Cara Menggunakan Lap Kanebo / Chamois

Lap Kanebo / Chamois
Saran untuk dibaca: "Tips merawat lap kanebo/chamois"

Saya yakin Anda sudah paham betul apa itu kanebo, bagi anda yang belum tahu akan saya jelaskan sedikit, Kanebo adalah sejenis lap yang dapat menyerap air lebih baik daripada lap biasa yang terbuat dari kain atau bahan. sebagian orang menyebut dengan lap mikrofiber.

Kanebo adalah sebutan untuk lap yang  biasa dipakai untuk mengeringkan body kendaraan seperti motor atau mobil. Lap ini tersimpan dalam wadah berbentuk silinder plastik berwarna kuning, putih atau ungu dengan penutup yang dapat dilepas.

Sedikit sekali tata cara atau arahan tentang bagaimana cara memakai lap ini, yang umum tercantum pada bagian luar wadahnya hanyalah cara menyimpan lap setelah digunakan agar tetap dalam keadaan basah.

Namun menurut pengalaman Saya, ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam menggunakan lap kanebo ini, agar kanebo kita terjaga kualitasnya, tahan lama dan selalu siap pakai, seperti yang dijabarkan berikut ini:

1. Saat digunakan untuk mengeringkan badan kendaraan hendaknya dengan gerakan satu arah, jangan menggerakkan lap dengan  dua arah atau bolak-balik (seperti mengampelas). Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar kotoran yang terusap oleh lap tidak kembali lagi, selain itu berguna juga untuk menjaga agar badan kendaraan tidak tergores.

2. Setelah dipakai untuk mengelap biasanya kita akan membilas lap dengan air agar menjadi bersih, setelah membilas hindari memelintir lap yang dapat merobek lap, namun cukup diremas saja dengan tangan.

3. Hindari menyikat lap untuk menjaga lap dari kerusakan.

4. Jangan menggunakan lap kanebo untuk mengeringkan bagian tertentu yang mengandung minyak atau oli.

5. Setelah selesai digunakan simpan lap kanebo pada tempatnya dalam keadaan basah/lembab.

6. Jangan menjemur lap kanebo di terik sinar matahari, karena akan menyebabkan lap menjadi kaku sehinga mudah menjadi robek.

7. Bila lap kanebo dalam keadaan kering maka rendam dulu dalam air sebelum digunakan.

Tips Menghilangkan Bau Pada Jaket Kulit

 Jaket Kulit
Artikel ini adalah kelanjutan dari posting saya sebelumnya yang bertema sama yakni tentang jaket kulit, artikel sebelumnya yang dapat anda baca yakni: "Cara merawat dan mencuci jaket kulit".

Setelah saya perhatikan ternyata pada postingan tersebut belum membahas tentang cara menghilangkan bau pada jaket kulit. Bau pada jaket kulit dapat diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah oleh keringat yang keluar dari tubuh, misalnya saja pada bagian ketiak.

Pada pakaian yang terbuat dari bahan kain mungkin akan lebih mudah untuk menghilangkan bau tersebut yakni dengan mencuci kain tersebut, namun tidak pada jaket kulit, karena jaket kulit tidak boleh dicuci dengan alasan akan merusak teksturnya. mungkin Anda akan bertanya, bagaimana cara menghilangkan bau jaket kulit kalau tidak dapat dicuci? untuk jawabannya silahkan dibaca uraiannya di bawah ini:

1. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjemur jaket kulit kesayangan anda beberapa waktu saja sampai jaket agak hangat, saat menjamur sebaiknya bagian dalam berada di bagian luar agar matahari dapat mengenai bagian yang bau dan tidak merusak bagian luar jaket.

2. Setelah jaket selesai dijemur, olesilah bagian dalam jaket dengan minyak telon. Caranya adalah dengan melumuri telapak tangan anda dengan minyak telon secukupnya lau oleskan tangan yang mengandung telon tersebut ke bagian dalam jaket.

3. Setelah minyak telon merata pada jaket, jemur kembali jaket anda beberapa saat. Sekarang jaket kulit terbebas dari bau dan siap untuk dipakai.

Kesalahan yang Harus dihindari saat menggunakan Kamar Mandi

Kamar Mandi
Diantara kita mungkin pernah melakukan hal-hal yang tanpa disengaja ternyata meruguikan kesehatan kita, mungkin salah satu kegiatan tersebut dilakukan dimaksudkan untuk kebersihan saat keluar kamar mandi namun malah menambah kotor atau bahkan membawa kuman-kuman dari kamar mandi ke ruangan lain yang ada di penjuru rumah.

