Perbedaan Mesin Cuci Front Load dan Top Load

Mesin Top Load / bukaan atas
Mesin Cuci Top Load (bukaan atas) dua tabung
Pada saat kita akan membeli mesin cuci maka akan terlintas di fikiran kita, yakni jenis apa yang cocok untuk digunakan. Terdapat bermacam-macam jenis dan merek yang ditawarkan oleh perusahaan elektronik untuk jenis alat rumah tangga ini. Untuk masalah merek saya tidak akan membahasnya, namun yang akan saya bahas adalah perbedaan mesin cuci dari cara kerjanya.

Menurut cara berputarnya, mesin cuci terbagi menjadi dua bagian yakni mesin cuci dengan bukaan atas atau Top Loading dan Mesin cuci dengan bukaan depan atau Front Loading. Di pasaran, Mesin cuci bukaan atas dijual dengan dua bentuk yakni satu tabung dan dua tabung.


Perbedaan antara mesin cuci bukaan atas 2 tabung dan 1 tabung:
  • Mesin cuci dengan 2 tabung: tempat untuk mencuci dan mengeringkan dalam tabung yang berbeda. Pada jenis ini selama proses pencucian, ada baling-baling di dasar tabung yang berputar dan melakukan proses pencucian.
  • Mesin cuci dengan 1 tabung: tabung untuk mencuci dan mengeringkan dilakukan dalam tabung yang sama. Tabung ini juga ikut berputar saat proses pencucian.

Perbedaan Mesin Cuci Front Load dan Top Load

Mesin Cuci Front / bukaan depan
Mesin Cuci Front Load (bukaan depan)
Penggunaan air pada mesin cuci dengan bukaan atas lebih banyak daripada mesin cuci bukaan depan. Hal ini karena pada mesin cuci bukaan atas, air harus diisi sampai penuh baru mesin dijalankan. Sedangkan pada mesin bukaan depan, air akan dikeluarkan secara sedikit-sedikit selama proses pencucian. Untuk listrik yang dipakai pada mesin cuci bukaan atas atau bukaan depan, secara umum hampir sama yaitu sekitar 300 W bila menggunakan air biasa. Pada mesin cuci bukaan depan, ada tambahan fasilitas untuk mencuci dengan air panas tetapi listrik yang dibutuhkan sekitar 2000 W.


Kelebihan dan kekurangan Mesin Cuci Front Load dan Top Load
  • Pada mesin cuci bukaan atas, teknologi yang digunakan adalah perputaran motor secara horizontal, hal ini mengakibatkan air dan pakaian akan berputar membentuk pusaran, hal inilah yang membuat pakaian saling melilit sehingga dapat berakibat pada rusaknya pakaian yang sedang dicuci.
  • Berbeda dengan mesin cuci bukaan depan yang berputar secara vertikal, yang membuat pakain akan selalu jatuh ke dasar sehingga tidak mengakibatkan pakaian saling melilit.  
  • Untuk hasil cucian ternyata mesin cuci bukaan depan lebih baik dari mesin cuci bukaan atas, karena teknologi yang digunakan sama seperti pakaian dibanting-banting. Tingkat kekeringan yang dihasilkan pada mesin cuci jenis ini mencapai 95% sedangkan mesin cuci bukaan atas hanya menghasilkan 70% tingkat kekeringan.
  • Secara harga, mesin cuci dua tabung lebih murah dibanding mesin cuci satu tabung, namun mesin cuci bukaan depan/front load lebih mahal dibanding mesin cuci bukaaan atas.
Saran untuk dibaca:

0 Response to "Perbedaan Mesin Cuci Front Load dan Top Load"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.