CARA MEMASANG KABEL LISTRIK KE STEKER

CARA MEMASANG KABEL LISTRIK KE STEKER

Bagi anda yang awam atau kurang mengerti dalam hal instalasi listrik Tetapi ingin belajar cara menyambung kabel ke steker maka pada posting kali ini saya akan berbagi pengalaman sederhana yang mudah-mudahan dapat menambah ilmu untuk anda.

Ada beberapa bentuk steker yang ada di pasaran tetapi pada prinsipnya sama yaitu bagaimana caranya agar aliran listrik dari stopkontak dapat tersambung dengan steker yang pada akhirnya listrikpun dapat diteruskan oleh steker ke kabel yang terhubung padanya.

Ada dua jenis steker yang umumnya digunakan dan dijual di toko-toko peralatan listrik yaitu yang berbentuk pipih dan yang berbentuk  agak bulat.

Steker yang berbentuk pipih

Dengan bentuk pipih seperti ini dapat dipastikan bahwa steker hanya dapat disambungkan dengan dua buah kabel yang terdiri dari kabel fasa/positip/api dan kabel negatip/netral, kabel yang digunakan adalah yang berjenis serabut. Steker jenis ini biasanya digunakan sebagai kabel penghubung listrik untuk peralatan elektronik yang menggunakan kabel serabut.

Cara instalasi untuk jenis steker ini sangatlah mudah yaitu hanya dengan menyambungkan kedua kabel ke    masing-masing konektor yang ada di dalam steker, caranya adalah dengan mengikuti bentuk dari konektor yaitu ada yang langsung dililitkan ke konektor lalu dikencangkan dengan sekrup dan ada yang dimasukkan ke bagian belakang jari steker kemudian dikuatkan dengan baud kecil.

Cara memasang kabel untuk Steker yang berbentuk pipih:

1. Kupaslah kedua kabel sampai terlihat kawat tembaga yang berada di dalamnya dengan panjang kira-kira 1cm kemudian pilinlah kawat tersebut agar memudahkan saat pemasangan ke steker.                           2. Bukalah skrup steker sehingga menjadi dua bagian.
3. lilitkan kedua kabel yang telah dikupas ke konektor yang berada di dalam steker lalu kencangkan sekrupnya.
4. Pasang kembali kedua belah steker  dan jangan lupa untuk memasang kembali baud/skrupnya.


Steker yang berbentuk bulat(plus ground) 

Bila dilihat langsung secara fisik steker jenis ini dilengkapi dengan dua buah plat kecil yang berfungsi menghubungkan kabel grounding/arde ke stopcontact, selain itu fungsi dari plat ini adalah sebagai penjepit steker ke stopkontak agar steker tidak mudah lepas dari lubang stopkontak, bila steker ini dibuka maka akan terlihat tiga buah konektor untuk kabel dan plastik penjepit  yang berfungsi mengunci kabel agar tidak bergerak sehingga sambungan kabel ke konektor tidak terganggu. 

Steker ini berguna untuk pemasangan tiga buah kabel yang terdiri dari: kabel positip(hitam), kabel negatip(biru, dan kabel grounding/arde(kuning atau kuning strip hijau), tetapi tidak menutup kemungkinan steker jenis ini dipasang untuk dua buah kabel tanpa grounding.

Cara memasang kabel untuk Steker yang berbentuk bulat(plus ground)


1. Siapkan kabel yang akan disambung, kupas ketiga ujung kabel sampai terlihat kawat tembaganya kira-kira 1cm.
2. Bukalah badan/body steker kemudian lepaskan plastik pengunci kabel dengan melonggarkan kedua sekrupnya.
3. Longgarkan baud konektor yang menempel pada ujung belakang jari steker dan baud yang terpasang pada plat yang berada di tengah.
4. masukkan kawat tembada biru dan kawat tembaga hitam ke konektor yang berada pada kedua jari steker.




5. Sambungkan kabel kuning ke konektor yang berada di tengah lalu kencangkan skrupnya.
6. Pasang pengunci kabel hingga menekan kabel kemudian kencangklan kedua sekrupnya.

Bila anda tidak memakai atau tidak memerlukan kabel arde/grounding tetapi ingin menggunakan steker jenis ini maka hanya dua buah kabel yang tersambung ke kedua konektor jari steker sedangkan  konektor di tengah yang berfungsi  sebagai penyambung kabel ground diabaikan saja.

Jenis steker ini dapat dipakai untuk kabel yang  berjenis serabut ataupun tunggal, bila anda memakai kabel serabut untuk disambungkan ke steker ini maka sebelum dihubungkan pilinlah dulu kawat tembaganya agar serabutnya menjadi satu agar memudahkan saat pemasangan dan mencegah  sebagian serabutnya terlepas dan konslet dengan kabel yang lain.
Read More
TIPS MERAWAT OVEN MICROWAVE

TIPS MERAWAT OVEN MICROWAVE

Oven microwave adalah alat elektronik dapur yang hampir setiap waktu digunakan baik untuk memasak ataupun untuk menghangatkan makanan. oleh karena itu ovenpun akan mudah sekali kotor dan berbau oleh sisa makanan yang tercecer baik itu di dalam oven ataupun pada dinding terluar oven. Sudah seharusnyalah kita merawat Oven microwave milik kita agar selalu terjaga kebersihannya dan panjang umur sehingga akan selalu siap untuk dipakai kapan saja tanpa mengalami hambatan apapun yang akan mengganggu saat penggunaan.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Saya mengenai tips merawat Oven microwave di bawah ini:
  • Jagalah kabel penghubung ke stopkontak listrik agar kabel tersebut tidak terkelupas akibat ttertindih beban berat atau digigit tikus  yang akan menyebabkan konslet atau tersentuh kulit. sebaiknya kabel penghubung listrik dicabut dari stopkontak saat Oven microwave tidak digunakan.
  • Gunakanlah wadah untuk tempat makanan yang terbuat dari bahan yang aman untuk dimasukkan ke dalam Oven microwave seperti: plastik, melamin, tembikar, kayu, dan kaca.
  • Jangan menggunakan wadah makanan yang terbuat dari bahan logam karena dapat memicu percikan api yang akan menyebabkan terbakarnya Oven microwave.
  • Hindari memasak bahan makanan dengan menggunakan pembungkus yang menggunakan alumunium foil karena bahan tersebut dapat memantulkan gelombang micro sehingga bahan makanan menjadi lama matang atau bahkan tidak akan panas.sehingga bahan makanan tersebut tidak matang secara merata.
  • Aturlah waktu pemanasan agar sesuai dengan jenis makanan yang sedang dimasak.
  • Untuk menghangatkan makanan janganlah terlalu lama karena akan menyedot listrik cukup besar.
  • Bila bahan daasar masakan adalah termasuk jenis yang mudah matang maka saat memasaknya janganlah berada jauh dari Oven microwave untuk mencegah bahan makanan tersebut menjadi gosong.
  • Oven microwave adalah alat untuk memasak dan menghangatkan makanan jadi tidak dirancang untuk  hal lain seperti menggoreng, karena panas yang dihasilkan tidak maksimal untuk cara memasak dengan metoda menggoreng.
  • Hindari memasak cairan lebih dari dua menit karena bila air melewati suhu yang maksimal akibatnya saat pintu oven dibuka maka air yang berada di dalam Oven microwave muncrat, untuk amannya diamkanlah dahulu sampai suhu cairan dan dinding Oven microwave berkurang panasnya.
  • Jauhkanlah alat ini dari jangkaun anak-anak.
  • Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dibagian dalam Oven microwave adalah dengan cara  meletakkan bahan-bahan seperti serai, serbuk vanili, dan jeruk nipis di dalam sebuah wadah kemudian masukkan ke dalam Oven microwave, kemudian nyalakan Oven microwave pada kekuatan maksimal selama 30detik, dengan begitu bau yang tidak sedappun akan hilang tergantikan oleh aroma bahan-bahan tadi.
  • Cara melepaskan kotoran pada bagian dalam Oven microwave: masukkan kain lembab ke dalam Oven microwave kemudian nyalakan secara maksimal selama 30-40 menit, Uap yang terlepas dari kain akan melepaskan kotoran yang melekat pada dinding oven, setelah itu bersihkan menggunakan kain kering.

