SATU SAKLAR UNTUK TIGA LAMPU

Kali ini Saya akan membahas mengenai salah satu  rangkaian instalasi listrik sederhana yaitu "satu saklar untuk tiga lampu", rangkaian ini adalah sebagai pelengkap dari artikel Saya sebelumnya yang ada di label "instalasi listrik", semoga rangkaian ini dapat membantu anda yang ingin belajar tentang instalasi listrik atau ingin memasang sendiri saklar dan lampu di rumah, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Menggunakan satu saklar untuk menyalakan dan mematikan beberapa lampu sekaligus adalah salah satu cara yang praktis dalam sebuah rangkaian, rangkaian ini berguna untuk dipakai pada sebuah ruangan yang luas seperti aula, rumah ibadat, atau gedung pertemuan, tetapi tidak menutup kemungkinan dipasang juga pada ruang keluarga. Prinsip dari rangkaian ini adalah untuk mematikan semua lampu oleh sati saklar saja.

Pada posting kali ini Saya hanya akan memberikan contoh cara membuat rangkaian instalasi listrik satu saklar untuk tiga buah lampu saja, bila anda ingin menggunakan lebih dari tiga lampu maka tinggal menyambungnya saja dari salah satu lampu yang sudah disaklar. Untuk keterangan yang lebih lengkap silahkan dipelajari gambar rangkaian beserta keterangannya.

Peralatan:
  • tang kombinasi
  • obeng plus
  • tang monyong / tang buaya
Bahan-bahan:
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm dengan panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus untuk kabel listrik
  • Tiga buah fitting lampu
  • Saklar tunggal
gambar rangkaian instalasi listrik satu saklar tiga lampu

Keterangan gambar:
  • + : kabel positif dari jalur utama instalasi listrik
  • - : Kabel negatif dari jalur utama instalasi listrik
  • G : Kabel grounding 
  • S : Saklar tunggal
  • L1,L2,L3 : Lampu

Cara merangkai
  1. Untuk menghindari bahaya terkena setrum sebaiknya MCB dimatikan dahulu.
  2. Hubungkan kabel positif dari jalur utama instalasi listrik dengan salah satu konektor saklar menggunakn kabel berwarna hitam,
  3. Gabungkan salah satu konektor dari masing-masing fitting lampu menggunakan kabel berwarna hitam kemudian sambungkan dengan konektor saklar yang belum disambung ke mana-mana.
  4. Sambungkan ketiga konektor fitting lampu (yang belum disambung kemana-mana ke kabel negatis jalur utama instalasi listrik).
  5. Tutup semua sambungan menggunakan isolasi agar terhindar dari hubungan pendek atau konsleting.
Apabila rangkaian sudah terpasang maka cek ulang kembali apakah semua sambungan sudah benar, bila sudah benar maka saatnya mencoba, pasang lampu pada ketiga fittinglalu nyalakan MCB, cobalah memainkan saklar apakah ketiga lampu sudah dapat dikontrol dengan satu saklar? bila sudah maka pembuatan rangkaian berhasil.

(*Pada gambar rangkaian di atas terdapat kabel grounding yang tidak terpakai karena kabel tersebut umumnya dipasang pada stopkontak, Saya hanya melengkapi saja agar para pembaca tahu bahwa selain kabel negatif dan positif ada juga kabel grounding/arde)

MASALAH PADA REGULATOR ANTI KEBOCORAN GAS

Gambar regulator yang memiliki alat anti kebocoran gas
Pemakaian gas di setiap rumah sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi masyarakat Indonesia semenjak diberlakukannya konversi minyak tanah ke gas LPG 3Kg, untuk sebagian orang mungkin ini hal yang biasa karena sebelumnya memang sudah terbiasa dengan yang namanya kompor yang berbahan bakar gas.

Pada awal datangnya tabung gas 3kg banyak masyarakat yang masih bingung bahkan ada yang kesulitan untuk menggunakannya tapi dengan berjalannya waktu akhirnya telah banyak yang memahaminya, salah satunya adalah Saya yang sejak lama menggunakan minyak tanah dan begitu beralih ke gas langsung bingung, tapi Saya tidak diam begitu saja, Saya pelajari seluk beluk mengenai tabung gas, cara pasang dan kompornya hingga akhirnya Saya dapat menguasai beberapa hal penting mengenai kompor gas ini.

Waktupun berlalu seiring dengan berkurangnya kualitas kmpor dan selang regulator, akhirnya Saya meninggalkan kompor dan selang regulator pemberian pemerintah yang sudah rusak dengan membelinya di toko. Kompor yang Saya beli adalah yang mempunyai dua buah tungku agar mempercepat dan mempermudah istri Saya untuk memasak sedangkan regulator menggunakan buatan luar yang memiliki anti kebocoran gas, selang biasa saja tetapi kali ini saya membungkusnya dengan selang logam yang berbuku-buku agar dapat melindungi dari gigitan tikus.

Satu hal yang Saya suka pada regulator yang baru ini adalah bahwa bila terjadi kebocoran pada selang maka alat otomatis yang ada pada regulator akan menyumbat gas sehingga tidak keluar dari selang, hal ini telah terbukti waktu diperagakan oleh penjualnya, dia terlebih dahulu menyambung regulator dengan selang kemudian regulator tersebut dipasang pada tabung gas, sepintas kalau dipikir maka gas akan keluar dari ujung selang tapi hal itu tidak terjadi, setelah itu ujung selang dipasang pada pipa kompor kemudian pemantikpun dinyalakan maka komporpun menyala.

Dengan bukti yang telah diperlihatkan seperti di atas maka Sayapun tertarik untuk membelinya, pada bulan-bulan awal tidak terjadi hambatan dalam mengganti tabung atau menyalakannya tapi pada suatu saat dan sampai sekarang selalu saja kompor susah menyala setelah penggantian tabung yang kosong, dugaan Saya mungkin ada yang salah dengan karet sealnya, ternyata setelah diselidiki yang menjadi penyebabnya adalah alat otomatis yang terdapat pada regulator tidak berfungsi dengan baik, setelah duibuka ternyata bola logam yang seharusnya menyumbat aliran gas bila terjadi kebocoran ternyata menyumbat pula pada saat pemasangan tabung baru, jadi untuk mengantisipasinya setiap Saya mengganti tabung gas baru maka saya akan melepaskan dahulu regulator dari selang kemudian lubang pada regulator(bagian yang masuk ke selang)  saya dorong bola logam yang menyumbatnya dengan menggunakan lidi atau obeng kecil lalu setelah itu regulator dipasang kembali ke selang, dan akhirnya komporpun dapat menyala kembali.

demikianlah sepenggal pengalaman saya dalam mengatasi kompor gas yang susah menyala karena maslah pada regulatornya, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

CARA MENYAMBUNG KABEL SERABUT DENGAN KABEL TUNGGAL

Tulisan Saya ini adalah kelanjutan dari tulisan Saya sebelumnya yaitu "cara menyambung kabel tunggal" dan "cara menyambung kabel serabut". Dan untuk saat ini yang akan Saya bahas adalah gabungan dari kedua judul tersebut yaitu "Cara menyambung kabel serabut dengan kabel tunggal".

Penyambungan kabel serabut dengan kabel tunggal jarang terjadi dan selama ini Saya belum mendapat kabar tentang cara penyambungan tersebut, tetapi kadang-kadang kita terpaksa atau terjebak di dalam situasai tersebut, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyambungan kedua jenis kabel yang berbeda dilakukan diantaranya yaitu: karena keterbatasan biaya, mungkin diantara kita ingin menggunakan kabel yang sudah ada(bekas tapi masih bagus), memang hal itu sah-sah saja selama kedua kabel tersebut memiliki memiliki spesifikasi yang jelas seperti ukuran dan standarisasinya yaitu SNI dan SPLN.

