Home » » 10 Langkah Cara Pasang Wallpaper Dinding rumah

10 Langkah Cara Pasang Wallpaper Dinding rumah

peralatan Wallpaper
Wallpaper adalah kertas khusus yang dipasang di dinding dengan cara ditempelkan pada dinding dengan menggunakan lem khusus pula. (baca juga: "Cara membuat lem Wallpaper sendiri di rumah")

Memasang wallpaper tidaklah begitu sulit selama Anda ada kemauan dan sedikit ketelitian agar hasilnya tampak rapi, hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan wallpaper diantaranya adalah menggunakan lem dengan benar, dan selalu menjaga agar  sambungan-sambungan antar wallpaper tampak menyatu.
  • Sebelum memasang wallpaper sebaiknya bersihkan dahulu dinding dan pastikan agar dinding dalam keadaan kering untuk mempermudah pemasangan. 
  • Bila dinding mengandung cat lama, sebaiknya bersihkan dulu dan gunakan plamir untuk meratakannya.
  • Tambal bagian dinding yang retak untuk mendapatkan hasil akhir yang baik.
  • Gunakan lem secukupnya dan oleskan secara rapi. Lem yang berlebihan akan menyebabkan permukaan wallpaper tidak rata.

10 Langkah Cara Pasang Wallpaper
  1. Menyiapkan peralatan yang terdiri dari: kape untuk meratakan dinding, alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, bak untuk adukan lem (2 buah), spons, kuas lem, roller, dan amplas.
  2. Membuat lem - Pembuatan lem dilakukan bila bidang dinding atau permukaan sudah siap, campur lem dengan air. Buatlah dalam dua wadah terpisah, yaitu lem untuk bagian sambungan dan lem untuk keseluruhan. Lem bagian sambungan dibuat lebih kental, agar daya rekatnya lebih tinggi.
  3. Ukur panjang dan lebar bidang yang akan dilapisi wallpaper. Sesuaikan lebar bidang dengan lebar wallpaper. Lebihkan kira-kira 1 sampai 1,5 sentimeter untuk bagian sambungan.
  4. Potong panjang wallpaper menjadi panel-panel yang disesuaikan dengan kebutuhan. Lihat petunjuk pemasangan pada kertas keterangan di setiap kemasan yang menjelaskan cara menyerasikan motif antarpanel atau potongan wallpaper.
  5. Tandai posisi wallpaper dengan pensil. Gunakan alat bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi.
  6. Setelah ditandai, sapukan lem dengan roller pada permukaan bidang yang akan dilapisi wallpaper. Lakukan tahap ini perlahan-lahan.
  7. Tempel wallpaper dengan hati-hati. Perhatikan marking yang telah Anda buat sebelumnya memakai pensil.
  8. Pada bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental. 9. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian ini.
  9. Ratakan wallpaper yang telah terpasang dengan penggaris akrilik. Potong sisa wallpaper dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem. Proses ini juga berfungsi untuk meratakan wallpaper.
  10. Bila seluruh wallpaper sudah terpasang, periksa ulang seluruh bagian agar jangan ada baian yang tidak terlihat rapi, atau tidak menempel dengan benar.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.