Cara Mencuci Baju Bekas

Baju
Mungkin diantara kita ada yang suka membeli baju atau pakaian bekas pakai yang dijual di tempat umum, alasan orang untuk memilih baju bekas karena harganya yang terjangkau dan model yang unik, selain itu pakaian tersebut meskipun bekas tapi masih layak pakai.

Kebanyakan pakaian tersebut berasal dari luar negri, misalnya saja dari korea ataupun china. Untuk menghindari penyebaran penyakit dari pakaian bekas tersebut setelah kita membeli pakaian bekas sebaiknya pakaian tersebut dicuci dahulu dengan benar agar terbebas dari bibit penyakit ataupun kotoran yang tersisa.

Cara mencuci :

  1. Siapkanlah air panas lalu masukkan ke dalam wadah/ember lalu campurkan cairan anti kuman yang banyak dijual di pasaran.
  2. Masukkan pakaian ke dalam ember yang telah berisi air panas dan cairan anti kuman lalu diamkan selama semalaman.
  3. Setelah melewati waktu tersebut angkatlah pakaian lalu diperas, siapkan ember yang bersih lalu diberi air bersih pula kemudian masukkan pakaian tadi untuk dilakukan pembilasan.
  4. Proses selanjutnya adalah mencuci pakaian seperti biasa yakni dengan merendam pakaian ke dalam air yang berisi deterjen/sabun cuci baju, lalu diamkan selama 15 sampai 30 menit agar kotoran terlepas dari serat pakaian.
  5. Setelah direndam lakukan pembersihan noda, bisa dengan dikucek ataupun disikat, atau dengan mesin cuci.
  6. Setelah itu lakukan pembilasan pada air bersih beberapa kali sampai buih deterjen pada pakaian tidak terlihat lagi.
  7. Terakhir adalah memeras dan mengeringkan pakaian di panas matahari.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Kabel Listrik di Rumah

peralatan listrik
Mungkin dari pembaca banyak yang memiliki keahlian dalam pemassangan instalasi listrik di rumah meski hanya sebatas otodidak (belajar sendiri). Kesalahan dalam pemasangan listrik yang kurang memperhatikan pedoman pemasangan beresiko terhadap bahaya, misalnya saja yang umum terjadi adalah kebakaran.

Untuk menghindari resiko kesalahan pemasangan alangkah baiknya kita memperhatikan persiapan sebelum pemasangan dan setelah pemasangan, dalam hal ini kita harus mengecek ulang apakah pemasangan sudah benar atau belum sebelum listrik kita alirkan.


Persiapan sebelum pemasangan.

1. Bahan-bahan
Sebaiknya gunakanlah bahan atau peralatan listrik yang sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya gunakan SNI. Misalnya untuk ukuran kabel pada jalur utama menggunakan ukuran 2,5mm atau diatasnya, dan menggunakan kabel tunggal (bukan serabut) untuk seluruh jalur kelistrikan.

2. Peralatan/ alat kerja
Lengkapi alat untuk pemasangan listrik sesuai dengan kebutuhan, misalnya: obeng  +/-, tang kombinasi, isolasi, palu, tespen, dan lain-lain. Dengan demikian kita tidak akan kesulitan dalam melakukan seluruh jenis pekerjaan listrik.

3. Lengkapi peralatan pendukung alat yang akan dipasang
misalnya gunakan klem untuk pemasangan kabel pada kayu/plafon, isolasi khusus untuk kabel listrik,

4. Siapkan diri kita.
Pastikan kita mempelajari dengan cermat tentang tekhnik pemasangan listrik, lebih bagus lagi bila kita menggambar sekema/jalur listrik yang akan dipasang, sehingga kita tidak akan kesulitan saat akan memasang nanti.

5. Gunakan asisten.
Bila memungkinkan minta bantuan orang lain untuk menemani kita saat pemasangan, hal ini untuk memudahkan apabila kita memerlukan bantuan yang tidak dapat kita kerjakan sendiri. Sebelum melakukan pekerjaan pastikan aliran listrik di rumah dimatikan.

Pemeriksaan ulang

Apabila kita telah selesai melakukan pemasangan instalasi listrik di rumah, sebaiknya sebelum menyalakan kembali aliran listrik, periksa ulanglah seluruh hasil kerja kita, misalnya:

  • Periksa setiap sambungan kabel apakah terpasang dengan kuat dan benar.
  • pastikan kabel positif yang menuju fitting lampu melalui saklar.
  • Jangan sampai tertukar antara kabel positif, negatif ataupun grounding/arde.

