CARA MENYAMBUNG/MELILIT KABEL SERABUT

Posting saya kali ini adalah kelanjutan dari postingan Saya sebelumnya yaitu tentang cara menyambung kabel listrik tunggal, dikarenakan banyaknya saya jumpai sambungan kabel serabut yang tidak memenuhi syarat keamanan, apalagi untuk sambungan kabel listrik pada alat-alat elektronik sangat beresiko konslet yang mengakibatkan kebakaran. Untuk menghindari akibat negatip dari kesalahan saat menyambung kabel serabut, di bawah ini saya rangkum beberapa pedoman untuk keamanan dan keselamatannya yaitu:
  • Kabel serabut yang disambung harus benar-benar kuat agar tidak mudah lepas saaat tertarik, untuk memperkuat sambungan kabel serabut sebaiknya setelah kabel disambung diikuti dengan menyoldernya dengan timah, bila tidak disolder dapat juga dengnan mmbuat simpul sambungan yang kuat.
  • Tutuplah kabel yang disambung menggunakan lasdop yang umum dijual di pasaran atau bisa menutupnya menggunakan isolasi khusus untuk kabel listrik yang tehan terhadap cuaca dan api.
  • Untuk sambungan dua kabel yang saling berdekatan diusahakan ada jarak di antara kedua sambungan tersebut agar terhindar dari hubungan pendek atau konsleting.

Cara menyambung kabel serabut yang aman:

Gambar
1. Kupaslah kedua ujung kabel yang akan disambung kemudian pilin serabut tembaga hingga menjadi satu.

2. Dekatkan kedua ujung kabel dengan posisi saling silang (gambar1)






Gambar
3. Pilin kedua kabel kira-kira dua atau tiga putaran(gambar 2).









Gambar 3
4. Lipat kedua ujung kabel ke arah bawah (gambar3).









Gambar 4
5. Pilin kedua ujung kabel yang telah terlipat ke bawah sebanyak dua atau tiga putaran(gambar 4).








Gambar 5
6. Lilitkan masing-masing sisa ujung kabel ke arah kiri dan kanan, usahakan tidak ada tontolan karena tonjolan kabel dapat merobek isolasi(gambar 5).







Gambar 6
7. Tutuplah sambungan dengan isolasi sampai tidak terlihat lagi sambungan kabel yang terbuka(gambar 6).








Gambar 7
8. Untuk sambungan kabel yang berdekatan maka letak sambungan kabelnya diusahakan saling berjauhan(gambar 7)

TAHAPAN-TAHAPAN MEMASANG INSTALASI LISTRIK DI RUMAH

Banyak orang yang menyerahkan urusan pemasangan instalasi listrik mereka kepada jasa instalatir dengan biaya yang cukup besar, untuk anda yang ingin sedikit memangkas biaya pengeluaran pemasangan listrik anda dapat memasang sendiri di rumah dengan mempelajari tekhnik pemasangan instalasi, uraian saya di bawah ini adalah salah satu cuntoh sederhana, untuk pengembangannya disesuaikan dengan bentuk rumah yang dibangun, perlu duketahui bahwa pemasangan instalasi listrik ini dipasang setelah sebuah rumah telah terpasang KWH dan MCB oleh pihak PLN. untuk anda yang ingin belajar pemasangan instalasi listrik silakan baca tahapan-tahapannya di bawah ini :
  1. Membuat gambar perencanaan untuk jalur listrik, untuk rumah baru yang dibangunn dari awal, rencanakanlah posisi sakelar, stopkontak dan fitting lampu sebelum rumah dibangun karena tahapan awal pemasangan listrik dilakukan setelah pemasangan bata dan sebelum pemasangan plesteran tembok, saat itulah dipasang pipa-pipa untuk kabel listrik pada dinding yang belum diplester.
  2. Pemasangan pipa untuk kabel listrik, pasanglah pipa kabel di dinding yang belum diplester berikut tedusnya, tedus ini adalah tempat untuk meletakkan sakelar atau stopkontak agar menempel kuat di dinding tembok.Untuk dinding yang belum diplester maka untuk pemasangan pipa ini plesterannya harus dilepas dulu dengan cara dibobok menggunakan pahat, ukurlah ketinggian tedus yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Pemasangan kabel jalur utama, pemasangan jalur utama ini di pasang mulai dari tempat keluarnya kabel dari MCB sampai ujung stopkontak yang terakhir, jalur ini dipasang pada kayu plapon melewati pipa listrik yang keluar dari tembok.
  4. Penyambungan kabel lampu, sakelar dan stopkontak. Sambunglah semua kabel dengan benar dan aman,ukurlah panjang kabel seoptimal mungkin, jangan sampai setelah dipasang ternyata tidak mampu menjangkau sekrup terminal pada fitting lampu, sakelar atau stopkontak, gunakanlah kabel yang sesuai dengan peruntukannya.
  5. Pemasangan sakelar, dan stopkontak, pemasangan ini dilakukan setelah pipa listrik sudah ditutup oles plesteran dan tembok  sudah rapi dicat, tutuplah setiap sambungan yang terbuka menggunakan isolasi khusus untuk kabel listrik, pasanglah setiap ujung kabel yang terpasang pada setiap sekrup terminal dengan kuat untuk menghindari peerubahan letak yang mengakibatkan konsleting dan tidak terkoneksinya arus listrik.
  6. Pemasangan fitting lampu beserta lampunya, pasanglah fitting lampu dengan kuat menempel di plapon karena fitting ini akan menahan beban sebuah lampu, pakailah fitting yang sesuai dengan jenis lampu yang akan dipasang karena setiap lampu mempunyai panas yang berbeda-beda, fitting lampu yang terbuat dari bahan plastik yang tipis mudah sekali meleleh oleh panas lampu.
  7. Proses uji coba, cobalah nyalakan MCB diikuti menyalakan seluruh lampu dan memasukkan steker alat elektronik ke setiap stopkontak, pemasangan dianggap berhasil bila  semua lampu dapat dinyalakan dan dimatikan oleh sakelar secara normal dan semua stopkontak dapat menyalakan/dipakai alat elektronik.

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI DUA TABUNG, PULSATOR TIDAK BERPUTAR

Salah satu kerusakan pada mesin cuci dua tabung adalah tidak berputarnya Pulsator pada tabung pencuci meskipun motor pencuci berputar dengan normal, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
  • Tali karet/Vbelt penghubung motor pencuci ke gearbox longgar.
  • Gigi pada bagian dalam gearbox atau as pulsator sudah aus atau rontok.

Cara memperbaiki tali karet/Vbelt yang kendor:
  1. Bawalah mesin cuci ke tempat yang agak luas dan cukup cahaya agar mempermudah dalam proses perbaikan.
  2. Letakkanlah mesin cuci di lantai dengan posisi bagian depan mesin cuci berada di lantai sedangkan sisi bagian belakang berada di atas.
  3. bukalah penutup  yang berada di belakang badan mesin cuci kemudian lihatlah posisi tali karet/Vbelt apakah kencang atau kendor, untuk memastikannya cobalah nyalakan mesin cuci beberapa saat, bila putaran motor normal tetapi putaran gearbox tidak stabil atau bahkan tidak berputar sama sekali ini menandakan kalau tali karet/Vbelt dalam keadaan longgar.
  4. Longgarkan ketiga baud(umumnya berukuran 10/12) yang berfungsi menempelkan motor pencuci ke badan mesin cuci kemudian tarik dan tahan badan motor agar menjauh dari letak gearbox(bisa dilihat dengan berubahnya letak baud) lalu kencangkan ketiga baud tadi agar posisi motor tidak tertarik lagi ke posisi semula.
  5. Untuk menguji kekencangan tali karet/Vbelt nyalakan mesin beberapa saat, bila putaran gearbox dan pulsator sudah normal maka tali karet/Vbelt sudah tidak kendor lagi.
  6. Bila posisi motor sudah durobah tetapi karet/Vbelt masih longgar maka tali/Vbelt tersebut harus diganti baru, gantilah tali karet/Vbelt tersebut sesuai dengan ukurannya, bawalah tali karet/Vbelt saat anda akan membeli yang baru karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran yang ada di pasaran, kadang-kadang ukuran yang tertulis pada pinggiran tali karet/Vbelt berbeda dengan ukuran fisiknya, sebagai contoh saya pernah membeli hanya dengan mengingat ukuran angka yang tertulis di tali karet/Vbelt yang sudah longgar setelah saya bawa ke rumah ternyata ukuran fisik yang baru lebih kecil sehingga tidak dapat dipasang pada motor pencuci dan gearbox meskipun dudukan motor pencuci sudah disetel.
  7. Bila tali karet/Vbelt pengganti sudah didapatkan pasanglah seperti posisi sebelumnya, untuk menyetelnya lakukan perubahan posisi motor pencuci dengan merubah letak ketiga baudnya.

Cara membuka dan mengganti gearbox dan pulsator:

"Rontoknya gigi pada as pulsator atau gearbox dapat dilihat dari tanda-tandanya berupa tidak berputarnya pulsator sedangkan motor pencuci dan gearbox berputar dengan normal."
  1. Lepaskan badan bagian bawah mesin cici dengan badan bagian atas dengan membuka seluruh sekrupnya dari arah bawah mesin cuci.
  2. Lepaskan tali karet/Vbelt penghubung motor pencuci dengan gearbox
  3. Buka baud pengencang gearbox dengan badan mesin cuci.
  4. Lepaskan/cabut gearbox dari badan mesin cuci.
  5. Lepaskan pulsator dengan cara membuka baud yang tersembunyi di dalam penutup yang terletak di tengah-tengah pulsator, cara membuka tutup tersebut adalah dengan mencongkelnya menggunakan obeng misus, 
  6. perhatikan bentuk gigi as pulsator bila sudah rontok maka as ini harus diganti, bila masih bagus maka yang rontok adalah gigi pasangaanya yang terletak di dalam gearbox..
  7. Bila gigi dalam gearbox yang rontok maka gantilah gearbox dengan yang baru.

