6 Kesalahan Yang Dilakukan di Kamar Mandi

6 Kesalahan Yang Dilakukan di Kamar Mandi

Kamar Mandi
Setelah sebelumnya dibahas tentang "Tips Merawat Kamar Mandi", kali ini admin akan membahas tentang beberapa kesalahan yang dilakukan  seseorang di kamar mandi dan bagaimana cara menanganinya, seperti dilansir Huffingtonpost, Selasa (28/1/2014) berikut ini.

1. Meletakkan sikat gigi terlalu dekat dengan toilet

Harvard University telah meneliti bahwa, jarak minimal antara sikat gigi dengan toilet adalah 1,8 meter. Karena tiap kali toilet di-flush, partikel-partikel aerosol dari toilet akan mengambang sejauh 1,8 meter. Dan bila partikel ini mengenai sikat gigi, maka partikel-partikel aerosol dari toilet akan mengenai sikat gigi.

Cara menanganinya, tutuplah toilet sebelum di-flush dan cuci atau ganti sikat gigi Anda secara rutin. Menggunakan penutup sikat gigi hanya akan membuat sikat menjadi lembab sehingga menyebabkan tumbuh suburnya mikroorganisme.

2. Memakai handuk basah berkali-kali

Tempat yang paling disukai bakteri suka adalah tempat yang lembab dan basah seprti halnya pada handuk, terutama bila penggunaannya berkali-kali dan dalam jangka waktu yang lama.

"Lebih berbahaya jika Anda mempunyai luka terbuka, karena Anda bisa saja menginfeksi diri sendiri dengan bakteri apapun yang ada di handuk tersebut," tandas Elizabeth Scott, PhD, salah satu direktur Simmons College Center untuk kesehatan dan higienitas.

Sebagai solusinya Elizabeth menyarankan agar setiap orang memakai handuk baru tiap seminggu sekali. untuk lebih jelasnya baca juga artikel Saya yang lain: "Tips Merawat Handuk Mandi"

3. Menyimpan loofah terlalu lama

Sebuah studi menemukan bahwa bakteri penyebab infeksi seperti P. aeruginosa tumbuh subur 24 jam setelah loofah pertama kali dipakai.

Loofah adalah sejenis spons dengan tekstur lebih kasar dari shower puff. Dr Birgit Toome, MD.  mengungkapkan bahwa, walaupun terbuat dari bahan alami, loofah sebaiknya hanya dipakai selama 3-4 minggu saja. Shower puff sintetis justru lebih resisten terhadap bakteri, kendati Dr Toome menyarankan ini harus diganti setiap 8 minggu sekali.

4. Kurang lama mencuci tangan

Kegiatan mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi penyebaran infeksi menular. Tapi kebanyakan dari kita melakukannya dengan cara yang keliru. Demikian menurut CDC.

Dalam studinya, Michigan State University menemukan 95 persen orang menghabiskan waktu kurang dari 15 detik untuk mencuci tangan. waktu yang disarankan CDC untuk mencuci tangan adalah selama 20 detik.

5. Gorden kamar mandi yang terlalu panjang

Penggunaan gordengan di kamar mandi mungkin belum umum dipakai pada kamar mandi di Indonesia, namun bagi anda yang telah menggunakannya sebaiknya memperhatikan hal berikut ini.

Untuk mencegah cipratan air ke luar kamar mandi biasanya orang akan memakai gordengan kamar mandi yang panjang dan menyentuh lantai, sebaiknya hal tersebut dihindari karena ujung gordeng yang menyentuh lantai akan menjadi tempat perkembangbiakan jamur dan lumut.

Pencegahan: pangkas bagian bawah beberapa inci dari lantai kamar mandi dan juga kedua sisi agar bisa menutupi bathtub dengan sempurna.

6. Tidak memakai alas kaki

Lantai kamar mandi sangat rentan dengan jumlah bakteri yang begitu banyak karena salah satu tempat di kamar mandi yang paling sering terkena basah dibanding dinding.

