Cara Memasak Menggunakan Happycall Double Pan

Cara Memasak Menggunakan Happycall Double Pan


gambar Happycall Double Pan
Artikel Saya kali ini adalah kelanjutan dari posting sebelumnya yang berjudul "Tips Merawat Happycall Double Pan", dalam artikel tersebut hanya menerangkan tentang Cara merawat dan mengatasi kerusakan pada karet Happycall Double Pan, untuk posting kali ini yang dibahas adalah tentang bagaimana caranya memasak memakai Happycall Double Pan. Untuk lebih jelasnya silahkan diikuti penjelasannya di bawah ini


Persiapan:
  1. Waktu pertama kali anda memiliki alat masak ini usahakan jangan langsung dipakai tetapi cuci dahulu dengan bersih happycall dan karetnya Setelah sebelumnya anda membuka kemasannya. caranya adalah dengan menggunakan busa (spon) yang lembut.
  2. Setelah dicuci pasanglah karet sealnya di sela-sela 2 pannya, selanjutnya happycall anda sudah siap dipakai untuk memasak.

Cara Memasak Menggunakan Happycall Double Pan

Menggoreng
  1. Letakkan Happycall Double Pan di atas kompor, lalu masukkan minyak, Agar minyak tidak meluber keluar saat dipanaskan sebaiknya banyaknya minyak tidak lebih dari sepertiga pan pendeknya, selain itu pastikan juga makanan dapat terendam minyak agar masakan dapat matang secara merata.
  2. Nyalakan kompor dengan api sedang sampai minyak siap untuk menggoreng, masukan bahan makanan yang akan digoreng kemudian tutup pannya. Jika dirasa bahan makanan sudah matang pada bagian bawahnya cukup di balik saja pannya, jadi tidak perlu membuka pan untuk mengaduk atau membolak-balik bahan makanan tersebut.
  3. Setelah membalik pan, jangan langsung membuka pannya, biarkan minyaknya turun ke bawah pan kira-kira 20 detik setelah itu baru kita dapat memelihat masakan kita. Setelah makanan matang, angkat menggunakan penjepit.

Menumis
  1. Siapkan Happycall yang bersih lalu letakkan di atas kompor dengan api sedang, beri bumbu tumisan atau minyak dan bawang kemudian tutup pannya. Goyang-goyang happycall dan balik.
  2. Apabila sudah keluar bau harum, masukan air yang sudah dicampur bumbu-bumbu taburan, lalu tutup pan, sebaiknya airnya jangan lebih dari 1/3 tinggi pan pendeknya.
  3. Apabila sudah tampak uap dari sisi belakang happycall tandanya air di dalam sudah mendidih, bukalah happycall lalu cobalah rasakan kuahnya, jika rasanya sudah cocok dengan selera anda masukan bahan makanan yang akan ditumis lalu tutup kembali pannya.
  4. Diamkan beberapa saat, balik pannya. Setelah dirasa masakan sudah matang. Matikan kompor lalu tunggu kira-kira 10 detik sebelum anda membuka pannya.

Merebus
Siapkan air dalam Happycall Double Pan dengan tinggi air tidak lebih dari 1/3 tinggi pan, lalu rebus bahan makanan seperti biasa. Apabila masakan dirasa sudah matang matikan kompor, lalu tunggu 10 detik setelah itu baru buka pannya.


Memanggang
  1. Siapkan pan di atas kompor lalu oleskan mentega atau minyak di pan bagian atas dan bawah, kemudian letakkan dengan rapi bahan makanan yang akan dipanggang seperti ikan, pasta, atau adonan kue, lalu tutup pan.
  2. Agar panggangan  tidak gosong dan matang secara merata aturlah kompor dengan posisi api kecil. Jika anda menggunakan pan yang besar dan ingin masakan lebih matang merata, setelah sekian waktu geser happycall kesisi yang lain.
  3. Apabila anda sudah yakin bagian bawahnya matang baliklah happycall. Setelah semua matang, angkat.

Membakar
Proses memasak dengan cara membakar mirip dengan memanggang, Bila anda akan membakar otak-otak atau pepes sebaiknya tidak perlu memakai minyak atau mentega.

Catatan:
  • Selesai memasak menggunakan happycall, segera cuci happycall menggunakan air hangat dan sabun cuci piring menggunakan  busa atau spon yang lembut.
  • Simpan happycall di tempat yang bersih, kering dan bebas lembab.
  • Jangan menggunakan kawat atau alat pencuci kasar lainnya karena dapat menggores permukaan pan.
  • Happycall memiliki 2 pan yang disatukan dengan pengait, pan yang satu lebih pendek dari yang lain.
Read More
CARA MEMBERSIHKAN NODA PADA SOFA

CARA MEMBERSIHKAN NODA PADA SOFA

sofa
Salah satu pekerjaan rumah yang sering kita laukan sehari-hari adalah membersihkan noda yang ada pada peralatan rumah tangga kita, mungkin untuk noda-noda yang mudah dibersihkan yang terdapat pada bahan yang biasa saja bukanlah menjadi persoalan, tapi bagaimanakan bila noda tersebut terdapat pada sofa kesayangan kita, maka kita harus lebih hati-hati dalam membersihkan noda tersebut tanpa merusaknya.