Menurut pengalaman Saya ada beberapa syarat yang mesti terpenuhi apabila kita akan menyambung dua kabel yang berbeda yaitu :

  • Ukuran diameter kabel minimal sama atau mirip sehingga memudahkan dalam proses pelilitan.
  • Kabel yang digunakan memiliki standar SNI dan SPLN
  • Digunakan untuk kabel percabangan, misalnya untuk lampu dan saklar.
  • Cara penyambungan kabel yang benar yaitu yang memiliki syarat: kuat, jarak dengan sambungan lain berjauhan, dilapisi isolasi.

Mungkin cara yang Saya jelaskan ini jarang ditemukan pada buku-buku panduan instalasi listrik karena ini adalah hasil pengalaman Saya pribadi, sebenarnya kurang pas kalau kabel tunggal disambung dengan kabel serabut karena kedua kabel tersebut berbeda jenis, kabel tunggal digunakan untuk instalasi listrik pada jalur utama beserta percabangannya  dan pada kenyataannya kabel tunggal biasa dipasang diam di satu tempat, sedangkan kabel serabut umumnya digunakan pada peralatan elektronik atau kabel roll yang penggunaannya dapat berpindah-pindah.

Kadang-kadang kita kebingungan bagaimana menyambung kabel tunggal dengan kabel serabut, berbagai cara dilakukan tetapi tetap saja hasilnya kurang memuaskan, beberapa efek dari cara menyambung kabel yang kurang pas adalah:
- Mudah terlepasnya sambungan.
- kabel serabut mudah putus terutama pada bagian yang terdekat dengan sambungan.
- Aliran listrik yang melewati sambungan sering putus dan nyambung.
Mungkin dari hal seeprti itulah maka Saya berusaha mencari cara bagaimana caranya agar sambungan kabel tidak menimbulkan masalah, untuk anda yang menemui masalah pada penyambungan kabel yang berbeda jenis maka silahkan untuk mengikuiti tahapan-tahapan dan trik yang pernah Saya lakukan.


gambar kabel sejajarSebelum meyambung kabel alangkah baiknya bila kita menyiapkan dulu peralatan yang dibutuhkan seperti:


- kabel serabut
- kabel tunggal
- tang kombinasi
- isolasi khusus untuk kabel listrik






Cara menyambung:
1. siapkan kedua ujung kabel yang akan disambung yaitu kabel serabut dan kabel tunggal lalu kupas pelapis(isolator) pada kedua kabel sampai terlihat kawat tembaga yang ada di bagian dalam kira-kira sepanjang 2-4cm.pilinlah kabel serabut agar menyatu sehingga memudahkan dalam proses penyambungan. dekatkan kedua kabel sehingga terlihat seperti berdampingan, pada posisi ini letak kedua kabel sejajar.


2. lilitkan kabel serabut pada kabel tunggal sehingga lilitan tersebut menutupi setengah dari kabel tunggal
3. tarik dan tekuk kabel serabut sampai letaknya bersebrangan dengan kabel tunggal.
4. lilitkan sisa kabel tunggal yang tidak terlilit kabel serabut sehingga lilitan kabel tunggal dapat menutupi kabel serabut dan kabel tunggal itu sendiri.
5. dengan cara ini maka sambungan akan lebih kuat dan terkoneksi dengan baik, untuk menjaga agar sambungan tidak membahayakan kita maka lapislah sambungan dengan isolasi.


Dengan beberapa pedoman penyambungan seperti di atas semoga dapat menjawab pertanyaan yang sering muncul saat kita akan menyambung kabel yang berbeda jenis yaitu antara kabel serabut dengan kabel tunggal.

NAMA ALAT DAPUR TRADISIONAL JAWA BARAT

Di jaman yang serba canggih ini banyak orang yang sudah meninggalkan peralatan dapur yang dianggapnya kuno dan beralih ke peralatan dapur yang modern, berbagai alasan yang diungkapkan oleh masyarakat yang telah menggunakan alat dapur modern, diantaranya yaitu lebih cepat dan praktis. Padahal kalau kita sudah mencoba hasil masakan dapur yang menggunakan peralatan tradisional maka anda pasti akan ketagihan.

Menurut pandangan Saya alat dapur yang banyak digunakan sekarang lebih beresiko karena terbuat dari bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan seperti melamin dan sterofoam yang sangat berbeda dengan alat masak tradisional yang sebagian besar terbuat dari alam dan tidak berbahaya bagi kesehatan.
Untuk lebih jelas mengenai nama alat-alat dapur tradisional jawa barat/sunda mari kita bahas satu persatu:

Nyiru (tampah)
Adalah anyaman bambu yang berbentuk bulat, digunakan untuk membersihkan kotoran atau benda yang tidak diperlukan pada beras atau kacang-kacangan yang ditapinya sebelum dimasak.
Cara menggunakannya adalah dengan meletakkan kacang atau beras di atas nyiru, lalu kedua jari tangan memegang tepian nyiru, setelah itu nyiru diangkat-angkat agar beras atau kacang tadi memantul ke atas dan turun lagi ke bawah, pada saat yang bersamaan maka angin akan meniup kulit beras atau kulit kacang yang terlepas dari butirannya dan meninggalkan nyiru, bila tidak ada angin maka kita bisa meniupnya dengan mulut kita, untuk membersihkan benda-benda kecil yang agak berat seperti batu-batu kecil maka dapat dibersihkan dengan mencari batu tersebut diantara butiran beras atau kacang menggunakan jari secara langsung.

Cukil  (entong/centong) 
Adalah alat untuk mengaduk atau mengambil nasi yang berbentuk seperti sendok dengan ukuran yang agak besar, terbuat dari kayu atau batok kelapa.

Cecempeh
Adalah nyiru kecil yang digunakan untuk menyimpan bunbu dapur.

Dulang
Wadah tempat menyimpan nasi sesaat setelah dipindahkan dari aseupan untuk dikipasi dengan hihid(diakeul).  setelah nasi diakeul maka akan dipindahkan ke dalam boboko. Kedbanyakan, dulang terbuat dari akar pohon kelapa, ketebalannya bisa mencapai dua sampai lima senti meter sehingga membuatnya berat meskipun belum diisi nasi.

Boboko
Adalah tempat menyimpan nasi atau kadang-kadang dipakai untuk mencuci beras sebelum dimasak. Terbuat dari anyaman bambu, bagian atas berbentuk lingkaran sedangkan bagian bawah berbentuk kotak.

Langseng
Adalah alat untuk memasak nasi yang diletakkan di atas hawu (tungku api), ada yang terbuat dari logam ataupun alumunium, bentuknya mirip panci besar yang ramping di bagian tengah. Pada saat memasak nasi, langseng ini akan  digabung dengan aseupan.

Aseupan
Alat untuk memasak nasi berbentuk kerucut, terbuat dari anyaman bambu, diletakkan di atas langseng dengan posisi bagian yang runcing berada di bawah. Beras yang telah dicuci akan dimasukkan ke dalam aseupan ini.

Hawu (tungku api)
Adalah tempat memasak yang menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya, terbuat dari tanah liat atau adukan semen campur batu, biasanya tersimpan di pawon(dapur).


Anglo
Yaitu tungku untuk memasak yang menggunakan arang kayu sebagai bahan bakarnya, biasanya dipakai untuk memasak tanpa menggunakan minyak, misalnya untuk membuat surabi.

Tapir
Sejenis nyiru yang berukuran lebih besar, terbuat dari anyaman bambu yang kurang rapat sehingga terlihat seperti ram.  digunakan untuk menjemur bahan makanan yang masih mentah(dalam proses pembuatan) seperti kerupuk, keripik, lagendar, ranginang, rangining dan lain-lain.

Songsong
Alat untuk meniupkan udara ke dalam hawu agar api menjadi menyala lebih besar, berbentuk pipa, terbuat dari batang bambu, cara menggunakannya adalah dengan meniupkan udara ke salah satu ujung songsong kemudian ujung songsong yang lain diarahkan ke kayu bakar yang ada di dalam hawu.

Hihid 
Adalah kipas berbentuk katak yang terbuat dari anyaman bambu, mempunyai pegangan yang terbuat dari batang bambu. Dipakai untuk mendinginkan nasi panas yang baru diambil dari aseupan. selain itu bisa juga dipakai untuk mengipasi bara arang.