Untuk mencegah menyebarnya bakteri ke kaki, maka pakailah alas kaki seeprti sendal jepit karet, selain itu rajin-rajinlah membersihkan lantai kamar mandi dengan sikat sampai bersih dan tidak licin.
(sumber: detikHealth)
Read More
Cara Membersihkan Apartemen Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membersihkan Apartemen Dengan Mudah dan Cepat

Apartemen
Pada umumnya penghuni apartemen adalah mereka yang bekerja di pusat kota dengan sedikit waktu luang. Oleh karena itu rata-rata mereka kurang memiliki cukup waktu untuk merawat tempat tinggalnya. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkan dan membereskan apartemen secara efektif sehingga tidak terlalu banyak menyita waktu Anda:

1. Siapkan selalu alat dan bahan pembersih yang dibutuhkan. alat-alat pembersih: squeegees atau penyapu air untuk membersihkan jendela, lap, sapu, dan pel jika dibutuhkan. Bahan pembersih: larutan pembersih cucian piring, pembersih permukaan sebaguna, dan pembersih kaca.  Pada beberapa apartemen umumnya menggunakan lantai karpet jadi, Anda tentu tidak membutuhkan kain pel. Jangan lupa, sediakan pula kemoceng, spons, pembersih vakum, dan kantung sampah.

Alat dan bahan yang tepat mampu menghemat banyak uang dan waktu meski tampak sederhana. Gunakan sabun dan pembersih yang terbukti ampuh, meski relatif lebih mahal. Untuk cucian piring, pastikan sabun tersebut mampu melunturkan lemak. Gunakan penyapu air untuk membersihkan jendela, . Hindari lap yang bisa membekas di jendela.

2. Pastikan Anda menyediakan waktu sehari sajauntuk melakukan pembersihan total setelah apartemen lama tidak dibersihkan.

Setelah Anda memiliki waktu, mulailah dengan kerja keras. Pada apartemen yang jarang dibersihkan biasanya debu dan kotoran akan menumpuk. Dengan demikian maka Anda perlu membersihkan apartemen dengan menyeluruh. Bersihkan debu yang menumpuk di saluran udara, sekitar jendela, kipas angin di plafon, dan di bawah furnitur Anda. Bila perlu, Anda sortir isi lemari es di rumah dan memastikan tidak ada makanan busuk yang Anda simpan di dalamnya. Cuci pula semua piring kotor dan cucian sampai bersih.

Anda bisa meminta bantuan profesional untuk membersihkan apartemen jika benar-benar tidak memiliki waktu atau enggan berurusan dengan kotoran menumpuk. Namun perlu diperhatikan pula produk yang mereka gunakan, dan pelajari cara mereka membersihkan rumah. Dengan begitu apartemen Anda tetap terjaga kebersihannya sekaligus Anda memeroleh pengalaman tentang cara membersihkan apartemen bila suatu saat ingin mengerjakannya sendiri.

3. Kini apartemen anda sudah terlihat nyaman, kini saatnya merawat agar apartemen anda selalu dalam keadaan bersih. Untuk merawat sebuah apartemen yang dihuni oleh Anda sendiri sangatlah mudah, kuncinya kerjakan hal-hal yang terlihat, sedikit demi sedikit agar tidak terjadi penumpukan pekerjaan, seperti dari mulai membersihkan piring dan alat memasak yang baru anda gunakan, mencuci baju setiap hari, dan pastikan barang-barang Anda Selalu berada di tempatnya .

Selain itu, lakukan juga hal-hal berikut ini:

  • Siapkan keranjang cucian agar Anda dapat menyimpan pakaian kotor yang sudah digunakan.
  • Pastikan Anda membereskan tempat tidur dengan rapi setiap pagi. 
  • Lap permukaan dalam kamar mandi, terutama bagian-bagian stainless steel dan kaca yang mudah memiliki bercak air. 
  • Setiap habis memasak, bersihkan permukaan countertop dengan pembersih serbaguna.
Read More
Siapkah Anda Menghadapi Cuaca Ekstrim di Indonesia

Siapkah Anda Menghadapi Cuaca Ekstrim di Indonesia

banjir
Keadaan cuaca yang begitu ekstrim di indonesia mengakibatkan beberapa bencana terjadi di sebagian besar kota di Indonesia seperti banjir, tanah longsor, erosi, dan lain-lain.