Seperti dilansir Huffingtonpost, berikut ini beberapa kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan di kamar mandi berikut cara atau saran mengatasinya:

1. Kebanyakan pakai shampo

Menurut ahli Dermatologi, Dr Zoe Draelos, kulit kepala memproduksi minyak alami yang berfungsi sebagai hair conditioner. Namun bila seseorang menggunakan terlalu banyak shampo, akibatnya minyak-minyak alami itu akan luruh. Namun bila pekerjaan Anda menyebabkan banyak kotoran menempel di tubuh atau kelebihan minyak di kulit kepala maka pemakaian sampo diperbolehkan.

Saran - hindari keramas bila rambut tidak terlalu kotor. Namun bila terpaksa melakukannya karena produksi minyak rambut berlebih boleh saja asal jangan berlebihan.

2. Menggunakan satu spons untuk macam-macam keperluan

Mungkin diantara kita banyak yang memakai satu spons untuk beberapa hal seperti membersihkan shower, cermin di kamar mandi, toilet dan bathtub. Hal tersebut sebaiknya dihindari karena sama saja memindahkan kuman dari satu tempat ke tempat lain.

Cara mengatasi - Pastikan Anda memiliki beberapa spon untuk pemakaian yang berbeda-beda. Selain itu sering-seringlah membersihkan spon setelah dipakai.

3. Cara duduk di toilet yang salah

Ternyata menurut buku standar kedokteran bernama Bockus's Gastroenterology, postur ideal untuk buang air besar adalah jongkok, dengan kedua paha tepat berada di depan perut.

Sebuah studi dari Jepang pun setuju hal ini dengan mengatakan bahwa partisipan yang jongkok saat BAB otot kakinya tidak begitu tegang dan tekanan pada perutnya juga lebih kecil. Studi lain juga mengatakan mereka yang jongkok saat BAB dapat menggerakkan ususnya 79 detik lebih cepat daripada yang duduk. Untung saja masih banyak orang indonesia yang BAB dengan cara jongkok.

Saran: gunakanlah toilet yang khusus untuk jongkok, kecuali di rumah anda ada orang tua yang sudah uzur sehingga kesulitan bila BAB menggunakan toilet jongkok.

4. Cebok pakai tisu

Cara Cebok pakai tisu sering dilakukan oleh orang-orang di Barat yang kadang-kadang mengakibatkan iritasi dan tidak nyaman pada pantat. Sebaiknya menyiram dengan air atau menggunakan tisu basah yang bisa langsung dibuang sehingga akan membuat pantat terasa nyaman dan tidak meradang.

Saran: siapkanlah selalu di kamar mandi tisu basah, tempat air atau selang penyemprot air yang biasa terdapat pada set toilet. Atau bawalah selalu tisu basah ke manapun anda pergi untuk jaga-jaga bila anda akan BAB di tempat lain.

5. Memakai zat kimia untuk bersih-bersih

Untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan penyakit biasanya kita menggunakn zat kimia untuk menguras bak dan menyikat lantai kamar mandi. Namun ternyata sejumlah produk pembersih justru berbahaya bagi kesehatan orang yang menggunakannya.

Saran: Hindari penggunaan zat kimia,cobalah membuat pembersih sendiri  dengan memanfaatkan buah-buahan. Misalkan anggur yang dibelah dua dan dicampur dengan garam adalah pembersih bak yang efektif, sedangkan lemon separuh juga mampu menghilangkan noda air di bak. Baunya juga tentu lebih menyegarkan.

Tips Memilih Lampu Downlight Untuk Rumah Anda

Lampu Downlight
macam-macam Lampu Downlight
Saran untuk dibaca: "Cara pemasangan instalasi listrik lampu downlight"

Downlight atau Recessed Light adalah Light Fixture atau Rumah Lampu yang dipasang masuk pada plafon atau langit-langit rumah. Sinar lampu yang keluar dari downlight akan terfokus menyinari area di bawahnya dalam bentuk spot light.

Pemasangan lampu downlight biasanya digunakan sebagai aksen pencahayaan tambahan disetiap sudut ruangan. Lampu downlight ini mempunyai fungsi utama untuk menerangi area yang berada di bawah lampu tersebut dan memberikan efek pencahayaan yang optimal pada ruangan sehingga menimbulkan keindahan dari setiap benda yang terkena cahayanya secara lebih mendetail.

Namun untuk mendapatkan fungsi tersebut diperlukan pemilihan jenis lampu yang benar. Misalnya saja, pemilihan lampu plafon downlight yang tepat akan menimbulkan suasana yang berbeda pada ruangan yang dipasangi lampu tersebut.

