Home » , , » TIPS SEDERHANA MERAWAT KAIN SUTERA

TIPS SEDERHANA MERAWAT KAIN SUTERA

gambar KAIN SUTERA
Kain sutera adalah sejenis kain yang terbuat dari kepongpong ulat sutera yang diambil seratnya, dari kepongpong itulah dihasilkan Kain yang  tidak kaku dan ringan saat dipakai, sehingga siapapun yang memakainya memiliki kesan yang elegan. Dengan kelebihan itulah maka kain sutera banyak dipilih untuk material busana Kain sutera yang bertekstur mulus, lembut, namun tidak licin serta kenyamanan dan kemewahannya membuat jenis kain ini memiliki harga yang mahal.

Dengan kualitasnya tinggi dan harga yang mahal inilah maka kain sutera harus dirawat secara khusus. Apabila kita salah dalam perawatan maka bisa membuat kain sutera menjadi rusak dan tidak istimewa lagi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat kain sutera ini, silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.
  1. Siapkan sebuah ember lalu isi dengan air secukupnya, untuk merendam, Anda dapat menggunakan deterjen dengan formula lembut, misalnya shampo bayi.
  2. Pastikan tidak ada bagian yang terlipat saat merendam dalam air sabun,
  3. setelah direndam Gunakanlah tangan untuk mencuci kain sutera anda, kuceklah bagian kain yang kotor dengan perlahan ,
  4. usap-usapkan buih secara merata ke seluruh bagian pakaian.
  5. Meskipun sutera memiliki sifat anti debu dan noda, Namun apabila ada noda yang susah dihilangkan, maka caranya mengatasinya adalah dengan memercikan cuka pada bagian noda dan gosok dengan jari secara lembut sampai noda tersebut menghilang, lalu cuci dengan shampo.
  6. Setelah kain selesai dicuci kini saatnya pada proses pembilasan, siapkan air hangat (suam-suam kuku ) kurang lebih 30 derajat celcius, hal ini bertujuan agar pelapis sutera anda bersinar kembali. Bilaslah kain sutera anda dalam air bersih sebanyak 2-3 kali.
  7. Untuk menjemur, gantunglah sutera di tempat teduh dan tidak terlalu panas, jadi cukup diangin-anginkan saja.
Apabila anda memiliki kain sutera murni (100 persen dari bahan kokon sutera), disarankan untuk dicuci dengan cara dry cleaning (cuci kering). Untuk sutera dupioni yang ringan seperti sutera sifon, sutera China, dan krep de Chine, dry-cleaning juga merupakan pilihan terbaik. Dry cleaning membantu menjaga tekstur kain asli, walau membawa beberapa risiko yaitu larutan pembersih bisa jadi tidak sesuai dengan sutera dan sutera bisa rusak jika ditempatkan di tabung yang sama dengan kain kasar. Namun lebih aman tetap dicuci dengan tangan.


Cara menyetrika:
  1. Gunakanlah setrika dengan panas yang sedang, putarlah tombol pengatur suhu setrika pada posisi "Silk". Pada saat disetrika usahakan kain masih dalam kondisi lembab.
  2. Setrikalah hanya bagian dalam saja (bagian dalamnya berada di luar), kemudian lapisi dengan kain katun.
  3. Apabila akan menggunakan setrika uap harus dilakukan dengan ekstra hati-hati,karena kalau tidak maka seterika uap ini bisa meninggalkan bekas uap yang permanen pada sutera Anda.

Cara menyimpan:
  • Siapkan tempat/lemari yang kering dan tidak lembab untuk kain sutera anda.
  • Usahakan untuk selalu menggantung menggunakan hanger atau gantungan pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut, yang dilapisi busa sehingga tidak merusak kain.
  • Gunakanlah bagian lemarin yang berfungsi untuk menggantung, jadi jangan melipat sutera di dalam lemari.
  • Untuk mengusir ngengat pada almari pakaian gunakan kamper anti serangga/ngengat atau akar wangi .
  • Terdapat cara lain untuk menyimpan kain sutera ini yaitu dengan dibalut menggunakan kain berbahan katun.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kain sutera:
  1. Hindari penggunaan mesin cuci. Penggunaan mesin cuci beresiko merusak serat kain dan membuatnya kusut.
  2. Jangan menggunakan deterjen, karena kandungan deterjen cukup keras sehingga berbahaya bagi keindahan serat kain sutera yang tipis.
  3. Hindari menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain sutera anda, terutama batik sutera dengan pewarna alami. Kandungan bahan kimia dan 4lk0h0l yang terdapat pada parfum akan merusak warna maupun ornamen sutera.
  4. Jangan menggunakan bahan pemutih, karena dapat mengubah warna pakaian atau bahan sutera.
  5. Untuk merendam saat akan dicuci, pilihlah shampo yang tidak mengandung minyak atau petroleum karena nantinya akan membuat permukaan sutra terasa lengket.
  6. Jangan memeras kain sutera atau "Spin" pada mesin cuci, cara terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan digulung menggunakan handuk. Kain tidak diperas secara langsung, namun dilindungi dengan handuk. Air pun dapat lebih banyak terbuang karena diserap oleh handuk. Atau biarkan kering dengan sendirinya.
  7. Hindari menjemur langsung di bawah terik matahari karena dapat merusak kualitas benang dan menyebabkan warna sutra memudar.
  8. Hindari menyimpan pakaian berbahan sutera di tempat yang terkena cahaya matahari langsung
  9. Jangan membungkus sutra dengan plastik karena bisa menyebabkan sutera berjamur.
Baca juga: "TIPS MEMILIH KAIN SUTRA ASLI"


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.