungsi untuk membersihkan atau mengeringkan  telapak kaki.

Untuk merawat keset ini tidaklah sulit, kita tinggal sering membersihkan dan menjaganya agar sesuai dengan fungsinya agar keset kita terjaga kualitas dan kemampuannya, hal yang paling utama adalah bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan keset agar selalu siap untuk digunakan jangan sampai saat akan digunakan untuk membersihkan kaki atau alas kaki malah membuat semakin kotor kaki atau alas kaki tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai tips merawat keset silahkan disimak artikelnya di bawah ini:

  1. Untuk karpet yang terbuat dari anyaman rami atau ijuk cara membersihkannya adalah dengan memkulnya menggunakan sapulidi atau batang kayu agar kotoran atau tanah yang menempel  terlepas dari anyaman, selanjutnya keset dapat direndam dalam air yang dicampur sedikit deterjen dan pewangi pakaian selama kurang lebih setengah jam agar sisa kotoran atau debu yang nyangkut pada anyaman terlepas, kemudian setelah itu keset dapat diangkat dan direndam dalam lagi ke dalam air bersih sambil diangkat dan dimasukkan ke dalam air secara berulang-ulang sampai keset terlihat bersih, untuk membuktikan apakah keset sudah bersih atau belum cobalah ganti air bilasan dengan air bersih yang baru, bila air baru tersebut menjadi kotor berarti keset belum bersih, lakukanlah penggantian air saat membilas sampai air bilasan terakhir terlihat bersih yang menandakan bahwa keset sudah benar-benar bersih. Setelah keset benar-benar bersih maka keset dapat dijemur langsung di bawah sinar matahari.
  2. Untuk keset yang terbuat dari bahan kain cara membersihkan kotorannya adalah seperti kita mencuci pakaian biasa cuma bedanya untuk keset lebih ekstra dalam menghilangkan nodanya. Cara mencuci keset adalah dengan cara: merendam keset di dalam air panas yang telah diberi cuka dan deterjen, lalu diamkan beberapa saat. bersihkan kotoran yang menempel pada keset menggunakan sikat cuci pada kedua sisinya sampai bersih, setelah itu dapat dibilas dengan air dingin yang bersih, lakukan beberapa kali proses pembilasan sampai air pada bilasan terakhir sudah tidak kotor lagi, setelah keset terlihat bersih rendamlah dengan air dingin yang masih bersih yang telah diberi pewangi pakaian kemudian diperas dan dijemur di bawah sinar matahari sampai kering.
  3. Lakukanlah pencucian keset minimal seminggu sekali atau cucilah keset kalau sudah terlihat kotor.
  4. Bila anda belum mempunyai waktu luang untuk mencuci keset maka jemurlah keset yang basah lau setelah kering dikibas-kibaskan agar kotoran terlepas, sementara keset dijemur gantikanlah dengan keset yang kering.
  5. Setiap keset harus ada cadangannya untuk berjaga-jaga bila keset yang satu dicuci atau dijemur maka keset cadangan yang kering dan bersih dapat menggantikan posisinya.
  6. Pasanglah jenis keset pada suatu tempat sesuai dengan penggunaannya, misalnya untuk tempat yang banyak berhubungan dengan air seperti kamar mandi gunakanlah keset yang mempunyai daya serap tinggi terhadap air, kita dapat memilih keset tersebut dengan melihat jenis bahan pembuatannya, misalnya keset yang terbuat dari bahan yang mirip handuk biasanya dapat menyerap air lebih baik. Untuk keset yang berhubungan dengan daerah yang kering maka dapat digunakan keset yang berbahan sintetik.
  7. Saat membeli keset pilihlah keset yang tidak licin di lantai, anda dapat mencobanya di lantai dengan cara menggesek-gesekkan kaki pada keset tersebut, bila terasa badan anda seperti akan terpeleset dan keset tersebut bergeser posisinya berarti keset tersebut kurang baikdipasang di lantai. Ada beberapa produsen keset yang menambahkan lapisan karet pada bagian bawah keset sehingga mampu menahan keset agar tidak bergeser saat digunakan sehingga mengurangi resiko terjatuh saat kaki bergerak di atasnya.

Post a Comment for "TIPS MERAWAT KESET"