Memilih jenis desain lampu downlight yang sesuai dengan ruangan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pada ulasan ini akan disajikan beberapa tips terkait tentang bagaimana cara memilih desain lampu plafon downlight yang tepat agar sesuai dengan keinginan anda.  Berikut penjelasannya:

Jenis desain plafon - Ini adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih desain lampu downlight yang tepat , karena  setiap desain plafon mempunyai kebutuhan akan pencahayaan yang berbeda-beda sehingga akan menentukan letak lampu downlight dan berapa banyak lampu yang akan dipasang. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jenis desain lampu downlight - Dengan mengetahui jenis desain lampu downlight yang akan dipasang maka nantinya akan berpengaruh pada pencahayaan yang disdapatkan sebuah ruangan sehingga akan memunculkan sisi keindahan ruangan pada siang maupun malam hari. Dengan begitu setiap sisi keindahan ruangan akan tereksplorasi dengan baik melalui pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu downlight.

Apabila anda masih bingung dengan jenis lampu donwlight, maka anda dapat mencoba memilih jenis lampu warm white. Cara yang efektif untuk merubah suasana ruangan anda (di malam hari) adalah dengan menggunakan jenis lampu " warm white" pada downlight anda, dimana warna ini akan memberi kesan hangat dan nyaman bagi ruangan dan tentunya mata anda. Jika anda menginginkan downlight yang juga dapat memberikan efek "stylis / modern" pada ruangan anda di siang hari, coba pilih bentuk downlight yang unik dan selaras dengan tema interior anda.

Selanjutnya setelah anda mengetahui Jenis desain plafon dan  Jenis desain lampu downlight maka selanjutnya dapat dilakukan pemasangan instalasi lampu downlight.

Tips Mencuci dan Merawat Baju Putih Agar Tidak Kusam

Baju PutihWarna putih adalah warna yang disukai banyak orang karena mudah untuk dipadu padankan dengan warna apa saja. sehingga banyak digunakan untuk keperluan dalam kehidupan sehari-hari seperti: sebagai seragam sekolah atau kemeja kerja. Tetapi, sebagai warna yang paling terang, sedikit saja noda terdapat pada baju putih akan terlihat sangat jelas.

Selain itu warna putih juga sering kali berubah menjadi kusam dan kekuningan membuat baju putih harus mendapatkan perawatan ekstra dibanding dengan baju berwarna lain.

Kita sering bingung, bagaimana cara menjaga dan merawat baju putih agar tidak cepat kusam? Bagaimana pula mengembalikan warna putih yang seperti baru pada baju putih yang sudah terlanjur terlihat kusam? silahkan dibaca uraiannya di bawah ini.

Tips merawat dan mengembalikan baju putih yang terlihat kusam:
  1. Setelah dipakai segera rendam baju putih untuk mencegah bahan kimia seperti deodorant dan parfum terlalu lama menempel sehingga menimbulkan noda kekuningan pada bagian kerah dan ketiak. Namun sebelumnya pastikan anda telah memisahkan baju putihdengan baju warna lain. Ini berguna untuk mencegah baju putih terkena lunturan dari baju lain.
  2. Sebagai penghilang noda gunakan detergen khusus untuk baju putih agar hasil mencuci lebih maksimal. Biasanya detergen khusus untuk baju putih mempunyai formula khusus untuk mencegah baju putih agar tidak cepat kusam.
  3. Saat menghilangkan noda gosoklah bagian kerah, kantong baju dan ketiak secara manual.  bagian ini adalah tempat berkumpulnya kotoran yang sulit dibersihkan bila menggunakan mesin cuci.
  4. Jemur baju diterik matahari, bila sudah kering segera angkat baju dari jemuran.
  5. Setelah baju kering setrikalah  baju putih anda dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Temperatur yang terlalu panas akan membuat baju putih Anda cepat berubah warna.
  6. Untuk menjaga agar baju putih tetap rapi gunakan gantung baju / hanger berbahan plastik atau kayu. Hindari menggunakan gantungan berbahan besi yang dapat menyebarkan karat ke baju anda.
  7. Jika baju putih Anda sudah terlihat kusam, Anda bisa merendam baju Anda dengan pemutih setelah baju dicuci dengan detergen. Rendam selama 30 menit sampai 1 jam untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bahan tradisional untuk merawat pakaian:

Buah mengkudu - Gunakan buah mengkudu untuk mencerahkan baju putih yang terlihat kusam. Siapkan buah mengkudu yang sudah matang kemudian ambil airnya. Lalu, campur air perasan mengkudu dengan air bersih dalam satu ember kecil. Rendam baju putih Anda selama satu jam kemudian cuci dan bilas, setelah itu Anda dapat mencucinya menggunakan deterjen seperti bisa.