Beberapa cara membuat cairan pembersih untuk microwave:
  • Campurkan deterjen dengan air hangat lalu gunakan untuk membersihkan bagian interior dan pintu microwave dengan kain atau spon lembut yang bersifat tidak mengikis.
  • Campurkan 45ml  baking soda ditambah air secukupnya, gunakanlah spon lembut untuk membersihkan bagian dalam, pintu, dan body microwave, selanjutnya dapat dilap menggunakan kain basah atau lembab.. 
Read More
CARA MENGGUNAKAN OVEN MICROWAVE

CARA MENGGUNAKAN OVEN MICROWAVE

OVEN MICROWAVE  LG
Saran untuk dibaca: "Cara Mengoperasikan Oven Microwave LG Otomatis"

Oven Microwave / Ketuhar Microwave adalah salah satu alat dapur yang dirancang dengan teknologi tinggi dan modern, alat ini menggunakan listrik sebagai sumber dayanya agar dapat menghidupkan rangkaian elektronik sehingga menghasilkan gelombang kecil yang mampu memanaskan area di dalam microwave.

Alat ini menjadi salah satu pilihan sebagai alat memasak oleh sebagian keluarga menengah ke atas yang menginginkan cara masak yang serba praktis dan bersih, tinggal memasukkan bahan makanan ke dalam oven lalu atur waktunya kemudian tinggal menunggu sebentar maka makananpun matang. beberapa keuntungan yang diperoleh dengan memakai oven microwave adalah:
  • Kita dapat menyesuaikan suhu yang diinginkan untuk memasak dengan menyetel tombol pengatur suhu.
  • Panas yang dapat merata ke seluruh bagian bahan makanan.
  • Terdapat pengatur waktu untuk mematikan microwave sesuai setelan yang kita inginkan pada tombol "timer".
Dengan mengetahui kelebihan alat ini diharapkan kita dapat menggunakannya secara maksimal, untuk lebih jelasnya mengenai cara menggunakan oven microwave silahkan baca uraiannya di bawah ini:
  • Oven microwave adalah alat elektronik yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar yaitu antara 600W sampai 700W, oleh karena itu pastikan daya listrik di rumah dapat mencukupi kebutuhan listrik untuk microwave dan pemakaian peralatan elektronik lainnya.
  • Janganlah menyalakan oven (menekan tombol start) bila sedang tidak digunakan untuk memasak bahan makanan karena bila itu dilakukan maka gelombang Microwave akan melambung dan menabrak dinding interior oven yang dapat menebabkan kebakaran.
  • Aturlah tombol pengatur waktu otomatis sesuai dengan jenis bahan makanan yang dimasak atau sesuai petunjuk resep.Dengan mengatur tombol otomatis (timer) maka oven akan mati secara otomatis sesuai dengan waktu yang kita atur.
  • Penggunaan wadah yang terbuat dari bahan logam sebagai tempat bahan makanan untuk dimasukkan ke dalam oven tidak dianjurkan karena dapat memicu percikan api di dalam oven yang berakibat pada terbakarnya oven, gunakanlah bahan yang terbuat dari kayu, gelas, dan plastik, selain mencegah percikan api ternyata bahan-bahan tersebut lebih tahan panas.
  • Saat masakan dimasukkan ke dalam oven yang tertutup rapat maka penguapan di dalam ruangan  oven menjadi minim, oleh karena itu kurangilah kadar air bahan makanan atau sesuai petunjuk resep, umumnya kadar air adalah 3/4 dari ukuran takaran air yang biasa digunakan bila kita memasak dengan alat selain microwave.
  • Bila anda memasak bahan makanan yang membutuhkan waktu yang lama pada proses memasaknya maka untuk menjaga agar masakan tersebut dapat matang dengan merata maka sering-seringlah merubah posisi bahan makanan tersebut dengan cara memutarnya(pada beberapa merek terdapat bagian yang dapat memutar masakan yang berada di dalam oven, selain itu kita dapat mengaduk-aduk masakan pada waktu setengah perjalan memasak agar pasakan dapat matang secara sempurna dan mencegah terbentuknya area beku yang nantinya menjadi tempat berkembangnya bakteri saat makanan menjadi dingin yang dapat menjadi sumber penyakit pada tubuh kita.
  • Gunakanlah aluminium foil untuk menjaga agar bahan makanan tidak menjadi gosong seperti pada bahan masakan yang mengandung lemak dan gula, karena karena bahan makanan tersebut cepat sekali matang.
  • Selain ruangan oven yang membuatnya minim penguapan ternyata garam juga dapat menyerap air, oleh karena itu kurangilah kadar garam pada setiap masakan yang dimasak oven microwafe, kekurangan rasa garam dapat diatasidengan menambahkan garam saat makanan sudah matang dan siap  dihidangkan.
  • Cairan yang terdapat pada beberapa bahan makanan seperti pada hati ayam, sayuran, dan kuning  telur dapat keluar menembus lapisan terluar bahan makanan tersebut, maka sebelum dimasukkan ke dalam oven lubangilah bahan maaskan tersebut menggunakan garpu untuk membentuk pori-pori pada bahan makanan tersebut yang berguna untuk mencegah keluarnya cairan dari dalam bahan masakan tersebut.
  • Janganlah meninggalkan oven saat memasak bahan makanan yang cepqat matang untuk menghindari gosongnya bahan makanan tersebut.
  • Bila masakan telah matang janganlah terburu-buru untuk mengambil bahan masakan dari dalam oven karena area di dalam oven masih panas yang dapat melepuhkan lapisan kulit kita, diamkanlah sejenak agar ruangan di dalam oven berkurang suhunya, gunakanlah sarung tangan tahan panas saat mengambil makanan dari dapam oven microwave untuk mencegah kulit terbakar.
  • Sering-seringlah membersihkan oven dari sisa-sisa bahan makanan yang menempel.
  • Janganlah mempergunakan oven microwave bila pintunya sudah rusak, perbaikilah pintu oven yang rusak te tempat-tempat perbaikan oven.
Read More
CARA MENCUCI HELM

CARA MENCUCI HELM

gambar helm half face
Helem adalah Salah satu perlengkapan yang harus dipakai oleh pengendara sepeda motor sebagai pelindung kepala dari benturan dengan benda asing mulai dari angin, debu sampai benda keras lainnya yang mungkin terjadi saat terjadinya kecelakaan lalu lintas saat pengerndara atau penumpangnya terjatuh dari sepeda motor.

Dari awal pembuatannya sampai sekarang ini telah banyak diproduksi berbagai bentuk dan fariasi helm sesuai kebutuhannya masing-masing, sehingga selain untuk keselamatan pemakainya helm juga dipakai sebagai penambah penampilan pengendara motor.

