TIPS AMAN MENINGGALKAN RUMAH SAAT MUDIK LEBARAN/IDUL FITRI

gambar bus tingkat
Kegiatan silaturahmi keluarga yang dilakukan pada Hari Raya lebaran memang sudah lama membudaya di negri yang kita cintai ini, Dengan perkembangan jaman maka Pertemuan keluarga yang sangat jauh jarang terjadi, biasanya para orang tua berada di kampung halaman sementara anak cucu mereka berada di kota.

Karena kegiatan mudik dilakukan serentak oleh sebagian besar masyarakat maka untuk mengamankan rumah sebaiknya lakukanlah hal-hal di bawah ini sebelum meninggalkan rumah agar kita dapat dengan tenang saat berada jauh dari rumah.

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran / Idul Fitri: 

  • Lakukanlah kegiatan mematikan gas dan air dengan cara mencabut selang gas serta kompor sehingga tabung tidak terhubung, mematikan keran utama PAM beserta keran air, matikan lampu, cabut steker alat elektronik dari stopkontak .
  • Pastikan pintu dan jendela rumah Anda terkunci. Jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke dalam rumah.
  • Sebaiknya pasanglah pengatur lampu otomatis yang dapat menyalakan dan mematikan lampu pada saat siang dan malam hari, ini khusus untuk lampu yang dipasang pada luar rumah.
  • Simpanlah perhiasan atau uang tunai pada tempat yang paling aman, tetapi alngkah baiknya bila barang-barang tersebut dititipkan saja di tempat penggadaian.
  • Sebelum berangkat beritahukan kepergian anda kepada RT, RW, dan keamanan setempat dan jangan lupa untuk memberikan beberapa nomor HP sehingga mereka akan lebih mudah menghubungi anda bila ada sesuatu yang menimpa rumah anda.
  • Selain aparat kemanan dan RT RW setempat, anda perlu juga meninipkan rumah kepada tetangga terdekat yang lebih tahu kondisi di sekitar.
  • Mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali. Sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah. Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni.
  • Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, titiplah ke tempat penitipan hewan agar hewan kesayangan Anda tidak terlantar atau Anda bisa juga menitipkannya kepada orang terdekat.
  • Jika Anda berlangganan koran atau majalah, beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama Anda pergi. Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal mudik.
  • Untuk mengelabui tamu tak diundang letakkanlah beberapa pasang sendal atau sepatu di depan pintu rumah rumah.

0 Response to "TIPS AMAN MENINGGALKAN RUMAH SAAT MUDIK LEBARAN/IDUL FITRI"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.