Ayakan
Adalah alat yang berfungsi untuk menyaring santan dari parutan kelapa atau sari parutan singkong. terbuat dari anyaman bambu, berbentuk bulat.

mutu
Alat untuk menghaluskan bunbu, terbuat dari batu

Coet
Tempat bumbu yang akan dihaluskan oleh mutu.

Halu
Alat penumbuk padi, biji kopi, ketan, dan lain-lain, terbuat dari kayu sebesar lengan dengan panjang yang bervariasi kira-kira satu meteran lebih.

Pipiti
Wadah berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu, berfungsi untuk menyimpan bahan makanan, bias juga dipakai untuk menyimpan hidangan yang dikirim untuk tamu undangan pada pesta  perkawinan atau haru-hari besar.

TIPS MEMBERSIHKAN NODA DI LANTAI

Kadang-kadang kita merasa kurang puas bila melihat lantai kita yang kotor oleh noda yang sulit dihilangkan dengan cara dipel seperti biasa, jadinya kita bingung bagaimana cara untuk menghilangkan noda-noda tersebut. 

Diantara noda-noda yang umum melekat di lantai rumah adalah sebegai berikut:
- noda bekas tetesan minyak goreng atau minyak pelumas
- noda bekas cat minyak atau cat tembok
- noda lilin
- noda permen karet.

Mungkin di pasaran telah banyak ditawarkan cairan pembersih yang dapat menghilangkan berbagai noda tersebut, tetapi tentunya kita harus membelinya dengan harga yang mungkin mahal, di sini Saya sekedar berbagi tentang pengalaman Saya sehari-hari dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari di sekitar lingkungan rumah agar tidak terlalu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya satu persatu di bawah ini.


Noda bekas tetesan minyak goreng atau minyak pelumas
  • Bila minyak tersebut adalah tumpahan dari wadah minyak sehingga jumlahnya cukup banyak sebaiknya dipindahkan dulu sebagian yang banyak tersebut dengan menggunakan spon/busa dengan cara menempatkannya di atas minyak yang adi lantai dan tunggu sampai minyak terserap ke dalam spon kemudian baru dapat dipindahkan ke wadah yang lain dengan cara memerasnya.
  • Setelah sebagian besar minyak telah dipindahkan ke wadah yang lain maka tahap selanjutnya adalah membersihkan minyak yang masih tersisa dengan digosok menggunakan kain lap yang kering, 
  • Setelah itu agar permukaan lantai benar-benar terbebas dari unsur minyak maka bersihkanlah dengan spon yang telah diberi air dan perasan jeruk nipis atau boleh juga dengan sabun pencuci piring yang mengandung aroma jeruk nipis atau lemon, setelah itu biarkan lantai menjadi kering dengan sendirinya 

Noda bekas cat minyak dan cat tembok
Untuk membersihkan noda cat pada lantai sebaiknya kita harus tahu dulu jenis catnya, 

Bila yang menempel adalah noda cat tembok maka untuk membersihkannya adalah dengan cara:
Keriklah noda yang tebal dengan menggunakan plat atau lempeng seng/kaleng tipis (kape) atau dengan mata pis4u, setelah lapisan cat yang tebal tersebut terkelupas maka untuk membersihkan sisa noda yang masih menempel adalah dengan menggosoknya menggunakan kain pel yang lembab/basah dengan sedikit penekanan dan dilakukan berulang-ulang sampai noda benar-benar hilang dari permukaan lantai. 

Sedangkan untuk membersihkan noda cat minyak adalah dengan cara:
Menggosoknya dengan menggunakan kain yang telah diberi cairan pengencer cat misalnya dengan menggunakan tiner atau terpentin, setelah dibersihkan biasanya bau pengencer cat masih melekat pada lantai, untuk menghilangkannya cukup dipel dengan air yang telah dicampur dengan cairan pencuci piring atau sabun colek yang mengandung lemon atau jeruk nipis, setelah itu diamkan maka bau tersebut akan hilang tergantikan dengan wangi jeruk atau lemon.


Noda lilin

Biasanya noda lilin yang menempel di lantai terjedi ketika mati lampu/pemadaman aliran listrik, ketika kita membawa lilin di tempat gelap tanpa teras cairan lilin menetes ke lantai dan lama-lama mengeras. Untuk mengatasinya cukup dengan mengerik tetesan lilin dengan mata pis4u sampai habis, perhatian: jangan pernah memanaskan/membakar lilin yang menempel di lantai karena akan membuat lilin tersebut menipis dan melebar sehingga akan sulit untuk dibersihkan/dikerik.


Noda Permen karet

Noda dari permen karet yang menempel di lantai sangat menjengkelkan karena agak sulit untuk dibersihkan tetapi bila anda tahu triknya maka sebenarnya membersihkan noda permen karet itu tidaklah sulit. untuk noda permen karet yang sudah lama lebih mudah untuk dibersihkan karena biasanya sudah mengeras maka kita tinggal mencongkelnya dengan pis4u dapur yang kaku, setelah itu untuk membersihkan sisa-sisa permen karet yang masih melekat dapat menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam minyak tanah.

Untuk membersihkan noda permen karet yang masih baru(masih empuk/kenyal) yang pertama-tama harus dilakukan adalah dengan mendinginkannya dengan es, setelah dingin dan mengeras maka permen karet tersebut sudah dapat diangkat dengan mencungkilnya. untuk membersihkan sisa-sisa permen karet yang masih tertinggal cara menghilangkannya sama seperti di atas yaitu dengan menggunakan minyak tanah. 

MACAM-MACAM BAHAN BAKAR UNTUK MEMASAK

Memasak adalah salah satu kegiatan yang tak lepas dari kehidupan manusia agar dapat mempertahankan hidupnya, sejak manusia mengenal api dan mengetahui manfaatnya maka mulailah berbagai tekhnik memasak dicoba mulai dari membakar, menggoreng, menyembam, mengukus, sangrai, dan lain-lain.

Semua tekhnik memasak menggunakan bahan bakar agar proses memasak dapat berlangsung dengan baik, di bawah bagian bawah Saya akan ulas tentang berbagai jenis bahan bakar yang pernah dan masih dipakai oleh manusia dari berbagai bahan, inilah selengkapnya:


Kayu bakar

Jenis bahan bakar ini sudah populer sejak lama karena kayu adalah benda dari alam yang terdapat hampir seluruh belahan dunia dan cara mendapatkannyapun sangatlah mudah kita tinggal pergi ke hutan dan mencari ranting pohon yang kering, cara menggunakannyapun sangatlah sederhana, kayu tersebut tinggal dibakar dengan alat pembuat api seperti pemantik atau korek api, lalu setelah api membakar kayu maka proses memasakpun dapat langsung dilakukan.


Minyak tanah

Jenis bahan bakar ini pernah populer di Indonesia sebelum hadirnya tabung gas berukuran 3kg yang diusulkan pemerintah. Berbeda dengan kayu bakar yang dapat langsung digunakan, pada bahan bakar minyak tanah ini diperlukan sebuah tungku atau kompor khusus, pada kompor ini minyak tanah akan disimpan pada bagian bawah kompor kemudian disalurkan ke bagian atas kompor(tungku) dengan beberapa sumbu yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap minyak tanah dan mudah terbakar, minyak tanah akan terserap dan terbawa ke bagian atas kompor oleh sumbu-sumbu tersebut. Nyala kompor dapat diatur besar kecilnya dengan sebuah tuas yang dapat mengangkat dan menurunkan seluruh sumbu secara bersamaan.


Arang kayu

Arang kayu terbuat dari potongan kayu kecil dari pohon yang dipanaskan dengan derajat suhu tertentu agar menjadi arang. Pemakaian arang biasanya untuk beberapa cara memasak saja misalnya membakar sate atau membuat surabi, Arang kayu akan menjadi bara api yang panas setelah dibakar atau bersentuhan dengan api atau bara api dari arang lain yang terbakar.