Dengan diberlakukannya undang-undang lalu lintas tentang kewajiban pemakaian helm oleh pengendara
kendaraan bermotor dan penumpangnya maka hampir semua pengendara memakai helmnya setiap mereka mengendarai motor. dengan seringnya helm dipakai maka tak elak lagi helm tersebut terkena debu dan keringat pemakainya sehingga bagian dalam helm terlihat kotor dan bau ditambah lagi bila menghadapi musim penghujan maka helempun sering basah oleh air hujan.

sebagian orang yang ingin helemnya bersih akan menyerahkan proses pencucian helemnya ke tempat-tempat
pencucian helm, memang dengan begitu kita tidak akan terlalu repot asalkan punya uang maka masalah helempun dapat teratasi. Tetapi sebenarnya bila kita mencuci sendiripun tidaklah sulit asalkan kita mau, dengan sedikit peralatan yang ada di rumahpun dapat menghasilkan hasil pencucian yang tak kalah oleh tempat-tempat pencucian helm yang profesional.

Zaman berganti teknologipun berkembang, helm masa kini diproduksi dengan mengacu pada kemudahan untuk diperbaiki bila rusak dan kemudahan untuk dibongkar pasang agar mudah dalam mencuci atau membersihkannya. Coba perhatikan bagian dalam helem, sangat mudah untuk melepaskan bagian-bagiannya, helm zaman sekarang  telah dilengkapi dengan kancing cetet untuk menggabungkan bagian-bagian bantalan busa yang berada pada bagian dalam helem, dengan sekali tarik maka bagian tersebut dengan mudahnya terlepas.

Mencuci helm tidaklah sulit, hampir sama dengan mencuci pakaian atau mencuci benda lain yang jarang
mendapat perhatian untuk dicuci dan mencuci helem lebih praktis dan tidak terlalu mengeluarkan banyak
tenaga, untuk lebih jelasnya silahkan simak uraiannya di bawah ini:
  1. Lepaskanlah bantalan pada kedua sisi kiri dan kanan bagian dalam helem, bagian inilah yang bersentuhan dengan daerah sekeliling telinga saat kita menggunakan helem.
  2. Lepaskanlah kaca pelindung dan plastik pelindung cahaya yang berada di atas helm(khusus tipe half face) dengan cara: lepaskanlah penutup baud yang berada di sisi luar kanan dan kiri helm kemudian lepaskan baudnya menggunakan obeng(minus atau plus, disesuaikan dengan bentuk kepala baud) lalu pisahkan kaca helm, pelindung cahaya, dari helem. Bila baud telah terlepas maka bantalan helem yang berada di dalam dapat dilepaskan dari batok helem, tapi bila anda merasa kesulitan maka bantalan yang berada di dalam tidak usah dilepas.
  3. Siapkan air dalam wadah yang agak besar, misalnya jolang plastik, campurkan deterjen lalu aduk hingga larut bersama air. Rendamlah Semua bantalan helem kira-kira setengah jam lalu bersihkan kotoran yang menempel menggunana sikat halus.
  4. Setelah semua bantalan bersih lakukanlah pembilasan berulang kali dengan cara merendamnya dalam air bersih sambil meremas-remas semua bantalan sampai tidak ada lagi buih yang keluar.
  5. Untuk menghilangkan bau maka rendamlah bantalan helm di dalam air yang telah dicampur pewangi pakaian kemudian diperas sampai semua air terlepas.
  6. Proses selanjutnya adalah pengeringan, gunakanlah pengering rambut(hair dryer) dengan menggunakan tombol pilihan low untuk menjaga lapisan/bantalan yang berbahan stereo foam agar tidak meleleh, janganlah menyemprokan udara panas dengan terus menerus pada satu bagian tapi beralihlah ke bagian lain dan aturlah jarak hair dryer dengan helem untuk menjaga kerusakan pada bantalan helem. 
  7. Cara pengeringan yang paling bagus adalah dengan sinar matahari langsung agar proses pengerinagn terjadi dengan alami bukan dengan cara dipaksa.  
Read More
CARA MENCUCI BONEKA

CARA MENCUCI BONEKA

Boneka Bisou dan Isobel
Boneka Bisou dan Isobel
Boneka adalah salah satu maianan yang sangat dekat dengan pemiliknya, saking dekatnya kadang-kadang sampai dibawa ke mana-mana, misalnya menjadi teman tidur, menjadi teman di saat bepergian jauh, dan lain-lain. Ada pula seseorang yang yang tidak dapat tidur tanpa ditemani oleh boneka kesayangannya.

Akibat seringnya boneka dijadikan mainan dan teman di saat tidur maka lama-lama bonekapun akan penuh dengan noda atau kotoran dan bau yang tidak sedap sehingga mengurangi keindahan boneka tersebut.

Kadang-kadang kita sangat malas sekali untuk mencuci boneka ini dengan alasan "sulit mencucinya" atau "sangat melelahkan karena mengelurkan banyak tenaga". sebenarnya mencuci boneka itu tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan, kalau kita tahu caranya pastilah menyenagkan karena hasil yang didapatkan lebih bersih dan harum. Cara mencuci boneka hampir sama dengan cara mencuci pakaian biasa, yang membedakan adalah saat mencuci boneka maka air yang dibutuhkan lebih banyak jika dibandingkan dengan mencuci pakaian, karena selain bahan terluar boneka yang tebal juga terdapatnya bahan pengisi badan boneka yang terdiri dari kapas, majun, kain perca, dan lain-lain yang dapat menyerap air lebih banyak.

Kalau boneka kita bersih dan harum seperti baru maka kita jugalah yang senang, maka dari itu rawatlah boneka kita agar selalu tampak bersih salah satunya dengan mencucinya bila sudah terlihat kotor atau kumal. Untuk lebih jelas dalam hal mencuci boneka silahkan simak cara caranya di bawah ini:

Sebelum dilakukan pencucian hilangkanlah debu-debu yang melekat pada sela-sela bulu boneka dengan menepuk-nepuknya menggunakan sapulidi yang bersih dan kering sampai tidak ada lagi debu yang menempel, tanda-tanda debu pada boneka sudah terlepas semua adalah saat ditupuk-teput tidak ada debu yang terlepas dari badan boneka.
  1. Siapkanlah air di dalam mesin cuci lalu beri deterjen satu atau dua genggam dan diaduk hingga terlarut dengan air.
  2. Masukkan boneka yang telah bebas dari debu ke dalam mesin cuci, usahakan seluruh bagian boneka terendam air cucian, setelah itu diamkanlah boneka di dalam mesin cuci selama kurang lebih setengah jam, hal ini dimaksudkan agar deterjen dapat meresap ke ke seluruh bagian boneka dan melepaskan kotoran yang melekat.
  3. setelah direndam dalam  air deterjen maka tahapan selanjutnya adalah mencuci boneka, nyalakan mesin cuci dengan memutar tombol "wash" lalu biarkan mesin cuci beserja membersihkan noda-noda yang melekat pada boneka.
  4. Setelah mesin cuci berhenti berputar buanglah air bekas cucian lalu ganti dengan air baru yang masih bersih, kemudian ulangi lagi proses mencuci beberapa kali sampai boneka benar-benar bersih, jangan lupa untuk selalu mengganti air cucian dengan yang baru saat dilakukan pencucian ulang. Bila dengan satu kali proses pencucian boneka sudah bersih maka tidak perlu lagi dilakukan pengulangan proses mencuci.
  5. Bila boneka sudah terlihat bersih maka dapat dilanjutkan dengan memberi pewangi. Untuk menghilangkan bau pada boneka gunakanlah pewangi pakaian yang dicampur dengan air, rendamlah boneka ke dalam air yang telah diberi pewangi pakaian dan diamkan selama sepuluh menit. 
  6. Tahapan terakhir adalah proses pemerasan, bila boneka yang dicuci berukuran kecil dan dapat masuk ke dalam tabung pengering maka proses pemerasan dapat dilakukan oleh mesin pengering , masukkan boneka ke dalam tabung pengering lalu lakukan proses dengan memutar tombol "spin". Untuk boneka yang berukuran besar maka proses pemerasan dapat dilakukan di dalam lantai kamar mandi yaitu dengan cara menginjak-injak boneka dengan kaki.
  7. Bila boneka telah dispin maka siap untuk dijemur, Jemurlah boneka di tempat yang dapat terkena sinar matahari langsung agar boneka dapat kering secara sempurna, bila boneka tidak kering selama sehari maka lakukanlah penjemuran di hari-hari selanjutnya sampai boneka benar-benar kering.

