CARA MENCUCI JAKET DAN CELANA JEANS

Gambar celana jeans
Jaket ataupun celana Jeans adalah salah satu pakaian yang tidak pernah lekang oleh jaman, dari pertama kali jeans ditemukan sampai saat ini pakaian yang berbahan kaku dan kuat ini tetap banyak disukai oleh para penggemarnya. Bahan yang kuat serta siap berada di segala suasana membuat jans semakin nyaman digunakan baik oleh tua maupun muda.

Di Indonesia banyak sekali merek jeans yang beredar, dari yang biasa-biasa saja dengan harga yang terjangkau sampai  yang asli dengan harga yang selangitpun ada. namun apapun merek dan harganya, tetaplah jeans ini harus dirawat dengan baik agar jeans kesayangan kita tetap terjaga kualitasnya sehingga dapat bertahan lama. Tetapi bila jeans anda terlanjur pudar warnanya maka anda dapat melakukan pewarnaan dengan cara wantek yang mudah dan murah.

Pada posting kali ini Saya akan coba berbagi pengalaman tentang cara mencuci jaket ataupun celana jeans, ini adalah tips sederhana yang saya dapat dari pengalaman pribadi selama Saya menggunakan jeans, kebetulan Saya juga adalah penggemar pakaian ini, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini:

Cara mencuci jeans:
  1. Siapkan air rendaman di dalam ember kemudian beri deterjen secukupnya, maduklah air rendaman agar deterjen dapat larut bersama air.
  2. Masukkan pakaian jeans anda ke dalam ember tadi, lalu di aduk-aduk sebentar agar air rendaman dapat menyebar ke seluruh serat kain.
  3. Diamkan selama 15 sampai 30 menit agar deterjen dapat bekerja melepaskan kotoran yang melekat pada serat kain.
  4. Setelah direndam ambillah jeans anda kemudian dikucek sebentar untuk melepaskan kotoran yang melekat pada kain, apabila ada kotoran yang sulit dibersihkan dengan cara mengucek maka dapat digunakan sikat cuci yang berbulu halus, pada tahapan ini usahakan jangan terlalu kuat, karena tekanan sikat yang terlalu kuat dapat merusak lapisan terluar serat jeans sehingga jeans mudah berbulu dan menipis.
  5. Setelah selesai dengan proses pembersihan tahapan selanjutnya adalah membilas, siapkan air bersih di dalam ember kemudian masukkan jeans lau diangkat dan dimasukkan lagi kemudian diperas agar buih deterjen dapat keluar dari serat kain.
  6. Lakukanlah tahapan di atas beberapa kali sampai tidak ada lagi buih yang keluar dari jeans anda, setiap selesai memeras gantilah air di dalam ember dengan yang bersih.
Menjemur
Jemurlah jeans di terik matahari dengan posisi terbalik, yaitu bagian dalam berada di luar, hal ini untuk mencegah pudarnya warna jeans. bolak-baliklah posisi penjemuran agar seluruh bagian jeans kering oleh panas matahari (bagian dalam tetap berada di luar).

menyetrika
  • Setrikalah jeans dengan suhu yang sesuai dengan jenis bahan jeans.
  • Saat menyetrika hindari menggosok dengan tekanan yang berlebihan pada lipatan dan tepi kain karena dapat meninggalkan bekas dengan warna yang pudar.
  • Hindari setrika terkena kancing, resleting dan logam lain yang umumnya terdapat pada jeans karena akan mengakibatkan tergoresnya setrika, untuk setrika yang memiliki lapisan anti lengket maka lapisan tersebut akan terkikis sehingga kemampuan anti lengketnya akan berkurang.
Pinyimpanan;
Simpanlah di dalam lemari atau tempat lain yang kering dan tidak lembab karena kelembaban dapat mengundang jamur pada lemari yang akan menyebar ke jeans kita.

Hal-hal yang perlu dihindari:
  • Jangan terlalu sering menyikat jeans, lebih baik dikucek saja untuk menghindari menipis dan pudarnya warna kain.
  • Apabila ingin mencuci dengan mesin cuci lebih baik dipertimbangkan lebih dahulu, karena bila kita mencuci jeans dengan mesin cuci maka kancing jeans dan aksesoris logam lainnya yang melekat pada jeans akan menggores dinding mesin cucidan lama kelamaan akan merusak mesin cuci anda.
  • Menurut Saya Jeans identik dengan pakaian yang kaku, maka kurang tepat bila pada bilasan terakhir diberi pelembut pakaian, tapi bila anda memerlukannya silahkan saja.

2 Responses to "CARA MENCUCI JAKET DAN CELANA JEANS"

  1. Wah bisa di coba ini tipsnya..
    kalau untuk mencuci kaos kaki muslimah apa da tipsnya juga ...
    bisa kasih infonya..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.