Home » » Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?

Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?

 Pompa Air listrik
Judul di atas merupakan pertanyaan yang banyak dicari oleh para netter Indonesia yang masuk ke blog ini. Memang beberapa artikel mengenai pompa air banyak diulas dalam blog ini dianrtaranya:
Mungkin akibat adanya keeempat artikel tersebut maka pertanyaan "Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?" masuk ke blog ini. Baiklah selesai basa-basinya... sekarang kita bahas pertanyaan tersebut.

Pompa air listrik yang biasa digunakan di rumah-rumah adalah untuk menyedot/menghisap air dari tanah baik melalui sumur-sumur gali ataupun sumur bor. Untuk pemakaian pribadi atau untuk satu rumah mungkin tidak menjadi soal, namun bagaimana bila kita menginginkan satu pompa yang berada dalam sumur yang sama digunakan untuk dua rumah?

Menurut saya, apabila menggunakan satu pompa, satu listrik dan digunakan untuk dua rumah maka tidak menjadi soal, mungkin yang menjadi masalah adalah pengaturan aliran airnya yang disalurkan ke dua keluaran dengan menggunakan keran.

Namun bagaimana bila kita mempunyai satu pompa, satu sumur namun listriknya berbeda? Ambil contoh bila kita akan berbagi air dengan rumah sebelah yang meteran listriknya terpisah, Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah beberapa hal di bawah ini:
  • Saat satu rumah tidak menyalakan pompa yang dialiri oleh listrik yang bersumber dari rumahnya maka seluruh keran rumah tersebut harus dalam keadaan tertutup.
  • Untuk mempermudah pengoperasian, Gunakan sakelar geser yang dapat memindahkan posisi listrik yang masuk ke pompa, jadi bila sakelar ini digeser ke salah satu sumber listrik salah satu rumah maka sumber listrik dari rumah yang lain akan terputus.
  • Bila menggunakan sakelar geser tidak memungkinkan, maka anda dapat menyiapkan dua buah stopkontak yang bersumber dari masing-masing rumah (diberi tanda), selanjutnya kabel dari mesin dipasangi steker. jadi bila salah satu rumah akan menyalakan air tinggal memasukkan steker pompa ke stopkontak miliknya
Demikianlah Artikel mengenai "Apakah 1 Pompa Air Bisa Untuk 2 rumah?" . Dengan cara di atas maka pemakaian listrik terpisah menurut siapa yang menyalakannya.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.