Bagi anda yang tidak memiliki mesin cuci dapat mencuci boneka dengan cara manual yanitu dengan cara:
  1. Setelah boneka dibersihkan dari debu yang menempel maka tahapan pertama adalah dengan merendam dalam air deterjen, siapkanlah air dalam wadah seperti ember atau jolang yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran boneka, campurkan satu atau dua genggam deterjen ke dalam air lalu diaduk sampai rata.
  2. Masukkan boneka ke dalam wadah tadi sampai seluruh bagian boneka terendam air lalu diamkan selama tiga puluh menit, sama pada perendaman pada mesincuci tujuannya adalah agar kotoran atau noda pada boneka akan terlepas sehingga memudahkan dalam proses selanjutnya.
  3. Setelah direndam maka bersihkanlah boneka dengan menggunakan sikat halus secara hati-hati agar bulu-bulu pada boneka tidak terlepas. 
  4. Setelah boneka disikat bersih maka tahapan selanjutnya adalah membilas, rendamlah boneka dengan air bersih  selama beberapa menit lalu lakukan proses pembilasan, bila ukuran boneka tidak terlalau besar maka dapat dilakukan dengan meremas-remas badan boneka dengan jari tangan, untuk boneka yang berukuran besar caranya adalah dengan meletakkanlah boneka di atas lantai kamar mandi lalu diinjak-injak sampai air keluar dari badan boneka, lakukan proses ini sampai tidak ada lagi butiran buih dari boneka.
  5. Bila perlu beri pewangi pada boneka dengan cara merendam di dalam air yang telah dicampur pewangi lalu diperas sedikit.
  6. Jemurlah boneka di bawah sinar matahari langsung, bila boneka tidak kering dalam sehari maka dapat diulangi pada hari berikutnya sampai boneka kering. 
Read More
CARA MEMPERBAIKI SAKLAR LISTRIK TEMBOK

CARA MEMPERBAIKI SAKLAR LISTRIK TEMBOK

Saklar Listrik
Saklar listrik adalah salah satu alat instalasi listrik yang berfungsi menyambungkan dan memutuskan arus listrik sebuah beban misalnya lampu, pada suatu saat sakelar ini dapat mengalami ganguan yang mengakibatkan lampu yang disakelarnya tidak menyala saat saklar di ON kan, atau pada kasus lain lampu dapat menyala tetapi redup dan berkedip, semua gejala seperti itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
  • Lapu yang sudah putus
  • komponen pada fitting lampu mengalami kerusakan.
  • Kabel instalasi ada yang putus.
  • Komponen di dalam sakelar mengalami ganguan kerusakan.
Untuk lampu yang sudah putus maka gantilah dengan lampu yang baru, sedangkan untuk kerusakan pada fitting lampu dan instalasi kabelnya silahkan baca artikel saya yang berjudul  "cara memperbaiki fitting lampu". Dan untuk memperbaiki sakelar listrik silahkan simak uraiannya di bawah ini:

Peralatan yang dibutuhkan:
- Obeng plus
- Obeng minus
- Koas kecil
- Ampelas

    Tahapan-tahapan memperbaiki sakelar listrik tembok                                                                                                                                                                                   
    Gambar Saklar listrik
     
    1. Untuk keselamatan saat  perbaikaan agar tidak tersengat arus listrik maka matikanlah listrik di rumah dengan meng OFF kan tuas MCB.

    2. Lepaskanlah sakelar dari tembok dengan melonggarkan kedua sekrup yang menempel pada sakelar menggunakan obeng plus.

    3. Setelah sekrup terlepas tariklah badan saklar ke arah luar tembok secara pelan-pelan, kemudian lepaskan kabel yang terhubung dengan terminal yang ada pada bagian belakang sakelar kemudian bawalah sakelar ke tempat yang terang untuk memudahkan saat perbaikan.

    4. Perhatikan bentuk sakelar bagian belakang bagaimanakah sistim rekatnya apakah memakai baud atau pengunci, bila perekatan rumah sakelar memakai sistim sekrup maka untuk dapat membuka sistim mekanisnya lepaskanlah sekrup tersebut tetapi bila sistim rekatnya menggunakan sistim pengunci maka congkellah penguncinya menggunakan obeng minus sehingga rumah sakelar dapat terbuka.  
     
    5. Setelah rumah sakelr telah terbuka maka akan terlihatlah sistim
    mekanis sebuah sakelar yang terdiri dari beberapa plat logam dan per  / pegas, penyebab tidak terkoneksinya listrik ke lampu bersumber dar
    sistim mekanisnya, sistim mekanis sakelar tidak akan berfungsi dengan baik bila tertutup oleh kotoran atau benda asing lain yang menutupinya, pada saklar listrik yang tertanam di tembok rumah kerusakan pada umumnya disebabkan oleh semut yang membuat sarang di dalam sakelar.

    Gambar Saklar tertutup sarang semut
    6. Perhatikanlah contoh gambar terlihat sakelar mekanis yang penuh dengan sarang semut, bersihkanlah  bagian yang penuh dengan debu, kotoran atau semut menggunakan koas kecil. 
    7. Selain membersihkan menggunakan koas ampelaslah konektor yang berkekatan dengan pegas yang berfungsi memutuskan dan menyambungkan arus listrik.

    8. Untuk mencegah semut tidak kembali membuat sarang pada sakelar maka letakkanlah kapur barus di dalam tedus.
    Gambar saklar sudah dibersihkan
    9. Setelah pembersihan selesai maka pasanglah kembali seluruh komponen sakelar kemudian pasanglah sakelar ke tembok,

    10. Nyalakanlah listrik dengan meng ON kan tuas MCB. cobalah menyalan lampu dengan nenekan sakelar tembok yang telah diperbaiki, bila lampu menyala dengan normal maka perbaikan berhasil. Tetapi bila lampu tidak menyala maka periksa ulang komponen mekanis sakelar mungkin ada yang tidak terpasang atau bergeser posisi.
    Read More
    CARA MEMBUAT CAIRAN PEMBERSIH

    CARA MEMBUAT CAIRAN PEMBERSIH

    Pada saat melakukan kegiatan bersih-bersih dii rumah seringkali kita merasa kesulitan untuk mencari bahan pembersih yang cocok dengan kotoran dan noda yang melekat pada perabotan, di pasaran memang banyak jenis pembersih noda yang ditawarkan tetapi banyak yang tidak ramah lingkungan karena mengandung bahan kimia yang berbahaya, untuk menghindari pemakaian zat kimia yang berbahaya maka sebaiknya membuat sendiri cairan pembersih agar kita dapat memilih zat yang cocok dan aman bagi kehidupan.