Parafin 

Adalah bahan bakar padat berwarna putih yang berbentuk kotak yang terbuat dari beberapa bahan yang dicampur dengan lilin, benda ini populer di kalangan tentara atau yang suka berkemah karena kegunaannya yang praktis dan aman, setiap satu kotak parafin hanya manmpu memasak mie instan atau nasi yang hanya cukup untuik satu orang, sedangkan untuk keperluan memasak yang lebih banyak dapat digunakan beberapa parafin. cara menggunakan parafin:
  • Siapkan kompor khusus untuk parafin 
  • kemudian letakkan parafin pada bagian tengah kompor 
  • lalu bakarlah patrafin dengan korek api, 
  • setelah parafin terbakar maka siap untuk digunakan memasak.   

Gas

Inilah bahan bakar yang paling populer di Indonesia saat ini, penggunaan gas untuk memasak diperlukan pengetahuan yang benar untuk dapat menggunakannya karena sifat gas sangatlah mudah terbakar, jadi bila ada kesalahan dalam menginstalasinya maka akan terjadi kebocoran gas yang dapat menimnulkan bahaya kebakaran, karena sifat gas yang mudah menguap maka disimpan di dalam tabung,
  
Agar dapat digunakan untuk memasak maka kita harus memasang dulu selang dari tagung gas ke kompor, cara memakainya adalah kita tinggal menyalakan kompor, setelah api dapat membakar gas maka alat masakpun sudah dapat ditempatkan di atasnya.



Listrik 

Listrik tidak dapat langsung dipakai untuk memasak tetapi energinya dapat dirubah menjadi bentuk energi lain misalnya dengan mengalirkan pistrik ke elemen pemanas pada kompor listrik sehingga elemen tersebut menjadi panas, selain itu listrik dapat digunakan pula untuk dialirkan ke sebuah rangkaian gelombang micro atau microwave , gelombang micro yang dihasilkan dapat digunakan untuk memasak, contoh: oven, kompor microwave. penggunaan microwave sangatlah rentan terhadap kesehatan karena bila terjadi kebocoran radiasi maka gelombang tersebut akan merusak tubuh kita.

CARA MENCUCI KESET MICROFIBER

Tulisan ini adalah kelanjutan dari posting Saya terdahulu yang berjudul "Tips merawat keset", pada artikel tersebut Saya hanya menjelaskan beberapa jenis keset yaitu yang terbuat dari kain dan anyamam dari ijuk saja Sedangkan untuk posting kali ini Saya hanya akan membahas cara mencuci keset microfiber saja.

Jenis keset ini adalah termasuk penemuan yang cukup baik karena diproses dengan teknologi tinggi, selain itu jenis keset microfiber dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga memilikin fungsi yang sangat maksimal.

Tahukah anda bahwa keset adalah salah satu sarang bakteri penyebab penyakit? oleh karena itu rrawatlah keset dengan benar agar tidak menimbulkan penyakit, salah satunya adalah dengan mencuci, dengan demikian diharapkan keset kita akan bersih, higienis dan siap pakai.

Sebelum Saya menjelaskan bagaimana cara mencucinya  maka terlebih dahulu akan Saya terangkan beberapa kelebihan dari keset microfiber ini yaitu:
  • Keset microfiber terbuat dari bahan yang memiliki daya serap yang sangat tinggi terhadap air sehingga mampu menyerap air lebih banyak dari jenis keset lain tanpa meneteskannya ke lantai maka kitapun tidak perlu khawatir bila keset ini dipakai pada tempat-tempat yang basah seperti di depan pintu kamar mandi atau tempat cuci, bahkan ada yang mengklaim kalau jenis keset ini mampu menyerap air satu setengah liter tanpa meneteskannya.
  • Selain dibuat dengan bahan yang dapat menyerap air dengan baik ternyata pada lapisan bawah keset ini dilapisi dengan bahan sejenis karet yang dapat menahan keset dari selip ketika digunakan, dengan memakai jenis keset microfiber  maka kita tidak perlu takut untuk terpeleset karena bahan karet yang berada di bagian bawah keset  mampu menahan pergeseran keset(selip).
  • Kelebihan lainnya adalah bahwa bahan pembuat keset ini ringan sehingga tidak menyulitkan ketika dibawa.
  • Inilah mungkin salah satu kelebihan keset microfiber yang tidak dimiliki oleh jenis keset kaki yang lain yaitu keset microfiber dapat dicuci dengan tangan atau dengan mesin cuci.

Cara mencuci keset microfiber dengan tangan
  1. Rendamlah keset selama 15menit sampai 39menit dalam air yang telah dicampur dengan deterjen yang mengandung bahan anti kuman atau bila perlu campurkan pula cairan desinfektan yaitu cairan yang berfungsi pencuci hama karena keset selalu berhubungan air, kotor, dan kelembaban sehingga rentan sekali terkena kuman atau bibit penyakit lainnya yang dapat menggangu kesehatan kita.
  2. Setelah direndam lalu ankatlah keset dari rendaman kemudian lakukan pembersihan, gunakan sikat untuk membersihkan noda yang menempel sambil sesekali menyiramnya dengan air bekas rendaman, lakukanlah hal tersebut untuk kedua permukaannya.
  3. Setelah keset benar-benar bersih rendamlah ke dalam air bersih lalu peras keset sampai semua air yang terserap keset menetes lalu celupkan lagi ke dalam air baru dan bersih, lakukan hal ini beberapa kali sampai tidak ada lagi busa/buih yang keluar dari keset dan berhentilah membilas keset bila air bilasan terakhir terlihat bersih setelah dicelup keset karena hal itu menandakan kalau keset sudah bersih, bila pada tahap pertama pembilasn keset sudah bersih maka tidak perlu lagi dilakukan pengulangan membilas.
  4. Peraslah keset sampai tidak ada lagi air yang menetes, dengan demikian maka keset sudah dapat digunakan kembali.

Cara mencuci keset microfiber dengan mesin cuci
  1. Siapkan air di dalam mesin cuci lalu campurkan deterjen dan cairan antiseptik.
  2. Masukkan keset ke dalam mesin cuci lalu biarkan keset tersendam selama 15-30menit 
  3. Nyalakan mesin cuci dan tunggu sampai mesin mati secara otomatis
  4. Setelah mesin cuci mati buanglah air sisa rendaman lalu ganti dengan air yang masih bersih kemudian nyalakan lagi untuk melakukan pembilasan, bila keset sudah terlihat bersih lakukan proses pengeringan  dengan mesin pengering (spin).
  5. Bila setelah dicuci masih tetap kotor maka lakukan pencucian ulang sampai keset benar-benar bersih.
  6. setelah dikeringkan maka keset dapat digunakan kembali.

ALAT RUMAH TANGGA YANG MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK

Listrik sangatlah dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, telah banyak peralatan rumah tangga yang memanfaatkannya. Kali ini Saya akan memaparkan  beberapa peralatan rumah tangga yang memanfaatkan prinsip kerja motor listrik, sebelum kita membahas hal tersebut Saya akan menjelaskan dulu apa itu motor listrik dan bagaimana cara kerjanya.

Motor listrik adalah suatu benda  yang dapat merubah energi listrik menjadi energi gerak(putaran), proses terjadinya adalah sebagai berikut: listrik akan dialirkan ke lilitan yang berada di dalam dinding bagian dalam dan akan membentuk suatu medan magnet, sementara  itu lilitan (yang bersatu dengan poros/as) yang berada di tengah akan dialiri listrik juga sehingga menghasilkan medan magnet yang berkutub sama dengan medan magnet yang dihasilkan oleh lilitan yang berada pada dinding bagian dalam mesin, dengan bertemunya medan magnet yang berkutub sama maka kedua lilitan tersebutakan saling menolak/menjauh, maka yang terjadi adalah berputarnya poros/as beserta lilitan menempel padanya, begitulah cara kerja atau prinsip kerja sebuah motor listrik, selanjutnya mari kita bahas satu persatu peralatan apa saja yang menggunakan prinsip kerja motor listrik.


