Ayo buat Peralatan Dapur anda Bersih dan Kembali Cantik

kulkas/lemari es
Dapur adalah salah satu awal dari sumber kualitas kesehatan kita, karena di sanalah proses pembuatan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi dikerjakan, bila dapur kita sehat dan bersih maka akan berdampak pula peningkatan kualitas kehidupan kita.

Selain dapur yang higienis, kebersihan dapat pula membuat dapur anda terlihat cantik setiap saat, berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk hal tersebut pada beberapa peralatan di dapaur kita.

Microwave
Untuk mengangkat kotoran bersihkan bagian dalam microwave memakai kain lembab. Cuci pula meja putar atau tatakan microwave. Isi mangkuk microwave dengan empat sendok makan baking soda dan air secukupnya. Panaskan selama dua menit. Biarkan pintu tertutup selama lima menit lalu keluarkan mangkuknya. Ganti mejanya ketika selesai dibersihkan dan buang kotoran pada bagian bawah luar microwave.

Kulkas
Keluarkan seluruh makanan dan wadah yang ada di dalamnya, bersihkan bagian dalam yakni dinding kulkas dengan spon lembut yang telah diberi air hangat. Keluarkan seluruh rak kemudian cucilah di tempat terpisah menggunakan air dan sedikit sabun. untuk membersihkan bagian freezer matikanlah kulkas/lemari es anda lalu biarkan es mencair dengan sendirinya kemudian keringkan dengan kain lap kering.

Oven dan kompor
Bersihkan bagian dalam oven atau gunakan pembersih oven. Bersihkan pula bagian tombol secara menyeluruh. Gunakan minyak atau larutan baking soda dalam membersihkannya.

Kitchen set
Bersihkan bagian dalam dan luar menggunakan kain lap yang lembab, bila terdapat noda yang sulit hilang, tambahkan sedikit sabun cuci piring yang mengandung lemon atau jeruk.

Alat dapur dengan ukuran yang kecil
Alat dapur yang berukuran kecil tersebut misalnya: pemanggang roti, mesin kopi, blender, mixer, dan peralatan lainnya. Untuk membersihkan peralatan tersebut gunakan cuka putih dan air untuk membersihkan peralatan yang memiliki mesin, seperti blender maupun mesin kopi.

Demikianlah beberapa tips praktis dalam menjaga kebersihan dan keindahan peralatan dapur, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi tautannya yang ada pada masing-masing peralatan.

Cara Mencuci Pakaian Dengan Tangan

label/lambang pada pakaian boleh dicuci dengan tangan
Mungkin diantara pembaca pernah mengalami situasi dimana tidak dapat menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian. Hal tersebut dapat diakibatkan karena rusaknya mesin cuci, padamnya aliran listrik di rumah, ataupun pada saat kita sedang berada di lingkungan jang memaksa kita harus mencuci tanpa mesin misalnya saat berkemah.

Sebelum ditemukannya mesin cuci, orang-orang zaman dulu sudah terbiasa mencuci baju menggunakan tangan secara langsung, dan hasilnya pun bersih, bahkan lebih bersih daripada mencuci dengan mesin cuci karena kotoran akan terlihat langsung sehinga lebih mudah untuk dibersihkan

Kali ini Admin akan mencoba berbagi dengan pembaca tentang cara atau tips mencuci pakaian dengan tangan, untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini:
  1. Siapkanlah sebuah wadah agak besar (disesuaikan dengan jumlah pakaian yang akan dicuci), anda dapat menggunakan ember, baskom/panci plastik ataupun bak/jolang plastik.
  2. Masukkan air ke dalam wadah yang telah disiapkan tersebut kira-kira tiga perempatnya.
  3. Pisahkan pakaian putih dengan pakaian yang berwarna lainnya, hal ini untuk menghindari pakaian yang putih agar tidak terkena warna dari pakaian berwarna yang luntur. Jangan lupa untuk melihat arti label pada pakaian apakah dapat dicuci dengan tangan atau tidak.
  4. Tuangkan detergen ke dalam wadah yang telah berisi air lalu diaduk-aduk sebentar agar deterjen dapat terlarut bersama air, lalu masukkan pakaian kotor satu-persatu ke dalamnya.
  5. Diamkanlah rendaman kira-kira 15 sampai 30 menit. saat perendaman sebaiknya jangan terlalu lama. Setelah itu barulah memulai mencuci.
  6. Apabila terdapat noda cobalah hilangkan dengan menggosokkan sabun cuci langsung ke noda menggunakan sikat kecil di kedua sisi (luar dan dalam).
  7. Setelah selesai dengan membersihkan noda lakukanlah pembilasan, peraslah pakaian lalu rendam di dalam air bersih.
  8. Setelah direndam kemudian pakaian dibilas, lalu peras pakaian dengan lembut.
  9. Apabila masih terdapat buih sabun lakukanlah perendaman dan pembilasan ulang sampai pakaian benar-benar terbebas dari buih sabun dan sisa kotoran.
  10. Setelah pakaian terlihat bersih maka proses terakhir adalah menjemurnya, menjemur pakaian jangan terlalu lama dan bolak-baliklah pakaian agar keringnya merata, bila sudah terasa kering segeralah diangkat, hal ini untuk menghindari pudarnya warna pakaian.

