Tips Merawat Sepatu Kulit agar Tetap Awet

Sepatu Kulit
Sepatu adalah salah satu aksesoris fashion yang penting digunakan, karena sepatu memiliki manfaat. Diantara manfaat itu diantaranya adalah dengan memakai sepatu maka kaki kita akan terlindungi dari hal-hal yang dapat merugikan kaki seperti terkena benda tajam, panas matahari dan lain-lain. Selain itu dengan memakai sepatu, maka penampilaan kitapun akan bertambah baik.

Agar dapat menikmati segala manfaat dari sepatu maka penting untuk kita merawat sepatu agar dapat berfungsi secara maksimal. Di bawah ini tips merawat sepatu kulit agar tetap awet :

1. Untuk mencegah kerutan atau retakan yang dapat merobek sepatu maka cobalah menambahkan lapisan khusus agar sepatu tersebut tidak berubah bentuk atau sobek. Anda juga dapat menambahkan lapisan pada heels sepatu agar tidak mudah aus dan tidak cepat rusak, Saya sarankan mintalah kepada tukang sol sepatu atau ahli sepatu dalam pengerjaannya.

2. Sudah menjadi rahasia umum bila sepatu kulit itu mudah terkelupas bagian luarnya, hal tersebut dikarenakan kondisi lapisan kulit yang terlalu kering, untuk menghindari hal tersebut gunakanlah lotion khusus untuk sepatu kulit, dengan begitu sepatu kulit anda akan lentur dan terhindar dari terkelupas akibat kekeringan.

3. Setelah sepatu anda terawat dengan baik, maka hal penting lainnya yang perlu diperhatiklan adalah dalam hal penyimpanan, simpanlah sepatu dalam keadaan terbungkus, atau dalam wadah dus, hal ini berguna untuk mencegah debu menempel pada bagian terluar sepatu. Selain itu peletakannyapun harus terhindar dari cahaya matahari secara langsung yang dapat merusak kulit sepatu.

4. Untuk menghindari tumbuhnya jamur, sesekali keluarkanlah sepatu dan diangin-anginkan. Hindari menyimpan sepatu pada tempat yang lembab.

Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Bagian 4)

Inilah beberapa tips cara dan bagaimana membuat pekerjaan dan masalah yang sering dijumpai di rumah dapat diselesaikan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat'
    ceklis
  1. Agar susu tidak hangus waktu dipanaskan - Tambahkan sedikit gula, tapi jangan diaduk.
  2. Tips memotong keju -  Gunakan pisau tumpul untuk memotong keju.
  3. Bagaimana mengupas bawang tanpa sebabkan mata berair dan perih - Kupaslah sambil dikucuri air dari kran.
  4. Cara memlilih telur segar (baru) - Telur lama halus dan keras, telur segar kasar dan tidak rata.
  5. Cara mengurangi keasaman kopi - Berilah sedikit garam.
  6. Pewangi untuk lemari es - Taruh sekotak baking soda yang terbuka di dalam lemari es.
  7. Menangani akibat tumpahan lemak - Segera siram dengan air es hingga lemak terangkat sebelum sempat menyerap ke dalam.
  8. Membuang sisa benang dari kain wool - Dengan spons basah, sapukan pelan-pelan. Atau gunakan isolasi lakban coklat yang besar, lilitkan pada tangan dengan bagian yang lengket di luar lalu tempel-tempelkan patda kain maka sisa benang akan berpindah ke lakban.
  9. Merawat pelapis dari kulit - Tiap 3 bulan sikat dengan bubuk susu.
  10. Memperbaiki kulit perlak yang lecet-lecet - Tutupi lecet dengan pelitur berwarna sama, setelah kering timpa dengan cat kuku bening.
  11. Mencegah kulit perlak retak-retak - Setiap akan dipakai, gosok kuat-kuat dengan tangan lalu dengan kain lembut.
  12. Memperbaiki sepatu bayi yang lecet-lecet - Gosok sepatu itu dengan putih telur.
  13. Tips waktu beli sepatu - Belilah sepatu di sore hari, kalau pagi hari kaki cenderung membesar.
  14. Melunakkansepatu yang kaku keras - Potong kentang mentah dan gosokkan ke sepatu secara menyeluruh.
  15. Agar sepatu kulit lembek hitam tahan lama - Cuci dengan air hangat lalu oleskan castroli.
  16. Cara melunakkan sepatu kulit - Gosok dengan spons yang diberi kopi hitam.
  17. Menghilangkan noda putih dari sepatu - Gosok dengan larutan cuka dalam air.
  18. Agar sayuran tetap hijau waktu dimasak - Sebentar-sebentar bukalah tutup panci masak selama proses masak.
  19. Memperoleh air jeruk dari lemon yang sudah kering - Masak dulu beberapa menit dalam air mendidih.
  20. Mengiris bawang lebih cepat dan rapi - Jangan kupas dulu kulit bawangnya, maka akan lebih mudah mengirisnya.
  21. Cara menghilangkan rasa minyak olive - Berilah sedikit garam.
  22. Cara menjaga buah agar tetap segar - Jangan dicuci sampai buah siap untuk digunakan dan tetap simpan dalam lemari es sampai siap untuk digunakan.
  23. Cara memotong kue yang lembek agar rapi - Olesi pisau pemotong dengan mentega sebelum dipakai.
  24. Cara memotong kue yang beku - Celupkan pisau ke air panas setiap kali akan dipakai memotong.
  25. Membuat telur dadar yang mengembang - Tambahkan satu sendok teh kanji jagung ke dalam adonan telur.
  26. Mencegah bumbu-bumbu berbau tengik - Taburi bumbu dengan satu sendok gula pasir.
  27. Menghilangkan bau kubis - Ketika memasak kubis masukkan dua buah walnut kedalamnya.
  28. Agar kembang kol tetap putih bersih - Tuangkan sedikit susu ke dalam air yang untuk merebus kembang kol.
  29. Memisahkan putih telur dengan merah telur - Pecahkan telur dan tumpahkan ke sebuah corong kecil; putih telur akan mengalir keluar sedangkan kuning telur tetap di atas.
  30. Agar sayur tetap segar - Taruh tissue di dasar tong tempat menyimpan sayur, itu akan menyerap embun yang menyebabkan sayur cepat busuk.
  31. Agar daging tampak selalu segar - Tutupi sisi bekas potongan dengan daun selada.
  32. Menyegarkan selada kayu - Rendam dalam air dingin yang diberi sedikit jus lemon, taruh di lemari es 30 menit.