CARA MEMASANG SAKELAR OTOMATIS POMPA AIR LISTRIK UNTUK TANGKI AIR/TOREN

Sejalan dengan perkembangan zaman maka manusiapun berkeinginan membuat suatu alat untuk memperingan pekerjaan mereka, tak terkecuali cara mengambil air dari perut bumi, dari mulai menimbanya langsung ke dalam sumur gali, mengalirkannya dengan pompa air manual, sampai dengan pompa air listrik, dengan ditemukannya alat yang berupa sakelar otomatis untuk pompa air listrik maka manusiapun dengan sangat mudah mendapatkan air.

Uraian di bawah ini akan menjelaskan cara-cara menginstal alat untuk menghidupkan dan mematikan mesin air otomatis yang menggunakan dua buah pelampung di dalam tangki air yang dihubungkan dengan tuas sakelar.

Cara memasang pelampung (Radar) dan sakelar otomatis:
sakelar otomatis dan pelampung tangki air
gambar ilustrasi pelampung tangki air
  1. Buatlah lubang pada pada gagian atas tangki tepatnya di pinggir lubang besar tangki(ada sebagian tangki air yang sudah memiliki lubang khusus untuk sakelar otomatis). dianeter lubang disesuaikan dengan ukuran sakelar tersebut.
  2. Ikatlah tali pada tuas sakelar kemudian ukurlah panjang tali kira-kira 30cm.
  3. Masukkan ujung tali ke dalam lubang untuk sakelar yang terdapat pada tangki kemudian diikuti dengan sakelar otomatisnya lalu kencangkan sakelar dengan memasang murnya dari arah dalam tangki.
  4. Ikatkan salah satu pelampung(yang memiliki lubang pengikat tali di kedua ujungnya) ke tali yang telah terikat ke tuas sakelar lalu sesuaikan ketinggian pelampung dengan kebutuhan, Ujung pelampung bagian atas adalah penentu posisi maksimal ketinggian air.
  5. Ikatlah seutas tali ke pelampung kedua dengan panjang kira-kira setinggi tangki air, lalu ikatkan ujung tali tadi ke ujung bawah pelampung yang pertama, ujung bawah pelampung kedua adalah penentu posisi terendah permukaan air sebelum mesin pompa mengalirkan air kembali.
 Hal-hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan:
  • semua tali harus dalam keadaan tegang oleh beban kedua pelampung.
  • Pelampung kedua yang berada paling bawah tidak boleh menyentuh dasar tangki, bila pelampung tersebut menyentuh dasar tangki maka mesin pompa tidak akan hidup karena tuas sakelar tidak akan tertarik oleh beban yang akan membuat sakelar menjadi "on".
Cara kerja Pelampung dan sakelar otomatis:
  1. Saat air di dalam tangki kosong maka kedua pelampung yang tergantung akan menarik tuas sakelar dan menyebabkan sakelar menjadi "on'.
  2. Pada saat sakelar "on" maka mesin pompa akan hidup untuk mengalirkan air ke dalam tangki.
  3. Air di dalam tangki akan bertanbah volumenya seiring dengan itu pelampung yang berada di bawah akan terangkat/terapung ke atas oleh air sesuai dengan ketinggian permukaan air, pada posisi ini mesin pompa masih hidup.
  4. Setelah ketinggian air dapat menyentuh kemudian mengangkat/mengapungkan pelampung yang berada di atas maka tuas sakelar akan terangkat untuk mematikan mesin pompa.
  5. Seiring dengan pemakain air maka ketinggian permukaaan air di dalam tangki lama-lama akan berkurang, kemudian satu persatu pelampung akan tergantung bebas tanpa pengaruh air, mesin air akan mati bila kedua pelampung sudah benar benar tergantung untuk menarik tuas sakelar kembali ke posisi "off".
  6. Begitulah seterusnya, sakelar akan "on" dan "off" mengukuti ketinggian permukaan air di dalam tangki.
"Pergunakanlah tali pengikat pelampung yang terbuat dari bahan tang tahan terhadap air karena menurut pengalaman saya tali bawaan sakelar tidak akan tahan lama di dalam air sehingga  lama-lama tali akan rapuh dan mudah putus." 

Baca juga: "Cara memasang kabel saklar otomatis pompa air"

TIPS MERAWAT SEPATU

Sepatu adalah bagian dari perlengkapan pakaian yang menghiasai kaki kita agar terlihat enak dipandang mata, dengan berbagai jenis dan warna yang memukau sepatu menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk selalu dipakai di manapun kita berada, selain memperindah penampilan kita ternyata sepatu juga memiliki fungsi yang sangat berguna sekali diantaranya yaitu:

  • Melindungu kaki kita dari terbentur benda keras,
  • Melindungi kulit kaki dari sengatan matahari,
  • Membuat halus telapak kaki kita karena dengan memakai sepatu kulit kita senantiasa lembab, 
Tetapi semua manfaat pemakaian sepetu itu akan sia-sia bila kita tidak merawatnya dengan baik, diantara akibat dari kurangnya perawatan pada sepatu maka akan muncul hal - hal seperti di bawah ini:
  • Kulit sepatu mudah rusak/sobek
  • Sepatu mengeluarkan bau yang tidak sedap
  • Banyaknya jamur yang tumbuh di sepatu
  • Warna yang cepat memudar
Untuk menghindari agar hal-hal seerti di atas tidak terjadi pada sepatu kita berikut ini cara perawatan sederhana yang saya rangkum dari beberapa jenis sepatu:


Cara merawat sepatu olah raga
Cucilah sepatu setelah dipakai berolah raga dengan cara:
  1. Lepaskan tali sepatu lalu rendam dengan sabun cuci detergen kemudian disikat memakai sikat halus sampai bersih lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai kering.
  2. Rendamlah sepatu dalam larutan air yang sudah dicampur detergen kira-kira 30menit 
  3. Bersihkan kotoran/noda yang menempel pada permukaan dan bagian dalam sepatu memakai sikat halus, hati-hati dalam menyikat permukaan sepatu bagian atas jagan sampai mengikis lapisan terluar dari sepatu yang terbuat dari bahan sintetik,
  4. Bilas sepatu memakai air bersih sampai tidak ada lagi buih yang menempel pada sepatu.
  5. Jemurlah sepatu dengan posisi miring dengan posisi bagian tumit sepatu berada pada posisi paling bawah agar air cepat menetes dan mengalir ke luar sepatu.
  6. Bila sepatu sudah kering cepatlah diangkat , karena bila terlalu lama dijemur maka akan membuat warna sepatu cepat memudar.
  7. Simpanlah sepatu di tempat yang terlindung dari sengatan sinar matahari dan hujan dan bungkus memakai plastik untuk meghindari dari debu atau kotoran yang menempel.
  8. Janganlah memakai sepatu dalam keadaan basah karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada sepatu dan kaos kaki.

Cara merawat sepatu kantor/pantopel yang terbuat dari kulit
Semirlah sepatu sebelum dipakai dengan cara:
  1. Bersihkan kotoran/debu yang menempel pada permukaan kulit sepatu memakai kain lembab kemudian dilap memakai kain kering yang halus setelah itu dijemur beberapa menit.
  2. Sikatlah permukaan kulit sepatu memakai sikat khusus untuk sepatu yang sebelumnya sudah disapukan ke semir sepatu,
  3. Setelah kulit sepatu dilapisi semir jemurlah beberapa menit agar semir menyerap ke pori-pori kulit sepatu.
  4. Ulangi menyikat sepatu dengan sikat khusus sepatu sampai permukaan kulit sepatu menjadi mengkilat.
  5. Bila sepatu terkena air saat dipakai segeralah di lap sampai kering atau dijemur beberapa saat sampai sepatu tidak basah lagi.

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI DUA TABUNG, MENGGANTI MOTOR PENCUCI

Postingan saya kali ini adalah kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yaitu tentang "KERUSAKAN YANG UMUM TERJADI PADA MESIN CUCI". Untuk bahasan kali ini adalah cara memperbaiki motor pencuci, kerusakan pada motor pencuci dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu seringnya mencuci dengan jumlah yang terlampau banyak melebihi kemampuan mesin cuci yang mengakibatkan terbakarnya lilitan motor. cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti motor yang rusak dengan yang baru, untuk tahapan-tahapan memperbaikinya adalah sebagai berikut:
  1. Pindahkan mesin cuci ke tempat yang lebih luas dan terang untuk mempermudah dalam proses perbaikan.
  2. letakkan mesin cuci pada posisi horisontal yaitu sisi sebelah kiri mesin pencuci pada saat berdiri menjadi posisi sebelah bawah atau menempel ke lantai saat ini.
  3. Buka semua sekrup pada badan mesin menggunakan obeng plus kemudian lepaskan badan mesin cuci bagian bawah dan atas dengan cara menariknya.
  4. Bukalah penutup mesin yang terletak di bagian belakang lalu akan terlihat motor pencuci beserta perkabelan, putuskanlah kabel yang berasal dari motor pencuci yang terdiri dari tiga kabel, tandailah ketiga kabel yang terlepas dari motor untuk mempermudah pada saaat pemasangan motor baru. Biasanya motor yang rusak akan terlihat tanda-tanda fisiknya yaitu berupa lilitan yang menghitam seperti terbakar, untuk memastikan apakah motor pencuci sudah rusak atau belum cobalah untuk mengukur lilitannya menggunakan AVO meter/Multitester dengan skala RX1ohm, Bila jarum tidak bergerak berarti lilitan putus tapi bila jarum bergerak dan menunjuk angka nol berarti lilitan motor konslet/terhubung pendek, angka yang pas untuk motor yang masih baik adalah sekitar 30ohm.
  5. Bila motor pencuci sudah jelas rusak maka tahapan selanjutnya adalah membuka tiga buah baud yang berfungsi menahan motor agar menempel pada badan mesin cuci menggunakan kunci pas(umumnya berukuran10 atau 12).
  6. lepaskanlah tali/belt penghubung motor dengan gear box kemudian keluarkanlah motor pencuci dari dalam mesin cuci kemudian bawalah motor pencuci yang rusak saat anda membeli motor pencuci yang baru, karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran motor pencuci yang ada di pasaran. 
  7. Setelah mendapatkan motor pengganti maka tahapan selanjutnya adalah memasangkannya ke dalam mesin cuci, tempatkanlah motor pencuci baru pada dudukannya yang ada di dalam mesin cuci.
  8. Pasang ketiga baud penahan motor ke badan mesin cuci kemudian pasang murnya lalu kencangkan memakai kunci pas tapi jangan terlalu kencang dulu agar mudah saaat penyetelan tali/belt penghubung motor dengan gear box.
  9. Pasangkan tali/belt penghubung lalu kencangkan ketiga baud yang ada pada motor pencuci sambil menarik badan motor menjauh dari posisi gear box, kemudian cobalah putar gear box menggunakan tangan, bila gear box susah diputar  maka longarkanlah ketiga baut motor pencuci sampai gear box dapat berputar dengan tanpa hambatan.
  10. Sambungkan ketiga kabel ke masing-masing sambungannya sesuai dengan posisi perkabelan saat terpasang pada motor sebelumya.
  11. Tutuplah semua sambungan kabel yang terbuka dengan isolasi khusus kabel listrik, kemudian pasangkan kembali penutup bagian belakan mesin cuci.
  12. pasangkan kembali badan atas dan bawah mesin cuci kemudian pasng kembali semua sekrupnya sampai kedua bagian badan mesin cuci terpasang rapat.
  13. Berdirikan mesin cuci lalu cobalah menyalakan mesin cuci, bila motor berjalan dengan normal maka tahapan selanjutnya adalah mencoba mencuci pakaian, nyalakan mesin cuci lalu tunggu beberapa saaat, bila mesin sudah mampu mencuci maka mesin cuci sudah siap untuk dipakai mencuci.
  Masalah-masalah yang sering muncul setelah penggantian motor pencuci baru:
  • Motor tidak berputar, penyebab: tali/belt penghubung motor ke gear box terlalu tegang, perbaikan:longarkan tiga baud pada motor.
  • Motor berputar tapi tidah berpengaruh pada penggerak cucian(pulsator), penyebab: tali/belt longgar. perbaikan: aturlah posisi motor seperti poin di atas sampai motor dapat menggerakkan pulsator.