    Pada postingan kali ini Saya akan sedikit berbagi tentang cara membuat cairan pembersih yang aman bagi lingkungan dan bahan-bahannya mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut ini beberapa tips untuk membuat cairan penghilang noda dan kotoran yang ada di sekitar kita:

    Cairan pembersih noda
    Siapkanlah sebuah botol semprot yang diisi dengan air bersih kemudian tambahkanlah sabun pencuci piring, boleh yang cair ataupun yang berupa sabun colek dan lebih bagus yang mengandung lemon atau jeruk nipis yang berguna menetralisir lemak dan minyak. kemudian kocoklah agar semua campuran tadi menyatu hingga rata. Cairan ini dapat digunakan sebagai cairan pembersih serbaguna yang sangat membantu sekali dalam mengusir noda atau kotoran yang melekat pada barang-barang perabotan di rumah.

    Baking soda
    Jenis bahan ini berguna untuk melepaskan kotoran yang melekat kuat seperti pada permukaan kaca atau cermin, fiber glass, dinding keramik WC, dan toilet. cara menggunakannya adalah dengan cara mengoleskan sedikit saja baking soda pada permukaan yang kotor kemudian gosoklah dengan spon maka nodapun akan menghilang.

    Perasan jeruk nipis
    Air dari perasan jeruk nipis sangat ampuh dalam menghilangkan noda bekas sabun yang biasanya menempel pada peralatan kamar mandi, diding keramik, dan toiletnya serta berbagai noda minyak dan lemak.

    4lk0h0l 70%
    Cairan 4lk0h0l berguna untuk menghilangkan noda yang melekat pada peralatan elektronik seperti: monitor komputer, layar televisi, telepon, komputer, mesin faksimili, dan perangkat elektronik yang lainnya. Tetapi sebelum melakukan pembersihan noda pada perangkat alat elektronik sebaiknya dibaca dulu buku panduan alat tersebut karena ada sebagian peralatan elektronik yang tidak boleh terkena cairan 4lk0h0l karena dapat merusak alat elektronik tersebut sebut saja kulkas yang bagian badannya(permukaan terluar) akan rusak bila terkena cairan 4lk0h0l. Cara membersihkan dengan 4lk0h0l adalah dengan bembasahi kain lap dengan 4lk0h0l lalu digosokkan ke permukaan yang kotor.

    Cuka
    Larutan cuka berguna sebagai pengganti disinfektan, apabila cuka dicampur dengan bahan baking soda dapat digunakan untuk melunakkan kotoran yang sering menyumbat saluran air atau penyumbat kakus.

    Cuka dan Baking soda
    campuran kedua bahan ini berguna untuk membersihkan kotoran yang melekat pada WC, cara membersihkannya adalah :
    1. basahi bagian dalam WC dengan cairan cuka lalu diamkan selama 30menit
    2. Tuangkan baking soda ke sikat khusus untuk WC kemudian mulailah menyikat WC, baking soda akan mengangkat kotoran yang melekat pada WC dan sekaligus mengharumkan WC.
    3. Tuangkan sekali lagi cuka ke dalam WC dan diamkan selama semalaman.
    Lakukanlah kegiatan pembersihan lubang WC/toilet sekurang-kurangnya sebulan sekali untuk mencegah penyumbatan pada saluran WC atau pada bagian leher angsa.

    Pembersih kaca
    Cara membuat cairan untuk pembersih kaca sangatlah mudah yaitu dengan memasukkan air bersih ke dalam botol semprot yang dicampur dengan 1/3 cangkir cairan cuka dan 1/4 cangkir cairan 4lk0h0l atau bila dianggap perlu tambahkanlah satu sendok cairan pencuci piring yang beraroma lemon atau jeruk lalu dikocok sampai semua campurannya menyatu. Larutan ini berguna sekali untuk membersihkan noda pada kaca, caranya adalah dengan menyemprotkan ke permukaan kaca lalu dilap menggunakan spon dan dikeringgan menggunakan lap yang dapat menyerap air.
    Read More
    CARA MENAMBAL KARPET

    CARA MENAMBAL KARPET

    Gambar 1
    Kali ini Saya akan berbagi pengalaman tentang cara menambal karpet yaitu mengatasi karpet yang bolong, karpet yang diterangkan di sini adalah karpet yang terbuat dari bahan kain yang berbulu yaitu sejenis karpet yang biasanya digelar pada lantai tempat ibadah atau lantai rumah, karpet ini juuga tidak terlalu banyak variasi, satu warna untuk selembar karpet tanpa ada gambar atau hiasan lain. Keindahan karpetpun akan hilang apabila terdapat lobang di beberapa bagian yang rusak oleh gigitan tikus atau oleh penyebab yang lainnya.

    Pengalaman Saya ini didapat pada saat di rumah saya akan diadakan acara syukuran, ketika itu saya akan menggunakan karpet yang sudah lama tidak terpakai yang diletakkan di gudang barang-barang, pada saat digelar di lantai ternyata banyak terdapai lubang  di bagian tengah karpet, kalau dilihat dari bentuk lubangnya seperti gigitan tikus, seketika itu muncullah ide untuk menambalnya, Sayapun berfikir bagaimana caranya agar hasil tambalan tidak terlihat tapi kuat, Sayapuin mulai mencari peralatan dan bahan-bahan penunjang penambalan, setelah siap semua barulah ide ini saya kerjakan.

    Menambal karpet sangatlah mudah jika kita tahu trik untuk mengerjakannya, hal yang paling utama dalam menambal karpet adalah:
    • Bagaimana caranya agar hasil tambalan sedikit tersamar agar tidak terlihat perbedaaan dengan bagian lainnya,
    • Mengupayakan agar tidak ada tonjolan pada karpet yang kita tambal.
    • Usahakan menambal dengan kuat yaitu dengan menggunakan lem yang bermutu tinggi.
    Dengan menggunakan trik yang benar maka karpet yang ditambal sekilas tidak terlihat, orang lainpun tidak akan menyangkan kalau karpet anda adalah tambalan. Untuk lebih jelasnya marilah ikuti langkah-langkah dalam menambal karpet yang bolong di bawah ini:

    Peralatan yang diperlukan:
    • Guntung kain yang tajam
    • Lem serbaguna yang dapat merekatkan bahan kulit, karet, plastik dan kain.
    • Penggaris
    • Ballpoint atau pensil(usahakan yang warna tintanya berbeda dengan warna karpet)
    • Kain tipis yang kuat, bisa diganti dengan plastik yang sejenis dengan bahan jas hujan.

     Cara menambal:

    Gambar 2

    1. Letakkanlah karpet di lantai dengan bagian bawah karpet berada di atas dan jangan ada bagian yang melipat agar mudah diketahui bagian yang berlubang.

    2. Rubahlah bentuk lubang pada karpet yang tidak beraturan menjadi bentuk persegi empat(gambar 3) lalu ukurlah panjang dan lebar lubang yang berbentuk persi sempat tersebut menggunakan penggaris.




    Gambar 3
    Gambar 4
    3. Siapkanlah karpet penambal(Gambar 4) yang diambil dari sisi bagian  terluar karpet yang kita tambal, ukuran karpet penambal ini lebih besar sidikit(kira-kira satu mili dari lubang yang akan ditambal) dari   lubang yang akan kita tambal, ini dimaksudkan agar tidak ada celah pada pertemuan sisi lubang dengan penambal.
    Gambar5

    4. Tempelkanlah karpet penambal bada lubang yang akan ditambal, kemudian olesilah bagian bawah karpet penambal dan sisi lubang dengan lem serbaguna, yaitu bagian yang akan bersentuhan dengan lantai saat digunakan. Pemasangan karpet penambal ini harus sama dengan posisi karpet yang tergelar dilantai, posisinya jangan terbalik(Gambar 5),



    Gambar

    5. Siapkanlah  kain tipis yang kuat(bisa diganti dengan plastik yang sejenis dengan bahan jas hujan) ukurannya lebih besar 1cm dari karpet penambal kemudian diberi lem serbaguna lalu diamkan selamabeberapamenit sampai lemnya tidak lengket lagi.