Beberapa jenis noda yang sering kita jumpai seperti tumpahan saus, kecap, minuman atau makanan dapat meninggalkan noda permanen di atas sofa apabila tidak segera dibersihkan. Mungkin kita ingin membersihkan noda tersebut tetapi takut merusak bahan sofa yang kita sayangi, bagi anda yang masih bingung sebaiknya ikuti tips di bawah ini sebelum anda membersihkan noda pada sofa kesayangan anda.
  • Untuk noda yang ringan seperti  tumpahan sirup atau jus, cukup gunakan sabun mandi cair berformula lembut, caranya siapkan air hangat di dalam wadah kemudian masukkan sabun, setelah itu siapkan kain lembut kemudian basahi dengan air sabun yang telah kita siapkan tadi lalu gosok dengan gerakan memutar di daerah yang terkena noda.
  • Agar noda benar-benar bersih lakukanlah pengulangan dengan mencelupkan kembali kain ke air sabun, lalu tekan tekan sedikit pada daerah yang terkena noda kemudian gosok lagi secara perlahan. Setelah itu gunakan lap kering atau kanebo untuk menyerap air sabun pada sofa, bila perlu jemur sebentar.
  • Perlu diperhatikan bahwa saat membersihkan jangan sampai melebar ke luar dari area yang terkena noda, karena bila daerah yang kita bersihkan terlalu luas maka akan menimbulkan lembab yang bila dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan terluar terutama sofa yang berbahan kulit, permukaannya bisa pecah-pecah. Selain itu sofa yang lembab dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Untuk noda yang membandel misalnya goresan tinta, Anda bisa menggunakan pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton untuk membersihkannya, caranya; Tuangkan sedikit pembersih cat kuku pada kain, lalu usapkan secara perlahan ke daerah yang bernoda. Untuk noda berat seperti tinta atau cat yang sulit dibersihkan, sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih yang formulanya keras.
Read More
TIPS MEMILIH KAIN SUTRA ASLI

TIPS MEMILIH KAIN SUTRA ASLI

kain sutera
Banyak orang yang ingin tampil cantik dan menawan dengan memakai sutra sebagai balutan busananya. Ada yang berpendapat bahwa dengan berbusana sutra akan menimbulkan gengsi dan perasaan tersendiri bagi pemakainya. Hal itu terjadi karena tidak sembarangan orang bisa mengenakan kain bertekstur sangat lembut nan halus ini dengan harganya yang sangat mahal.

Selain sutra asli terdapat pula sutra sintetis alias sutra buatan dengan harga yang jauh lebih murah yang banyak beredar di pasaran, meski demikian  tidak menjamin kualitas dan mutu yang terbaik.

Mungkin dari sebagian kita ada yang bertanya, bagaimanakah membedakan sutra asli dan tidak? pada posting kali ini Saya akan berbagi hal tersebut, untuk selengkapnya silahkan dibaca paparannya di bawah ini.

Dilihat dari cara pembuatannya, kain sutra dibagi menjadi dua macam, yaitu sutra yang dibuat dengan mesin tenun dan sutra yang dibuat langsung dengan tangan. Cara membedakan dua jenis sutra tersebut adalah: 
  • Kain sutra yang dibuat langsung dengan tangan teksturnya agak kasar, agak tebal, cepat kusut, tapi tetap lembut. Pewarnaannya menggunakan bahan alami. Harganya lebih mahal dan persediaannya terbatas. Ukurannya lebih kecil dibandingkan produk sutra dari mesin.
  • Sutra yang dibuat dengan mesin tenun, teksturnya lebih halus, lembut, dan coraknya cenderung banyak yang sama karena diproduksi secara masal. Terdapat kain sutra buatan Cina, kelebihan nya adalah sutra ini asli, kainnya bagus, halus, lembut. Meski sutra buatan Cina ini menggunakan mesin tenun sebagai alat produksi sutranya, namun hasilnya bagus karena menggunakan teknik pengelolaan mesin yang canggih.
Menurut perancang busana Herman Nuary (perancang baju Muslimah), Kain sutra asli semakin tipis semakin bagus, apalagi jika kain sudah diberi motif beberapa warna, harganya semakin mahal. Per meter bisa Rp 1,2 juta atau lebih.


Ciri-ciri sutra asli :
  • Sutra asli kainnya tidak licin dan warnanya tidak mengkilap.
  • Sutra asli tidak mudah kusut.
  • Jika dilihat nampak masih berserat dan ketika dilipat tidak ada bekas lipatan.
  • Cara mudah lainnya adalah dengan membakar serat benang sutra tersebut. Apabila sutra dibakar baunya sama dengan rambut atau pun bulu manusia. 
(sumber: www.tempo.co.id, www.republika.co.id)
Read More
TIPS SEDERHANA MERAWAT KAIN SUTERA

TIPS SEDERHANA MERAWAT KAIN SUTERA

gambar KAIN SUTERA
Kain sutera adalah sejenis kain yang terbuat dari kepongpong ulat sutera yang diambil seratnya, dari kepongpong itulah dihasilkan Kain yang  tidak kaku dan ringan saat dipakai, sehingga siapapun yang memakainya memiliki kesan yang elegan. Dengan kelebihan itulah maka kain sutera banyak dipilih untuk material busana Kain sutera yang bertekstur mulus, lembut, namun tidak licin serta kenyamanan dan kemewahannya membuat jenis kain ini memiliki harga yang mahal.