Berdasarkan Pengalaman pribadi Mahasiswa ITS ciptakan keset penghisap debu

Keset Penghisap Debu
Keset penghisap debu,[gambar: Kabarkampus]

Rizky Nafiar Rafiandi, seorang mahasiswa ITS Surabaya menciptakan keset serbaguna yang berfungsi sebagai penghisap debu, sehingga kotoran yang ada tidak lengket di permukaan, melainkan langsung terhisap. Dalam menciptakan temuannya tersebut Rizky dibantu oleh rekan-rekannya.

Rizky mengatakan bahwa keset penghisap debu yang dinamai Doormatics itu berawal dari pengalaman pribadi ketika dirinya membersihkan lantai, tiba-tiba adiknya datang dan mengotori kembali lantai tersebut.

Saat itu, adiknya sudah membersihkan kaki di keset, namun karena keset tersebut juga berdebu, maka lantai kembali kotor. Karena itu dirinya ingin membuat keset yang secara otomatis menyerap kotoran.

Dengan ide tersebut akhirnya ia mengajak teman-teman membuatnya bersama-sama, lalu merekapun mengajukan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk mewujudkan alat tersebut.

Proposalpun diterima, dan mereka mendapatkan dana sebesar Rp7,5 juta dari Ditjen Dikti untuk mewujudkan "Doormatics".

Rizky mmengatakan bahwa Inovasi itu dapat menekan pengeluaran biaya gaji karyawan dalam suatu perusahaan, karena mengurangi jumlah petugas cleaning service.

Dalam proses pembuatan keset serbaguna tersebut mahasiswa jurusan Teknik Elektro ITS itu menggandeng salah satu bengkel di daerah Semolowaru, Surabaya.

Alasan menggandengn bengkel dalam proses pembuatan kesetnya Rizky mengatakan, karena ada beberapa kendala terkait pembuatan keset serbaguna ini. Salah satu kendalanya adalah hambatan dalam mengoptimalkan kinerja keset ini. Saat pembuatannya, mereka mengalami kesulitan dalam meningkatkan daya hisap debu pada keset. Mereka juga kesusahan dalam membuat konstruksi mekaniknya.