Macam-Macam Mesin Cuci (kelebihan dan kekurangan)

Terdapat beberapa jenis mesin cuci yang umum digunakan di rumah, beberapa dari jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi anda yang memerlukan informasi tentang jenis mesin cuci yang bagus/baik, atau anda yang masih bingung dalam memilih dan membeli mesin cuci mungkin artikel ini sedikit membantu, untuk lebih jelasnya mari iita baca uraiannya di bawah ini.
mesin cuci satu tabung, front loading

1. Mesin cuci satu tabung/satu pintu

Pada jenis mesin cuci ini terdapat dua bentuk yang berbeda menurut cara memasukkan pakaian ke dalamnya yakni: mesin cuci pintu atas(top loading) dan mesin cuci pintu depan(front loading).

Mesin cuci pintu depan(front loading) memiliki satu buah tabung yg terbuat dari stainles steel. Dengan posisi vertikal dgn sistem kerja yang horisontal. Beberapa kelebihan dari jenis mesin cuci ini adalah:
  • Bentuknya besar sehingga memiliki kapasitas yang mampu menampung banyak cucian.
  • Penggunaan air yg sedikit/hemat.
  • Pakaian yang dicuci tidak mudah rusak karena proses kerjanya tidak menggunakan pulsator dan putaranya tidaklah terlalu cepat.
  • Cara menggunakanya pun sangat praktis hanya dengan menekan satu tombol maka semua proses pencucian akan beres hingga proses pengeringan selesai.
Selain kelebihan, ada juga kekuranganya dari mesin cuci ini yaitu boros penggunaan listrik, selain itu harga mesin cuci ini boleh di bilang masih mahal.

Mesin cuci pintu atas(top loading) memiliki tabungyaqng terbuat dari stainles steel dengan ukuran lebih besar dibanding mesin cuci dua tabung, hal tersebut dikarenakan mesin memiliki fungsi ganda yaitu pencucian dan pengeringan secara otomatis, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga kita. Karena segalanya sudah serba otomatis maka tidak diperlukan perhatian yang lebih saat proses pencucian. Kelebihan dan kekurangannya tidak jauh beda dengan Mesin cuci pintu depan(front loading), hanya saja kita perlu memperhatikan dalam pemilihan jenis pakaian yang akan dicuci karena mesin ini menggunakan pulsator yang akan memutar pakaian yang memungkinkan pakaian dengan bahan rapuh akan mudah rusak, cara mengatasinya adalah dengan memilih jenis pakaian yang akan dicuci.

Terdapat dua jenis mesin cuci yang bekerja dengan sistim otomatis, yaitu:
  1. Full computerized, mesin cuci akan bekerja sendiri setelah kita menekan tombol sebelum mencuci dan akan berhenti setelah seluruh proses pencuian dan pengeringan selesai.
  2. Semi computerized, namanya saja semi berarti  belum seutuhnya bekerja secara otomatis, kita akan dilibatkan pada beberapa proses pencucian dari mulai menekan tombol start, pause atau menekan tombol MENU untuk melihat apa yang dilakukan mesin seperti:  hanya cuci, hanya membilas, atau hanya mengeringkannya.

mesin cuci dua tabung, top loading
2. Mesin cuci dua tabung/twin tube

Mesin cuci dua tabung/twin tube paling banyak digunakan oleh masyarakat kita, mungkin karena harganya yang lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis mesin cuci yang telah dijelaskan sebelumnya. Salah satu kekurangannya adalah cara pengoperasiaannya yang masih manual, yakni masih memakai tombol putar mulai dari memutar tombol untuk mencuci, mengeringkan dan membuang air. Sehingga diperlukan perhatianlebih saat kita melakukan proses pencucian. Sehingga diperlukan tenaga dan perhatian yang lebih.