1. Mesin cuci  

Alat rumah tangga yang satu ini sudah umum digunakan di setiap rumah, motor listrik akan dihubungkan dengan vbelt ke gearbox untuk selanjutnya memutar pulsator agar dapat memutar pakaian yang sedang berada di dalam tabung pencuci, selain itu motor listrik dipakai juga bagian tabung pengering, pada bagian ini  poros/as motor listrik langsung terhubung dengan tabung pengering tanpa bantuan vbelt.


2. Kipas angin

Alat ini banyak digunakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah panas, seperti Jakarta atau Surabaya, dan kota-kota yang dekat dengan kawasan pantai. Di dalam kipas angin terdapat sebuah motor listrik yang berperan untuk memutar baling-baling kipas, di sini as/poros pada motor listrik langsung terhubung dengan baling-baling yang berfungsi menggerakkan udara sehingga menjadi angin yang terhembus ke satu arah.


3. Pompa air listrik

As atau poros motor listrik pada mesin pompa air listrik yang berputar akan terhubung dengan roda gigi yang berfungsi menyedot/menarik air dari pipa penyedot dan sekaligus mengalirkan/mendorong air tersebut ke pipa pengeluaran.  As tersebut juga akan terhubung dengan kipas yang berfungsi mendinginkan motor.


4. Alat penghisap/penyedot debu (vacuum cleaner)

Motor listrik yang berada di dalam vacuum cleaner akan memutar baling-baling/kipas/blower yang akan menyedot partikel kecil seperti debu melalui selang fleksibel, kemudian partikel kecil tersebut akan melewati sebuah saringan /filter dan akan terperangkat/nyangkut pada filter tersebut, maka udara yang didorong oleh kipas akan dialirkan ke lubang pembuangan.


5. Blender

Ada yang lain pada penggunaan motopr listrik untuk blender, putaran motor dapat diatur dengan beberapa tombol sehingga putaran blender mempunyai variasi putaran yang berbeda mulai dari lambat-sedang-kencang. Selain itu ada juga tombol khusus yang berfungsi memutar motor pada kecepatan penuh, perbedaan kecepatan tersebut diatur oleh rangkain sederhana yang memanfatkan sifat dioda. Motor listrik yang berada pada bagian bawah badan blender akan memutar as yang terpasang pisau kecil yang akan berputar dan menghancurkan makanan atau buah-buahan yang ada di dalam gelas besar blender.


6. Mixer  

Mixer yang dimaksud di sini adalah alat yang biasa digunakan untuk membuat adonan kue atau telur. Di dalam mixer terdapat dua buah motur listrik yang berfungsi memutar dua buah pengaduk yang nantinya akan mencampur adonan yang ada di dalam suatu wadah. Sama halnya dengan blender, pada mixer terdapat pula pilihan putaran motor listrik yang yang memiliki perbedaan putaran motor mulai dari putaran pelan-sedang-cepat, dan ada pula tombol khusus yang digunakan untuk memutar pengaduk dengan kecepatan penuh.


7. Kulkas/lemari es

di bagian belakang kulkas terdapat motor listrik untuk membantu dalam proses pendinginan.


8. Air conditioner (AC)

Seperti halnya kulkas, pada bagian AC yang terpasang di luar bangunan terdapat sebuah motor listrik yang berfungsi dalam proses pendinginan.


9. Hair dryer

Alat yang satu ini lebih akrab dengan Ibu-ibu atau para wanita karena merekalah yang sering menggunakan hairdrier(pengering rambut) untuk kebutuhan rambut meraka. Motor listrik yang berputar di dalam hairdryer akan memutar kipas/baling-baling untuk menyalurkan udara dingin untuk menyalurkan udara dingin untuk melewati ruang panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas, dengan begitu udara yang sebelumya dingin akan berubah menjadi panas untuk kemudian di keluarkan ke lubang pengeluaran untuk digunakan mengeringkan rambut.

Pada umumnya terdapat dua pilihan putaran motor listrik, yaitu putaran lambat dan putaran kencang. pada putaran lambat udara yang keluar lebih sedikit sehingga udara yang dikeluarkan tidak terlalu panas. Sedangkan pada putaran cepat akan mengeluarkan panas yang lebih banyak sehingga udara yang keluarpun akan lumayan panas.

MERAWAT JAM DINDING DAN PENGHARUM OTOMATIS

Mungkin di antara pembaca ada yang bertanya mengapa Saya membuat postingan tentang merawat jam dinding dan pengharum otomatis, sengaja Saya membuat ini karena menurut Saya terdapat beberapa persaman diantara keduanya yaitu:
- Disuplai oleh sebuah batre kecil.
- Diletakkan di dinding ruangan dalam rumah.
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu


Jam dinding

Pada kesempatan ini Saya akan mencoba menjelaskan tentang bagaimana cara merawat jam dinding, jam dinding yang saya maksud adalah yang menggunakan batre kecil sebagai sumber tenaganya. Mungkin di antara kita ada yang menganggap bahwa jam dinding adalah barang yang sepele, padahal keberadaannya sangatlah bermanfaat saat kita ingin mengetahui "waktu" karena tidak setiap waktu (saat berada di dalam rumah) kita menggunakan jam tangan ataupun membawa HP (Handphone) yang biasanya kita perlukan untuk mengetahui "waktu".

Agar jam dinding kita  selalu berada dalam kondisi baik, tepat waktu, dan terjaga kebersihannya maka ada beberapa tips praktis yang dapat kita lakukan sendiri yaitu:
  • Usahakan menyetel jam dinding sesuai dengan waktu di daerah tempat tinggal kita, anda dapat mencocokkannya dengan sumber yang terpercaya misalnya dengan stasiun televisi lokal atau stasiun radio lakal.
  • Lakukan pembersihan debu yang menempel pada bagian luar jam mulai dari kaca sampai bagian belakang jam dinding. Bila masih ada noda yang sulit dibersihkan maka anda dapat menggunakan kain basah yang sudah diberi air dan sabun, dengan begitu maka jam dinding akan terlihat seperti baru lagi. Lakukanlah kegiatan ini menimal satu bulan sekali atau lakukan bila jam dinding sudah terlihat penuh dengan debu dan noda.
  • Gantilah Batre jam bila jarum jam terlihat mulai kendor dalam artian meskipun telah kita setel ulang tapi keesokan harinya tidak menunjukkan arah yang tepat lagi, kejadian seperti ini adalah tanda-tanda bahwa batre jam sudah habis setrumnya jadi harus segera diganti baru.
  • Jangan biarkan batre yang sudah habis setrumnya berada lama di dalam jam dinding, karena batre tersebut akan mengeluarkan cairan kimia yang  mungkin berbahaya bagi kesehatan, selain itu akan merusak komponen mesin jam.
  • Bila sebuah jam dinding sudah tidak dapat berputar normal meski sudah sering diganti dengan batre yang baru maka jam dinding tersebut harus segera diganti baru karena mesinnya sudah rusak.


Pengharum ruangan otomatis

Sekarang sudah ada alat yang berfungsi mengharumkan ruangan secara otomatis, alat ini dapat menyemprotkan cairan pengharum ruangan dengan jangka waktu yang dapat diatur sesuai dengan keinginan kita, di dalam alat ini terdapat beberapa komponen penunjang, diantaranya yaitu:
  • Satu buah batre kecil sebagai penyuplai listrik ke rangkaian otomatis dan motor penggerak tuas penekan tabung pengharum, 
  • Saklar manual, yang berfungsi menyetel waktu penyemprotan sehingga tabung cairan pengharum dapat menyemprot sesuai dengan waktu yang ditentukan pada saklar ini, ada beberapa pilihan waktu yang dapat kita atur yaitu: 10, 20, 30, 60. semua angka tersebut dalam satuan menit.
  • Rangkaian pengatur waktu otomatis
  • Motor penggerak yang berfungsi menekan tabung pengharum,
  • Tabung pengharum yang dapat diganti bila telah habis isinya.

