Tips Mencuci Baju Batik

gambar batik tulis
Artikel ini adalah kelanjutan dari posting Saya yang kemarin yang berjudul: "Tips Mencuci Batik Tulis", namun pada artikel tersebut belum dilengkapi dengan bagaimana cara mencucinya, mudah-mudahan artikel ini dapat melengkapi kekurangan dalam artikel tersebut.

Proses pencucian baju batik tidak dapat disamakan dengan Cara mencuci pakaian pada umumnya karena terbuat dari bahan yang berbeda dan proses pembuatan yang unik, maka dari itu untuk mencucinya diperlukan cara-cara yang benar. Pencucian yang khusus ini bertujuan untuk menjaga kualitas warna batik agar dapat bertahan lama dalam artian agar batik tidak luntur. Cara yang umum digunakan untuk mencuci batik adalah  dengan tehnik ‘handwash‘ atau cuci dengan tangan, bukan mencuci dengan mesin cuci,.bahan yang digunakan adalah buah Lerak atau yang sudah berbentuk sabun lerak.

Cara mencuci baju batik menggunakan sabun Lerak

Peralatan:
-Sabun Lerak
-Ember untuk merendam
-gantungan (Hanger)

Proses pencucian
  1. Siapkan ember yang berisi air sebanyak 2-3 liter (untuk kapasitas mencuci perpiece/perpotong). kemudian masukan Sabun Lerak secukupnya kedalam ember tersebut.
  2. masukkan batik ke dalam ember tersebut kemudian biarkan terrendam dalam larutan sabun Lerak selama 15-30 menit.
  3. Selanjutnya adalah mengangkat dan mencelupkan batik dari dalam rendaman.Pada bagian yang biasanya kotor misalnya pada kerah baju, gunakan jari anda untuk menggosok-gosokan secara lembut bagian tersebut agar kotorannya hilang.
  4. Setelah selesai dengan proses pencucian selanjutnya adalah proses membilas.Bilas batik dengan cara merendam ke dalam air bersih sekitar 5 menit dengan cara diangkat-celup.
  5. Selesai dengan proses pembilasan selanjutnya adalah proses pengurangan kadar air pada kain batik, caranya adalah dengan menyerap air yang ada pada bati menggunakan handuk kering dan bersih sambil diremas-remas lembut.
  6. Siapkan gantungan/hanger lalu letakkan batik di gantungan/hanger lalu jemur di tempat teduh,.
  7. Setelah batik kering, gunakanlah hand steamer untuk melicinkan dan merapikannya.
  8. Proses terakhir adalah dengan menaburkan bunga melati disekelilingnya atau semprot dengan parfum beraroma melati agar terkesan natural dan eksotis.

Hal-hal yang perlu dihindari pada proses pencucian batik:
  • Hindarilah mencuci batik dengan cara dikucek atau diperas.
  • Jangan menggunakan softener, cukup dengan air bersih saja.
  • Jangan memeras batik karena dapat menghancurkan serat dan merusak bentuknya..
  • Saat menjemur jangan terkena sinar matahari langsung.
  • Jangan menyetrika batik dengan setrika biasa, gunakanlah hand steamer untuk melicinkan dan merapikannya.

0 Response to "Tips Mencuci Baju Batik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.