Situasi seperti itu menjadi pemandangan  yang sering kita saksikan di tayangani media nasional seperti televisi, internet maupun percakapan sehari-hari.

Dengan adanya cuaca ekstrim ini maka kita harus sudah siap dengan segala resiko yang akan kita hadapi yang mungkin akan menimpa perabotan rumah kita, seperti:


Bagi Anda yang sering bepergian keluar sebaiknya lakukan beberapa hal ini:

  • Bila menggunakan sepeda motor bawalah selalu jas hujan, saat turun hujan hindari melewati jalan yang penuh genangan air karena bisa saja dibalik genangan ada lubang yang dapat mengakibatkan Anda terjatuh.
  • Hindari melewati jalanan yang memiliki aliran air yang deras akibat hujan, terlebih jenis motor anda adalah matic, karena jenis motor ini mudah sekali terbawa arus air..
  • Untuk kendaraan seperti mobil, cari jalan alternatif untuk menghindari macet.
  • Selalu update terus berita terbaru mengenai keadaan lalu lintas di kota anda.
Read More
Cara membuat Buah Cepat Matang

Cara membuat Buah Cepat Matang

buah-buahan
Kadang-kadang kita mendapati buah-buahan yang kita petik dari pohon dalam keadaan belum siap dikonsumsi seeprti mangga, alpukat, anggur, dan lain-lain

Untuk membantu pematangan buah adalah dengan memanfaatkan gas Etilen yang dilepaskannya. Etilen merupakan hormon tumbuh yang diproduksi dari hasil metabolisme normal dalam tanaman. Etilen berperan dalam pematangan buah dan kerontokan daun. Etilen disebut juga ethene. Senyawa etilen pada tumbuhan ditemukan dalam fase gas, sehingga disebut juga gas etilen. Gas etilen tidak berwarna dan mudah menguap.

Etilen sering dimanfaatkan oleh para distributor dan importir buah. Buah dikemas dalam bentuk belum masak saat diangkut pedagang buah. Setelah sampai untuk diperdagangkan, buah tersebut diberikan etilen (diperam) sehingga cepat masak.

Dalam pematangan buah, etilen bekerja dengan cara memecahkan klorofil pada buah muda, sehingga buah hanya memiliki xantofil dan karoten. Dengan demikian, warna buah menjadi jingga atau merah.

Ada cara mudah yang dapat kita lakukan untuk mempercepat pematangan buah, Anda bisa memakai kantong kertas dan beberapa tambahan buah jika ingin membuatnya cepat matang.

Berikut caranya sederhana mempercepat pematangan buah:

  • Dengan kantong kertas: Taruh buah di dalam kantong kertas kemudian tutup dan periksa buah setelah beberapa hari kemudian. Untuk mempercepat proses pematangan, Anda bisa menambahkan apel atau pisang ke dalam kantong kertas karena dua buah ini memiliki kadar gas yang tinggi. Buah pisang, misalnya, bisa melepaskan gas etilena sehingga membantu buah cepat matang. 
  • Disimpan dalam beras: Anda juga bisa bisa menggunakan beras untuk mempercepat pematangan buah, caranya benamkan mangga di beras untuk mempercepat proses pematangan. 
  • Dibungkus kain: Kain serbet yang bersih atau handuk dapat juga digunakan untuk mematangkan buah. Caranya, tempatkan buah bersama batangnya lalu tutup dengan kain tersebut dan tunggu selama beberapa hari. Hasilnya, buah akan memiliki aroma yang kuat dan tingkat kematangan yang pas.

Demikianlah cara sederhana membuat buah cepat matang mudah-mudahan dapat bermanfaat. (Berbagai sumber)
Read More
Cara menghemat listrik Komputer

Cara menghemat listrik Komputer

Hemat listrik adalah kewajiban kita bersama, karena dengan berhemat listrik kita akan dapat menekan biaya tagihan listrik perbulannya. Selain itu secara global adalah salah satu cara untuk mengurangi pemanasan global.