Dengan bantuan bengkel itulah, Rizky dan timmnya akhirnya berhasil menciptakan Doormatics yang membutuhkan daya listrik sekitar 380 watt. Dan mereka lolos mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27 di Semarang. (Antara)

keset penghisap debu
Keset Paionia Furyokuki (gambar: langitberita)
Sebelumnya dua tahun lalu konsep keset hisap pernah dikembangkan oleh Paionia Furyokuki. Idenya sangat cerdas, pada dasarnya keset ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dari sol sepatu yang menginjak keset tersebut secara otomatis. Cara kerjanya cukup praktis, Anda hanya berdiri di keset dan keset pun akan menghisap segala macam kotoran ataupun debu yang menempel di sol sepatu Anda.

Menurut Furyokuki, “Sejauh ini, keset tersebut seringkali disewakan kepada yang berminat, tikar ini memiliki konsep yang tidak biasa, karena kepraktisannya.” Satu set keset ini berukuran panjang 1 m dan lebar 50 cm. Tapi sayangnya, instalasinya masih terasa mahal jika keset ini diletakkan dirumah, sebab biaya pemasangannya untuk satu setnya saja menghabiskan biaya sekitar $ 6.250.(langitberita)

Aksesori Loom Band Ternyata Pemicu Kangker

Loom Band
Aksesori Loom Band Ternyata memiliki sifat karsinogen dan bisa menyebabkan kanker, namun demikian sejumlah orangtua bangga melihat anaknya mampu merangkai karet warna warni (rubber band) menjadi sebuah loom band yang terlihat menawan bila dikenakan.

Akhir-akhir ini aksesori ini begitu poluler di kalangan anak-anak usia 5 sampai 12 tahun, usia di mana seorang anak duduk di bangku TK sampai SMP. Dalam mengerjakannya, kerajinan tangan ini menuntut seorang anak untuk lebih kreatif, dan sabar.

Orang tua yang mendapati anaknya menghasilkan rangkaian kerajinan tangan tersebut dengajn bangga memamerkannya di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path.

Meski Loom Band nampak indah di mata, namun tersimpan sesuatu yang menakutkan. Hasil tes yang dilakukan oleh British Assay Office untuk melihat kemurnian kandungannya, ditemukan bahwa seluruh produk loom band berisikan zat kimia berbahaya.

Juru bicara dari British Assay Office mengatakan, dalam pengujian itu menunjukkan adanya pemakaian phthalates yang melebihi batas wajar untuk digunakan di dalam produk kerajinan semacam loom band ini.

"Phthalates memiliki sifat karsinogen dan bisa menyebabkan kanker," kata juru bicara Assay Office seperti dikutip Mirror, Senin (1/9/2014)

Ia juga mengatakan bahwa Phthalates dapat bermigrasi dari plastik ke dalam tubuh jika mereka terkena air liur dan keringat. Bila itu dibiarkan terus menerus, berdampak pada terjadinya kanker.

Phthalates adalah ester dari asam flatat (atau asam benzene-1,2-dikarboksilat). Umumnya digunakan sebagai plasticzer untuk membuat semua plastik lebih fleksibel dan lebih mudah diproses. Dan paling banyak dicampurkan ke dalam berbagai produk kosmetik, jok mobil dan motor, cat, lem, dan tentunya mainan plastik anak-anak. [Sumber: Health Liputan6.com]

Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Bagian 3)

Masih seperti artikel sebelumnya yakni: "Aneka Tips Ringan Dalam Kehidupan Sehari-hari (Bagian 2)". Posting kali ini membahas tentang beberapa tips cara dan bagaimana membuat pekerjaan dan masalah yang sering dijumpai di rumah dapat diselesaikan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat'