CARA MEMASANG KABEL SAKELAR OTOMATIS POMPA AIR LISTRIK

Saran untuk dibaca: "Cara memasang Pelampung air merek Radar"

Bagi anda yang baru memiliki mesin pompa air listrik dan ingin memasang atau menginstalasi sakelar otomatis atau anda yang ingin belajar memasang sakelar otomatis pompa air listrik silakan untuk menyimak artikel di bawah ini, semoga bermanfaat.

Pemasangan sakelar otomatis sangatlah perlu untuk sebuah pompa air listrikagar kita tidak repot untuk menghidupkan pompa saat air di penampungan kosong, atau mematikan pompa saaat air di dalam penampungan sudah penuh. ada dua jenis sakelar otomatis yang dipasang pada instalasi kabel untuk sakelar otomatis pompa air listrik yaitu:
Sakelar pompa bertekanan
Gambar sakelar otomatis pompa1

1. Sakelar yang dipasang pada badan mesin, yaitu sejenis sakelar yang menggunakan sistim tekanan air, sakelar akan mengalirkan listrik ke mesin pompa bila tekanan pada pipa pengeluaran kecil(keran air terbuka) dan sakelar akan memutus aliran listrik ke mesin pompa bila tekanan di dalam pipa pengeluaran air tekanannya besar(keran air tertutup), dengan kata lain mesin pompa akan menyala untuk mengalirkan air bila ada keran yang terbuka dan mesin akan mati bila keran tertutup.

gambar sakelar otomatis tangki air
Sakelar otomatis pompa air2
 2. Sakelar otomatis yang dipasang pada bak penampungan air/tangki air/toren/tandon air, sakelar jenis ini dipasang pada bagian atas penampungan air, bila air di dalam penampungan habis maka sakelar ini akan menyalurkan listrik ke pompa air agar mengalirkan air ke penampungan air, dan bila air di penampungan sudah penuh maka secara otomatis sakelar akan mematikan mesin pompa. cara kerja sakelar ini didukung oleh dua buah pelampung yang diikat tali ke tuas sakelar otomatios, bila air dalam tangki kosong maka kedua pelampung akan terkena gaya gravitasi bumi sehingga akan menarik tuas sakelar ke posisi "ON" dan akan menyalakan pompa untuk mengalirkan air air ke penampungan air, bila air dalam penampungan sudah penuh maka kedua pelampung akan terangkat ke permukaan air yang mengakibatkan sakelar otomatis kembali ke posisi :OFF", selanjutnya aliran listrik menuju pompa terputus sehingga pompa air mati maka berhentilah aliran air ke penampungan.
Apapun model sakelar otomatis untuk pompa air listrik anda, cara pemasangan instalasinya tetaplah sama yaitu memutus kabel positip/fasa/api dari jalur utama instalasi listrik menuju mesin pompa air listrik. untuk cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

Klik gambar untuk memperbesar !
sakelar otomatis tangki air
Rangkaian sakelar otomatis pompa air

  1. Sambungkan kabel positip pada jalur utama instalasi listrik di rumah ke salah satu terminal kabel yang ada pada sakelar otomatis.
  2. Sambungkan terminal kabel sakelar otomatis yang lainnya ke salah satu kabel mesin pompa air listrik.
  3. Sambungkan kabel negatip dari jalur utama instalasi listrik di rumah ke kabel mesin pompa yang belum disambung ke mana-mana.
  4. Bungkuslah setiap sambungan kabel yang terbuka untuk mencegah korslet atau tersentuh kulit kita.
  5. Bila dianggap perlu pasanglah kabel grounding pada badan mesin pompa dengan menyambungkan kabel grounding pada salah satu sekrup yang menempel dengan badan mesin.
Untuk sakelar otomatis yang dipasang pada badan mesin pompa yang menggunakan sistim tekanan air maka setelah memasang perkabelan sakelar yang pertama harus dilakukan sebelum pompa digunakan adalah dengan menyesuaikan stelan "per/pegas" yang ada pada sakelar caranya adalah:
  1. tutuplah semua keran air lalu bukalah salah satu keran.
  2. bila mesin pompa tidak menyala putarlah baud penyetel sampai mesin menyala lalu diamkanlah selama bebeerapa saat.
  3. bila mesin menyala dengan stabil dan air mengalir maka tutuplah kembali keran yang tadi dibuka lalu tunggu beberapa saat.
  4. bila mesin tidak berhenti putarlah baud penyetel berbalik arah dengan arah putaran sebelumnya sampai mesin pompa berhenti/mati.
Sakelar otomatis akan bekerja dengan normal selama air pada sumbernya(sumur bor/sumur gali) masih ada dan permukaan airnya menempel pada pipa paralon dan kondisi sakelar dalam keadaan prima. Bila air dalam sumbernya kosong dan tidak ada air yang mengalir ke mesin pompa sedangkan mesin tetap hidup lama-lama mesin pompa akan panas yang menyebabkan lilitan pada motor pompa putus karena terbakar, untuk menjaga agar hal seperti itu tidak terjadi sebaiknya pada kabel yang terpasang dari jalur utama listrik menuju sakelar otomatis dipasang sebuah sakelar manual yang diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau, jadi apabila kita akan menunggalkan rumah dalam jangka waktu yang relatip lama dengan perasaaan aman  maka tinggal menekan sakelar manual ini ke poaiai "OFF".

Baca juga :"Cara memasang pelampung pompa air"

KERUSAKAN YANG UMUM TERJADI PADA MESIN CUCI DUA TABUNG

mesin cuci
gambar mesin cuci dua tabung
Alat elektronik yang satu ini hampir sudah umum digunakan di setiap kelurga , betapa tidak? karena fungsi fungsi mesin cuci besar sekali manfaatnya dalam membantu meringankan pekerjaan rumah tangga dalam hal ini mencuci pakaian, selain mencuci, pada mesin cuci  yang menggunakan dua tabung terdapat tabung yang khusus berfungsi memeras pakaian yang telah dicuci agar lebih cepat kering saat dijemur, maka lengkaplah alat ini menjawab kebutuhan rumah tangga yang memerlukannya.

Karena pemakaian yang terus menerus dan selalu berhubungan dengan air maka pada suatu saat mesin ini akan mengalami kerusakan, beberapa kerusakan yang umum terjadi pada mesin cuci adalah:
  • Motor yang berfungsi untuk mencuci terbakar lilitannya yang mengakibatkan tidak dapat berputarnya pemutar pada tabung pencuci
  • Motor pengering/spin terbakar/putus lilitannya sehingga tabung pengering tidak berfungsi
  • As pemutar pakaian yang terdapat dalam tabung pencuci roda giginya gundul akibat beban cucian yang terlampau berat sehingga pemutar pakaian yang ada di dalam tabung pencuci tidak dapat berputar atau tersendat-sendat meskipun motor penggerak berputar.
  • Tali/belt penghubung motor dengan as pemutar tidak berfungsi  karena melar/longgar yang mengakibatkan tidak dapat berputarnya pakaian yang sedang dicuci, hal ini ditandai dengan munculnya suara berisik seperti suara tikus saat mesin pencuci dinyalakan.
  • Rusaknya kapasitor, ditandai dengan tidak berfungsinya motor, atau motor masih berfungsi tetapi putarannya lambat dan tidak beraturan.
  • Komponen timer yang kotor/berkarat, yang mengakibatkan laju motor tibatiba brthenti padahal timer masih berada pada angka tertentu, dan motor akan berfungsi kembali bila putaran timer diputar sedikit searah jarum jam.
  • Kabel penghubung ke stopkontak dan kabel yang ada di dalam mesin cuci putus akibat gigitan tikus.