Dengan kualitasnya tinggi dan harga yang mahal inilah maka kain sutera harus dirawat secara khusus. Apabila kita salah dalam perawatan maka bisa membuat kain sutera menjadi rusak dan tidak istimewa lagi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat kain sutera ini, silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.
  1. Siapkan sebuah ember lalu isi dengan air secukupnya, untuk merendam, Anda dapat menggunakan deterjen dengan formula lembut, misalnya shampo bayi.
  2. Pastikan tidak ada bagian yang terlipat saat merendam dalam air sabun,
  3. setelah direndam Gunakanlah tangan untuk mencuci kain sutera anda, kuceklah bagian kain yang kotor dengan perlahan ,
  4. usap-usapkan buih secara merata ke seluruh bagian pakaian.
  5. Meskipun sutera memiliki sifat anti debu dan noda, Namun apabila ada noda yang susah dihilangkan, maka caranya mengatasinya adalah dengan memercikan cuka pada bagian noda dan gosok dengan jari secara lembut sampai noda tersebut menghilang, lalu cuci dengan shampo.
  6. Setelah kain selesai dicuci kini saatnya pada proses pembilasan, siapkan air hangat (suam-suam kuku ) kurang lebih 30 derajat celcius, hal ini bertujuan agar pelapis sutera anda bersinar kembali. Bilaslah kain sutera anda dalam air bersih sebanyak 2-3 kali.
  7. Untuk menjemur, gantunglah sutera di tempat teduh dan tidak terlalu panas, jadi cukup diangin-anginkan saja.
Apabila anda memiliki kain sutera murni (100 persen dari bahan kokon sutera), disarankan untuk dicuci dengan cara dry cleaning (cuci kering). Untuk sutera dupioni yang ringan seperti sutera sifon, sutera China, dan krep de Chine, dry-cleaning juga merupakan pilihan terbaik. Dry cleaning membantu menjaga tekstur kain asli, walau membawa beberapa risiko yaitu larutan pembersih bisa jadi tidak sesuai dengan sutera dan sutera bisa rusak jika ditempatkan di tabung yang sama dengan kain kasar. Namun lebih aman tetap dicuci dengan tangan.


Cara menyetrika:
  1. Gunakanlah setrika dengan panas yang sedang, putarlah tombol pengatur suhu setrika pada posisi "Silk". Pada saat disetrika usahakan kain masih dalam kondisi lembab.
  2. Setrikalah hanya bagian dalam saja (bagian dalamnya berada di luar), kemudian lapisi dengan kain katun.
  3. Apabila akan menggunakan setrika uap harus dilakukan dengan ekstra hati-hati,karena kalau tidak maka seterika uap ini bisa meninggalkan bekas uap yang permanen pada sutera Anda.

Cara menyimpan:
  • Siapkan tempat/lemari yang kering dan tidak lembab untuk kain sutera anda.
  • Usahakan untuk selalu menggantung menggunakan hanger atau gantungan pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut, yang dilapisi busa sehingga tidak merusak kain.
  • Gunakanlah bagian lemarin yang berfungsi untuk menggantung, jadi jangan melipat sutera di dalam lemari.
  • Untuk mengusir ngengat pada almari pakaian gunakan kamper anti serangga/ngengat atau akar wangi .
  • Terdapat cara lain untuk menyimpan kain sutera ini yaitu dengan dibalut menggunakan kain berbahan katun.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kain sutera:
  1. Hindari penggunaan mesin cuci. Penggunaan mesin cuci beresiko merusak serat kain dan membuatnya kusut.
  2. Jangan menggunakan deterjen, karena kandungan deterjen cukup keras sehingga berbahaya bagi keindahan serat kain sutera yang tipis.
  3. Hindari menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain sutera anda, terutama batik sutera dengan pewarna alami. Kandungan bahan kimia dan 4lk0h0l yang terdapat pada parfum akan merusak warna maupun ornamen sutera.
  4. Jangan menggunakan bahan pemutih, karena dapat mengubah warna pakaian atau bahan sutera.
  5. Untuk merendam saat akan dicuci, pilihlah shampo yang tidak mengandung minyak atau petroleum karena nantinya akan membuat permukaan sutra terasa lengket.
  6. Jangan memeras kain sutera atau "Spin" pada mesin cuci, cara terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan digulung menggunakan handuk. Kain tidak diperas secara langsung, namun dilindungi dengan handuk. Air pun dapat lebih banyak terbuang karena diserap oleh handuk. Atau biarkan kering dengan sendirinya.
  7. Hindari menjemur langsung di bawah terik matahari karena dapat merusak kualitas benang dan menyebabkan warna sutra memudar.
  8. Hindari menyimpan pakaian berbahan sutera di tempat yang terkena cahaya matahari langsung
  9. Jangan membungkus sutra dengan plastik karena bisa menyebabkan sutera berjamur.
Baca juga: "TIPS MEMILIH KAIN SUTRA ASLI"
Read More
Sejarah Kipas Angin

Sejarah Kipas Angin


Kipas angin listrikKipas angin tradisional JepangHihid, Kipas angin tradisional Indonesia


Kipas angin adalah suatu alat yang berfungsi untuk menggerakkan udara agar berubah menjadi angin, beberapa fungsinya antara lain adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Kita dapat menemukan kipas angin pada peralatan rumah tangga di rumah, misalnya yang ada di dalam alat penyedot debu/vacuum cleaner dan beberapa ornamen untuk dekorasi ruangan.

kipas angin yang umum ditemukan menurut cara menggerakannya ada dua macam yakni kipas angin tradisional yang digerakkan oleh tangan manusia dan kipas angin modern yang digerakkan oleh listrik. salah satu kipas angin tradisional adalah kipas angin yang ada di jepang yang berbentuk setengah lingkaran dan dapat dilipat dan di Indonesia, di Indonesia terdapat Hihid yang yang memiliki pegangan tersendiri, terbuat dari anyaman bambu, hihid ini berasal dari daerah Jawa barat (suku Sunda).

Pada perkembangannya telah banyak ditemukan bentuk yang bervariasi baik dari segi ukuran, penempatan posisi, serta fungsi. Dari segi ukuran, misalnya kipas angin mini (Kipas angin yang dapat dipegang dengan tangan menggunakan energi baterai), salah satu penggunaan dalam alat elektronik misalnya Kipas angin (blower) yang ada di dalam Unit CPU komputer seperti kipas angin untuk mendinginkan processor, kartu grafis, power supply dan Cassing.

Selain pada Komputer desktop terdapat juga kipas angin yang dipasang pada alas atau tatakan Laptop untuk menghantarkan udara dan membantu kipas laptop dalam mendinginkan suhu laptop tersebut. Kipas angin tersebut berfungsi untuk menjaga suhu udara agar tidak melewati batas suhu yang di tetapkan.