Demikianlah posting Saya kali ini tentang Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Kabel Listrik di Rumah, untuk mempelajari tentang cara pemasangan instalasi yang lainnya silahkan dilihat pada kategori "Instalasi listrik".

Tips Merawat Handycam atau Camcorder

Handycam atau Camcorder
Handycam atau camcorder adalah salah satu alat yang berfungsi merekam video yang mudah untuk dibawa kemana mana. Karena bentuknya yang kecil, sehingga alat ini cocok untuk digunakan dimanapun

HandyCam adalah alat elektronik yang harus diperlakukan dengan baik dan benar, agar selalu dalam keadaan siap pakai kapanpun dan dimanapun, selain itu dengan perawatan yang baik maka umur dari alat ini akan lebih panjang. Berikut ini 4 cara merawat handycam:

Kebersihan
Jagalah selalu kebersihan handycam, diantaranya adalah dengan memastikan tangan kita selalu dalam keadaan bersih sebelum mengoperasikan alat ini, bersihkanlah seluruh bagian luar dengan lap kering dari debu dan kotoran misalnya pada bagian lensa,lcd, tombol dan lain-lain.

Pada saat membersihkan camcorder diharapkan untuk tidak menggunakan sembarang tissue atau kain yang justru bisa merusak bagian dari camcorder. Gunakanlah kain yang memang didesain khusus untuk membersihkan camcorder supaya lebih aman dan awet.

Baterai
Apabila Handycam tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepaskanlah baterai dari dudukannya, ini berguna apabila terjadi kebocoran pada baterai tidak akan meluas ke komponen bagian dalam yang akan merusak handycam.

Penyimpanan
Hindari meletakkan handycam di tempat yang lembab karena tempat yang lembab akan mengundang datangnya jamur yang bisa menempel di bagian manapun dari handycam anda. perlu dijaga juga agar tidak menaruh handycam anda di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung maupun tidak langsung, misalnya di dalam kendaraan seperti mobil yang masih panas. Sebaiknya Anda menyimpan pada tas khusus Handycam yang dapat menghindari cahaya, panas dan debu yang akan merusak handycam Anda.

Media penyimpan data
Sebaiknya setiap selesai melakukan perekaman segeralah menyimpan data handycam ke komputer Anda, hal ini untuk menyelamatkan data yang telah anda buat oleh handycam.

Kaki Anda Bau? Inilah Cara Mengatasinya

kaus kaki bau
Mungkin diantara pembaca ada yang merasa kesal dengan aroma yang dikeluarkan oleh kaki, bagaimana tidak, aroma yang tidak sedap tersebut bukan saja mengganggu pemilik kaki tapi juga orang lain yang berada di dekatnya. Bau berupa aroma tidak sedap yang ditimbulkan kaki biasa disebut dengan bromodosis.

Salah satu penyebab bau adalah kelenjar apokrin (kelenjar yang bisa menghasilkan bau), Selain itu sepatu dan kaus kaki pun bisa menyebabkan aroma tidak sedap pada kaki. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kondisi kaki dan alas kaki untuk menghindari aroma tidak sedap pada kaki, seperti dikutip dari Medical News Today, Jumat (22/11/2013):

Cara menghilangkan bau pada kaki:

1. Cucilah kaki dengan air hangat secara teratur
Ternyata air hangat bisa membunuh bakteri lebih baik dibanding air dingin. Saat mencuci kaki, ada baiknya tambahkan minyak teh. Setelah itu keringkan kaki terutama di sela-sela jari.

2. Memilih kaus kaki yang tepat
Pilihlah kaus kaki yang dapat menyerap keringat dengan baik, misalnya kaus kaki yang terbuat dari serat alami seperti katun atau setidaknya kombinasi serat buatan dan wol. Selain itu gantilah kaus kaki Anda setiap hari.

3. Pilih sepatu yang tepat
Hindarilah sepatu yang berbahan plastik. BIla anda memakai sepatu dalam jangka waktu lama, berilah kaki anda kesempatan untuk bernafas dengan cara melepasnya sesekali. Jika kaki Anda mudah berkeringat, sebaiknya jangan gunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut dan biarkan sepatu benar-benar dalam keadaan kering.

