Home » , » TIPS MERAWAT KANEBO/CHAMOIS

TIPS MERAWAT KANEBO/CHAMOIS

gambar lap kanebo/chamois
Saran untuk dibaca: "Cara menggunakan lap kanebo/chamois"

Kanebo atau chamois adalah sebutan untuk lap yang dipakai untuk menghilangkan sisa-sisa butiran air yang melekat pada lapisan terluar mobil atau motor, meski kadang-kadang jenis lap ini dapat juga digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga, lap jenis ini memiliki kemampuan menyerap air dengan baik, hal ini dikarenakan kanebo terbuat dari bahan yang lentur dengan kerapatan serat yang baik, berseda dengan jenis lap lain yang terbuat dari jenis kain biasa yang kurang mampu untuk menyerap air.

Lap kanebo memiliki beberapa kelebiahn dari jenis lap biasa, diantaranya adalah: dapat menyerap air dengan baik, mudah untuk diperas bila ingin mengurangi air yang ada di dalamnya, minim goresan(sedikit meninggalkan goresan), mudah untuk dibersihkan.

Bagi anda yang terbiasa mencuci kendaraan sendiri tentu tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, lap yang cukup populer ini adalah jenis lap yang banyak digunakan untuk membersihkan bagian terluar kendaraan baik itu mobil ataupun motor, lap ini memiliki kemampuan daya serap yang tinggi terhadap air, karena hal tersebut maka sangan berguna sekali untuk mengeringkan mobil atau motor pada bilasan terakhir.

Dengan kemampuannya menyerap air maka lap jenis ini harus dirawat dengan baik agar dapat tahan lama dan selalu siap untuk digunakan kapan saja, berikut tips merawat kanebo/chamois.
  • Gunakan lap ini pada bilasan terakhir yaitu setelah seluruh bagian kendaraan telah dibilas dengan air bersih, jadi sudah tidak ada lagi sisa-sisa buih sabun yang melekat.
  • Bila saat digunakan, lap menjadi sangat basah dan perlu diperas maka usahakan untuk tidak diplintir tetapi cukup dikepal dengan jari telapak tangan, hal ini untuk menghindari agar lap tidak mudah robek.
  • Hindari mengelap bagian yang mengandung minyak, oli, bensin, atai cairan lain selain air.
  • Jangan menjemur kanebo sampai kering, karena akan membuat kaku lap tersebut, karena saat kanebo dalam keadaan kering akan menjadi rapuh, jadi sangat rentan robek.
  • Setelah selesai dipakai simpanlah lap di tempat/wadahnya dengan syarat kanebo masih dalam keadaan basah/lembab.
  • Bila akan membersihkannya janganlah menggunakan sikat, karena akan merusak serat nya.
  • Hindari mencuci dengan deterjen.
  • Jangan mencuci kanebo dengan mesin cuci.
Cara mencuci kanebo:
  1. Rendam dalam air bersih lalu dikucek sedikit dan diperas hingga bersih,
  2. Ulangi proses tersebut untuk beberapa kali sampai lap benar-benar bersih, 
  3. Bila ada kotoran atau noda yang sulit hilang maka cobalah untuk menyemprotnya dengan air bertekanan, Agar seluruh kotoran yang masuk ke dalam serat dapat terbawa oleh aliran air.
  4. Setelah selesai dicuci sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan masih dalam keadaan basah.
  5. Bila ingin memberi sabun hendaknya dicoba dengan sabun mandi cair yang tidak merusak lap.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.