Pada penggunaannya, kecepatan putaran kipas angin dapat dikontrol dengan 3 cara yaitu menggunakan pemutar, tali penarik serta remote control. Perputaran baling-baling kipas angin dibagi dua yaitu centrifugal (Angin mengalir searah dengan poros kipas) dan Axial (Angin mengalir secara pararel dengan poros kipas).

Kipas angin tradisional
Kipas angin telah ditemukan beribu tahun silam dan telah digunakan oleh beberapa negara didunia seperti bangsa Mesir, Yunani, Roma, dan China. Pada masa itu kipas angin memiliki berbagai macam dan fungsi. Kipas Angin pertama ditemukan sekitar 4000 tahun silam pada sebuah makam raja di Mesir yaitu Raja Tutankhamen yang digali pada tahun 1922.

Kipas angin yang ditemukan di mesir berfungsi sebagai alat upacara keagamaan, sehingga sebuah kipas angin merupakan benda yang sakral. Kipas angin juga merupakan lambang kekuatan raja. Ada dua buah kipas angin yang ditemukan di makan raja. Salah satu kipas angin tersebut gagangnya dilapisi oleh emas dan terbuat dari bulu burung unta, sedangkan yang satu lagi dilapisi eboni dengan emas dan batu-batu berharga.

Selain itu perkembangan kipas angin juga terdapat di Eropa. Italia adalah negara pertama di Eropa yang memproduksi kipan angin, negara tersebut memproduksi kipas angin pada tahun 1500. Pada masa itu kipas angin merupakan sebuah komoditi perdagangan yang eksotik dan sangat stylish. Kipas angin sendiri dipandang sebagai simbol kemakmuran dan kelas sosial seseorang.

Pada abad ke-16 sampai abad ke-18 perkembangan kipas angin sebagai komoditas fashion sangat populer, namun Pada awal abad ke 20 Terjadi pergeseran fungsi kipas angin, Pada masa itu kipas angin sudah tidak lagi sebagai sebuah aksesoris fashion namun menjadi alat periklanan. Sedangkan di spanyol sendiri, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena di Spanyol memiliki iklim yang panas.

Kipas angin listrik
Pada tahun 1882 kipas angin listrik pertama ditemukan oleh Schuyler Skaats Wheelerm, Wheeler pertama kali memperkenalkan kipas angin listrik dengan dua buah baling-baling, tanpa ada pelindung apapun dan digerakkan dengan tenaga motor listrik. Perkembangan kipas angin listrik lebih lanjut di kembangkan oleh Philip H. Diehl yang dipantenkan pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah.

Diehl terus mengembangkan temuannya. Pada tahun 1904 Diehl menambahkan sendi split-ball pada kipas angin listriknya. Tiga tahun kemudian, ide ini menjadi dasar penemuan kipas angin yang dapat menengok ke sana-kemari sehingga hembusan angin dapat menyebar ke beberapa arah..

Jenis-jenis Kipas Angin Menurut Cara Kerja: Kipas Tradisional, Kipas Angin/Kipas Baling-Baling, Kipas Tangan, Kipas Listrik, Kipas AKI, Kipas Modern. (Referensi: Wikipedia bahasa Indonesia, Enslikopedia bebas)  
Read More
Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

Tips Mencuci Baju Batik Agar Tidak Luntur

gambar batik
Siapa yang tidak mengenal batik? salah satu warisan budaya Indonesia ini memang merupakan kebanggaan tersendiri bagi yang memakainya, selain karena kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi budayanya, batik juga memiliki banyak kelebihan yang sangat unik. Dari mulai keunikan sejarah, motif, atau dari cara pembuatannya. Hal tersebut menjadikan batik memiliki tempat yang istimewa.

Baju batik adalah pakaian yang kainnya dibuat secara manual dengan teknologi yang berusia sangat tua, oleh sebab itu diperlukan perawatan yang benar yang berguna untuk menjaga kualitas warna batik agar tidak luntur.

Tips mencuci Baju Batik agar tidak luntur:

  • Untuk baju batik yang tidak terlalu kotor, maka untuk mencucinya hanya dengan direndam menggunakan air hangat.  Sedangkan untuk batik yang kotor, misalkan bila terkena noda makanan atau minyak, maka bisa dihilangkan dengan sabun mandi atau kulit jeruk, Caranya membersihkannya adalah dengan mengusapkan sabun mandi atau kulit jeruk pada bagian yang kotor tersebut secara perlahan-lahan sampai bagian yang kotor hilang. sebaiknya saat membersihkan noda tersebut hanya dilakukan pada area batik yang kotor saja, setelah itu rendam baju batik dengan air hangat.
  • Hindari mencuci baju batik dengan menggunakan sabun deterjen, karena deterjen memiliki sifat kimia yang keras sehingga dapat mengikis warna pada kain batik. Anda dapat menggunakan shampo rambut untuk mencuci baju batik atau bisa juga menggunakan produk khusus yang banyak dijual di toko maupun galleri batik, misalnya sabun klerak. Selesai dengan proses pencucian hindari mengeringkan kain batik menggunakan mesin pengering karena dapat mengakibatkan serat kain batik menjadi rusak rusak.
  • Untuk menjemur, letakkanlah di tempat teduh, dan biarkan batik anda kering dengan sendirinya secara diangin-anginkan. Dengan menjemur batik di tempat yang tidak terkena sinar matahari maka dapat menghindarkan batik dari pudarnya warna.
  • Untuk merapikan dengan cara menyetrika maka disarankan dengan membalikkan batik yaitu bagian dalam berada di luar, dengan begitu dapat mencegah dari memudarnya wwarna batik, atau jika bagian luar sedikit kusut bisa disetrika dengan sebelumnya menempatkan kain bersih di atas batik terlebih dahulu. Saat menyetrika hindari penggunaan cairan pengharum karena bisa merusak warna pada corak kain batik tersebut.
  • Setelah baju batik rapi simpanlah baju batik di lemari, bisa digantung menggunakan hanger atau hanya dilipat saja. Namun banyak orang menyarankan sebaiknya digantung. Untuk mencagah rayap di dalam lemari maka anda dapat menggunakan merica atau lada yang dibungkus tissue dan diletakkan di pojok-pojok lemari. Untuk perawatan batik tulis silahkan dibaca pada: "Tips Merawat Batik Tulis"
Read More
Tips Mencuci Baju Batik