4. Bersihkan kulit mati pada kaki
Biasanya bakteri sangat senang hidup pada kulit mati, jadi Jika di telapak kaki terdapat kulit mati, sebaiknya hilangkan kulit mati itu menggunakan batu apung dengan cara digosok.

5. Berjalan tanpa alas kaki
Selain membuka sepatu, cara lain untuk memberi kesempatan pada kaki untuk bernapas adalah dengan cara berjalan tanpa alas kaki, selain itu berjalan tanpa alas kaki di atas hamparan yang tidak rata akan membuat sehat sel-sel syaraf.

6. Gunakan deodoran
Kunjungi Dokter anda bila ternyata bau kaki sulit dihilangkan, penggunaan deodoran dapat membantu bau kaki selain itu juga dapat menghilangkan bibit penyakit. (Sumber: detikhealth)

Cara Agar Susu Tidak tumpah Saat Dipanaskan

susu yang dihangatkan dalam panci
Kadang-kadang kita ingin menikmati susu dalam keadaan hangat, dan salah satu cara yang kita lakukan adalah dengan menghangatkannya di dalam panci yang diletakkan di atas kompor.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan ketika memanaskan susu. Di awal mendidih, hanya terdapat beberapa gelembung di tepinya, tapi begitu Anda mengalihkan pandangan untuk pekerjaan lain, tiba-tiba susu beruap dan menyembur ke luar panci hingga mengotori kompor.

Anda mungkin berpikir susu sama halnya dengan air, ketika mendidih maka cairan akan menguap. Namun, konsentrasi lemak yang tersisa dan protein menyebakan munculnya lapisan tebal di bagian atas panci.

Lapisan hasil konsentrasi ini akhirnya menjadi lebih tebal sehingga uap air yang naik melalui susu tidak dapat tembus dan terjebak. Uap air akhirnya mengumpul dan berusaha menembus dengan cara memberikan dorongan yang lebih kuat sehingga susu tersembur ke luar panci. Sama halnya ketika Anda memasak santan, seperti diulas Thekitchn, Selasa (19/11/2013).

Untuk mencegahnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah mengaduk susu setiap beberapa menit untuk memecah lapisan di atas permukaan susu sehingga memungkinkan uapnya keluar. Pastikan pemanasan terjadi secara merata.

Cara lainnya, dengan meninggalkan sendok bergagang panjang di dalam panci. Pegangan sendok akan menyediakan saluran agar uap dapat keluar ke udara sehingga mencegah susu tersembur ke luar panci. (sumber: Okezone)

Demikianlah Cara Agar Susu Tidak tumpah Saat Dipanaskan, baca juga: "Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan"

Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan

Susu dapat dinikmati dalam keadaan dingin ataupun hangat, susu yang diminum dalam keadaan hangat akan memberi sensasi tersendiri dalam menikmati minuman sehat ini. Tetapi perlu diketahui pula bahwa kesegaran susu murni bisa rusak jika Anda salah memasaknya. Susu cair rentan terpisah antara lemak dan air sehingga kesegarannya bisa berkurang.

Oban Subur, pemilik Sumur (Susu Murni) Kartini Pak Oban Sobar, yang dilansir Okezone di Cirebon, baru-baru ini mengatakan. “Jika digodok langsung ke dalam panci maka susu akan  menyusut,”

Sebaiknya jangan langsung menuangkan susu murni ke dalam panci, sebab susu jadi terkena langsung dengan logam. Ini bisa mempengaruhi kualitas dan rasa susu cair.

Untuk menghangatkannya adalah dengan cara merebus, yaitu dengan memasukkan susu yang masih dalam kemasan plastik ke dalam air hangat. Usahakan panas susu stabil, berkisar antara suhu 60-70 derajat Celsius. Cara tersebut adalah cara teraman dalam menjaga kualitas susu.

“Jika terlalu panas, busanya akan keluar dan lemak dan air pada susu akan terpisah,” lanjutnya.

Susu mengandung protein yang bersifat tidak tahan panas (termolabil). Jika pemanasannya tetap berlanjut maka protein dalam susu akan rusak (denaturasi). (sumber Okezone)

Demikianlah cara Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan, baca juga artikel lainnya tentang susu cair di: "Cara Menyimpan Susu Dalam kulkas Agar Tetap Segar"

Cara Menyimpan Susu Dalam kulkas Agar Tetap Segar

KUlkas
Susu adalah salah satu minuman yang mudah dan cepat sekali  menurun kualitasnya dibandingkan bahan lainnya. Meski kita menyimpannya di dalam kulkas, belum tentu dapat memperpanjang umur susu, terlebih bila kita tidak tahu trik cara menyimpannya.