Dalam menghemat listrik untuk komputer dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan ada kemauan dan kepedulian yang penuh pemiliknya, di bawah ini akan dijelaskan cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemakaian listrik dirumah terutama untuk komputer.

Penghematan secara manual:

  • Aturlah tampilan layar komputer, atur tingkat terang-gelapnya layar monitor (brightness) secukupnya. makin terang layar monitor, makin besar energi yang dibutuhkan.
  • Pakai jenis monitor hemat energi, Anda dapat mencari jenis ini yang sudah banyak dijual di pasaran. 
  • Beberapa orang beranggapan penggunaan screensaver dan standby power dapat menghemat listrik, sebernarnya tidak juga, karena meski kecil tetap saja ada energi listrik yang digunakan, jadi usahakan matikan komputer bila tidak digunakan. 
  • Usahakan unutk menghindari penggunaan komputer secara berlebihan, misalnya untuk main games semalam suntuk atau menyetel MP3 sepanjang hari.


Penghematan secara otomatis:

  •  Nyalakan komputer lalu pada layar utama atau desktop klik kanan lalu pilih properties, lalu pilih tabulasi screen saver dan tekan tombol yang bertuliskan power. Cara lainnya yaitu dari menu kontrol panel di windows explorer pilih power options.
  • Bila sudah masuk ke  kotak pilihan seting tenaga listrik maka kita tinggal setting sesuai dengan situasi, kondisi, toleransi dan kebutuhan kita. Misalnya untuk turn off monitor, kita bisa mematikan monitor secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Contoh : After 15 minutes berarti layar monitor akan mati setelah 15 menit tidak ada aktivitas di komputer. Turn off hard disks. Artinya, kita bisa mematikan semua hard disk secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Misalnya after one hour berarti semua harddisk akan dimatikan setelah satu jam tidak ada aktivitas di komputer.
  • Selain itu Anda juga dapat memilih sistem standby, artinya bisa mematikan sementara sistem komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Misalnya, after two hours berarti komputer akan akan mati sementara setelah dua jam tidak ada aktivitas di komputer. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang. Langkah lain adalah mengaktifkan system hibernate. Yang bisa dilakukan mematikan komputer secara otomatis yang tidak digunakan setelah menit atau jam yang kita pilih. Jangan lupa pada tabulasi Hibernate pilih enable hibernation. Dalam mode ini pekerjaan yang sedang dijalankan tidak akan hilang.
  • Bila akan memakainya kembali coba goyang atau klik di mouse. Jika tidak bisa coba tekan tombol di keyboard. Jika ternyata power mati coba tekan tombol power di CPU komputer kita. 
Read More
Inilah Perbedaan Elpiji 12 Kg, Bright Gas, dan Ease Gas

Inilah Perbedaan Elpiji 12 Kg, Bright Gas, dan Ease Gas

Setelah sebelumnya admin posting "Bingung dengan harga gas yang selangit? ini diaalternatifnya", kini kita lanjutkan dengan tema yang serupa mumpung masih hangat-hangatnya berita tentang tabung yang sedang naik daun ini.

Mungkin diantara pembaca sudah ada yang tahu bahwa selain gas elpiji 12 kg dan 3 kg (bersubsidi) PT Pertamina mempunyai produk gas dalam tabung lainnya yakni Bright Gas dan Ease Gas yang merupakan produk premium.

Mungkin di televisi sudah ramai diberitakan tentang dua tabung yang agak asing ini selain tabung 3kg dan 12kg yang biasa dipakai masyarakat.

Bright Gas dan Ease dalam hal isi sama dengan tabung gas 3kg dan 12kg yakni berisi gas C3 (propane) dan C4 (butane). dari sekian banyak produk elpiji dipasaran khususnya yang dikeluarkan Pertamina, sebenarnya yang membedakan hanya warna tabung, berat kemasan dan harga serta pelayanannya.