Dengan mengetahui gejala kerusakan mudah-mudahan dapat mempermudah dalam hal memperbaiki mesin cuci bila suatu waktu terjadi masalah yang sama pada mesin cuci anda di rumah. untuk memperbaiki mesin cuci yang rusak silahkan baca postingan saya di bawah ini:

ALAT PENANAK NASI SEPANJANG MASA

gambar dandang
Dandang tradisional

Kemajuan teknologi yang begitu cepat mempengaruhi cara manusia dalam menjalani aktifitas hidupnya, dengan teknologilah maka ditemukan suatu inovasi(penemuan baru) dalam segala hal untuk kelangsungan hidup manusia yang lebih baik. Tak terkecuali dalam perkembangan peralatan rumah tangga, cara memasak nasipun berubah dari cara memasak nasi secara tradisional ke cara-cara yang lebih modern. berikut ini beberapa contoh alat penanak nasi yang pernah ada di indonesia:

DANDANG TRADISIONAL, Pada awal perkembangannya, dandang adalah alat pemasak nasi yang paling populer di masanya. yaitu cara memasak nasi menggunakan media panci khusus dan saringan berbentuk kerucut dengan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Dandang ini terbagi menjadi dua bagian yaitu: saringan yang terbuat dari anyaman bambu yang berbentuk kerucut dan panci dandang yang berbentuk lingkaran di bagian atas dan bawah dan meramping pada bagian tengahnya.

Selain dandang yang diterangkan di atas tadi ada bentuk dandang lain yang terbuat dari bahan alumuniun dan stainles steel, bentuk dandang ini berbentuk tabung yang di tengahnya terdapat saringan yang terbuat dari bahan logan berlubang-lubang kecil, cara masaknya mirip dengan dandang tradisional hanya saja saringan kerucut diganti dengan saringan lempengan logam berlubang.


Cara memasak nasi dengan dandang:
  1. Beras ditapi menggunakan tampah untuk memisahkan gabah, batu-batu kecil dari beras dan benda-benda lain selain beras.
  2. Beras dicuci dengan air bersih.
  3. beras dimasak(dikarih/diaron) di atas tungku api berbahan bakar kayu bakar menggunakan panci biasa dan ditambahkan air sebatas satu ruas jari di atas permukaan beras.
  4. Panci diangkat dari api saat nasi telah setengah matang yang ditandai dengan habisnya air yang ada di dalam panci.
  5. Panaskan air di atas tungku yang sedang menyala dengan menggunakan panci dandang yang diisi air yang ukurannya kira-kira seperempat ukuran panci dandang.
  6. Pada saat air di dalam panci dandang mendidih pindahkanlah nasi setengah matang yang berada dalam panci pertama ke dalam saringan kerucut lalu letakkanlah saringan kerucut yang telah beriisi nasi setengah matang tadi ke panci dandang dengan posisi sisi kerucut yang lancip berada di bawah, lalu tutuplah saringan kerucut memakai tutup panci.
  7. Tunggulah kira-kira 30menit sampai nasi benar-benar matang untuk selanjutnya akan dipindahkan ke bakul nasi.

RICE COOKER, alat masak ini ditemukan pertama kali oleh tentara jepang dengan menggunakan elemen listrik sebagai media pemanasnya, alat ini berfungsi memasak nasi dengan sekali tahapan yaitu dengan cara memasukkan beras yang dicampur air ke dalam pancinya kemudian listrik dialirkan menggunakan kabel penghubung yang dimasukkan ke stopkontak listrik dan tinggal menunggu kira-kira 30menit beraspun akan berubah menjadi nasi yang siap dimakan. pada awal perkembangannya "Rice Cooker" ini hanya dapat memasak beras menjadi nasi saja tanpa dapat menghangatkan nasinya.


MAGIC JAR/MAGIC COM, seiring dengan perkembangan teknoligi maka alat penanak nasi pun berkembang dari "Rice Cooker" yang hanya mampu memasak nasi saja menjadi alat penanak nasi yang mampu memasak nasi sekaligus menghangatkan nasinya sebut saja "Magic Jar" atau "Magic Com", selain itu alat ini mampu mati secara otomatis bila nasi sudah matang dan berubah ke mode penghangatan.


MAGIC WARMER, Semakin lama bermunculanlah alat nasi yang revolusioner yang memiliki keunggulan melebili pendahulunya, diantara keunggulan-keunggulan alat ini diantaranya yaitu: dapat dipakai untuk membuat bubur, panci anti lengket, alat pengontrol digital, dan lain-lain.


Beberapa keunggulan "Magic warmer":
  • Dapat memasak nasi sekaligus menghangatkannya.
  • Selain untuk memasak nasi dapat juga digunakan untuk merebus dan mengukus bahan makanan seperti kue dan sayuran.
  • Panci anti lengket yang bebas dari PFDA(perfluorootanoic acid) yaitu sejenis senyawa oxid penyebab kangker, senyaewa inilah yang biasanya terdapat pada panci anti lengket.

Demikianlah cerita singkat mengenai perkembangan alat penanak nasi dari yang tradisional hingga yang modern, semoga bermanfaat.

CARA MEMPERBAIKI SAKELAR OTOMATIS TANGKI AIR/TOREN


tangki air/ toren denganSakelar otomatis
Tangki air/toren dengan sakelar otomatis
Hari jum'at kemarin air dari tangki/toren di rumah saya tidak mengalir ke keran, setelah diperiksa ke tangki ternyata air di dalamnya sudah habis, saya heran kenapa bisa begitu padahal tangki air di rumah saya menggunakan sakelar otomatis yang akan menghidupkan mesin pompa air listrik untuk mengisi air bila air di dalam tangki telah habis dan mematikan kembali mesin pompa bila air di dalam tangki sudah penuh. Kemudian saya periksa ke dalam sumur(mesin pompa menyedot air dari dalam sumur gali) mungkin airnya kosong, setelah dilihat ternyata air di dalam sumur masih penuh dan merendam pipa paralon(PVC) yang berasal dari pompa.

kecurigaan saya berlanjut pada pompa air listrik, saya periksa keadaannya dan setelah dicek pisik ternyata mesin pompapun tidak menunjukkan gejala-gejala yang mencurigakan seperti bau lilitan yang terbakar atau kabel penghubungnya yang rusak.

Setelah memeriksa mesin pompa, pencarian penyebab tidak mengisinya air ke tangkipun saya lanjutkan dengan memeriksa jalur kabel dari mulai kabel utama menuju sakelar otomatis dan kabel yang menghubungkan sakelar dengan mesin pompa air listrik, dengan bermodalkan sebuah tespen sayapun mulai mengecek dua buah titik konektor kabel yang ada pada sakelar otomatis, setelah dicek ternyata ternyata titik konektor yang tersambung ke kabel utama mengandung setrum tetapi titik konektor yang terhubung ke mesin pompa air listrik tidak mengandung setrum padahal dalam kondisi air kosong seharusnya kedua titik tersebut harusnya mengandung setrum.

setelah diketahui bahwa yang menjadi sumber penyebab mesin pompa tidak bekerja adalah sakelar otomatis maka sayapun langsung  memperperbaiki sakelar tersebut sampai normal kembali, bagi anda yang ingin memperbaiki sakelar otomatis tangki/toren yang menggunakan sistim dua pelampung silakan simak tahapan-tahapannya sebagai berikut:
kabel sakelar toren
Sakelar otomatis tanpa tutup

1. Matikan setrum listrik di rumah dengan merubah sakelar MCB dari posisi "on" ke posisi "OFF".

2. Cabut tutup sakelar otomatis kemudian Lepaskan dua buah kabel yang terpasang pada sakelar mekanis dengan cara melonggarkan sekrupnya.
sakelar mekanis toren
sakelar mekanis tanpa tutup(tampak atas)

sakelar toren
Sakelar mekanis yang sudah dilepas kedua platnya
komponan sakelar mekanis
Plat yang sudah dilepas dari sakelar mekanis


3. Lepaskan sakelar mekanis(berupa kotak  yang berada pada posisi paling atas sakelar otomatis) dengan membuka dua buah baud yang berukuran kira-kira 3cm, saat membuka baud pakailah obeng plus sambil menahan murnya dengan menjepit menggunakan tang agar mur tidak ikut berputar saaat kepala baud sedang diputar oleh obeng.

4. Setelah sakelar mekanis terlepas bukalah tutup sakelar mekasis dengan melepaskan dua buah baud kecil menggunakan obeng plus yang berukuran agak kecil. Di dalam sakelar mekanis terdapat dua buah plat yang berjauhan, lepaskanlah kedua plat tersebut dengan membuka sekrupnya lalu ampelaslah dua plat tersebut pada bagian bawahnya sampai bersih dari karat dan kotoran.

5. Ampelaslah juga plat yang berada di bawah plat yang diterangkan pada poin 4 sampai bersih dari kotoran dan karat.

6. Setelah semua plat bersih dari karat dan kotoran pasanglah semua komponen sakelar otomatis seperti semula kemudian pasanglah kembali kedua kabelnya dan tutup sakelar.

7. Nyalakanlah kembali listrik di rumah dengan merubah sakelar MCB dari posisi "OFF" ke posisi "ON". lalu perhatikan apakah pompa air listrik menyala? bila pompa air dapat menyala mengisi air ke dalam tangki lalu setelah air penuh mesin mati secara otomatis berarti sakelar otomatis sudah berfungsi seperti semula.

PERAWATAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA

Instalasi listrik di setiap rumah yang dipakai setiap hari haruslah selalu mendapatkan perhatian yang serius karena berhubungan dengan keselamatan jiwa penghuninya. terjadinya kebakaran di rumah banyak yang diakibatkan oleh korsleting listrik, hal tersebut banyak diakibatkan oleh kelalaian pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai dengan prosedur pemasangan yang benar atau kurangnya kepedulian kita dalam hal perawatan instalasi listrik di rumah.
Dengan dilakukan perawatan yang baik dan berkala maka masalah-masalah yang timbul akibat listrikdapat dicegah sedini mungkin. berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan untuk perawatan instalasi rumah:

Stopkontak/lubang colokan
Stopkontak,perhatikan lubang pada stopkontak tempat masuknya jari steker, bagian ini sering terjadi percikan api kecil terutama pada stopkontak yang tidak dilengkapi dengan kabel grounding, akibatnya badan stopkontak meleleh seperti terbakar. Gantilah stopkontak bila lubangnya terlihat meleleh atau sudah tidak dapat dipasang steker.