    Gambar 7
    7. Apabila semua lem yang merekat pada karpet dan kain tipis yang kuat(plastik yang mirip bahan jas hujan) sudah tidak lengket maka permukaan kain yang mengandung lem dapat direkatkan/ditempelkan pada bagian karpet yang telah dilem lalu tekan-tekanlah bagian yang sudah direkatkan dengan jari tangan.





    Dengan menggunakan cara di atas maka lubang pada karpet tidak akan terlihat lagi(Gambar 7) dan karpet andapun dapat digunakan seperti sedikala.......selamat mencoba.
    Read More
    TIPS MERAWAT PAKAIAN

    TIPS MERAWAT PAKAIAN

    Pakaian adalah barang yang setiap hari kita pakai, oleh karena itu haruslah dirawat agar selalu terjaga kualitasnya, ada beberapa jenis pakaian yang tahan lama meski dipakai beberapa waktu tetapi ada pula yang mudah rusak atau berkurang kualitasnya pada saat pemakaian awal.  Mungkin untuk pakaian yang mahal ada beberapa trik yang harus dilakukan untuk merawatnya, agar pakaian anda terjaga keindahannya maka anda harus tau karakteristik bahan yang digunakan agar tau cara merawatnya.


    Bahan pakaian yang kita pakai terdiri dari bermacam-macam jenis, oleh karena itu cara perawatannyapun berbeda-beda, berikut ini cara perawatan pakaian menurut jenis bahan yang dipakai:

    Bahan katun
    Adalah bahan yang lembut saaat dipakai, bahan jenis ini dapat dipakai sehari-hari dan cocok sekali dipakai pada iklim tropis seperti di Indonesia karena sifatnya yang dapat menyerap keringat yang dikeluarkan oleh badan meskipun jenis katun ini sangat mudah sekali kusut dan tidak perlu perawatan yang khusus. Terdapat beberapa jenis katun yang ada di indonesia, beberapa sifat yang membedakannya adalah dari kandungan katunnya, di bawah ini beberapa jenis katun yang  umum beredar di pasaran:
    • Gingham, bersifat ringan tapi kuat, umumnya dipakai pada pelindung seperti: sarung bantal dan guling, seprei, dan sebagai bahan pelengkap peralatan rumah tangga.
    • Katun madras, bahan ini enak dipakai tetapi mudah sekali kusut.Chambray, keunggulan bahan ini adalah mudah dijahit, dari yang berbobot ringan sampai yang sedang sangat nyaman dipakai, bahan jenis ini sering digunakan untuk kemeja dan pakaian anak-anak.
    • Lawn, bahannya halus dan mudah menyerap keringat, dan cocok sekali digunakan untuk blus, kerah yang lembut, dan manset lengan.
    • Poplin, mempunyai daya serap tinggi dan bisa digunakan untuk kemeja, blus, dan gaun terusan.
    Bahan wol, 
    Bahan wol sangat nyaman saat dipakai dan serba guna. umumnya dipakai untuk bahan dasar mantel dan baju hangat karena dapat menyerap lembab, tahan api, tidak tembus air, dan elastis. Cara merawat bahan wol adalah pada saat meyetrikanya, gunakanlah kain yang lembab kemudian setrikalah dari bagian dalam pakaian agar bahan tidak menjadi mengkilap. bila kita menyetrikanya langsung pada bagian luar kain maka baju akan melar dan berubah bentuknya, jenis bahan wol yang umum digunakan sebagai bahan pakaian adalah:
    • Worsted, bahan ini sangatlah awet dan tahan lama dan tidak mudah melentur.Challis, bahan yang ringan,lembut, sehingga mudah dalam perawatan.
    • Gabardine, Ciri khas dari jenis wol ini adalah tahan air, biasanya digunakan untuk mantel, rok, celana panjang.
    • Wol halus dan ringan, jenis bahan ini tahan kusut, dan dipakai untuk pembuatan rok, gaun terusan, dan blus.
    • Single jersey, bahan jenis ini biasa digunakan untuk pakaian sehari-hari karena sangat enak saat dipakai, memiliki serat yang vertikal di bagian luar dan horisontal di bagian dalam.
    Bahan linen dan sutera
    Bahan linen sejuk dipakai dan mudah menyerap keringat jadi sangat cocok untuk dipakai pada iklim panas. bahan linen sangat mudah sekali kusut saaat dipakai oleh karena itu untuk menghindarinya bahan linenpun dicampur dengan jenis bahan yang lain seperti sutra. Bahan sutera sangatlah halus dan ringan, oleh karena itulah sebuah blus yang terbuat dari 100% bahan sutera dapat tergenggam dalam satu genggaman tangan. Harga dari bahan sutera ini sangatlah mahal karena selain pengolahannya yang sulit jenis bahan ini sangatlah bermutu tinggi dan berpenampilan mewah bagi siapa saja yang memakainya. Bahan sutra juga dapat dicampur dengan bahan jenis lain seperti: wol, katun, linen. Untuk menjaga warna dan tekstur bahan tetap terjaga maka kain sutra dan campurannya diusahakan pada saat mencuci gunakanlah sampo atau deterjen khusus, cara menjemurnya adalah dengan mengangin-anginkan saja dan terlindung dari panas matahari secara langsung. Saat menyetrika gunakanlah derajat panas yang sesuai yaitu menggunakan stelan "silk"
    pada pengatur temperatur setrika yang kita pakai serta gunakanlah kain lain sebagai pelapis yang diletakkan di atas kain sutera agar panas setrika tidak langsung mengerap ke bahan. Bahan linen dan sutra dan campurannya yang umum dipakai:
    • Linen, bahan ini kuat dan dapat menyerap keringat, digunakan untuk bahan kemeja dan rok.Campuran sutra dan linen, ciri-ciri dari bahan ini adalahpada bahan rok dan gaun.
    • Crepe de chine, mempunyai berat yang sedang sehingga dapat jatuh dengan lembut. Bahan ini dipakai untuk  blus dan pakaian dalam.
    • Noil, bahan sutera dengan bintik-bintik kecil pada seratnya.
    • Shantung, adalah bahan sutra yang bertekstur kasar, digunakan untuk bahan pembuat kemeja dan gaun.
    Bahan sintetis,
    Bahan sintetis berbeda dengan bahan katun yang terbuat dari serat tumbuhan, bahan sintetis bersifat tidak menyerap keringat sehingga tidak cocok bila digunakan pada siang hari. jenis sintetis  seperti polliester, nilon, dan akrilik mempunyai keistimewaan yaitu bahannya awet dan tidak mudah kusut sehingga perawatannyapun mudah sehingga kualitas warnanya tetap terjaga. sedangkan bahan sintetis seperti rayon mampu menyerap keringat tetapi sangat mudah kusut dan mengkerut. beberapa jenis bahan sintetis yang umum dipakai adalah:
    • Crepon, berbahan halus, nyaman dipakai, dan lembut. biasanya digunakan untuk blus. 
    • Viscos, Berbahan lembut dan anti ngengat umumnya digunakan untuk kain rok dan blus.
    • Poliester crepe, bahan ini anti kusut dan tahan lama, digunakan pada pakaian seperti: pakaian dalam, blus, gaun, dan pakaian malam.
    • Microfibre, ciri dari bahan ini adalah tenunannya yang padat dan kuat sehingga sering digunakan pada pembuatan jas dan blazer.
    • Asetat, bahan ini mirip viscos, karena kekuatannya sehingga sering digunakan untuk pakaian olahraga.
    Read More
    TIPS MERAWAT RUMAH AGAR BERSIH DAN NYAMAN

    TIPS MERAWAT RUMAH AGAR BERSIH DAN NYAMAN

    Alangkah senangnya bila rumah yang kita tinggali selalu dalam keadaan bersih, rapih, dan sehat. kedaan seperti itu dapat kita wujudkan dengan perawatan yang kita lakukan secara terus menerus tanpa rasa bosan, tetapi kadang-kadang kendala yang ada dapat membuat hal itu sulit untuk dilakukan karena keterbatasan waktu, tenaga dan uang, dan anak-anak seringkali menjadi alasan mengapa rumah kita sering sekali berantakan dan kotor.

