TIPS MEMILIH KAIN SUTRA ASLI

kain sutera
Banyak orang yang ingin tampil cantik dan menawan dengan memakai sutra sebagai balutan busananya. Ada yang berpendapat bahwa dengan berbusana sutra akan menimbulkan gengsi dan perasaan tersendiri bagi pemakainya. Hal itu terjadi karena tidak sembarangan orang bisa mengenakan kain bertekstur sangat lembut nan halus ini dengan harganya yang sangat mahal.

Selain sutra asli terdapat pula sutra sintetis alias sutra buatan dengan harga yang jauh lebih murah yang banyak beredar di pasaran, meski demikian  tidak menjamin kualitas dan mutu yang terbaik.

Mungkin dari sebagian kita ada yang bertanya, bagaimanakah membedakan sutra asli dan tidak? pada posting kali ini Saya akan berbagi hal tersebut, untuk selengkapnya silahkan dibaca paparannya di bawah ini.

Dilihat dari cara pembuatannya, kain sutra dibagi menjadi dua macam, yaitu sutra yang dibuat dengan mesin tenun dan sutra yang dibuat langsung dengan tangan. Cara membedakan dua jenis sutra tersebut adalah: 
  • Kain sutra yang dibuat langsung dengan tangan teksturnya agak kasar, agak tebal, cepat kusut, tapi tetap lembut. Pewarnaannya menggunakan bahan alami. Harganya lebih mahal dan persediaannya terbatas. Ukurannya lebih kecil dibandingkan produk sutra dari mesin.
  • Sutra yang dibuat dengan mesin tenun, teksturnya lebih halus, lembut, dan coraknya cenderung banyak yang sama karena diproduksi secara masal. Terdapat kain sutra buatan Cina, kelebihan nya adalah sutra ini asli, kainnya bagus, halus, lembut. Meski sutra buatan Cina ini menggunakan mesin tenun sebagai alat produksi sutranya, namun hasilnya bagus karena menggunakan teknik pengelolaan mesin yang canggih.
Menurut perancang busana Herman Nuary (perancang baju Muslimah), Kain sutra asli semakin tipis semakin bagus, apalagi jika kain sudah diberi motif beberapa warna, harganya semakin mahal. Per meter bisa Rp 1,2 juta atau lebih.


Ciri-ciri sutra asli :
  • Sutra asli kainnya tidak licin dan warnanya tidak mengkilap.
  • Sutra asli tidak mudah kusut.
  • Jika dilihat nampak masih berserat dan ketika dilipat tidak ada bekas lipatan.
  • Cara mudah lainnya adalah dengan membakar serat benang sutra tersebut. Apabila sutra dibakar baunya sama dengan rambut atau pun bulu manusia. 
(sumber: www.tempo.co.id, www.republika.co.id)

2 Responses to "TIPS MEMILIH KAIN SUTRA ASLI"

  1. tips yang bagus mas, saya pernah nonton berita, ada kain sutera asli di india diberi harga sekitar 10 juta rupiah (uang sini)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.