Cara menggunakan:
  1. Buka badan alat dengan menekan bagian penguncinya 
  2. Masukkan tabung pengharum pada tempatnya.
  3. pasang batre pada dudukannya dan jangan sampai terbalik polaritasntya, agar tidak salah perhatikan gambar batre yang ada pada dudukannya. Pada tahap imi lampu indikator batre sudah dapat menyala.
  4. Setel sakelar waktu otomatisnya sesuai dengan kebutuhan, bila kita menyetel pada angka 10 maka pewangi akan menyemprot secara otomatis setiap 10 menit sekali.
  
Cara merawat:
  • Letakkan pengharum ruangan otomatis pada dinding dengan ketinggian dari lantai minimal 2m atau sedikit di atas kepala. 
  • Perhatian: Saat menginstalasi alat ini usahakan letak lubang penyemprot jauh dari wajah untuk menghindari semprotan yang terjadi secara mendadak.
  • Pewangi yang ada di dalam tabung akan habis kira-kira selama satu bulah tapi itu juga tergantung setelan sakelar otomatisnya, bila setelan otomatis pada waktu yang lebih lama maka tabung pengharum akan lebih irit.
  • Gantilah tabung yang sudah habis dengan yang baru, 
  • Ciri-ciri tabung sudah habis isinya adalah saat alat sudah tidak mengeluarkan wangi.
  • Selain tabung yang sudah habis, batre yang sudah habis setrumnya juga dapat menyebabkan alat ini tidak dapat bekerja, jadi sering-seringlah mengecek alat ini bila tidak mengeluarkan wangi.

TIPS MERAWAT LEMARI PLASTIK

Terdapat banyak bahan pembuat lemari yang ada di pasaran mulai dari kayu, particle board, dan plastik. Semua lemari yang dibuat dengan behan-bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan cara perawatan yang berbeda-beda pula.

Pada kesempatan ini Saya hanya akan menjelaskan tentang cara merawat lemari kain/pakaian/baju yang terbuat dari bahan plastik. Bentuk dari lemari ini kebanyakan adalah kotak dengan ketinggian antara satu meter sampai dengan satu meter lebih, terdiri dari beberapa tingkatan yang berupa laci-laci besar, pada laci bagian atas terdapat tempat khusus untuk menyimpan barang-barang selain pakaian.

Sebelum Saya menjelaskan Cara merawat, pertama-tama Saya akan jelaskan dulu kelebihan dan kekurangan dari lemari baju yang berbahan plastik ini seperti yang dijelaskan di bawah ini:


Kelebihan:
  • Karena terbuat dari bahan plastik  yang tipis maka lemari ini sangat mudah untuk dipindahkan yang berbeda sekali dengan jenis lemari yang terbuat bahan kayu atau particle board yang sangat berat meskipun di dalamnya kosong.
  • Dari pabrik pembuatnya, jenis lemari ini dibuat dengan beberapa bagian yang dapat dipasang dan dibongkar dengan mudah sehingga sangat memudahkan dalam pengangkutan.
  • Inilah salah satu kelebihan dari lemari plastik yaitu sulit ditumbuhi jamur yang biasanya terdapat pada jenis lemari  yang berbahan kayu atau particle board.
  • Karena dibuat dengan cara dicetak maka lemari ini ukurannya hampir simetris.

Kekurangan 
  • Setiap bagian pada lemari ini  mudah terlepas karena terdiri dari bagian-bagian yang terpisah dan hanya saling kait satu sama lain, jadi antar tumpukan rentan terlepas.
  • untuk beberapa jemis lemari yang dilengkapi dengan engsel maka engsel tersebut mudah rusak karena terbuat dari bahan plastik yang tipis dan ringan maka jenis lemari ini sangat mudah rusak akibat gigitan tikus.
  • Sistem penguncian yang kurang kuat sehingga kurang aman untuk dijadikan tempat penyimpan barang-baramng berharga.

Cara memindahkan lemari  

Apabila kita akan merubah posisi lemari  maka sebelumnya hendaklah dikeluarkan dulu seluruh barang-barang yang ada di dalamnya, karena bila tidak maka pada saat memindahkan akan ada sambungan antar bagian yang terlepas atau patah karena lemari tidak mampu menahan bobot yang ada di dalamnya, selain itu akan menghambat proses pemindahan ke tempat lain karena bobot lemari yang berat oleh barang-barang yang ada di dalamnya.


Untuk memudahkan saat pengangkatan lemari saat akan dipindahkan maka selain ininya yang dikeluarkan tapi tekhnik/cara mengangkatnyapun perlu diperhatikan dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, caranya adalah dengan meletakkan telapak tangan pada bagian terbawah lemari, dengan cara ini maka lemari akan mudah dipindahkan, usahakan jangan memegang bagian atas atau bagian tengah lemari saat diangkat karena bila itu anda lakukan maka sambungan pada tiap-tiap bagian lemari yang terdekat dengan tangan kita akan terlepas.


Cara membersihkan lemari
  • Untuk membersihkan debu pada bagian luar lemari cukup disapu dengan kamoceng atau kain kering, bila terdapat noda yang sedikit membandel gunakanlah kain lembab untuk menghilangkannya, setelah itu dilap lagi dengan kain bersih dan kering sampai tidak ada sisa butiran-butiran air yang menempel.
  • Untuk membersihkan bagian dalam lemari, keluarkan dulu seluruh isinya kemudian tarik keluar seluruh laci  dan bersihkan laci beserta rangka bagian dalam lemari dengan kain lembab dan jangan lupa keringkan dengan lap yang bersih dan juga kering.     
  • Lakukan juga pengecekan pakaian yang berada di dalam lemari terutama untuk pakaian yang jarang dipakai atau berada pada tumpukan bagian bawah karena pakaian tersebut biasanya memiliki bau apak karena jarang dipakai, keluarkanlah pakaian tersebut lalu bersihkan bagian dalam laci kemudian  cuci ulang pakaian tersebut agar bau apaknya hilang lalu setelah bersih dan disetrika simpan lagi ke dalam lemari.

Hal-hal yang perlu dihindari:
  • Jangan membersihkan lemari dengan bahan pembersih yang berbau tajam seperti 4lk0hol, bensin, atau minyak esensial. Karena ada beberapa lemari plastik tidak tahan terhadap beberapa jenis cairan tersebut, tapi bila anda terpaksa menggunakannya karena hanya bahan tersebut yang dapat membersihkan noda pada lemari plastik anda maka lakukanlah sedikit dulu pada bagian yang tidak terlihat langsung, jadi bila cairan tersebut merusak plastik lemari maka anda dapat menghentikannya langsung dan bagian plastik yang rusak tersebut dan tidak terlihat secara langsung .
  • Hindari menyimpan barang-barang dengan bobot yang sangat berat karena dapat menyebabkan patahnya lemari.
  • Jangan mengangkat lemari yang masih penuh dengan pakaian atau barang-barang di dalamnya karena menambah berat dan merusak lemari seperti yang dijelaskan sebelumnya.

SEJARAH HAIR DRYER (PENGERING RAMBUT)

Sebelum pengering rambut ditemukan banyak kaum pria ataupun wanita mengeringkan rambutnya dengan vacuum cleaner. Bahkan model asli pengering rambut diciptakan pada tahun 1890 oleh Alexander Godefroy dengan mengambil inspirasi dari vacuum cleaner. Alexander menciptakan pengering rambut untuk digunakan di salon rambutnya di Perancis yang bentuknya tidak praktis karena belum bisa dibawa-bawa ke mana-mana karena hanya bisa digunakan di sebuah tempat duduk, jadi pengguna tinggal duduk di kursi tersebut dan langsung menggunakan pengering rambut tersebut. Sebuah pengering rambut memiliki kubah plastik keras yang dapat turun ke bagian kepala orang yang akan mengeringkan rambutnya. Udara panas yang ditiupkan keluar melalui lubang kecil di sekitar bagian dalam kubah sehingga rambut seseorang dikeringkan merata. penemuan pengering rambut pada tahap awal diaplikasikan hanya untuk di salon-salon rambut saja.

tersebutlah seorang  penemu asal Amerika berkebangsaan Armenia bernama Gabriel Kazanjian yang mematenkan pengering rambut pertama di Amerika pada tahun 1911.