    Namun kita sebagai penghuni rumah tidak harus pasrah dengan keadaan seperti itu, dengan manajemen pembersihan dan perawatan yang efektif dan efisien mungkin semua masalah itu dapat teratasi. Kegiatan yang umum dilakukan dalam perawatan rumah mencakup: pembersihan, penataan perabotan, dan menjaga fungsi perabotan.

    dalam pelaksanaan kegiatan perawatan rumah sebaiknya menjadi tanggung jawab semua penghuni rumah, meskipun ada pembantu di rumah maka sang pemilik rumah harus tetap mengawasi keadaan rumahnya agar tetap terawat, seorang ibu juga bukanlah satu-satunya yang harus bertanggung jawab dalam urusan kebersihan rumahnya meskipun urusan rumah kebanyakan dilakukan oleh kaum ibu.

    Dalam memilih perabotan hendaknya dilihat dari beberapa segi misalnya apakah suatu perabotan yang akan kita beli mudah perawatannya atau sesuai dengan ruangan yang akan ditempatinya atau tidak, karena ada sebagian perabotajn tertentu yang sulit merawatnya sehingga akan mengurangi keindahan rumah kita.

    Buatlah jadwal kebersihan di rumah dalam sebulan dan dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, hal ini mungkin saja menjadi sarana yang menarik untuk menjaga keharmonisan diantara seluruh anggota keluarga dan sarana rekreasi sederhana yang mungkin belum pernah anda lakukan sebelumnya.

    Setelah anda menata dengan baik seluruh perabotan, membuat juadwal kebersihan maka saatnya menuju tahap-tahapan pembersihan dan perawatan, ada beberapa jenis kegiatan yang dapat dilakukan oleh kita di rumah seperti: menyikat, mengelap, mengepel, menyapu.

    Menyikat
    Menyikat di sini adalah kegiatan membersihkan lantai dari kotoran yang tidak hilang saat disapu atau dipel, Sikatlah bagian yang kotor pada lantai dengan menggunakan air karena air adalah salah satu bahan yang dapat meresap ke dalam kotoran agar mudah terlepas. Area yang kotor biasanya terjadi pada lantai teras karena letaknya di luar yang rentan terhadap terpaan debu dan kotoran dari sendal atau sepatu. Sebelum menyikat teras pindahkanlah pot-pot, kursi-kursi yang ada di teras kemudian sapulah lantai kemudian basahi dengan air untuk kemudian dapat disikat dan dibilas dengan air, bila perlu dikeringkan menggunakan lap kering.

    Mengelap
    Mengelap adlah membersihkan debu yang menempel pada perabotan rumah, alat yang digunakan adalah kain lap yang mempunyai daya serap, gunakanlah kain kering dan basah untuk melakukan proses pengelapan. Lap kering digunakan untuk membersihkan debu yang tidak melekat seperti pada meja, kursi, lemari, alat elektronik, dan lain-lain. Sedangkan lap basah digunakan untuk membersihkan kotoran yang melekat seperti pada perabotan dapur. Khusus untuk membersihkan kaca atau cermin gunakanlah lap basah dan kering secara bersamaan, diawali dengan menggunakan lap basah dulu untuk membersihkan kotoran yang melekat kemudian gunakan lap kering untuk menghindari noda yang tersisa. Lakukan kegiatan mengelap dengan berurutan misalnya diawali dari ruang tamu dan berakhir di ruang dapur. saat mengelap sebuah perabotan lakukanlah dari belakang ke depan atau dari atas ke bawah agar semua debu dapat hilang dan tidak menumpuk pada satu bagian saja, untuk mengelap meja atau laci singkirkanlah dulu barang barang yang ada di atasnya untuk mempermudah pengelapan.

    Mengepel 
    Mengepel adalah kegiatan yang dilakukan sepelah menyapu, peralatan yang diperlukan adalah kain pel, ember berisi air, cairan pel,. Untuk rumah yang tidak terlalu luas kegiatan ini dapat dilakukan langsung menggunakan tangan, hasilnyapun terasa lebih bersih karena daya tekan tangan yang kuat tetapi akan terasa melelahkan karena badan yang selalu berjongkok. Di pasaran banyak sekali jenis cairan untuk mengepel, pilihlah cairang yang mempunyai banyak kelebihan diantaranya dapat mengusir kuman/anti septik dan memiliki wangi yang harum. Bersihkanlah seluruh peralatan menepel setelah dipakai, cucilah kain pel dan embernya lalu keringkan.

    Menyapu
    Menyapu adalah membersihkan kotoran kering di lantai, kegiatan inilah yang umum dilakukan setiap hari, untuk menyapu lantai gunakanlah sapu yang terbuat dari bahan ijuk, plastik, atau rami, sedangkan untuk halaman gunakanlah sapu dari bahan lidi. untuk meringankan pekerjaan gunakanlah sapu yang bergagang panjang sehingga kita tidak perlu membunggkuk saat menggunakannya. Bersihkanlah seluruh tempat terutama tempat tersembunyi seoperti daerah di bawah meja dan kursi, geserlah perabotan untuk dapat menyapu secara maksimal. lakukanlah kegiatan menyapu diawali dari dalam ruangan menuju pintu ke luar ruangan. Untuk merawat sapu agar awet letakkanlah sapu secara tergantung di dinding agar bagian sapu untuk menyapu tidak terlepas dari anyamannya.

    Read More
    TIPS MENGHILANGKAN BERBAGAI NODA PAKAIAN YANG MEMBANDEL

    TIPS MENGHILANGKAN BERBAGAI NODA PAKAIAN YANG MEMBANDEL

    Masalah yang sering muncul pada pakaian adalah noda yang sulit sekali hilang sehingga noda tersebut mengakibatkan hilangnya keindahan pakaian yang dipakai, tak jarang pula noda-noda tersebut mengakibatkan rusaknya serat pada kain, untuk mengantisipasi noda pada pakaian harus diperhatikan cara penanganannya agar noda tersebut mudah untuk dihilangkan seperti yang akan diterangkan di bawah ini:
    1. Bersihkanlah noda sesegera mungkin begitu pakaian terkena noda karena noda yang terlalu lama menyerap ke serat kain dan melewati proses pencucian hingga pengeringan akan sukar sekali untuk dihilangkan.
    2. letakkanlah kain kering diatas noda agar cairan noda dapat terserap.
    3. Pakailah zat penghilang noda pakaian dengan cara dioleskan tepat di atas noda lalu ditekan-tekan sambil dibilas dengan air bersih.
    4. Lakukanlah penekanan dari mulai sisi terluar noda dan bergerak terus ke arah tengah, hal ini dimaksudkan untuk mencegah terbentuknya lingkaran noda. 