Perbedaan yang paling mencolok dari tabung-tabung tersebut adalah bahwa, tabung 12 Kg masih disubsidi Pertamina jadi harganya jauh lebih murah dibandingkan Bright Gas. Khusus untuk Bright Gas dan Ease Gas memiliki beberapa perbedaan, yakni:

Tabung Ease Gas
Ease Gas:
- Warna tabung gold untuk kelas premium
- Ukuran 9 kg dan 14 kg
- Untuk memberikan safety dua kali lebih baik dilengkapi dengan fitur    double spindle
- Pesan antar gratis



Tabung Bright Gas
Bright Gas:
- Memiliki warna yang menarik, yakni: Pink, Ungu, Hijau Metalik, Biru Metalik
- Tabung berukuran 12 kg
- Dilengkapi Security Seal Cap/penutup tabung yang lebih mengamankan tabung
- Memiliki pengaman dengan teknologi double spindle dan karet pelindung agar tabung tahan benturan.
- Dapat dipesan melalui telp 500-000 (biaya antar Rp 5.000)
Read More
Bingung dengan harga gas yang selangit? ini dia alternatifnya

Bingung dengan harga gas yang selangit? ini dia alternatifnya

tabung gas 12 kg
Awal tahun, terhitung per 1 Januari 2014 Pertamina menaikkan harga elpiji tabung 12 kg sebesar 68 persen untuk mengurangi kerugian bisnis bahan bakar nonsubsidi itu yang rata-rata sebesar Rp6 triliun per tahun.

Kalau dihitung, maka kenaikan harga gas elpiji ukuran 12 Kg yang semula Rp 70.200 menjadi Rp 117.708 per tabung, setelah ditambah biaya distribusi dan pengisiian elpiji, maka harga elpiji sampai di konsumen setelah kenaikan menjadi Rp130.000--Rp140.000 per tabung 12 kg. Pertamina menghitung pascakenaikan kerugian bisa ditekan dari Rp6 triliun menjadi Rp2 triliun.

Harga pokok pengadaan elpiji terutama ditentukan harga pembelian yang mengacu pasar dan nilai tukar rupiah.

Dari kenaikan harga gas non subsidi tersebut dirasa terlalu tinggi, mengakibatkan keresahan di masyarakat, karena dampaknya cukup terasa dan memberatkan masyarakat sampai-sampai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi waktu kepada Pertamina dan Kementerian terkait untuk berkoordinasi dalam menentukan kenaikan harga elpiji 12 kg. Presiden SBY memberi deadline 1x24 jam agar harga kenaikan elpiji dikaji ulang.

Sebagian anggota masyarakat yang semula menggunakan tabung 12Kg bersubsidi, kini beralih ke tabung gas 3kg subsidi, sehingga membuat tabung kecil tersebut laris di pasaran.

Ada lagi masyarakat Indonesia yang kreatif, mereka memilih energi alternatif, diantaranya adalah:

1. Batu bara, bahan bakar ini sebenarnya sudah lama menjadi bahan bakar untuk keperluan memasak sehari-hari, untuk memudahkan, maka batu bara ini dibentuk menjadi briket, lalu disimpan dalam kompor khusus. harga briket batu tidaklah mahal, di sebagian daereh perkilo dijual tidak lebih dari enam ribu rupiah saja.

2. Kayu bakar, bagi sebagian penduduk yang diam di daerah dengan limpahan pepohonan dari hutan tentu saja mudah sekali mendapatkan kayu bakar, dengan hanya pergi ke hutan atau gunung, mereka dapat langsung memperolehnya tanpa memerlukan biaya, namun ada pula yang membeli dari penjual.

3. Bio gas, inilah energi alternatif yang unik, karena bahan bakar ini diambil dari kotoran sapi, di daerah yang banyak peternakan sapinya, kotoran sapi dapat dijadikan bahan bakar gas gratis. Kotoran sapi akan ditampung pada sebuah bak penampungan tertutup, lalu dibuatlah saluran ke sebuah penampung gas berupa plastik, kemudian tinggal menunggu beberapa minggu dan gaspun sudah dapat digunakan.