Tips Mencuci Baju Batik

gambar batik tulis
Artikel ini adalah kelanjutan dari posting Saya yang kemarin yang berjudul: "Tips Mencuci Batik Tulis", namun pada artikel tersebut belum dilengkapi dengan bagaimana cara mencucinya, mudah-mudahan artikel ini dapat melengkapi kekurangan dalam artikel tersebut.

Proses pencucian baju batik tidak dapat disamakan dengan Cara mencuci pakaian pada umumnya karena terbuat dari bahan yang berbeda dan proses pembuatan yang unik, maka dari itu untuk mencucinya diperlukan cara-cara yang benar. Pencucian yang khusus ini bertujuan untuk menjaga kualitas warna batik agar dapat bertahan lama dalam artian agar batik tidak luntur. Cara yang umum digunakan untuk mencuci batik adalah  dengan tehnik ‘handwash‘ atau cuci dengan tangan, bukan mencuci dengan mesin cuci,.bahan yang digunakan adalah buah Lerak atau yang sudah berbentuk sabun lerak.

Cara mencuci baju batik menggunakan sabun Lerak

Peralatan:
-Sabun Lerak
-Ember untuk merendam
-gantungan (Hanger)

Proses pencucian
  1. Siapkan ember yang berisi air sebanyak 2-3 liter (untuk kapasitas mencuci perpiece/perpotong). kemudian masukan Sabun Lerak secukupnya kedalam ember tersebut.
  2. masukkan batik ke dalam ember tersebut kemudian biarkan terrendam dalam larutan sabun Lerak selama 15-30 menit.
  3. Selanjutnya adalah mengangkat dan mencelupkan batik dari dalam rendaman.Pada bagian yang biasanya kotor misalnya pada kerah baju, gunakan jari anda untuk menggosok-gosokan secara lembut bagian tersebut agar kotorannya hilang.
  4. Setelah selesai dengan proses pencucian selanjutnya adalah proses membilas.Bilas batik dengan cara merendam ke dalam air bersih sekitar 5 menit dengan cara diangkat-celup.
  5. Selesai dengan proses pembilasan selanjutnya adalah proses pengurangan kadar air pada kain batik, caranya adalah dengan menyerap air yang ada pada bati menggunakan handuk kering dan bersih sambil diremas-remas lembut.
  6. Siapkan gantungan/hanger lalu letakkan batik di gantungan/hanger lalu jemur di tempat teduh,.
  7. Setelah batik kering, gunakanlah hand steamer untuk melicinkan dan merapikannya.
  8. Proses terakhir adalah dengan menaburkan bunga melati disekelilingnya atau semprot dengan parfum beraroma melati agar terkesan natural dan eksotis.

Hal-hal yang perlu dihindari pada proses pencucian batik:
  • Hindarilah mencuci batik dengan cara dikucek atau diperas.
  • Jangan menggunakan softener, cukup dengan air bersih saja.
  • Jangan memeras batik karena dapat menghancurkan serat dan merusak bentuknya..
  • Saat menjemur jangan terkena sinar matahari langsung.
  • Jangan menyetrika batik dengan setrika biasa, gunakanlah hand steamer untuk melicinkan dan merapikannya.
Read More
TIPS MERAWAT BATIK TULIS

TIPS MERAWAT BATIK TULIS

gambar batik
Dari sekian banyaknya karya seni dan budaya di Indonesia diantaranya adalah batik tulis yang keberadaannya sudah berusia sangat tua. Dengan batik tulis ini membuat begara kita dikenal ke seluruh dunia dengan karya seninya yang tinggi.

Dapat kita rasakan apabila ada yang memakai batik maka kita atau negara lain langsung teringat dengan negara pembuatnya yaitu Indonesia. Bersyukurlah kita bahwa pemerintah mendukung hasil karya anak bangsa ini yaitu dengan sering dipakainya batik pada setiap suasana, baik itu dihari-hari tertentu saat bekerja ataupun di setiap acara-acara resmi.

Dengan berbagai corak dan warna yang ada dalam batik, membuat kita sangat menyayangi batik ini sehingga diperlukan perlakuan atau perawatan khusus agar batik kita dapat bertahan lama kualitasnya (agar batik tidak luntur).

Baju batik dan kain batik yang kita miliki memerlukan perawatan khusus agar terjaga kualitasnya sepanjang waktu. Pembuatan batik tulis, dilakukan dengan cara tradisional dengan menggunakan tangan secara langsung tanpa bantuan mesin. Canting adalah alat untuk melukis diatas permukaan kainnya. Jangan kaget jika pada saat pencucian pertama sampai ketiga maka sisa air pencucian pada kain batik kita agak kecoklat-coklatan,  hal tersebut terjadi karena  terjadi proses pelepasan residu dari proses pewarnaan batik tersebut. Tetapi perlu diketahui bahwa proses pelepasan residu tersebut tidak mempengaruhi kualitas warna batik kita, karena proses tadi bukan merupakan proses pelunturan warna.


Tips merawat batik tulis:

1. Sebelum memulai proses perawatan sebaiknya batik diangin-anginkan beberapa saat dengan cara mengeluarkannya darri lemari (bila batik kita dalam keadaan terlipat di dalam lemari).

2. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah kemudian masukkan “buah lerak” ke dalamnya, kemudian di remas-remas sampai berbusa, setelah itu tambahkan air secukupnya, selanjutnya cairan ini dapat digunakan untuk mencuci batik. Selain dengan buah lerak, kita dapat juga menggunakan “daun dilem”dengan proses yang sama dengan buah lerak, aroma daun lerak dapat mencegah bintang kecil merusak serat pada kain batik.

3. Setelah selesai dicuci jemurlah batik di tempat yang tidak terkena sinar matahari, biarkanlah batik kita kering dengan sendirinya tanpa bantuan sinar matahari. dengan cara ini maka batik kita akan terhindar dari pudarnya warna.

4. Saat menjemur sebaiknya tertata dengan rapi, jangan sampai ada litatan sehingga setelah kering dapat langsung dilipat dengan rapi tanpa harus disetrika.

5. Apabila kain batik sudah kering dan dilipat, masukkan ke dalam lemari dan diberi seikat akar wangi.

Buah lerak semakin sulit aja kita temukan sekarang ini, tapi jangan kuatir karena di supermarket sekarang sudah ada lerak yang dijual dalam kemasan botol.

"Pencucian batik dengan menggunakan buah lerak terbukti mampu mempertahankan kualitas kain batik tulis seperti saat dibuat. Sifat kimia fisika yang dikandung lerak bertumpu pada tegangan permukaan yang lebih rendah dari air, sehingga lerak mampu menembus pori-pori pakaian dan melepaskan kotoran yang menempel tanpa paksaan bahan kimiawi seperti deterjen. Ini membuat kain batik yang dibersihkan menjadi lebih awet dan tidak mengalami perubahan."


Hal-hal yang perlu dihindari dalam merawat batik tulis:
  • Jangan mencuci  batik menggunakan deterjen, pemutih pakaian, dan softener.
  • jangan mencuci kain batik memakai mesin cuci karena dikhawatirkan akan merusak serat batik. 
  • Hindari mencuci batik dengan cara digosok/disikat, jika noda tidak terlalu kotor maka cukup dicuci dengan air hangat saja, tetapi kalau terkena noda maka cuci batik menggunakan sabun mandi, jika noda masih membandel maka hilangkan nodanya dengan perasan jeruk pada noda tersebut.
  • Tidak menjemur batik langsung terkena sinar matahari karena bisa menyebabkan cepat memudarnya warna batik, sebaiknya cukup diangin anginkan saja dan tidak usah diperas. Biarkan kering secara alami.
  • Jangan menyetrika batik tulis secara langsung, carayang aman adalah dengan menyemprotkan sedikit air ke batik kita, lalu letakkan sehelai kain diatasnya baru disetrika. Untuk memberi pewangi, yang harus kita lakukan adalah melapisi batik kita dengan koran diatasnya, baru kemudian kita semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain.
Read More
TIPS MENGHILANGKAN BAU KENCING TIKUS DI LANTAI

TIPS MENGHILANGKAN BAU KENCING TIKUS DI LANTAI

gambar tikus
Salah satu ciri dari rumah yang sehat adalah adalah terbebas dari bau, hal yang sering kita jumpai dan menjengkelkan adalah adanya bau kencing tikus atau curut/cecurut. Hal yang sebaiknya kita lakukan adalah bagaimana cara kita mencegah tikus agar tidak berkeliaran dan mengotori rumah kita, untuk hal tersebut sebaiknya anda baca dulu artikel Saya yang lain mengenai "Cara Mengusir Tikus Dari Rumah".

Tetapi bagaimanakah jika rumah kita sudah terlanjur dimasuki tikus dan mereka membuang kencing dan kotoran di rumah kita? tentu saja hal ini membuat kita jijik. Untuk posting kali ini Saya akan berbagi tips untuk membersihkan bekas kencing tikus dan kotorannya.

Menurut pengalaman Saya, menghilangkan kotoran dan kencing tikus itu mudah saja tinggal dipel saja, tetapi pembersihan tidak cukup dengan itu saja, sebab bau yang tertingal di lantai masih tetap ada bahkan setelah dipel maka bau tersebut makin menjadi-jadi menyebar ke seluruh ruangan, meskipun kita sudah memakai cairan khusus untuk mengepel dengan merek mahal sekalipun maka bau kencing tikus tetap terasa baunya.

Bagi anda yang memiliki kesulitan seperti di atas silahkan dibaca pengalaman Saya di bawah ini semoga bermanfaat.

Cara menghilangkan kotoran dan bau kencing tikus:

  • Pertama-tama bersihkan dulu kotoran tikus yang berupa padatan atau butiran (biasanya kencing tikus bercampur dengan kotorannya) dengan menyodoknya menggunakan dua buah kertas agak kaku yang diarahkan dari kedua sisi yang berlawanan.
  • Untuk membersihkan sisa kotoran dan kencing yang menempel di lantai gunakanlah tisu kering yang berukuran agak besar atau bisa juga dengan lap kering yang sekali pakai, jadi setelah dipakai langsung dibuang karena bekas kencing tikus kalau sudah meresap ke dalam lap akan sulit dibersihkan selain itu kencing dan kotoran tikus mengandung bibit penyakit, dengan begitu maka lantai akan langsung kering.
  • Pada tahap di atas lantai akan terlihat bersih tapi masih menyisakan bau, untuk menghilangkannya cobalah mengepelnya dengan karbol/lysol (khusus di tempat bekas kencing tikus), setelah kering oleskan minyak kayu putih di area sekitar bekas kencing tikus tersebut.
  • Apabila bau kotoran atau kencing tikus terdapat di tempat/ruangan yang tidak mungkin anda pel maka bersihkan saja kotoran tikus yang berbentuk padatan kemudian taburkan bubuk kopi di sekitar ruangan yang berbau tersebut, dengan begitu maka bau kencing tikus akan hilang dan tergantikan dengan aroma kopi bubuk yang wangi.
Read More
CARA MELEPASKAN KERTAS TEMPEL-STICKER PADA BOTOL

CARA MELEPASKAN KERTAS TEMPEL-STICKER PADA BOTOL

botol sirup bekas
Kebanyakan botol kemasan biasanya memiliki gambaran lengkap tentang merek, lambang/gambar barang produksinya, tata cara penggunaan, bahan pembuatnya, dan lain-lain. Semua keterangan itu tertera dalam kertas tempel/sticker yang ditempelkan di luar kemasan/botol. Hal tersebut adalah untuk menjelaskan hal-hal yang dianggap perlu untuk diketahui konsumennya.