Penggunaan hairdryer tidak sampai tahun 1915 karena pada akhirnya pengering rambut/hairdryer akan berubah menjadi lebih praktis yaitu dengan ukuran yang lebih kecil dan dapat dibawa-bawa ke mana-mana. Hal ini disebabkan oleh inovasi  dari National Stamping and Electricworks dan kemudian AS Racine Universal Motor Company dan Hamilton Pantai Co yang memungkinkan pengering rambut menjadi lebih mudah digenggam. Di tahun 1920 banyak hairdryer yang berbobot berat yaitu sekitar 2 pound (0,91 kg), dengan berat seperti itui maka hairdryer akan sulit untuk digunakan. selain bobot yang masih berat ternyata hair dryer masih belum memiliki panas yang maksimal, pada saat itu kemampuan pengering rambut yanya mampu mengeluarkan panas sebesar 100 watt, jadi akan butuh waktu lebih banyak untuk membuat rambut bisa kering (pengering rambut saat ini telah mampu menggunakan panas hingga 2000 watt panas).

Sejak tahun 1920 pengembangan pengering rambut telah difokuskan pada peningkatan watt, bentuk dan
perubahan materia,.bahkan sejak awal sistim mekanis pada pengering rambut tidak memiliki perubahan yang signifikan. Salah satu perubahan yang lebih penting untuk pengering rambut adalah dengan dibuatnya bahan plastik untuk bagian badan hairdryer sehingga lebih ringan. tentang bentuk hairdryer telah ditemukan pada tahun 1960 dengan pengenalan motor listrik yang lebih baik dan peningkatan plastik. Perubahan penting lainnya terjadi pada 1954 ketika GEC mengubah desain pengering untuk memindahkan motor kedalam casing. Selain itu sistim keamanan untuk mekanismenya telah terpasang pada bagian dalam hairdryer, terutama karena Komisi Keamanan Produk Konsumen mengatur pedoman pada tahun 1970 bahwa pengering rambut harus bertemu dalam rangka agar aman untuk diproduksi. Sejak tahun 1991 CPSC telah dilindungi oleh hukum AS bahwa semua pengering harus menggunakan sakelar pelindung terhadap arus sehingga tidak dapat menyetrum jika seseorang kulitnya basah. Pada tahun 2000 kematian karena blowdryers telah menurun menjadi kurang dari empat orang per tahun. hal ini membuat perbedaan yang mencolok dengan ratusan kasus kecelakaan listrik selama pertengahan abad kedua puluh. 

Dalam hal kesehatan yang positif, maka jenis pengering rambut juga dapat digunakan untuk mengusir kutu-kutu. Secara keseluruhan ukuran, berat, kebisingan, dan penampilan pengering rambut telah berubah secara dramatis dari alat-alat berat berisik besar dari bagian awal abad kedua puluh, dengan plastik efisien bahwa orang-orang yang digunakan untuk hari ini.

Ada dua jenis pengering rambut selain yang dapat genggam.yaitu sebuah pengering rambut bonnet dan
pengering rambut kaku-kap. pengering rambut Kap diperkenalkan kepada konsumen pada tahun 1951. Pengering rambut disimpan pada sebuah wadah dus kecil sehingga dapat dibawa kemana-mana, terhubung ke tabung yang masuk ke kap dengan lubang di dalamnya yang dapat ditempatkan di atas kepala seseorang. alat ini bekerja dengan memberikan jumlah panas yang berlebih ke seluruh kepala hairdryer sekaligus. Tahun 1950-an juga dikenalkan pengering rambut kaku-tenda yang merupakan jenis yang paling sering terlihat di salon, dan memiliki helm plastik keras yang dipasang di atas kepala. Pengering ini bekerja mirip dengan pengering rambut bonnet tetapi pada watt yang lebih tinggi .

Judul asli: Hairdryer
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hair_dryer

MERAWAT TAS KULIT ASLI

Memiliki tas yang terbuat dari kulit asli adalah suatu kebanggaan yang hanya dapat dirasakan oleh pemiliknya, betapa tidak? karena bahan pembuat tas kulit sangat sulit didapatkan sehingga membuat harga dari jenis tas ini sangatlah mahal, selain itu dengan memakai tas kulit asli dapat menambah sedikit kepercayaan diri bagi sebagian orang yang memakainya.

Dengan beberapa alasan seperti di atas maka wajar saja bila kita sebagai pemiliknya selalu menginginkan tas kita selalu tampil bagus, awet dan siap digunakan kapan saja. Untuk mewujudkan hal itu maka perlu dilakukan perawatan yang benar agar tas kulit asli kesayangan kita tahan lama dan selalu dalam keadaan yang prima.

di bawah ini saya paparkan beberapa Cara merawat tas kulit asli yang didapatkan dari berbagai sumber, selamat menyimak:
  • Kulit asli yang dibuat untuk tas harus dijaga kelenturannya karena bila tidak maka tas kita akan mengeras dan akan mudah rusak bagian terluarnya, bila sudah begini maka akan mengurangi keindahahn dari tas kulit kita, meskipun ada beberapa orang yang mampu memperbaikinya menjadi seperti baru tapi keaslian tas kita sudah menghilang. Untuk menjaga kelenturan tas kulit kita olesilah bagian terluar tas dengan kapas yang telah diberi lotion khusus untuk bahan kulit asli, atau bila anda tidak memilikinya maka dapat menggunakan "hand and bocy lotion", lakukanlah pemakaian lotion ini setiap seminggu dua kali. dengan begitu mudah-mudahan tas kulit kita akan selalu dalam keadaan lentur sehingga terhindar dari kerusakan dari kaku dan kering..
  • Bila tas kulit terkena basah atau air hujan janganlah dijemur dibawah tetrik matahari langsung tetapi keringkan dengan dilap dengan lap yang dapat menyerap cairan dengan baik, sebagai contoh kita dapat menggunakan lap yang khusus untuk motor atau mobil yang biasa disebut "K4neb0", kemudian simpanlah di tempat yuang terlindung dari panas dan hujan, jadi seperti diangin-anginkan saja agar kering secara alami. contoh: letakkanlah tas di kamar atau ruangan, setelah kering cepat lakukan pengolesan dengan lotion agar tas kulit tidak kaku.
  • Bila tas terkena kotoran janganlah menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya tapi gunakanlah kain bersih yang dapat menghilangkan basah dan kotoran, lalu bersihkan lagi sampai benar-benar bersih dan kering, selanjutnya beri sedikit lotion.

Hal-hal yang perlu dihindari dalam merawat tas kulit asli: 
  • Janganlah mencuci tas kulit asli dengan menggunakan mesin cuci karena akan mengakibatkan rusaknya bahan kulit asli akibat bergesekan dengan dinding bagian dalam mesin cuci. Selain itu warna tas akan pudar atau berubah.
  • bila tas terkena air atau kehujanan maka hindarilah jangan sampai dijemur langsung disinar mentari.
  • Saat tas tidak sedang digunakan maka janganlah menyimpannya di dalam lemari pakaian karena lemari pakaian apalagi yang terbuat dari particle board sangat rentan terkena jamur, bila tas diletakkan di dalam lemari yang penuh dengan jamur maka jamur tersebut akan meyebar ke tas kulit kita.
  • jauhkanlah tas kulit dari benda-benda tajam yang akan merusak lapisan terluar dari tas.
  • hati-hatilah menyimpan tas kulit asli di tempat umum yang jauh dari pengawasan.

CARA MENCUCI TAS PUNGGUNG

CARA MENCUCI TAS PUNGGUNG
Tas punggung atau dikenal dengan tas carrier atau bodypack adalah jenis tas yang biasa digunakan untuk membawa barang-barang atau perlengkapan untuk perjalanan di alam bebas, tas ini umumnya dipakai oleh sebagian orang yang menyukai hobi tracking atau yang suka berkemah sampai naik gunung.

Dulu sewaktu Saya suka naik gunung pernah memiliki jenis tas ini bahkan sampai saat ini tas itu masih ada dan dalam kondisi yang masih baik padahal usianya sudah hampir 13 tahun lebih, selain untuk naik gunung tas carrier ini sering Saya pakai untuk menemani bepergian ke luar kota.