Berikut ini beberapa cara sederhana agar susu yang tersimpan di dalam kulkas lebih lama daya tahannya, tips ini bisa membantu anda menjaga susu tetap segar dalam jangka waktu lebih lama:

1. Saat membeli susu perlu diperhatikan agar memilih produk yang kadaluarsanya masih lama, ini berguna agar susu dapat disimpan lebih lama tanpa melewati tanggal kadaluarsanya.

2. Simpan segera susu yang baru anda beli, ke dalam kulkas. Letakkan susu agak ke bagian dalam kulkas.  Untuk menghindari rusaknya tekstur, rasa, dan aroma susu maka jauhkan dari makanan beraroma kuat.

3. Agar susu tetap segar dalam waktu yang lebih lama atur suhu kulkas maksimal 4,5 derajat Celsius, karena Idealnya, susu disimpan pada suhu 0 derajat Celsius.

4. Setelah dikonsumsi dan masih terdapat sisa, maka simpanlah kembali susu ke dalam kulkas. Susu dapat lebih cepat membusuk apabila dibiarkan terbuka pada suhu ruangan, walaupun hanya beberapa menit. Susu dapat berubah menjadi asam hanya dalam waktu beberapa saat saja..

5. Tutuplah susu dengan rapat saat sedang tidak dikonsumsi. Anda boleh membuka kemasan karton susu ketika Anda ingin menuangkan susu.

Demikianlah Cara Menyimpan Susu Dalam kulkas Agar Tetap Segar, mudah-mudahan dengan kita akan menikmati susu selalu dalam keadaan siap dikonsumsi.

Susu dapat juga dinikmati dalam keadaan hangat, anda dapat membacanya di: "Cara Menjaga Kualitas dan Rasa Susu Cair Saat Dipanaskan"

Tips dan Cara Merawat Laptop

gambar laptop
Laptop dirakit dengan komponen yang lebih kecil dari perangkat personal komputer sehingga sangat rentan mengalami gangguan kinerja bahkan kerusakan terutama pada bagian hard drive sehingga gadget ini sensitif terhadap perlakuan pengguna dan faktor luar seperti getaran, debu, air dan bahkan udara.

Berikut ini beberapa tips dan cara merawat laptop agar lebih awet dan tahan lama:

Cooling pad (kipas pendingin tambahan)
Cooling pad (kipas pendingin tambahan) adalah perangkat yang diletakkan di bawah laptop, perangkat ini biasanya dibeli terpisah saat anda memiliki laptop baru. Meski secara default terdapat kipas/blower di dalam laptop yang berguna untuk mendinginkan ruangan di dalam laptop, tetapi tetap saja bila anda terlalu lama menggunakan laptop maka seluruh komponen akan menjadi panas sehingga diperlukan pendingin tambahan.

Hati-hati mendownload software dari internet
Jangan mudah untuk mengunduh atau mendownload sofware atau perangkat lunak apapun dari intrernet, karena bisa saja di dalam perangkat lunak tersebut terdapat virus atau m4lware yang dapat merusak kinerja komputer atau akun pribadi anda. Untuk menghindari hal tersebut maka bila akan mengunduh pastikan dari sumber yang jelas dan terpercaya, atau gunakan virus scan andalan anda.

Gunakan hanya software yang berguna
Mungkin anda akan menemukan begitu banyaknya sofware yang menggoda anda untukdiginstal ke komputer, tetapi Saya sarankan janganlah menginstal sofware yang jarang atau tidak akan pernah anda butuhkan karena hal tersebut sia-sia saja bahkan akan menambah berat loading.

Gunakan anti virus yang handal
untuk mencegah penggunaan yang tidak wajar dari akun pribadi atau serangan virus, sebaiknya gunakan antivirus lokal dan anti virus buatan luar yang telah teruji kehandalannya

Bersihkan laptop anda
Jagalah kebersihan laptop anda dari debu dan kuman penyakit dengan cara  membersihkannya dengan kain lembut setiap habis dipakai. Selain itu gunakan juga pelindung layar dan pelindung keypad.

Jauhkan laptop dari perangkat listrik
Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

Serahkan kerusakan laptop pada yang ahli
Meski anda mengetahui sedikit tentang elektronika, sebaiknya hindari membetulkan sendiri laptop. karena mungkin saja bukan menjadi benar malah laptop akan semakin parah kerusakannya.