Untuk sebagian orang botol botol kemasan seperti bekas botol sirup yang terbuat dari kaca/beling tidaklah berguna dan berakhir di tempat sampah, tetapi bagi orang-orang yang kreatif maka botol-botol bekas tersebut dapat dijadikan untuk hal-hal yang berguna, tetapi untuk mendapatkan botol yang dalam keadaan yang bersih harus melalui pencucian agar botol terlihat bagus, kadang-kadang yang menjadi hambatan adalah adanya kertas stiker yang menempel di luar botol tersebut, pada posting kali ini Saya akan berbagi kepada anda bagaimana caranya melepaskan atau membersihkan kertas stiker tersebut dari botol, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini.


Alat dan bahan:
  • Minyak esensial, bisa menggunakan minyak kayu putih
  • lap kain yang kering 

Cara membersihkan:
  1. Siapkan botol bekas yang terdapat kertas stiker.
  2. lepaskan kertas stiker yang mudah dilepas dengan jari tangan.
  3. Siapkan lap kering lalu  tetesi dengan minyak kayu putih.
  4. Gosokkan lap yang telah mengandung minyak kayu putih tersebut ke sisa stiker yang masih menempel. 
  5. sekarang botol anda sudah bersih dan siap untuk digunakan.
Read More
Cara Mengembalikan & Merubah Warna Jeans Dengan Wantek

Cara Mengembalikan & Merubah Warna Jeans Dengan Wantek

Gambar celana jeans
Hampir setiap orang memiliki celana jeans, jenis celana yang tak lekang oleh waktu dan banyak digemari oleh seluruh kalangan ini memang sangat nyaman dipakai dalam berbagai situasi. Tapi dengan berlalunya waktu maka celana jeans kesayangan kita akan pudar/luntur warnanya, tekhnik mewantek (mewenter) jeans adalah salah satu cara perawatan jeans agar terlihat seperti baru. Anda ingin mengembalikan warna jeans atau memberi warna baru pada jeans anda? silahkan coba sendiri di rumah dengan menggunakan 'wantek', mudah dan murah.

Zat pewarna tekstil yang mamanya wantek ini adalah bahan pewarna pakaian yang hampir dapat dipakai untuk segala jenis pakaian baik itu kaos, kemeja, celana jeans dan lain sebagainya.

Kelebihan wantek adalah bahwa terdapat warna pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita serta harganya yang terjangkau, harga terakhir dari wantek ini sekitar 3000an, anda dapat menemuinya ditoko-toko kecil hingga toko besar. untuk lebih jelas mengenai cara mewarnai jeans ini silahkan ikuti tahapan-tahapannya di bawah ini.


Peralatan yang diperlukan:
  1. Panci berukuran sedang.
  2. Alat pengaduk, bisa dengan kayu atau alat pengaduk lain yang tahan panas
  3. Kompor

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1. Celana jeans. 
  2. Wantek, warna dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Pelindung tangan, dapat menggunakan Sarung tangan dari plastik atau karet untuk melindungi tangan Anda dari wantek. 

Tahap pembuatan:
  1. Masukkan  3 liter air bersih ke dalam panci (seperti aturan pada kemasan wantek), kemudian nyalakan komnpor, lalu tunggu hingga air di atas panci mendidih.
  2. Masukkan satu bungkus wantek ke dalamnya, lalu aduk hingga warnanya merata.
  3. Masukkan celana jeans yang igin diberi warna ke dalam panci.
  4. Celup-celupkan jeans menggunakan kayu pengaduk selama 15-30  menit agar warna wantek meresap ke seluruh serat jeans, apabila selama pengadukan/pencelupan ini air menjadi berkurang maka dapat ditambahkan air sedikit demi sedikit.
  5. Setelah wantek terserap jeans, matikan kompor lalu  angkat jeans dari panci lalu diamkan sebentar sampai air beserta jeans menjadi dingin.
  6. Sebelum dijemur cucilah jeans hanya dengan air bersih biasa, hal ini untuk menghilangkan kotoran dari hasil proses pencelupan.
  7. Jemurlah jeans yang sudah dicelup diruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, hal ini mencegah pudarnya warna jeans. dan diamkan jeans kering secara alami.
  8. Setelah kering, jeans dapat disetrika untuk kemudian dipakai.

Untuk menghasilkan warna jeans yang sesuai dengan selera, dibutuhkan pengalaman beberapa kali percobaan, yaitu jumlah bungkus wantek yang ditambahkan saat proses pengadukan/pencelupaan, cara-cara di atas dapat diterapkan pada jenis pakaian lain seperti kaus, kemeja, celana berbahan katun, dan lain-lain.