Kelebihan :
  • Terbuat dari bahan yang kuat sehingga tidak mudah robek atau rapuh.
  • Benang jahit yang terbuat dari bahan yang tahan putus sehingga mampu membawa beban berat tanpa takut jahitan putus.
  • Saat dibawa tidak mengganggu pergerakan tubuh karena terdapat banyak tali berbentuk pita yang dapat diikatkan ke badan sehingga tas tidak bergerak saat dipakai.
Meski terdapat banyak kelebihan yang terdapat pada jenis tas ini tetapi perawatan haruslah selalu dilakukan karena semahal apapun tas carrier kita tidak akan ada artinya tanpa perawatan yang baik,  

Cara menyimpan :
  • Saat tas sedang tidak digunakan letakkan tas di tempat yang aman dari gangguan tikus, karena tikus paling suka mengasah giginya dengan menggigit barang apa saja termasuk tas,
  • Saat disimpan bungkuslah dengan kain atau plastik agar tas tidak terkena debu atau jamur.
  • Pada bagian sabuk/gesper terdapat kepala sabuk yang terbuat dari plastik (ada sebagian merek menggunakan logam), plastik ini mudah patah/hancur bila terinjak atau terkena benda keras, oleh karena itu bila tas sedang tidak digunakan sebaiknya kepala sabuk tersebut dilindungi agar tidak patah karena terinjak.

Cara mencuci  : 
  1. Siapkan air di dalam wadah besar, kemudian campurkan dua genggam deterjen bubuk lalu diaduk sampai terlarut dengan air.
  2. Siapkan tas yang akan dicuci lalu keluarkan seluruh isi yang ada di dalamnya  kemudian masukkan tas ke dalam wadah yang telah berisi air dan deterjen tadi, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah direndam bersihkan hanya bagian luar saja termasuk tali dan kepala gespernya dengan menggunakan sikat halus dan dengan tekanan yang ringan, hal ini untuk mencegah agar serat pada bahan tas tidak rusak.
  3. Setelah seluruh bagian luar tas dibersihkan rendamlah dengan air bersih selama 15menit kemudian dibilas, cara membilasya adalah dengan mengeluarkan tas dari dalam air kemudian dimasukkan lagi lalu diangkat lagi, begitulah seterusnya dilakukan berulang-ulang sampai tidak ada buis sisa deterjen yang tertinggal pada tas.
  4. Setelah dibilas jemurlah tas diterik panas matahari sampai kering, bila selama seharian tas tidak kering ulangilah menjemur pada keesokan harinya sampai tas benar-benar kering.
  5. Simpan tas dengan dibungkus dengan kain atau plastik untuk mencegah terkena debu dan jamur, bila perlu masukkan pewangi anti jamur yang dimasukkan ke dalam tas.

Hal-hal yang perlu dihindari dalam merawat tas carier:
  • Jangan mencuci tas dengan menggunakan mesin cuci karena dapat mengakibatkan tergoresnya dinding mesin cuci oleh bagian tas yang keras, selain itu noda tas akan sulit dibersihkan. 
  • Hindari menggunakan sikat dengan bulu kasar dan keras karena akan merusak bahan tas.
  • Jangan menyikat bagian dalam tas, karena pada umumnya pada bagian dalam tas dilapisi oleh bahan sejenis karet tipis yang berguna untuk menahan rembesan air dari luar tas, bila lapisan karet terkelupas maka tas tidak akan tahan air lagi(air jadi dari luar tas akan rembes ke bagian dalam tas).
  • Jangan membiarkan bagian kepala sabuk/gesper tergeletak yang dapat mengakibatkan terinjaknya kepala sabuk dan hancur.
  • Bila tas terkena air hujan dan basah maka jangan didiamkan terlalu lama tapi langsung saja direndam dan dicuci, karena sisa air hujan yang menempel pada tas akan meninggalkan bekas yang sulit dibersihkan.   
  • Jangan terlalu sering mencuci tas, cucilah tas bila sudah terlihat kotor, bau, atau terkena air hujan. karena bila terlalu sering dicuci maka akan mengurangi kualitas dari tas tersebut.

ANEKA TIPS RINGAN

gambar kaleng lem aibon

Cara mencegah pisau dan tangan terkena getah nangka

Kadang-kadang kita kesal kalau saat mengupas buah nangka banyak getah yang menempel pada tangan dan pisau, untuk mencegahnya maka ada hal yang perlu dilakukan yaitu; Sebelum kita bersentuhan dengan buah nangka yang akan dikupas maka lumurilah pisau dan telapak tangan dengan minyak kelapa/minyak goreng, dengan begitu maka getah nangka tidak akan menempel pada pisau dan telapak tangan .


Cara mencegah jelaga menempel pada panci atau penggorengan

Bila kita memasak dengan menggunakan api yang berwarna merah, misalnya dengan kayu bakar saat berkemah biasanya jelaga akan menempel pada bagian bawah panci atau penggorengan, untuk mencegahnya  oleskan minyak goreng/mentega/margarine pada permukaan panci atau penggorengan tersebut yang akan terkena api saat dimasak, dengan begitu maka jelaga akan sulit menempel pada alat masak kita karena dihalangi oleh bahan-bahan tadi.


Cara melepaskan bulu-bulu atau serpihan kapas yang menempel pada pakaian

Melepaskan bulu-bulu halus atau serpihan kapas dengan memakain jari tangan sangat sulit, bahkan bila pakaian dicuci sekalipun maka kapas atau bulu halus tersebut tetap saja menempel, untuk menghilangkannya adalah: Pakailah isolasi besar/lakban, dengan cara menempelkan bagian lakban yang mengandung perekat ke pakaian(pakaian tersebut dalam keadaan kering) yang terkena kapas atau bulu-bulu halus, maka kapas atau bulu-bulu tersebut akan menempel pada lakban.


Cara menghilangkan lem bekas sticker pada kaca 

Ambillah kapas kemudian tetesi dengan minyak esensial (misalnya:minyak kayu putih), kemudian gosokkan pada permukaan kaca yang mengandung lem bekas sticker, untuk mempermudah proses pembersihan maka sebelum meggunakan minyak esensial pastikan kertas atau plastik stickernya sudah terlepas darin kaca. Cara ini hanya dapat dilakukan pada permukaan kaca saja, hindari membersihkan lem bekas stiker yang menempel pada permukaan plastik mika atau jenis plastik lainnya karena ada beberapa jenis mika yang rusak bila terkena minyak esensial misalnya kaca helm yang terbuat dari plastik mika transparan yang akan buram bila terkena minyak esensial.


Cara membersihkan debu yang menempel pada bunga imitasi/bunga plastik/bunga tiruan.

Rendam bunga tiruan di dalam air yang telah dicampur deterjen pencuci baju selama 30 menit sampai satu jam lalu setelah itu bersihkan dengan sikat gigi bekas yang berbulu halus lalu rendam lagi dengan air bersih lalu dijemur sampai kering, dengan begitu bunga imitasi anda akan terlihat seperti baru.


Cara memasang kembali kepala kancing jeans yang terlepas dari dudukan/pasangannya

Panaskan kepala kancing jeans yang terlepas dengann api agar plastik yang ada di dalam kepala kancing tersebut meleleh, kemudian cepat-cepat masukkan ke paku pasangannya yang masih menempel pada jeans, diamkan beberapa menit agar plastik yang berada di dalam kepala kancing jeans tersebut mengeras, dengan begitu dudukan kepala kancing akan terkunci oleh kepala kancing.


Cara mempermudah/memperlancar masuknya pipa kompor gas ke selang

Biasanya hal tersulit saat menginstalasi kompor gas adalah saat memasukkan pipa yang ada di belakang kompor gas ke lubang selang, untuk membuatnya mudah adalah dengan melumuri pipa yang ada di belakang kopor bas dengan minyak kelapa atau minyak goreng, dengan begitu maka akan memperlancar masuknya pipa ke selang.