Hindari melepas baterai laptop
Usahakan baterai selalu terpasang pada laptop meski anda sedang menggunakan listrik di rumah, jadi apabila terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba maka laptop tidak akan mati tapi tenaganya langsung digantikan oleh baterai yang terpasang.

Cara Menghadapi Banjir yang datang dengan tiba-tiba

Posting Saya kali ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Antisipasi Sebelum Datangnya Banjir". Pada postingan tersebut dijelaskan tentang persiapan kita menghadapi datangnya banjir, jadi banjirnya belum datang. Sedangkan pada posting kali ini dijelaskan tentang cara menghadapi banjir yang sudah datantg.

Apabila anda sudah membaca postingan "Antisipasi Sebelum Datangnya Banjir" pasti tidak akan kesulitan dalam mengikuti cara-cara dalam halaman ini. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menghadapi banjir yang sudah datang silahkan dibaca uraiannya di bawah ini:

1. Bila banjir datang dengan tiba-tiba maka jangan panik, segera bangunkan seluruh anggota keluarga kemudian dibawa ke tempat yang lebih tinggi. Lalu matikan aliran listrik di rumah.

2. Bila memungkinkan pasang tanggul di depan rumah atau di depan pintu agar air tidak masuk ke dalam rumah.

3. Amankan barang-barang berharga agar jangan terendam air seperti surat-surat berharga, kendaraan bermotor, dan alat elektronik, bila di rumah terdapat lantai atas, segera pindahkan barang-barang tersebut ke lantai atas.

4. Apabila ketinggian air bergerak naik secara cepat carilah tempat yang lebih tinggi. dan tunggu bala bantuan datang.

Demikianlah penjelasan tentang cara menghadapi banjir, apabila terdapat kekurangan silahkan ditambahkan di kolom komentar. Tunggu postingan Saya selanjutnya tentang cara membersihkan rumah pasca banjir.

Tips Merawat Sepeda

Sepeda gunung
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau lebih yang digerakkan oleh tenaga manusia, seiring dengan gencarnya kampanye bumi hijau, yang bermanfaat menyelamatkan bumi dari kotornya udara oleh asap kendaraan bermotor, maka keberadaan sepeda ini semakin populer.

Seperti ditulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.

Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat "primitif". Ada yang bilang tanpa pedal tongkat itu (tatocipede) bisa bergerak tapi bagaimana? Rick Boneshaker akan menjawabnya. Katanya "Oh,ini jawabannya. Dua orang harus memutar engkol di sisi kanan dan kiri sepeda "primitif" tersebut dengan pedoman kecepatan mendekati 109 km/jam. Setelah itu, tatocipede akan bergerak sesuai kecepatan engkol berputar dengan urutan sebagai berikut: kiri,kanan, berputar, atas, depan, bawah, belakang, barat laut. Tidak sulit kan?"

Berikut tips merawat sepeda secara sederhana:

1. Jaga agar sepeda anda selalu dalam keadaan bersih dengan cara mencuci sepeda dengan air dan sabun agar bagian-bagian yang berpelumas menjadi bersih. Bagian yang wajib dibersihkan adalah: sprocket, chain ring pada crank, kabel, kanvas rem serta rotornya dan pulley RD dengan sikat gigi.

2. Sehabis dicuci keringkan dengan kain lap yang halus (kanebo)
kemudian jemur sebentar agar sepeda benar-benar kering.

3. Untuk menjaga pergerakan komponen lumasi bagian-bagian tertentu dengan pelumas sepeda. Bagian yang perlu dilumasi :
rantai, baut-baut shifter (tuas pemindah gigi), tuas rem, pemindah gigi ban depan dan ban belakang, cleatless pedal, serta kabel rem dan gigi.

4. Karena pemakaian yang sering maka bagian-bagian ini sering kendor, maka periksa kembali baut-baut yang kendor, brake, bearing, kencangkan baut-baut agar aman saat digenjot.

5. Untuk menjaga keamanan dan keawetan sepeda maka usahakan jangan memarkir sepeda di lantai untuk jangka waktu yang lama, karena ban sepeda akan mengeras dan menyebabkan korosi pada velk alloy Anda. Menggantung sepeda akan lebih aman jika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Demikianlah Tips untuk cara merawat sepeda kesayangan anda, jenis apapun sepeda yang anda miliki mungkin perawatannya sama saja.