4. Serbuk gergaji, bahan bakar ini biasanya dijumpai di daerah yang terdapat tempat penggergajian kayu, serbuk gergaji akan dikumpulkan lalu disimpan dalam kompor khusus lalu dibakar seperti biasa.

Mungkin diantara pembaca ada yang tahu energi alternatif lainnya?
Read More
Tips Memilih Mesin Cuci

Tips Memilih Mesin Cuci

mesin cuci front load
Peralatan rumah tangga yang satu ini sangat diperlukan oleh para ibu rumah tanga dalam membantu meringankan pekerjaan di rumah,. Apalagi bagi mereka yang sibuk dan memerlukan waktu yang lebih cepat dalam mencuci. Namun, sudahkah di rumah tangga dipilih jenis mesin cuci yang tepat dan apakah sudah benar dalam peng­gunaannya?

Cara penggunaan yang kurang benar terhadap mesi cuci bisa membuat pengeluaran membengkak. Bukan hanya soal tagihan  listrik tetapi juga mesin cuci yang menjadi tidak awet alias lekas rusak. Berikut ini beberapa tips dalam memilih mesin cuci yang disarankan.

1. Pilih mesin cuci dengan tipe front load atau bukaan depan. jenis ini dapat memberikan hasil optimal yang diklaim memiliki kinerja maksimal secara teknis. 70 persen konsumen Indonesia memang memilih mesin cuci top load (bukaan atas) dua tabung.

Dalam aksinya, mesin cuci seperti ini ternyata bisa mencuci pakaian dengan cara memutar dan seperti membant1ng. Cara mencuci seperti ini dinilai paling baik dan memberikan hasil cucian optimal. Penggunaan airnya pun lebih hemat, begitu juga dengan takaran detergen yang hanya memerlukan sedikit namun memberikan hasil maksimal. Pengeringan pakaian dengan mesin cuci bukaan depan juga lebih optimal.

Beberapa kekurangan mesin top load:

  • Saat mencuci dengan top load, Anda memerlukan air dalam jumlah banyak. 
  • Mesin akan bekerja dengan mulai berputar jika cucian terendam air. 
  • Mesin cuci bukaan atas mengandalkan kekuatan alat pemutar (spin). Pada mesin cuci bukaan atas dua tabung, misalnya, semakin tinggi kekuatan spin semakin besar pengeringan. Sedangkan mesin bukaan atas satu tabung termasuk jenis otomatis penuh. Artinya, kegiatan mencuci, membilas, bahkan mengeringkan hanya pada satu tabung.

2. Anda boleh saja memilih Mesin cuci dengan harga murah atau diskon, asalkan memahami cara penggunaan yang benar dan memilih detergen khusus untuk mesin cuci. Penggunaan mesin cuci sesuai buku panduan dan penggunaan detergen sesuai takaran bisa menghemat pengeluaran. Secara umum hal tersebut dapat menghemat detergen, air yang terkait dengan listrik, serta biaya perawatan mesin cuci. Penggunaan alat rumah tangga yang baik juga memepengaruhi daya tahan mesin cuci.

3. Pilihlah mesin cuci hemat energi, anda dapat melihat logo "energy star" yang tertera di badan mesin cuci. Mesin cuci satu tabung tergolong produk dengan tawaran inovasi teknologi terbanyak. Mulai dari teknologi hemat listrik, anti bakteri hingga desain tabung yang unik untuk meminimalisasi kerusakan pada bahan pakaian halus yang sensitif terhadap kerja mesin cuci.

Contoh beberapa produk yang menggunakan teknologi hemat energi:

LG dengan teknologi inverter direct drive yang memanfaatkan mesin bergir untuk mengganti kerja mesin dengan spinning belt. Dengan teknologi ini, mesin dapat menghemat listrik hingga sekitar 25%.