Sakelar, akibat seringnya ditekan nyala dan hidup maka komponen di dalamnya menjadi lemah atau berkarat dan kotor ditutupi/terhalang oleh debu yang menempel yang mengakibatkan kurang terkoneksinya sakelar, hal ini ditandai dengan susahnya menyalakan lampu dan tidak  stabilnya nyala lampu sehingga nyala lampu seperti berkedip-kedip. ada juga sakelar rusak akibat dipakai sarang semut . maka dari itu cobalah sesekali membuka sakelar untuk membersihkannya agar menghindari hal-hal yang dijelaskan di atas.

Kabel penghubung listrik  alat elektronik, Rapikan letak kabel ini agar tidak rusak terhimpit beban berat atau terbentang tegang pada sudut yang tajam yang dapat mengakibatkan terkelupas dan terputusnya kabel yang mengakibatkan korsleting listrik.

Steker/colokan, periksalah posisi steker alat elektronik yang terpasang pada stopkontak secara  terus menerus dan jarang sekali dicabut seperti: kulkas dan pompa air listrik, steker ini mudah sekali longgar kedudukannya pada stopkontak akibat dari percikan api kecil antara jari steker dan lubang stopkontak.

Fitting lampu, pada fitting yang dipasang lampu dengan daya atau watt besar akan mudah sekali meleleh akibatnya lampu yang menempel akan susah untuk dilepas saat akan mengganti lampu dengan yang baru. Selain itu fitting lampu yang terpasang di langit-langit rumah akan rawan tergenang air akibat tetesan air hujan dari genting yang bocor, Pada waktun musim hujan cobalah sesekali memeriksa para rumah untuk melihat apakah ada fitting lampu yang tergenang air.
 
Kabel roll/terminal stopkontak, lubang stopkontak kabel roll bisa meleleh akibat membesarnya penjepit jari steker yang ada di dalamnya, perbaikilah penjepit tersebut dengan membuka kotak kabel roll kemudian jepit menggunakan tang setiap plat pada stopkontak yang berfungsi untuk menjepit jari steker yang masuk.

karat/korosi, jagalah setiap alat alektronik di rumah yang badan/bodinya terbuat dari logam yang mudah berkarat karena dapat merobek/mengupas kabel penghubung listrik ke stopkontak dan dapat mengakibatkan korsleting atau tersentuh kulit kita.

Jalur utama dan sambungan instalasi kabel listrik, periksalah kabel listrik dari mulai MCB menuju stopkontak, fitting lampu dan sakelar apakah terhubung dengan baik dan tidak ada kabel yang terbuka/tidak terisolasi? perhatikan juga kabel yang terbentang apakah paku klemnya masih kokoh? tutuplah kabel yang terkelupas akibat gigitan tikus dengan isolasi khusus kabel listrik.

Jalur kabel di luar rumah/outdoor, periksa kabel yang terhubung ke lampu luar rumah dan lampu taman, pastikan semua kabel dan sambungan terpasang baik. dikarenakan area ini jarang sekali terlihat cobalah untuk mengecek dengan menyalakan lampunya bila ada yang tidak berfungsi segera perbaiki.

ALAT PENGHISAP ASAP DAPUR

Alat penghisap asap atau Cooker hood adalah alat rumah tangga yang terpasang di dapur, berguna untuk membersihkan/menyegarkan udara kotor yang datang dari proses memasak, keberadaan alat ini sangatlah penting agar asap yang beracun dari sisa pembakaran kompor atau uap akibat memasak makanan tidak terhirup dan masuk ke paru-paru, selain itu membantu menyegarkan udara di dapur yang tidak memiliki ventilasi udara yang cukup.

Jenis penghisap asap menurut cara kerjanya:
  • Tanpa cerobong
  • Dengan cerobong

Jenis penghisap asap menurut bentuknya dan penempatan: 
  • Island Hood,adalah alat penghisap asap yang memiliki bercerobong di saluran pembuangan, letaknya di tengah ruangan yang ditempel di langit-langit ruangan.
  • Slim Line Hood, berbentuk tipis dan tidak memiliki cerobong pengeluaran ke luar ruangan seperti pada island hood.
  • Sliding Hood, jenis ini cirinya terdapat pada cara mengaktifkannya, yaitu dengan cara menggeser panelnya.
  • Chimney Hood, sam,a seperti island hood yaitu memiliki cerobong asap namun biasanya diletakkan di dinding rumah..

Penghisap asap tanpa cerobong

Bentuk alat ini relatip kecil dengan ukuran 90cmX20cm sehingga tidak terlalu banyak menyita tempat, Alat penggeraknya adalah motor listrik yang terpasang satu atau dua buah di dalamnya.

Cara kerja: kipas/blower yang berputar oleh motor penggerak akan menghisap udara kotor yang keluar dari asap pembakaran gas atau bahan makanan yang sedang diolah, kemudian udara kotor tersebut akan dibersihkan oleh saringan yang berbahan karbon menjadi udara yang segar atau bersih yang nantinya akan dikembalikan/dialirkan ke ruangan dapur.
Perawatan: sering-seringlah membersihkan saringan untuk menjaga agar penghisap asap bekerja dengan normal dalam menyaring udara kotor.
Satuan daya hisap untuk alat ini adalah meter kubik/jam, alat ini dijual dengan beberapa tingkat daya hisap yang berbeda-beda, untuk yang berdaya hisap:
280-500 memiliki daya listrik 350 watt, 360 watt, namun ada pula yang berdaya 125 - 500 watt.


Penghisap asap dengan cerobong


Cara kerja alat ini mirip dengan alat penghisap asap yang tanpa cerobong hanya saja pada alat ini udara yang yang masuk akan langsung dikeluarkan ke luar ruangan dapur
Ukuran: 90cm- 100cm, untuk hal lainnya sama dengan yang berjenis strean line.


Tips merawat alat penghisap asap

Alat penghisap asap tergolong peralatan rumah tangga yang bekerja sederhana yaitu menghisap udara yang kotor kemudian disaring sehingga menjadi udara yang segar untuk dialirkan lagi ke ruangan atau udara yang kotor akan disalurkan langsung ke luar ruangan, oleh sebab itu alat penghisap asap akan berumur panjang, meski demikian penghisap asap akan berumur pendek bila tanpa perawatan yang benar dan dilakukan secara berkala. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat alat penghisap asap di dapur, yaitu:

1. Lakukan pembersihan badan bagian luar dari penghisap asap ini segera setiap selesai dilakukannya kegiatan masak-memasakdi dapur dengan cara dilap menggunakan kain yang lembut dan kering agar tidak menggores badan alat, untuk noda yang sulit dibersihkan  dapat menggunakan kain yang telah diceluopkan ke sabun colek/sabun pencuci piring  agar sisa-sisa lemak mudah dibersihkan.

2. Cucilah saringan dengan air yang telah dicampur sabun colek atau sabun pencuci piring. pembersihan saringan dilakukan sesuai dengan jadwal kegiatan masak-memasak, bila kegiatan memasak dilakukan setiap hari dengan waktu yang lama maka pembersihan saringan dilakukan minimal dua hari sekali, tapi bila jarang memasak di dapur maka pembersihan saringan cukup dilakukan seminggu sekali atau bila saringan telah terlihat kotor oleh jelaga.

3. untuk mencegah hewan seperti nyamuk,kecoa atau tikus masuk ke saluran  maka untuk penghisap asap jenis Chimney sebaiknya menutup cerobong yang ada di luar rumah dengan ram/kawat anti nyamuk agar jangan sampai cerobong ini menjadi pintu masuknya hewan-hewan dari luar rumah masuk ke dapur yang akan membuat dapur kita tidak sehat.

CARA MEMASANG, MENYAMBUNG, MERANGKAI KABEL LISTRIK TIGA SAKELAR TIGA LAMPU

Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara memasang, menyambung, merangkai atau merakit kabel listrik untuk tiga buah lampu pada ruangan berbeda yang masing-masing dapat disakelar atau dimati hidupkan di satu tempat, misalnya lampu luar, lampu ruang tamu dan lampu ruang keluarga, sedangkan sakelar diletakkan di sekitar ruang keluarga.


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Sakelar untuk tiga lampu, satu buah .
  • Fitting/mangkok lampu, tiga buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm, secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus listrik, satu buah.
  • Klem kabel no.10, dua bungkus
Gambar rangkaian instalasi listrik tiga saklar tiga lampu

Cara memasang:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari ON (1) ke OFF (0).
  2. Gabungkan(jumper) salah satu terminal dari masing-masing sakelar menggunakan kabel yang sudah dikupas kulitnya kemudian terminal yang sudah digabung tadi disambungkan menggunakan kabel berwarna hitam ke kabel positip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna hitam dan pada kabel ini tespen akan menyala).
  3. Pasang kabel berwarna hitam pada terminal sakelar sebelah kiri kemudian sambungkan kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu luar.
  4. Pasang kabel berwarna hitam pada terminal sakelar bagian tengah kemudian sambungkan ujung kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu ruang tamu.
  5. Pasang kabel berwarna hitam pada terminal sakelar sebelah kanan kemudian sambungkan ujung kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu ruang keluarga.
  6. Gabungkan(jumper) salah satu terminal dari ketiga fitting lampu yang belum dipasang kabel apapun memakai kabel berwarna biru lalu sambungkan ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna biru)
  7. Jangan lupa untuk mengisolasi setiap sambungan kabel dan memasang klem kabel dengan jarak antar klem 50cm agar kabel menjadi kokoh dan rapi.