Kelebihan Mesin cuci dua tabung/twin tube:
  • Hasil cucian yang lebih bersih.
  • Hemat listrik karena pemakaian listrik yg ekonomis sehingga dapat digunakan pada rumah dengan daya listrik  450watt.
  • Perawatan yg mudah dan murah. harga sparepartnya lbh murah dibanding mesin cuci otomatis.
Cara mengoperasikan Mesin cuci dua tabung/twin tube:
  1. Pertama merendam cucian di dalam tabug yang berukuran lebih besar(tabung khusus untuk mencuci).
  2. Setelah direndam maka mulailah dengan proses pencucian dan pembilasan di dalam tabung tersebut.
  3. Terakhir adalah proses pengeringan dengan menggunakan tabung yang berukuran kecil yakni tabung khusus untuk mengeringkan. (untuk lebih jelasnya mengenai proses pencucian dengan dua tabung dapat dibaca di: "Cara mencuci menggunakan mesin cuci dua tabung")

Tips Aman Menggunakan Tabung Gas

Gambar Tabung Gas 3 Kg
Saya yakin semua pembaca pasti sudah tidak asing lagi dengan tabung gas, apalagi setelah dilakukannya konversi minyak tanah ke tagung gas 3Kg. Di dalam tabung gas terdapat zat gas yang mudah sekali terbakar dan beresiko kebakaran, untuk menghindari hal tersebut silahkan dibaca uraiannya di bawah ini:

Sebelum menggunakan tabung LPG :

  • Jauhkan tabung gas dari nyala api terbuka
  • Pastikan tombol kompor dan regulator yang dipasang dalam posisi tertutup
  • jauhkan selang gas dari nyala api dan barang tajam yang mengakibatkan robeknya selang.
  • Hindari terjepit/tertindihnya selang oleh beban berat.
  • Pastikan kompor, regulator dan selang dalam keadaan baik.

Cara menyimpan tabung LPG :

  • Penyimpanan harus kokoh dan stabil sehingga tidak akan terjatuh, mengguling atau menyentuh benda keras.
  • Tabung harus disimpan pada tempat yang kering, tidak basah terhindar dari bahaya karat/korosi.
  • Usahakan terdapat ventilasi di tempat penyimpanan.
  • Tabung harus dalam keadaan berdiri.
  • Tabung tidak langsung terkena sinar matahari atau sumber pemanasan lainnya secara langsung.

Tahapan pencegahan kebocoran gas :

  1. Pada saat kompor tidak digunakan maka Katup/tombol kompor harus pada posisi tertutup, bila tombol rusak jangan digunakan.
  2. Pastikan sambungan pada regulator dalam keadaan kuat dan tidak mudah lepas.
  3. Saat akan memasang regulator, periksa apakah pada lubang mulut gas/valve terdapat seal/karet gelang, periksa juga apakah seal tersebut dalam keadaan baik (tidak rapuh/sobek).
  4. Bila terjadi kebocoranyang bukan diakibatkan oleh seal karet tetapi oleh regulator, maka lepaskan regulator dan jangan dipakai lagi.
  5. Apabila tabung lama tidak digunakan, tutuplah valve dengan bekas seal cap.

Langkah-langkah mengatasi kebocoran gas :

  1. Tutuplah regulator atau lepaskan regulator dari tabung
  2. Bawalah tabung gas ke ruang terbuka, hal ini dilakukan untuk menghindarkan tabung dari api.
  3. Menutup tabung dengan karung sampai apinya padam
  4. Memadamkan dengan alat pemadam jenis CO2 atau DPC (Dry Powder Chemical).

Demikianlah Tips Aman Menggunakan Tabung Gas, semoga bermanfaat bagi anda.

(Sumber:  http://regional.kompasiana.com)