LG bukan satu-satunya inovator mesin cuci. Beberapa produsen mesin cuci lain, seperti Toshiba, Samsung, Sanken dan Sharp juga menerapkan teknologi hemat listrik pada produknya. Sebut saja, teknologi zero stepping power dari Toshiba. Kabarnya mesin cuci ini diklaim dapat menghemat penggunaan listrik hingga 20%.

Produk Sanken menggunakan Teknologi penghematan listrik dilakukan dengan sistem auto power off. Sistem ini memungkinkan mesin memutus aliran listrik secara otomatis segera setelah mesin selesai bekerja. Ada juga mesin Super Aquamagic dari Sharp yang diklaim hanya butuh listrik 199 Watt untuk beroperasi. Jauh lebih hemat dibanding kebutuhan listrik mesin cuci sekelasnya.

Terdapat banyak produk yang ditawarkan produsen, Anda dapat bebas memilih sesuai dengan kebutuhan.
Read More
Tips Menggunakan Kulkas Agar Hemat Listrik

Tips Menggunakan Kulkas Agar Hemat Listrik

Logo energy star
Tak dapat dipungkiri bahwa kulkas adalah salah satu peralatan elektronik yang mengkonsumsi listrik cukup besar, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah bahwa kulkas digunakan sepanjang waktu, selalu tersambung ke listrik dalam keadaan "on"/menyala.

Untuk menjawab keluhan konsumen dalam borosnya kulkas dalam mengkonsumsi energi listrik, beberapa perusahaan dengan merek terkenal mencogba berinovasi, salah satu teknologi yang diperkenalkan untuk menghemat energi di kulkas, antara lain, Linear Compressor Refrigerator. Dengan teknologi ini maka kulkas bisa menghemat listrik hingga 41 persen dibanding kulkas buatan generasi sebelumnya.

Linear Compressor Refrigerator adalah teknologi kompresor linear. Kompresor tersebut bekerja dengan gerakan searah, berbeda dengan kompresor di kulkas pada umumnya yang bekerja dengan gerakan dua arah. Sehingga yang dihasilkan dengan teknologi ini adalah kulkas yang  berhasil menghemat energi lebih besar.

Ada pula produsen yang mengklaim bahwa kulkas buatannya yang menggunakn satu pintu hanya mengkonsumsi daya listrik sebesar 22 watt. .

Produk lain mengeluarkan kulkas hemat energi dengan menggunakan tenaga sesuai kebutuhan dan inverter untuk mengurangi konsumsi energi hingga 40%. Selain itu kulkas diklaim sebagai  produk bebas freon yang ramah lingkungan.

Baru-baru ini juga dikembangkan kompresor yang bisa menghemat energi lebih banyak. Pengembangan dilakukan dengan mengurangi gesekan, mengoptimalisasi kompresi, dan meningkatkan efisiensi.

Beberapa produsen juga mencoba cara lain. Misalnya dengan melakukan inovasi  sistem buka tutup pintu untuk memastikan tak terjadi pemborosan energi untuk mendinginkan.

Cara menghemat listrik untuk kulkas di rumah:

  • Usahakan jangan terlalu sering/lama membuka pintu kulkas, karena akan menyebabkan kinerja kompresor meningkat sehingga konsumsi listrik akan meningkat pula. Untuk setiap menit anda membuka pintu lemari  es, di perlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.
  • Pastikan pintu kulkas selalu dalam keadaan tertutup rapat, untuk mengakalinya, Anda dapat meletakkan kayu papan di bawah kaki kulkas bagian depan, sehingga kulkas berada pada posisi miring ke belakang, hal ini akan menyebabkan pintu kulkas selalu menutup dengan sendirinya.
  • Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan. 
  • Jangan memasukkan makanan dan minuman yang masih panas ke dalam kulkas, karena akan membuat kulkas bekerja keras untuk mendinginkannya yang akibatnya konsumsi listrik semakin besar pula.
  • Tempatkan kulkas jauh dari sumber panas seperti kompor atau oven. Beri jarak sedikitnya 5 hingga 7 cm dari dinding, sehingga udara dapat bebas beredar di sekitarnya.
  • Tempatkan makanan dalam wadah yang berukuran kecil, bila tidak menggunakan wadah usahakan ukuran makanan ataupun minuman dalam ukuiran kecil pula, ukuran yang lebih kecil memerlukan energi yang lebih sedikit untuk mendinginkannya.
  • Susun isi kulkas dengan urutan yang benar sesuai peruntukannya, misalnya daging atau ikan diletakkan di rak paling atas. Selain itu beri ruang diantara makanan atau wadah agar udara dingin bisa mengalir dengan leluasa.
  • Jangan mengisi kulkas dengan penuh/padat karena membuat kerja kulkas menjadi kurang efisien.
  • Pastikan karet penutup disekitar pintu bersih dan rapat. Karet penutup yang masih baik harus bisa menjepit selembar kertas. Apabila kertas dapat dengan mudah di tarik, berarti sudah waktunya mengganti karet penutup. 


