Cara menyimpan Beras, Garam, Kacang kering, Madu dan Pasta Agar Dapat Disimpan Selama Setahun

madu
Mungkin diantara kita banyak yang kurang mengetahui mengapa beberapa bahan makanan tidak tahan lebih lama bila disimpan, hal tersebut mungkin kekurang tahuan kita akan sifat dari bahan makanan tersebut, karena penyimpanan dan jenis makanan yang tidak sesuai dapat menyebabkan makanan cepat rusak.

Terdapat beberapa bahan makanan yang dapat disimpan selama setahun bila kita mengetahui caranya, diantaranya adalah Beras, Garam, Kacang kering, Madu, dan Pasta. Berikut ini caranya yang kami kutip dari food.detik.com:

Beras - Beras merupakan bahan makanan pokok yang dapat di simpan hingga 30 tahun lamanya. Beras di anggap sebagai makanan untuk bertahan hidup dan dapat di jadikan untuk pesediaan makanan. Beras akan tahan lebih lama jika disimpan di tempat yang kering dan cukup sirkulasi. Untuk lebih jelasnya silahkan baca: "TIPS MERAWAT TEMPAT MENYIMPAN BERAS (RICE BOX)"

Garam - Penambah rasa ini ternyata dapat digunakan sebagai pengawet makanan karena memiliki sifat anti mikroba. Asalkan tidak terkena uap air, garam akan memiliki tekstur yang bagus dan tetap bertahan lama selama bertahun-tahun.

Kacang kering - Jika disimpan dalam wadah kedap udara dengan warna gelap. Kacang dapat bertahan hingga lama. Jika kacang ditempatkan di tempat yang lembab justru akan mudah tumbuh jamur dan kacang akan memiliki rasa tengik.

Madu - Madu memiliki molekul yang biasa disebut dengan higroskopis. Madu yang di simpan terlalu lama memang akan membentuk kristal. Akan tetapi kristal pada madu dapat di cairkan dengan cara merendamnya kedalam air hangat. Simpan didalam wadah kedap udara, madu tidak akan rusak hingga bertahun-tahun.

Pasta - Terbuat dari adonan tepung terigu yang dikeringkan. Pasta memiliki daya tahan yang lebih lama yaitu 1 hingga 2 tahun. Sebaiknya simpan pasta seperti macaroni ataupun spaghetti dalam wadah yang kedap udara. Jika sedang terburu-buru,  cukup rebus pasta dengan menambahkan bumbu dan siap untuk dihidangkan.

0 Response to "Cara menyimpan Beras, Garam, Kacang kering, Madu dan Pasta Agar Dapat Disimpan Selama Setahun"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.