Hati-hati untuk mencelup bahan sutra, silk, brookat. karena bahan ini sangat sensitif terhadap panas sehingga mudah rusak saat proses pengadukan dan pencelupan.
Read More
CARA MEMASANG INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA

CARA MEMASANG INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA

Sebelum memasang instalasi listrik, sebaiknya baca pula artikel Saya yang berjudul "Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan instalasi listrik di rumah". Pemasangan instalasi di rumah-rumah sebaiknya dilakukan oleh orang yang profesional atau mengerti tentang seluk-beluk listrik misalnya para kontraktor instalatir yang sudah terbiasa menyambung peralatan listrik untuk kebutuhan rumah tangga. Meski demikian tidak ada salahnya bila kita sebagai pemilik rumah mengetahui tentang cara merangkai instalasi listrik di rumah, karena belajar itu adalah wajib apalagi saat sekarang sudah banyak sumber informasi yang dapat kita dapatkan secara mudah.

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang kelistrikan perlu suatu tekad yang kuat dan kesabaran, sebagusnya bila kita ingin belajar listrik hendaklah pelajari dahulu hal-hal yang mudah sedikit demi sedikit.

Sebelum kita lanjutkan dengan pelajaran selanjutnya sebaiknya pelajari dulu beberapa peralatan listrik yang ada di rumah agar tidak salah pasang yang seperti di bawah ini:

gambar saklar tembok
saklar 
gambar kabel listrik
kabel
gambar steker
Steker
gambar stopkontak
stop kontak
gambar fitting lampu
fitting

Pada postingan Saya kali ini akan membahas hal-hal sederhana yang berhubungan dengan instalasi listrik yang umum ada di rumah anda. berikut ini saya berikan beberapa contoh sederhananya, untuk tahap-tahapannya silahkan dibuka tautannya:

-Cara menyambung/melilit kabel listrik tunggal
-Cara menyambung kabel ke steker
-Cara memasang kabel ke stopkontak
-Cara merangkai kabel untuk fitting lampu + saklar
-Cara merangkai kabel untuk fitting lampu+saklar+Stopkontak

Gambar Cara menyambung/melilit kabel listrik tunggal

Gambar Cara menyambung kabel ke steker









Cara memasang kabel ke stopkontak
gambar instalasi kabel ke stopkontak
Gambar Cara merangkai kabel untuk fitting lampu + saklar
gambar instalasi listrik untuk saklar+lampu

Gambar Cara merangkai kabel untuk fitting lampu+saklar+Stopkontak
gambar instalasi listrik stopkontak+saklar+fitting lampu
Demikianlah beberapa contoh sederhana sambungan, rangkaian, dan pemasangan untuk instalasi listrik pada rumah tangga yang sederhana, untuk rangkaian yang lainnya silahkan dilihat pada artikel terkait di bawah postingan ini.
Read More
TIPS MERAWAT KANEBO/CHAMOIS

TIPS MERAWAT KANEBO/CHAMOIS

gambar lap kanebo/chamois
Saran untuk dibaca: "Cara menggunakan lap kanebo/chamois"

Kanebo atau chamois adalah sebutan untuk lap yang dipakai untuk menghilangkan sisa-sisa butiran air yang melekat pada lapisan terluar mobil atau motor, meski kadang-kadang jenis lap ini dapat juga digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga, lap jenis ini memiliki kemampuan menyerap air dengan baik, hal ini dikarenakan kanebo terbuat dari bahan yang lentur dengan kerapatan serat yang baik, berseda dengan jenis lap lain yang terbuat dari jenis kain biasa yang kurang mampu untuk menyerap air.

Lap kanebo memiliki beberapa kelebiahn dari jenis lap biasa, diantaranya adalah: dapat menyerap air dengan baik, mudah untuk diperas bila ingin mengurangi air yang ada di dalamnya, minim goresan(sedikit meninggalkan goresan), mudah untuk dibersihkan.

Bagi anda yang terbiasa mencuci kendaraan sendiri tentu tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, lap yang cukup populer ini adalah jenis lap yang banyak digunakan untuk membersihkan bagian terluar kendaraan baik itu mobil ataupun motor, lap ini memiliki kemampuan daya serap yang tinggi terhadap air, karena hal tersebut maka sangan berguna sekali untuk mengeringkan mobil atau motor pada bilasan terakhir.

Dengan kemampuannya menyerap air maka lap jenis ini harus dirawat dengan baik agar dapat tahan lama dan selalu siap untuk digunakan kapan saja, berikut tips merawat kanebo/chamois.
  • Gunakan lap ini pada bilasan terakhir yaitu setelah seluruh bagian kendaraan telah dibilas dengan air bersih, jadi sudah tidak ada lagi sisa-sisa buih sabun yang melekat.
  • Bila saat digunakan, lap menjadi sangat basah dan perlu diperas maka usahakan untuk tidak diplintir tetapi cukup dikepal dengan jari telapak tangan, hal ini untuk menghindari agar lap tidak mudah robek.
  • Hindari mengelap bagian yang mengandung minyak, oli, bensin, atai cairan lain selain air.
  • Jangan menjemur kanebo sampai kering, karena akan membuat kaku lap tersebut, karena saat kanebo dalam keadaan kering akan menjadi rapuh, jadi sangat rentan robek.
  • Setelah selesai dipakai simpanlah lap di tempat/wadahnya dengan syarat kanebo masih dalam keadaan basah/lembab.
  • Bila akan membersihkannya janganlah menggunakan sikat, karena akan merusak serat nya.
  • Hindari mencuci dengan deterjen.
  • Jangan mencuci kanebo dengan mesin cuci.
Cara mencuci kanebo:
  1. Rendam dalam air bersih lalu dikucek sedikit dan diperas hingga bersih,
  2. Ulangi proses tersebut untuk beberapa kali sampai lap benar-benar bersih, 
  3. Bila ada kotoran atau noda yang sulit hilang maka cobalah untuk menyemprotnya dengan air bertekanan, Agar seluruh kotoran yang masuk ke dalam serat dapat terbawa oleh aliran air.
  4. Setelah selesai dicuci sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan masih dalam keadaan basah.
  5. Bila ingin memberi sabun hendaknya dicoba dengan sabun mandi cair yang tidak merusak lap.
Read More