MSG /  vetsin - MSG / vetsin dapat digunakan untuk menghilangkan noda darah, minyak, minuman, dan makanan pada baju putih Anda. Caranya adalah dengan merendam baju putih di dalam air yang sudah dibubuhi satu sendok teh MSG / vetsin. Setelah dikucek sebentar, lalu cucilah seperti bisa.

Garam & jeruk nipis - Garam & jeruk nipis dapat digunakan untuk memutihkan kembali baju putih Anda yang kusam, caranya adalah dengan merendam baju putih menggunakan sedikit garam, perasan air jeruk nipis, dan air selama semalam. Besoknya anda dapat mencuci pakaian tersebut seperti biasa.

Tips Membersihkan Lampu Kristal

Lampu Kristal
Lampu kristal yang tergantung di dalam rumah merupakan aksesoris yang membuat bagian ruangan rumah menjadi lebih inda. Keunikan jenis dari lampu kristal adalah cahaya lampu yang dihasilkan menjadikan suasana terasa berbeda dibanding menggunakan lampu biasa.

Perawatan yang benar perlu dilakukan mengingat material dan bentuk desain lampu yang beragam yang berbeda dengan jenis lampu lainnya. Untuk menjaga agar cahaya lampu kristal dapat terjaga kualitasnya maka diperlukan perawatan agar tidak ada materi yang dapat menutupi lapisan terluar dari lampu, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Sebelum melakukan aktifitas pembersihan pastikan anda telah memutuskan arus listrik yang tersambung ke lampu kristal, hal ini dilakukan untuk menghindari Anda tersengat setrum saat melepaskan lampu dari dudukannya. Atau untuk lebih amannya matikan listrik di rumah dengan meng "OFF"-kan MCB.

Cara membersihkan lampu kristal

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. Pisahkan bagian-bagian lampu kristal. Namun sebelumnya lepaskan dulu lampu kristal dari pengait gantungannya.

2. Siapkan satu ember air lalu tambahkan 250 gram detergen. masukkan bagian lampu ke dalam air tersebut kemudian diamkan selama satu malam. Setelah direndam maka air akan berwarna hitam, buanglah alir lalu lakukan perendaman berulang sampai mendapati air rendaman menjadi jernih yang menunjukkan kalau kotoran yang menempel sudah luruh.

3. Ambillah beberapa lembar kertas koran lalu letakkan di atas sebuah meja yang datar, letakkan lampu kristal diatasnya dan diamkan kristal kering dengan sendirinya dan jangan dilap.

4. Selanjutnya bersihkan bagian rangka
Untuk rangka yang terbuat dari bahan perak atau stainless steel - Siapkan air hangat sebanyak setengah ember kemudian tambahkan satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan garam ke dalam air tersebut. Rendamlah rangka lampu selama semalam. Setelah direndam semalam diangkat dan diangin-anginkan sampai kering.

Untuk rangka yang terbuat dari bahan krom - campurkan detergen 250 gram ke dalam satu ember air lalu masukkan rangka ke dalamnya. Rendam rangka selama satu malam. Setelah bersih, kemudian dilap dan dikeringkan menggunakan lap berserat tinggi misalnya dengan lap Chamois sampai benar-benar kering.

6. Untuk menghilangkan karat pada rangka gunakan ampelas nomor nol.  Atau anda bisa juga menggunakan cairan pembersih keramik untuk menghilangkan karat. Kemudian setelah karat hilang rendam rangka dalam air hangat. Kemudian lap rangka sampai kering.

7. Setelah lampu dan rangka selesai dibersihkan, rangkailah kembali lampu kristal seperti semula.

Dalam membersihkan lampu kristal tak perlu setiap hari, Anda dapat melakukan perawatan sebulan sekali atau saat lampu terlihat kotor. 

Tips Merawat Kain Flanel

Kain Flanel
Kain Flanel
Bagi anda penggemar kain flanel tentu sayang bila kain flanel kesayangannya, baik yang masih lembaran atau yang sudah berupa kreasi menjadi berkurang kualitasnya. Kain flanel yang memiliki karakteristik berserat lambat laun akan cepat menjadi kusut dan lusuh ketika tidak dirawat secara baik dan benar. Untuk diperlukan cara tentang bagaimana merawat kain flanel dengan baik dan benar.

Perawatan Kain Flanel:

1. Hal pertama yang mesti dilakukan dalam merawat kain flanel adalah ketika kain flanel tersebut kotor, anda dapat melakukan pembersihan dengan menggunakan cairan pembersih yang tepat sehingga kain flanel menjadi lebih awet dan tahan lama.