CARA MENYAMBUNG/MELILIT KABEL TUNGGAL

Cara penyambungan kabel ada bermacam-macam bentuk dan kegunaan, untuk posting kali ini saya hanya akan menjelaskan cara menyambung kabel khusus untuk kabel tunggal seperti kabel NGA atau NYM, karena kabel jenis inilah yang banyak digunakan pada instalasi listrik rumah tangga. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak cara-caranya di bawah ini:
simpul ekor babi
Simpul ekor babi

 1. Sambungan ekor babi, sambungan ekor babi adalah cara menyambung dua atau beberapa kabel tunggal biasanya terdapat pada sambungan kabel yang berada dalam tedus,keunggulan tekhnik ini adalah dapat digunakan lebih dari dua kabel, mudah saat dilakukan penambahan sambungan kabel lagi,dan memudahkan dalam proses pembukaan simpul bila suatu saat akan dibuka untuk sebuah perawatan. cara membuatnya adalah dengan:
dekatkan kedua ujung kabel yang telah dikupas isolatornya(pembungkus kabel) sampai berkedudukan sejajar.
jepit kedua ujung kabel menggunakan tang kumbinasi lalu putarlah tang dengan satu arah putaran sampai kedua ujung kabel saling melilit.

simpul kabel ekor babi
Simpul salaman

 2. Sambungan jabat tangan, adalah cara menyambung kabel hanya untuk dua buah kabel tunggal dalam satu garis lurus, sambungan ini dilakukan pada kabel yang akan diperpanjang sehingga butuh disambung untuk mencukupi kebutuhan pemasangan. cara menyambungnya adalah:
  • dekatkan kedua ujung kabel yang telah dikupas isolatornya(kulit kabel)sampai keduanya saling melewati
  • jepit kedua ujung kabel memakai tang kombinasi kemudian putar kedua tang secara bersamaan sampai kedua kabel saling melilit
  • lilitkan sisa ujung kabel yang belum melilit ke kabel pasangannya untuk memperkuat simpul

CARA MEMPERBAIKI FITTING LAMPU

Ada saatnya lampu yang terpasang pada fitting lampu mengalami beberapa masalah seperti: nyala lampu yamg tidak stabil(berkedip), lampu tiba-tiba mati padahal kondisi lampu masih baik bila dicoba pada fitting lampu yang lain,dan melelehnya fitting lampu.

Masalah-masalah seperti itu dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya: ulir lampu yamg tidak terpasang dengan baik pada ulir fitting yang mengakibatkan tidak terjadinya koneksi yang baik antara lampu dan fittingnya sehingga yang terjadi hanyalah ngefong 


Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara:
  1. Matikan MCB dan sakelar lampu.
  2. Lepaskan lampu dari fitting lampu.
  3. Gunakan obeng minus untuk mencongkel plat yang ada di bagian terdalam fitting lampu sampai plat itu agak renggang dari badan fitting.
  4. Pada saat mencongkel lakukanlah dengan hati-hati agar plat tidak patah saat dicongkel.
  5. pasang kembali lampu pada fittingnya lalu nyalakan MCB berikut sakelar lampu.
  6. Bila lampu menyala normal maka perbaikan fitting lampu berhasil tapi bila lampu tidak menyala ada kemungkinan kabel yang terpasang pada konektor fitting lampu putus, cobalah untuk melepaskan fitting lampu dari tempatnya kemudian periksa perkabelan yang ada di balik fitting lampu mungkin saja kabel tidak terpasang baik pada konektornya.

CARA MERAKIT STOPKONTAK PARALEL (TERMINAL STOPKONTAK)

STOPKONTAK PARALEL
Stopkontak paralel
Di setiap rumah biasanya telah tersedia beberapa stopkontak listrik yang terpasang pada tembok atau media lainya yang dirangkai pada saat penyambungan listrik oleh PLN ataupun pegawai kontraktor instalasi listrik, tetapi dengan seiiring berjalannya waktu jumlah stopkontak yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah peralatan elektronik yang semakin lama semakin bertambah jumlahnya di setiap rumah, untuk itu diperlukan penambahan jumlah stopkontak baru.

Kebanyakan orang enggan untuk membuat stopkontak baru di tembok rumahnya dengan alasan akan mengeluarkan biaya yang besar, maka dari itu mereka lebih memilih membeli stopkontak paralel yang memiliki jumlah lubang untuk steker yang banyak yang lengkap dengan kabel beserta stekernya, selain itu jenis stopkontak ini praktis bisa dibawa ke mana.

Kebanyakan stopkontak yang dijual di pasaran ternyata masih banyak yang jauh dari standar kelayakan, misalnya penggunaan ukuran diameter kabel yang terlalu kecil atau bahan stopkontak yang berfungsi menjepit jari steker yang berkualitas rendah sehingga mengakibatkan ngefong dan terbakarnya badan stopkontak.

Bila terpaksa membeli stopkontak paralel yang sudah jadi, gunakanlah hanya untuk pemakaian alat elektronik yang berdaya/watt kecil seperti charger HP,pemutar DVD, speaker aktif dan lain-lain. tapi bila akan menggunakan stopkontak paralel untuk alat elektronik yang berdaya/watt besar seperti kulkas,mesin cuci, atau mesin pompa air listrik disarankan merakit sendiri stopkontak paralelnya agar dapat memilih bahan-bahan yang berkualitas dan SNI. Untuk membuatnya silakan simak penjelasannya di bawah ini:


Peralatan yang diperlukan:
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Tang kombinasi
  • Pisau cutter

Bahan-bahan:
  • Steker/colokan dua jari yang dilengkapi plat untuk grounding/arde
  • Stopkontak paralel yang mampu menampung beberapa Steker/colokan.
  • Kabel NYM 3X1,5mm serabut atau tunggal, panjang disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara merakit:
    stopkontak paralel+kabel
    • steker tanpa bungkus
      Steker+kabel
  1. Kupaslah kedua ujung kabel menggunakan pisau cutter sampai terlihat tiga buah kabel yang berbeda warna yaitu: biru-hitam-kuning.kupaslah kulit pada ujung ketiga kabel tersebut sampai terlihat kawat tembaganya dengan panjang kira-kira 1cm.
  2. Longgarkan sekrup steker kemudian buka badan steker sehingga menjadi dua bagian,
  3. longgarkan kedua sekrup yang berfungsi mengunci kabel kemudian masukkan kabel ke lubang pengunci sampai ujung kabel dapat menjangkau tiga buah sekrup penghubung kabel. jangan lupa untuk mengencangkan kembali kedua sekrup yang berfungsi mengunci kabel.
  4. Pasanglah kabel warna biru dan hitam ke masing-masing baud terminal steker yang terhubung ke kedua jari steker.
  5. Hubungkan kabel kuning ke sekrup yang tertanam pada sebuah plat yang terhubung ke dua buah plat kecil penghubung grounding yang terletak di sisi luar badan steker.
  6. Pasangkan ketiga ujung kabel lainnya ke terminal stopkontak dengan cara membuka semua sekrup stopkontak.
  7. masukkan ketiga ujung kabel tembaga ke tiap-tiap plat penghubung kabel. Untuk kabel biru dan hitam dipasang pada plat yang berada di sisin kiri dan kanan sedangkan kabel kuning dipasang pada plat yang berada di tengah-tengan (yang terhubung dengan dua buah plat kecil yang muncul di tiap-tiap sisi stopkontak), inilah plat yang nantinya terhubung ke plat grounding yang terdapat pada steker alat elektronik.
  8. bila semua kabel telah terpasang pada tempatnya masing masing dengan benar dan kuat pasanglah kembali badan dan sekrup stopkontak seperti semula.

CARA MEMASANG KABEL GROUNDING-ARDE LEMARI ES-KULKAS

Sering kita jumpai di setiap rumah terdapat kulkas yang nyetrum bila bersentuhan dengan kulit kita atau terbakarnya stopkontak yang terhubung dengan steker/colokan kulkas, hal itu disebabkan oleh tidak terpasangnya kabel grounding pada stopkontak dan tidak terhubungnya badan/sasis kulkas dengan grounding.

Semua masalah itu dapat teratasi bila pada stopkontak terpasang kabel grunding dan kabel kulkas memakai tiga kabel yang dilengkapi steker yang berfungsi menghubungkan badan/sasis kulkas ke plat grounding pada stopkontak, tapi jarang sekali semua kondisi itu  ada pada kabel kulkas dan stokkontak karena hampir semua kabel listrik pada kulkas memakai steker yang berbentuk pipih yang tidak dilengkapi dengan plat penghubung grounding ke stopkontak ditambah lagi dengan kabelnya sendiri yang hanya berisi dua kabel.

pada stopkontak yang ada di rumah-rumah tempat tinggal jarang yang dilengkapi grounding, padahal kabel grounding sangat berguna sekali penggunaanya untuk alat-alat elektronik yang berdaya/watt besar dan selalu terhubung ke stopkontak.

Mungkin untuk pemasangan grounding pada stopkontak tidak akan saya jelaskan di sini karena tidaklah begitu sulit karena pada umumnya sudah terpasang pada pemasangan awal instalasi listrik oleh PLN. Tetapi untuk pemasangan kabel grounding pada kulkas akan dijelaskan secara sederhana dan sedikit modifikasi.


Peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan:
  • Tang kombinasi
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • kabel NYM serabut atau tunggal dengan diameter maksimal 1,5mm dengan panjang kira-kira 1,5m atau lebih panjang dari kabel listrik kulkas.

 Cara merakit:

grounding kulkas
grounding kulkas 1
1. Kupaslah kulit kabel NYM sampai terlihat kawat tembaganya kemudian hubungkan dengan sekrup yang menempel pada sasis atau rangka besi kulkas yang terletak di belakang kulkas bagian bawah dekat area mesin pendingin(kompresor), bila tidak ada sekrup tersebut maka carilah sekrup lain yang terhubung ke badan kulkas yang terbuat dari logam.
grounding kulkas
grunding kulkas 2
2.Pasanglah kabel NYM pada sekrup sasis kulkas dengan cara: longgarkan baudnya menggunakan obeng tapi jangan sampai terlepas dari ulir sasis kemudian lilitkan tembaga kabel  ke leher baud kemudian kencangkan baudnya sampai kabel terpasang kuat pada sasis kulkas.

3. Urutkan kabel mengikuti alur kabel listrik kulkas sampai mendekati stekernya lalu ikat kabel kulkas dengan kabel grunding yang kita urut tadi menggunakan isolasi.