Tips memilih kulkas yang hemat energi

  • Biasanya kulkas yang hemat energi memiliki logo Energy Star. Logo ini menunjukkan bahwa model tersebut dapat menghemat energi lebih efisien.    
  • Perhatikan panduan energi. Beberapa produk punya tanda tersendiri. Misalnya freezer di samping (side-by-side) lebih baik daripada lemari es dengan freezer di atas (freezer-on-top), dan freezer dengan manual-defrost hanya memakan energi separuh dari self-defosters.

Bila lemari es Anda telah berusia lebih dari 10 tahun, pertimbangkan untuk membeli lemari es baru. Karena teknologi selalu berkembang ke arah yang lebih baik, begitupula dengan kulkas, dengan berjalannya waktu, setiap produsen akan mengganti barang produksinya dengan yang lebih hemat energi.
Read More
MCB OFF Gara-gara Lampu Hemat Energi Murah mati

MCB OFF Gara-gara Lampu Hemat Energi Murah mati

Bebera bulan ini Saya mendapati MCB di rumah sering off/mati dengan sendirinya, setelah diselidiki ternyata penyebabnya adalah lampu hemat energi yang terpasang konslet, lampu tersebut habis masa hidupnya dengan resiko membuat konslet/hubungan pendek.

Awalnya Saya kurang peduli dengan hal tersebut, namun setelah beberapa kali mengalaminya akhirnya pengalaman ini Saya bagi dengan anda yang mungkin mengalami hal yang sama.

Suatu saat, tiba-tiba aliran listrik di rumah mati, kemudian Saya periksa MCB dan terlihat OFF, lalu Saya nyalakan kembali MCB, tetapi kembali lagi OFF sampai beberapa kali.

Saya matikan seluruh beban listrik seperti kulkas, TV, kemudian MCB Saya nyalakan, namun tetap saja kembali OFF. Kemudian Saya coba mematikan seluruh lampu, lalu saya nyalakan kembali MCB, Alhamdulillah... aliran listrik dapat menyala.

Untuk mengetahui penyebab konslet di rumah, saya mencoba menyalakan satu persatu lampu yang dimatikan, pada saat saya menyalakan lampu luar ternyata MCB kembali OFF. Ternyata penyebabnya konslet adalah lampu di luar rumah yang berupa lampu hemat energi. Setelah Saya ganti lampu tersebut, maka listrik tidak konslet lagi.

Ternyata lampu hemat energi dengan harga yang murah dan merek yang beraneka regam yang banyak beredar di pasaran memiliki kekurangan yakni bila sudah tidak menyala/habis masa hidupnya maka menjadi penyebab konslet, pada beberapa kejadian, lampu tersebut dapat juga terlepas dari dudukannya bila mati dan mengeluarkan suara ledakan, tidak seperti lampu bohlam yang hanya putus dan tidak mengakibatkan konslet.

Pada posting kali ini Saya tidak menganjurkan anda untuk beralih ke model lampu lain, namun bila terjadi konslet di rumah dan bingung apa penyebabnya, coba periksa lampu hemat energi yang terpasang di rumah Anda.
Read More