Home » , , » Macam-Macam Mesin Cuci (kelebihan dan kekurangan)

Macam-Macam Mesin Cuci (kelebihan dan kekurangan)

Terdapat beberapa jenis mesin cuci yang umum digunakan di rumah, beberapa dari jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi anda yang memerlukan informasi tentang jenis mesin cuci yang bagus/baik, atau anda yang masih bingung dalam memilih dan membeli mesin cuci mungkin artikel ini sedikit membantu, untuk lebih jelasnya mari iita baca uraiannya di bawah ini.
mesin cuci satu tabung, front loading

1. Mesin cuci satu tabung/satu pintu

Pada jenis mesin cuci ini terdapat dua bentuk yang berbeda menurut cara memasukkan pakaian ke dalamnya yakni: mesin cuci pintu atas(top loading) dan mesin cuci pintu depan(front loading).

Mesin cuci pintu depan(front loading) memiliki satu buah tabung yg terbuat dari stainles steel. Dengan posisi vertikal dgn sistem kerja yang horisontal. Beberapa kelebihan dari jenis mesin cuci ini adalah:
  • Bentuknya besar sehingga memiliki kapasitas yang mampu menampung banyak cucian.
  • Penggunaan air yg sedikit/hemat.
  • Pakaian yang dicuci tidak mudah rusak karena proses kerjanya tidak menggunakan pulsator dan putaranya tidaklah terlalu cepat.
  • Cara menggunakanya pun sangat praktis hanya dengan menekan satu tombol maka semua proses pencucian akan beres hingga proses pengeringan selesai.
Selain kelebihan, ada juga kekuranganya dari mesin cuci ini yaitu boros penggunaan listrik, selain itu harga mesin cuci ini boleh di bilang masih mahal.

Mesin cuci pintu atas(top loading) memiliki tabungyaqng terbuat dari stainles steel dengan ukuran lebih besar dibanding mesin cuci dua tabung, hal tersebut dikarenakan mesin memiliki fungsi ganda yaitu pencucian dan pengeringan secara otomatis, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga kita. Karena segalanya sudah serba otomatis maka tidak diperlukan perhatian yang lebih saat proses pencucian. Kelebihan dan kekurangannya tidak jauh beda dengan Mesin cuci pintu depan(front loading), hanya saja kita perlu memperhatikan dalam pemilihan jenis pakaian yang akan dicuci karena mesin ini menggunakan pulsator yang akan memutar pakaian yang memungkinkan pakaian dengan bahan rapuh akan mudah rusak, cara mengatasinya adalah dengan memilih jenis pakaian yang akan dicuci.

Terdapat dua jenis mesin cuci yang bekerja dengan sistim otomatis, yaitu:
  1. Full computerized, mesin cuci akan bekerja sendiri setelah kita menekan tombol sebelum mencuci dan akan berhenti setelah seluruh proses pencuian dan pengeringan selesai.
  2. Semi computerized, namanya saja semi berarti  belum seutuhnya bekerja secara otomatis, kita akan dilibatkan pada beberapa proses pencucian dari mulai menekan tombol start, pause atau menekan tombol MENU untuk melihat apa yang dilakukan mesin seperti:  hanya cuci, hanya membilas, atau hanya mengeringkannya.

mesin cuci dua tabung, top loading
2. Mesin cuci dua tabung/twin tube

Mesin cuci dua tabung/twin tube paling banyak digunakan oleh masyarakat kita, mungkin karena harganya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis mesin cuci yang telah dijelaskan sebelumnya. Salah satu kekurangannya adalah cara pengoperasiaannya yang masih manual, yakni masih memakai tombol putar mulai dari memutar tombol untuk mencuci, mengeringkan dan membuang air. Sehingga diperlukan perhatianlebih saat kita melakukan proses pencucian. Sehingga diperlukan tenaga dan perhatian yang lebih.

Kelebihan Mesin cuci dua tabung/twin tube:
  • Hasil cucian yang lebih bersih.
  • Hemat listrik karena pemakaian listrik yg ekonomis sehingga dapat digunakan pada rumah dengan daya listrik  450watt.
  • Perawatan yg mudah dan murah. harga sparepartnya lbh murah dibanding mesin cuci otomatis.
Cara mengoperasikan Mesin cuci dua tabung/twin tube:
  1. Pertama merendam cucian di dalam tabug yang berukuran lebih besar(tabung khusus untuk mencuci).
  2. Setelah direndam maka mulailah dengan proses pencucian dan pembilasan di dalam tabung tersebut.
  3. Terakhir adalah proses pengeringan dengan menggunakan tabung yang berukuran kecil yakni tabung khusus untuk mengeringkan. (untuk lebih jelasnya mengenai proses pencucian dengan dua tabung dapat dibaca di: "Cara mencuci menggunakan mesin cuci dua tabung")


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.