4. Setelah kabel grounding yang terhubung ke sasis kulkas telah dekat ke steker kulkas maka hubungkanlah kabel itu ke salah satu plat yang terdapat pada kedua sisi stopkontak(plat ini dapat terlihat langsung dari depan stopkontak bukan dari lubang stopkontak), plat ini adalah plat grounding yang terhubung ke arde/grounding instalasi rumah.

5. Ada satu cara lain yang lebih aman untuk menghubungkan kabel grounding yang telah terhubung ke sasis kulkas dengan plat grounding yang terdapat pada stopkontak yaitu dengan mengganti steker kulkas yang pipih dengan steker yang bulat dan agak besar yang mempunyai dua buah plat di kedua sisi terluarnya, dengan menggunakan stopkontak jenis ini maka kabel grounding yang terhubung ke sasis akan secara otomatis terhubung ke plat grounding yang terdapat pada stopkontak. cara memasang kabel pada ssteker yang dilengkapi plat grounding:  Bukalah skrup steker lalu conkel agar seteker terbelah menjadi dua bagian kemudian pasang kabel listrik kulkas ke masing-masing lubang jari steker yang terdapat di dalam badan steker dengan melonggarkan sekrupnya lalu setelah kabelnya masuk kencangkan lagi sekrupnya. hubungkan ujung kabel yang telah terpasang ke sasis kulkas ke plat yang terhubung ke kedua buah plat kecil yang berada di sisi terluar steker dengan cara memasangnya ke plat yang bersekrup yang terletak di tengah-tengah dan bagian dalam steker.

6. Cobalah memasukkan steker kulkas ke stopkontak lalu sentuhlah badan kulkas yang biasa nyetrum bila tersentuh kulit, bila badan kulkas tidak nyetrum berarti pemasangan grounding kulkas sudah benar.

TIPS MERAWAT MEJA MAKAN

Meja makan adalah salah satu tempat yang ideal untuk membina kebersamaan anggota keluarga, karena di sinilah semua anggota keluarga dapat bertemu dengan anggota keluarga lainnya dalam satu rumah, di mejamakanlah akan tercipta suatu pengajaran budi pekerti, saling menghormati antar anggota keluarga. Tapi apa jadinya bila meja makan yang kita cintai kondisinya tidak terawat sampai-sampai kecoa dan semut ikut makan bersama kita mungkin suasana indah di meja makan hanyalah menjadi mimpi, untuk mencegah hal itu agar tidak terjadi pada kita ada beberapa tips dan triknya yaitu;
  • Untuk mencegah semut naik ke atas meja makan letak kanlah tatakan gelas/pisin  atau mangkuk kecil di bawah setiap kaki meja makan yang telah diberi serbuk kapur anti serangga, bila tidak ada kapur anti serangga dapat diganti dengan balsam,pecahan kulit jeruk,atau cairan yang beraroma menyengat(terpentin,minyak tanah), untuk kulit jeruk dan cairan hanya berfungsi sementara saja karena lal-lama cairan dan bau kulit jeruk akan hilang.
  • Bersihkanlah meja makan dari sisa-sisa makanan yang tercecer dan cairan yang tumpah di meja makan setiap selesai digunakan sampai benar-benar bersih dan tidak mengeluarkan aroma makanan.
  • Untuk mencegah kecoa tutuplah setiap makanan yang tersaji di meja makan dengan tutup saji sangat rapat lubang-lubang ventilasinya dan yang mampu menutupi seluruh wadah makanan yang ada di atas meja.
  • Untuk mencegah adanya noda melingkar pada meja makan pakailah alas untuk setiap gelas atau wadah yang diisi air panas seperti gelas kopi/teh dan mangkuk sayur .

CARA MENCUCI SEPEDA MOTOR SENDIRI

inilah gambar sepeda motor yang sudah dicuci
Gambar sepeda motor
Peralatan yang dibutuhkan:
  • air bersih secukupnya
  • mesin stim air(bila ada)
  • Selang air(bila ada)
  • ember
  • gayung
  • sikat
  • spon lembut
  • Lap yang terbuat dari bahan berdaya serap tinggi yang tidak menggores cat
  • shampo khusus untuk speda motor
  • Semir ban
  • Semir bodi
Cara mencuci
  1. Pakailah standar tengah yang mempunyai dua kaki saat mencuci sepeda motor, basahi seluruh badan motor dengan air bersih menggunakan mesin stim air, selang air dari bak penampungan air, atau dengan gayung dari ember yang berisi air bersih. siram seluruh bagian motor termasuk ban, daerah bawah spatbor,dan kolong mesin.
  2. Dahulukan membersihkan bagian motor yang paling kotor seperti; ban, kolong mesin, dan bawah sepatbor. Gunakan sikat yang berbulu kasar dan lap kain untuk membersihkan bagian ini.
  3. Lanjutkan dengan membersihkan bagian motor yang berbahan logam seperti; Velg, jari-jari, shockbreaker dan lain-lain. Gunakan spon kasar untuk membersihkan bagian ini yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam ember yang berisi campuran air dan shampo motor.
  4. Bersihkan bagian badan motor yang terbuat dari plastik seperti; sayap, spatbor, jok, lampu, dan lain-lain. Untuk membersihkan bagian ini gunakan spon lembut yang basah oleh air dan telah bercampur shampo motor dari dalam ember.
  5. Setelah seluruh bagian motor dibersihkan dari kotoran kegiatan selanjutnya adalah menyiram seluruh bagian motor dengan air bersih agar semua buih dan kotoran terlepas.
  6. Cobalah untuk memiringkan badan motor ke sisi kisi dan ke sisi kanan agar tidak ada air yang menggenang di sela-sela bagian motor.
  7. Keringkanlah seluruh bagian motor memakai  lap yang terbuat dari bahan berdaya serap tinggi yang tidak menggores cat,
  8. Setelah seluruh bagian badan motor kering, lapisi dengan semir bodi semua badan motor yang terbuat dari bahan plastik seperti; sayap, sepatbor, badan kiri dan kanan motor.Caranya: basahi lap yang kering dan lembut dengan semir bodi kemudian usapkan ke seluruh bagian bodi plastikdan tangki speda motor.
  9. lanjutkan dengan melapisi ban luar dengan semir ban, olesi sisi ban luar yang tidak menyentuh jalan menggunakan koas. 
  10.  Nyalakan motor untuk beberapa saat agar mesin motor menghangat sehingga siap untuk digunakan.

JENIS/MACAM-MACAM SPEAKER AKTIF

1. Speaker aktif dengan dua buah kotak speaker
Jenis ini hanya memiliki dua buah kotak speaker sebagai penyalur suaranya,
-satu kotak berfungsi sebagai wadah/tempat rangkaian elektronika seperti: tone, power amply, dan power supply, sekaligus menjadi tempat tersimpannya salah satu speaker, oleh sebab itu pada kotak speaker ini terdapat banyak kabel yang terhubung ke luar seperti: kabel penghubung ke stopkontak, kabel penghubung ke kotak speaker yang lain dan kabel penghubung ke sumber suara  seperti komputer,DVD player dan lain-lain.
-Satu kotak yang lain berfungsi sebagai wadah/tempat speaker saja, tidak ada komponen elektronika yang lain dalam kotak ini.


2. Speaker aktif yang mempunyai tiga kotak speaker 
Speaker aktif jenis ini mempunyai tiga kotak speaker sebagai penyalur suaranya, satu kotak sebagai subwoofer yaitu penyalur nada rendah/low/bass dan dua kotak yang lain sebagai penyalur suara middle dan tweeter. Di dalam kotak speaker yang paling besar terdapat komponen elektronika yang berfungsi sebagai pengatur suara agar lebih enak didengar dan memperkuat sinyal audio sehingga suara dapat keluar dari ketiga speaker. Dengan kotak ini kita dapat mengontrol suara ketiga speaker seperti volume,bass,treble dan volume subwoover. Dengan adanya komponen elektronika di dalam kotak ini maka terdapat banyak kabel yang terhubung seperti:
  •  kabel listrik penghubung ke stopkontak, kabel penghubung ke sumber suara seperti komputer,DVD player dan lain-lain.
  • Dua pasang kabel untuk dihubungkan ke dua buah kotak speaker yang lain.
Dua buah kotak speaker yang lain biasanya berukuran lebih kecil dari kotak speaker subwoofer, di dalam masing-masing kotak speaker inihanya terdapat satu buah speaker yang hanya mempunyai satu buah speaker yang dapat merespon suara bernada low-mid dan tweeter, tapi ada juga satu buah kotak speaker yang mempunyai lebih dari satu speaker yang dapat merespon jenis suara dari low-mid sampai sampai tweeter.

3. Speaker Home teater, 
Speaker aktif jenih ini mempunyai (6) enam buah speaker yang trerpasang pada sekeliling ruangan. speaker ini mirip dengan speaker dengan tiga speaker hanya saja pada speaker jenis ini ditambahkan tiga buah speaker pendukung. pemasangan.

Cara penempatan kotak Speaker Home teater:
  • Speaker pusat, ditempatkan tepat di tengah-tengah bagian depan menghadap pendengarnya.
  • Speaker fron"L" dan fron"R" ditempatkan di sisi kiri dan kanan bagian depan menghadap ke pendengarnya.
  • Speaker rear "L" dan rear "R" di tempatkan di belakang sisi kiri dan kanan pendengarnya
  • Speaker subwoofer, penempatannya di mana saja asal dapat terdengar enak di telinga pendengarnya. 
Jeninis speaker Home teater digunakan saaat akan menonton film dari pemutar DVD agar suara yang dihasilkan benar-benar mewakili visualisasi yang terjadi pada layar.sebagai contoh bila sedang menyaksikan adegan di film yang menggambarkan pesawat terbang yang sedang takeoff maka syara pesawat akan keluar dari speaker secara berurutan dari mulai sepeaker belakang ke depan sehingga kita dapat merasakan sensasi kepergian pesawat tersebut. Atau kita seperti benar-benar sedang berada di bandara yang menyaksikan pesawat itupergi meninggalkan bandara.