2. Saat proses pertama pencucian biasanya kita akan merendam pakaian ke dalam cairan pembersih, untuk kain flanel proses tersebut dilakukan cukup singkat/tidak terlalu lama, karena  jika terlalu lama direndam dalam cairan pembersih maka akan berakibat warna kain flanel cepat memudar.
kreasi Kain Flanel
Kreasi kain flanel

3. Untuk menghindari agar tekstur dari serat kain flanel tidak cepat berbulu dan kusut, usahakan saat mencuci untuk tidak disikat dengan sikat yang kasar, sikatlah dengan sikat dengan bulu sikat yang lebut.

4. Hal lain yang perlu untuk diperhatikan saat mencuci kain flanel adalah usahakan untuk menghindari dari pemakaian pemutih.

5. Apabila anda sudah selesai dengan proses pencucian selanjutnya kain flanel dijemur atau diangin anginkan. dalam menjemur usahakan tidak langsung terkena sinar matahari langsung agar kain terhindar dari pudarnya warna flanel.

Cara Memasang Tangki Air Penguin

Untuk anda yang sedang pasang tangki air/toren/tandon air di rumah sebaiknya mengikuti tata cara yang benar sesuai Panduan pemasangan instalasi dari sumber yang tepat, seperti yang akan Saya jelaskan di bawah yang dilansir dari PENGUIN.

Perlu diketahui bahwa Setiap 1000 liter air memiliki berat 1 ton, sehingga sangat penting dalam mempertimbangkan pembuatan pondasi yang mampu menahan berat keseluruhan tangki. Pondasi yang dibuat dengan baik dan benar sangat penting untuk semua tangki air.

Petunjuk penempatan tangki

1. Tempat peletakan tangki :
    -Tower yang terbuat dari kerangka besi (tidak memilikit celah pada alas dudukan tangki).
     Tower yang terbuat dari beton bertulang
    -Dak dari beton bertulang
    -Lantai dasar dibuat dari beton bertulang atau pasangan batu bata
2. Pondasi untuk alas tangki harus bersih, datar, rapat dan rata (usahakan diatur dengan waterpass)
3.Tempat untuk membuat pondasi harus dalam kondisi padat dan stabil
4. Lebar pondasi harus lebih besar daripada diameter tangki.
5. Usahakan untuk tidak menempatkan tangki air di atas instalasi pipa dan/atau kabel tertimbun (untuk memudahkan bila suatu saat pipa atau kabel tersebut akan diservis atau perawatan rutin).
6. Tenpat yang akn dipasang tangki sebaiknya terbebas dari lalu lintas atau mobilitas sehingga seluruh peralatan yang berhubungan dengan tangki aman dari gangguan.
7. Hindari memasang tangki air di atas struktur bawah tanah seperti gudang, tangki septik, saluran limbah, dll
General Tank tidak dirancang untuk instalasi bawah tanah. Maka tidak dapat dipendam sepenuhnya / sebagian
Permukaan Dudukan/Pondasi (Klik gambar untuk memperbesar)

Dudukan/Pondasi yang benar
Dudukan/Pondasi yang salah
Batas toleransi untuk elastisitas pemuaian/ penyusutan yang dimiliki Tangki Polyethylene adalah 3% dari dimensi tangki. Semua sambungan tangki harus memiliki ketentuan yang memungkinkan pergerakan saat tangki memuai/ menyusut karena perubahan suhu dan beban.

Pemasangan tangki - pompa
  1. Gunakan pompa sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan.
  2. Pompa diletakkan ditempat yang mudah untuk diperiksa jika terjadi masalah.
  3. Tempatkan pompa sedekat mungkin dengan sumber air, karena dengan memperkecil jarak pipa hisap (suction) akan menambah daya pipa dorong (discharge).
  4. Pemasangan pompa tidak boleh langsung atau dekat dengan outlet tangki.
  5. Gunakan koneksi fleksibel untuk melindungi dinding tangki dari getaran pompa. Lihat gambar
  6. Pompa harus diikat (dibaut) kuat pada dudukan, untuk menghindari pergerakan dan getaran pompa saat sedang beroperasi.
  7. Kurangi jumlah tikungan dalam sambungan pipa untuk mencegah kebocoran dalam instalasi pipa dan meminimalkan hambatan tenaga.
  8. Pasang Saringan Pasir (strainer) untuk sumber air yang mudah terhisap kotoran.
Instalasi Pompa

Instalasi Pompa yang benar


Instalasi Pompa yang salah
Sumber artikel dan gambar dari PENGUIN