Antisipasi Sebelum Datangnya Banjir

Kali ini Saya akan berbagi dengan pembaca sekalian tentang persiapan menghadapi banjir sedangkan untuk cara menghadapi dan menanggulanginya akan dibahas pada kesempatan selanjutnya.

Berhubung di bulan november ini sudah masuk musim penghujan maka daerah-daerah langganan banjir seperti daerah bantaran kali, perkampungan yang berada di daerah cekungan haruslah bersiap-siap untuk menghadapi bencana banjir yang mungkin akan melanda.

Paparan di bawah ini hanya menjelaskan tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum datangnya bencana banjir, untuk lebih jelasnya mari kita baca bersama:

Pekerjaan yang dilakukan bersama:

1. Membersihkan saluran-saluran pembuangan air seperti selokan, got, dan sungai dari sampah agar aliran airnya menjadi lancar.

2. Membuat jadwal ronda/siskamling, agar dapat mengetahui banjir secara dini sehingga dapat memberi waktu warga masyarakat untuk mengungsi atau mempersiapkan segala sesuatu yang dianggap perlu.

3. Menyiapkan/menyediakan tempat penampungan/pengungsian yang aman.


Pekerjaan yang dilakukan masing-masing warga di rumah:

1. Membuat tanggul penahan arus air yang diletakkan di depan gerbang rumah atau depan pintu luar misalnya dengan tumpukan karung yang diisi pasir atau tanah.

2. Memindahkan seluruh kelistrikan ke tempat yang lebih aman, seperti stopkontak dan kabel-kabel.

4. Menempatkan peralatan/perabotan rumah yang rentan terhadap air ke tempat yang lebih tinggi, misalnya alat elektronik.

5. Menyiapkan peralatan kebersihan lengkap seperti sikat, lap kering, sekop, antiseptik (karbol) dan lain-lain yang ditempatkan di tempat yang aman, jadi setelah banjir surut kita tidak kebingungan mencari peralatan tersebut.

6. Mengamankan surat-surat berharga/penting ke dalam tempat yang aman, kedap air, dan ditempatkan di tempat yang kemungkinan tidak terjangkau oleh banjir.

Demikianlah penjelasan sederhana tentang bagaimana caranya mempersiapkan diri dan lingkungan kita sebelum datangnya bahaya banjir. semoga dapat mengurangi segala resiko saat datangnya banjir. bila ada tambahan dari pembaca silahkan isi di kolom komentar.

Cara Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor

Kadang-kadang kita kesal kalo atap rumah kita bocor pada waktu musim hujan, dan memang rata-rata, kita akan tahu atap rumah kita ada yang bocor pada waktu turun hujan.

Terdapat beberapa penyebab dari atap yang bocor, diantaranya adalah karena perubahan cuaca yang tiba-tiba, pada waktu musim kemarau atap rumah kita terkena panas matahari secara terus-menerus dann ketika datang musim hijan maka atap rumah kita akan terkena air hujan yang dingin, dengan demikian maka atap rumah seperti genting atau asbes akan retak sehingga menimbulkan celah yang dapat dimasuki air hujan.

Selain itu dapat pula diakibatkan oleh terkena jatuhan benda keras yang dapat menghancurkan atap. ada pula bocornya atap rumah diakibatkan oleh bergesernya salah satu genting sehingga terdapat lubang menganga, hal ini bisa diakuibatkan oleh ulah kucing yang ingin keluar dari dalam atap para rumah kita dengan menggeser salah satu genting.

Cara kebanyakan orang dalam mengatasi atap yang bocor adalah dengan mengganti genting atau atap yang bocor tersebut, tetapi bagaimanakah bila kita tidak memiliki cadangan genting atau asbes di rumah, berikut ini saya bagikan cara yang praktis dan mudah dalam menambal atap yang bocor tersebut tanpa mengganti dengan yang baru.

Peralatan dan bahan yang diperlukan:
  1. Styrofoam
  2. Koas ukuran sedang
  3. minyak Bensin
  4. Wadah
Cara membuat:
  1. Campurkan Styrofoam dengan cairan bensin dalam wadah
  2. Aduk kedua bahan tersebut sampai menjadi satu.
  3. Oleskan bahan yang menyatu tersebut ke bagian atap yang retak/bocor, lalu diamkan mengering dengan sendirinya.
Cara di atas hanya dapat digunakan pada atap yang retak saja atau lubang yang kecil.