 # Untuk lebih memahami tentang speaker aktif alangkah lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif".

CARA MENGGANTI FITTING LAMPU

Alasan orang mengganti fitting lampu dikarenakan fitting lampu yang lama sudah rusak akibat pecah atau meleleh oleh panasnya lampu atau hanya ingin mengganti model fitting lama dengan model yang baru yang tentunya sesuai dengan selera kita. artikel ini membahas cara mengganti fitting lampu fitting lampu yang terpasang pada langit-langit rumah dan hanya sebagai contoh saja,mungkin ada juga fitting lampu yang terpasang pada tempat lain selain pada langit-langit rumah tetapi pada prinsipnya sama, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

pada saat penggantian fitting lampu disarankan untuk mematikan sakelar MCB terlebih dahulu agar terhindar dari bahaya tersengat listrik saaat kulit menyentuh kabel dan terminal pada fitting lampu yang kita ganti.


Cara melepaskan fitting lampu lama dari langit-langit rumah:
  1. Lepaskan lampu dari fitting dan simpanlah di tempat yang aman, kemudian bukalah sekrup yang terdapat pada fitting lampu menggunakan obeng plus atau minus yang sesuai dengan bentuk kepala sekrupnya.
  2. Setelah sekrup terlepas tariklah fitting lampu dengan pelan-pelan dan hati-hati dari dudukannya agar kabel yang masih terhubung tidak putus, maka setelah itu akan terlihat kabel yang menjuntai dan masih terhubung ke terminal fitting lampu. mungkin di sebagian fitting ada yang tidak menggunakan dudukan untuk fitting lampu tetapi langsung menempel ke langit-langit rumah.
  3. Lepaskan kabel yang terhubung ke fitting lampu dengan memutar sekrup berlawanan dengan arah jarum jam yang terdapat pada terminal yang terletak di belakang fitting lampu.

Cara memasang fitting lampu baru
  1. Sambungkan dua kabel bekas fitting lampu lama yang terletak di langit-langit rumah ke terminal fitting lampu baru dengan cara memasukkkan kedua kabel tersebut ke terminal fitting lampu baru, kemudian putar sekrupnya searah jarum jam memakai obeng sampai terasa kencang.
  2. Tempelkan fitting baru ke langit-langit rumah kemudian masukkan sekrup lalu kencangkan menggunakan obeng.

Kabel yang terpasang pada fitting lampu terdiri dari:

CARA MEMASANG, MERANGKAI, MENYAMBUNG KABEL UTAMA JALUR INSTALASI LISTRIK DI RUMAH

Perlu diktahui bahwa artikel ini hanya untuk pemasangan instalasi listrik di rumah tempat tinggal saja dan tempat pemasangannya di atas para/bawah atap.


Peralatan:
  • Tang kombinasi
  • Tespen
  • Obeng min
  • Obeng plus
  • Palu

Bahan-bahan:
  • Kabel NYM ukuran 3 X 2,5mm yang panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Tedus  yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Paku klem nomor 10, jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan
Cara memasang:
  1. Saat listrik di rumah masih dalam keadaan menyala/on naiklah ke atas para(daerah di bawah atap)sambil membawa tespen dan carilah yang mana kabel positip,negarip dan ground, pakailah alas sepatu karet yang kering agar terhindar dari bahaya tersengat setrum.
  2. Setelah diketahui yang mana kabel positip,negarip dan ground matikanlah aliran listrik di rumah dengan memindahkan sakelar MCB dari posisi on(1) ke posisi off(0) kemudian bawalah semua perlatan dan bahan-bahan ke atas para rumah dan muailah merangkai.
  3. Pasanglah tedus pada kayu plapon yang dekat dengan pipa tempat keluarnya kabel positp/fasa/setru dari MCB, negatip/netral,arde/grounding dan stop kontak atau sakelar, intinya posisi tedus adalah tempat kita membuat sambungan kabel.
  4. Masukan kabel (positp/fasa/setru dari MCB, negatip/netral,arde/grounding) dan kabel NYM ke lubang tedus lalu kupas kult masng-masing kabel sampai terlihat kawat tembaganya dengan panjang kira-kira 2cm.
  5. sambungkan kabel NYM kita dengan kabel (positp/fasa/setru dari MCB, negatip/netral,arde/grounding) sesuai warnanya masing-masing, kemudian tutup semua sambungan dengan isolasi lalu masukkan ke dalam tedus lalu pasanglah pentup tedusya.
  6. Bentangkan dan urutkan kabel mengikuti jalur terpasangnya tedus dengan cara mengikuti jalur terpasangnya tedus kemudian pasanglah paku klem pada kabel dan ditancapkan ke kayu plapon dengan jarak antara klem 50cm.
  7. Masukkan kabel  ke lubang tedus, kabel yang ada di dalam/tengah tedus harus dilebihkan untuk memudahkan pengerjaan saat disambung dengan kabel stop kontak atau kabel sakelar.
  8. Teruslah mengurut kabel sampai semua tedus terlewati. Potonglah kabel pada tedus terakhir yang dilewati.
  9. Untuk memasang kabel percabangan silakan baca artkel lain di bawah ini:

CARA MEMBUAT KABEL ARDE (GROUNDING) SENDIRI

lambang grounding / arde
Tulisan ini saya buat karena banyaknya pemasangan kabel arde(grounding) di hampir setiap rumah menyatu dengan jalur kabel listrik negatip/netral dari listrik PLN. Sebelum kita menuju pokok bahasan ada baiknya kita mengetahui dulu manfaat dari kabel ini, diantaranya yaitu:
  • Menetralisir setrum yang ada pada badan alat elektronik seperti pada komputer, lemari es, strika listrik, dan lain-lain, bila badan semuaa lat tersebut terhubung ke kabel grounding maka badan alat elektronik tersebut tidak akan nyetrum lagi bila bersentuhan dengan kulit kita.
  • Membuang percikan api listrik yang biasanya muncul pada stop kontak yang dipasang steker dari alat elektronik yang berdaya listrik besar.
"Untuk alat elektronik seperti komputer, badannya tidak boleh terhubung dengan listrik negatip(netral) karena dikhawatirkan akan merusak komponen yang ada di dalamnya" Dengan salah satu alasan ini(mungkin ada alasan lainnya) maka sebaiknya kabel arde benar-benar terpisah atau tidak digabung dengan kabel negatip/netral.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jalur kabel arde
  • Tang kombinasi
  • Palu
  • linggis
Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Kabel NYM  ukuran 2,5mm, usahakan yang berwarna kuning agar mudah untuk membedakan dengan kabel yang lain sehingga memudahkan dalam pemasangan.
  • Pipa besi.. untuk listrik dengan daya 900 watt panjangnya minimal 150cm atau lebih panjang lebih baik.
  • paku klem secukupnya
 Cara memasang:

pipa ARDE (GROUNDING)
Klik gambar
untuk memperbesar
  1. Pilih lokasi untuk menanam pipa besi ke tanah, usahakan daerah di seleliling dekat rumah yang permukaan tanahnya terlihat, bila disekliling fumah tanahnya tertutup tembok atau keramik maka harus dibobok dulu agar pipa dapat leluasa masuk ke dalam tanah.
  2. tancapkan pipa pada tmpat yang sudah dipilih, tanamlah pipa memakai palu agar masuk ke dalam tanah sampai kedalaman yang kita inginkan. 
  3. Sambungkan kabel NYM yang telah dikupas kulitnya ke ujung pipa besi yang telah tertanam ke dalam tanah.
  4. Hubungkan  kabel NYM yang sudah disambungkan dengan ujung pipa besi ke setiap terminal grounding stop kontak.

CARA MEMPERBAIKI BLENDER

Blender yang terawat
Gambar blender
Beberapa kerusakan yang umum dijumpai pada blender:
  • Motor tidak berputar
  • Putaran motor lambat
  • Putaran motor tersendat-sendat

Cara memperbaiki:
  1. Periksa kabel penghubung listrik apakah tersambung dengan baik atau putus? bila tidak ada masalah lanjutkan ke poin 2.
  2. Pisahkan gelas blender dari badan kemudian putar balik badan blender sehingga terlihat bagian bawahnya. Lepaskan penutup bagian bawah dengan membuka sekrupnya.

  3. Setelah penutup bagian bawah terlepas maka di dalamnya akan terlihat koponen seperti: motor penggerak, kapasitor, perkabelan. Periksalah setiap kabelnya apakah terpasang dengan baik atau ada yang terlepas?
  4. Untuk putaran motor yang tersendat-sendat kemungkinan carbon brush atau brostel sudah tipis dan yang terjadi adalah ngefong,untuk memperbaikinya gantilah komponen ini dengan yang baru dan yang berkualitas nomor satu karena bila anda memakai carbon brush atau brostel yang biasa-biasa saja maka usianya tidak akan lama. Perlu diketahui bahwa ukuran komponen dipasaran berbeda-beda maka bawalah contoh potongan sisa carbon brush beserta dudukannya saat anda akan membeli penggantinya, bila tidak ada ukuran yang pas maka anda dapat mengampelasnya agar dapat masuk pada dudukannya.
  5. Periksa lilitan atau spul pada motor penggerak apakah dalam keadaan yang wajar atau hitam seperti terbakar? kalau berwarna
    hitam dan terc1um bau seperti terbakar kemungkinan lilitan terbakar, 
  6. untuk memastikannya dapat diukur dengan AVO meter caranya: Atur posisi sakelar pemilih pada RX1 kilo ohm kemudian tempelkan masing-masing pena pengukur AVO ke kedua ujung jari steker, bila jarum AVO diam maka lilitan motor rusak tapi bila jarum AVO bergerak ke arah kanan dan diam maka kemungkinan motor masih dalam keadaan baik.
  7. Bila lilitan atau spul pada motor penggerak dalam keadan baik
    tapi putaran motor lambat atau tidak berputar kemungkinan kapasitorya yang rusak dan harus diganti baru.
  8. Untuk putaran motor yang lambat biasanya akibat kapasitor yang sudah rusak, maka gantilah kapasitor dengan yang baru.
"Cara memperbaiki lilitan atau spul motor yang rusak adalah dengan cara dililit ulang, untuk pengerjaannya serahkan saja kepada jasa lilit yang biasanya bersatu dengan jasa serpis dinamo."