    Terdapat banyak jenis noda yang biasanya mengenai pakaian, berikut ini cara menghilangkan noda pada pakaian menurut jenis zat penodanya:

    Tinta, tetesi noda tinta dengan menggunakan Aseton yaitu bahan pembersih kuteks, setelah itu dikucek dan dicuci dengan air panas yang suhunya disesuaikan dengan jenis kain, kemudian bilaslah dengan air seperti biasa.

    Jus buah, Untuk noda yang baru rendamlah pakaian menggunakan air mendidih dan dibiarkan untuk beberapa saat lalu dicuci seperti biasa. Untuk noda yang sudah lama rendamlah pakaian dengan air dingin lalu gosokkan deterjen ke atas noda  dan dicuci seperti biasa.

    Kopi, Bersihkan noda kopi dengan spons lembut dan direndam dalam air dingin, buatlah larutan yang terdiri dari dua sendok makan boraks dan dua cangkir air hangat kemudian rendam bagian pakaian yang terkena noda kopi dengan larutan tersebut, setelah larutan meresap ke dalam serat kain maka bilas dan cucilah seperti biasa.

    Cat minyak, keringkan noda cat menggunakan kertas yang dapat menghisap cat, siapkan campuran terpentin atau tinner dengan air kemudian digosokkan ke bagian kain yang terkena noda, noda cat akan hilang selama bahan kain bukan dari bahan yang mudah luntur.

    Cat air, Untuk noda yang masih baru keringkanlah menggunakan kertas yang dapat menghisap cairan misalnya kertas tisu, teteskan sedikit air di atas noda kemudian oleskan sedikit deterjen cair menggunakan kain bersih. Untuk noda yang sudah lama oleskanlah pembersih cat tepat di atas noda, biasanya dengan berjalannya waktu noda akan memudar sedikit demi sedikit, pada saat seperti itu noda akan mudah sekali terlepas dari serat kain maka keriklah noda secara perlahan sampai bersih untuk kemudian dapat dicuci seperrti biasa.

    Teh, Untuk pakaian yang berwarna putih tuangkan air mendidih di atas noda lalu dibilas dengan air hangat, selanjutnya gunakanlah pemutih untuk selanjutnya pakaian dapat dicuci dan dibilas seperti  biasa. Untuk pakaian yang berwarna basahi noda dengan larutan yang terdiri dari boraks dan dua cangkir air lalu disikat sampai bersih, bilaslah dengan air bersih dan cucilah seperti biasa.

    Darah, rendamlah dengan air dingin yang sudah dicampur dua cangkir garam kemudian dibilas lalu cuci sekali lagi menggunakan pemutih pakaian.

    Gosong  terkena setrika panas, gosokkan detergen cair di atas noda, cucilah pakaian menggunakan air panas bersama dengan pemutih atau Hidrogen Peroksida( H2 O2), hidrogen peroksida adalah zat kimia yang baunya sangat menyengat maka hindarilah mengirup secara langsung dalam jangka waktu lama.

    Karat, rendamlah menggunakan larutan yang terdiri dari perasan lemon dan garam, selanjutnya dicuci seperti biasa.

    Coklat, Gunakan spon dan air dingin untuk membersihkannya. tambahkan dua sendok makan boraks ke dalam dua cangkir air hangat, oleskan cairan tersebut di atas noda dengan spon lalu cuci dan bilaslah seperti biasa.
    Read More
    CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF YANG TIDAK MENGELUARKAN SUARA

    CARA MEMPERBAIKI SPEAKER AKTIF YANG TIDAK MENGELUARKAN SUARA

    Untuk lebih memahami speaker aktif alangkah lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif". Penyebab tidak keluarnya suara dari speaker aktif bisa bermacam-macam, diantaranya adalah: adanya salah satu kabel yang putus atau komponen elektronika yang sudah rusak dan perlu diganti. Untuk mengetahui penyebab dari tidak adanya suara dari speaker maka perlu dilakukan langkah-langkah pencarian sumber masalahnya karena dengan mengetahui masalahnya kita akan mudah untuk memperbaikinya.

    1. Untuk tahap awal yang akan di periksa adalah bagian power supply yaitu kombinasi beberapa komponen elektronika yang memberi asupan listrik ke semua komponen yang ada di dalam rangkaian speaker aktif. Nyalakan speaker aktif lalu lihat apakah lampu indikator menyala,  bila lampu indikator menyala berarti kemungkinan rangkaian power supply masih dalam keadaan bagus.
    2. Setelah listrik dapat masuk ke rangkaian maka bagian yang dipriksa setelah power supply adalah memeriksa kabel audio yaitu penghubung speaker akltif dengan sumbernya yaitu komputer atau DVD player, bila kabel penghubung output speaker aktif dengan sumber menggunakan kabel yang ujungnya menggunakan soket RCAdan jack stereo ukuran kecil maka cobalah ganti kabel tersebut dengan kabel lain tapi bila kabel penghubung tidak dapat dicabut dari sepeaker aktif maca bukalah kotak speaker lalu ganti kabel tersebut dengankabel yang sejenis, kalau speaker masih belum mengeluarkan suara maka pemeriksaan selanjutnya adalah pada kabel speaker.
    3. Untuk memeriksa kabel speaker kita harus mengurutnya dari mulai pangkal kabel yaitu yang menempel pada rangkaian sampai ujung kabel yang menempel pada speaker, karena mungkin saja ada kabel speker yang putus akibat terhimpit atau digigit tikus, bila ditemukan kabel yang putus segeralah disambung kembali. Bila pada kabel audio dan kabel speaker tidak ditemukan kabel yang putus maka kita lanjutkan pemeriksaaan ke dalam kotak speaker.
    4. Di dalam kotak speaker terdapat jalur kabel, periksalah setiap kabel apakah ada yang tidak terhubung atau putus, segeralah sambung setiap kabel yang putus dengan solder kemudian sambungan tersebut diisolasi, bila semua kabel yang ada di dalam kotak speaker terhubung dengan baik silakan periksa bagian tone control.
    5. Tone control adalah rangkaian elektronika yang terdapat di dalam kotak speaker yang terhubung dengan potensio volume- bass- treble, rangkaian inilah yang pertama kali  menerima sinyal audio dari sumber, sinyal audio akan masuk dan terhubung dengan potensio volume dan diatur besar kecilnya terlebih dahulu untuk kemudian diatur besaran bass dan treble agar menjadi enak didengar oleh telinga manusia, untuk menguji apakah rangkaian tone control masih baik atau tidak maka  lihatlah terlebih dahulu komponen yang menempel pada PCB, bila ada komponen yang terlihat seperti habis terbakar maka gantilah komponen tersebut dengan yang sesuai tapi bila secara fisik tidak ada komponen yang rudak maka cobalah menyalakan speaker aktif lalu putar semua potensio pada posisi jarum jam 12, putar-putarlah semua potensio, bila speaker aktif masih tidak mengeluarkan suara maka tahap akhir pemeriksaaan adalah bagian power amply.
    6. Power amply adalah rangkaian terakhir yang berfungsi menguatkan sinyal audio dari tone control untuk selanjutya sinyal tersebut di teruskan ke speaker, ciri-ciri rangkaian ini adalah ada bagian PCB yang terhubung langsung ke jalur kabel speaker. Perhatikanlah setiap komponen yang ada pada rangkaian ini, bila ada yang terbakar maka gantilah dengan komponen yang sesuai tapi bila tidak terlihat ada komponen yang rusak secara fisik maka harus dilakukan pemeriksann beberapa komponen dengan menggunakan AVO meter, pada rangkaian ini yang sering rusak adala  transistor atau IC,
    Read More