  1. Membersihkan emas dan perak yang sudah pudar - Gosok pakai pasta baking soda campur air, bilas dan keringkan.
  2. Membuat pembersih perhiasan permata - Pakailah larutan satu sendok makan amoniak dengan secangkir air.
  3. Memasang lagi butiran yang lepas perhiasan Anda - Teteskan pernis cat kuku ke lubang tempat dudukan batu permata itu, lalu masukkan batu itu kemudian tekan dan keringkan.
  4. Mencegah permata imitasi memudar - Lapisi tipis-tipis permata imitasi dengan cat kuku bening.
  5. Agar alat pencuci piring bekerja dengan baik, lebih bersih - Masukkan cuka sedikit ke dalamnya.
  6. Membuat lemari es mengkilap - Gosok Bagian luar lemari es/kulkas dengan spons basah yang diberi soda bicarbonate.
  7. Agar aki kering tahan lebih lama - Simpan rapat-rapat dalam kantong plastic, bungkus dengan aluminium foil, lalu simpan di lemari es.
  8. Membersihkan lilin dari tempatnya - Taruh tempat lilin dalam freezer lemari es, maka lelehan lilin akan mudah untuk dilepas.
  9. Menghilangkan goresan pada arloji plastik - Basahi cotton bud dengan pembersih cat kuku, lalu gosokkan pada goresan-goresan itu sampai hilang.
  10. Cara membersihkan perabot ukiran - Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sela-sela, lalu pakai pelitur dengan kuas.
  11. Menghilangkan noda tinta dari perabot yang dipernis - Gosok dengan lap lembut yang dibasahi campuran cuka dan minyak biji rami dengan perbandingan 1 : 1.
  12. Menghilangkan bau jamur dari koper/tas - Taruh sebatang sabun di dalamnya sebelum koper/tas disimpan lama.
  13. Menghilangkan bekas asap yang lengket pada  alat-alat kayu - Olesi kayu dengan campuran kanji dan air, setelah kering bersihkan.
  14. Cara mengkilapkan lantai dapur - Tambahkan susu masam ke dalam air, lalu pel lantai dengan cairan itu, lantai akan kinclong.
  15. Menghilangkan karat dari krom - Gosoklah pakai aluminium foil.
  16. Menghilangkan noda semir sepatu dari pakaian - Pakailah karbon tetrachloride atau alk0h0l pembersih.
  17. Menghilangkan noda r0k0k dari porselen - Gosok noda dengan gabus yang telah diolesi garam.
  18. Membuat penghapus tinta  sendiri - Campurkan 1 bagian pemutih cair dengan 10 bagian air. 
  19. Mengkilapkan perkakas-perkakas - Gosok dengan alk0h0l pembersih, maka akan tetap mengkilap.
  20. Menghilangkan noda-noda kopi - Gosok pakai campuran garam dan cuka / pakai bubuk OXAL (seperti tepung putih) beli di toko obat kimia, bisa juga untuk noda-noda pakaian.
  21. Membuat sendiri cairan pembersih perabot - Campurkan 2 bagian minyak olive dengan 1 bagian cuka, dipakai dalam keadaan hangat.
  22. Membuat sendiri pembersih benda-benda dari perak - Gunakan Pasta gigi atau baking soda, kedua bahan itu merupakan pembersih handal benda-benda perak.
  23. Pembersih barang-barang dari tembaga - Pakailah pasta dari garam campur cuka.
  24. Membersihkan cincin berlian - Pakai sikat gigi bekas dan pasta gigi, gosokkan, bilas, dan bersihkan.
  25. Menghilangkan goresan-goresan di perabot - Pakailah oli mesin atau semir sepatu.
  26. Agar jepitan jemuran dari kayu lebih awet - Rebus sebentar dalam larutan garam.
  27. Cara penyimpanan gorden/tirai plastic - Sambil melipat, taburkan pupur talk di tiap lipatan.
  28. Membuat sikat pakaian darurat - Balutkan cellotape sekeliling tangan dengan bagian lengket menghadap keluar, pakai untuk menyikat pakaian.
  29. Agar pakaian tidak nyangkut di gantungan - Olesi bagian-bagian yang tajam atau kasar dengan cat kuku bening.
  30. Tips berguna untuk rajut - Taruh gulungan benangnya dalam kaos kaki nylon, benang akan mudah ditarik keluar tanpa tersangkut.
  31. Agar celana tak mengkilap - Campurkan 1 bagian cuka dengan 4 bagian air, celupkan sepotong kain kecil ke dalamnya lalu diperas dan tekankan pada celana tadi.
  32. Mencegah nylon menguning - Cuci dengan sedikit baking soda lalu bilas dengan air.
  33. Cara membersihkan beludru agar seperti baru - Sikat sampai bersih lalu gantung di atas uap air panas.
  34. Membuat bantalan jarum yang bisa menajamkan jarum - Bantalannya diisi wool baja.
  35. Mengawetkan benang - Simpan benang dengan melilitkannya pada kapur barus.
  36. Cara memotong kain berbulu - Pakailah pisau cukur untuk memotong pada bagian belakang kainnya.
  37. Menjahit bahan yang licin - Tempelkan  kertas berlilin pada kain yang akan dijahit dengan kelim(penjepit), setelah jahitan selesai maka kertas dapat dirobek lepas.
  38. Cara mudah memunguti jarum-jarum yang jatuh tersebar - Pakailah besi magnet untuk menelusuri jarum yang berjatuhan.