Home » , » Tips Menghilangkan Noda Karat di Baju

Tips Menghilangkan Noda Karat di Baju

Mungkin anda pernah menemukan suatu noda berwarna merah agak kecoklatan yang menempel pada pakaian, ya itulah noda karat. Noda karat ini berasal dari besi yang sudah mengalami korosi, seperti kawat, besi sepeda, atau baur. Beberapa kali anda mencoba melakukan pencucian namun noda tersebut tetap betah menempel pada pakaian anda. Maka haln tersebut menjadikan anda kesal dan menyerah.


Beberapa kesalahan mencuci yang membuat noda susah hilang diantaranya adalah:
    patung etalase
  • Mencuci dengan air panas, beberapa orang berpendapat bahwa dengan menggunakan air panas maka noda karat di baju akan cepat hilang, ternyata hal itu tidaklah benar. Ternyata dengan menggunakan air panas, akan semakin menguatkan karat melekat pada pakaian.
  • Menggunakn pemutih, memang beberapa noda akan hilang dengan pemutih. Namun tidak dengan noda karat. Pemutih ataupun deterjen yang mengandung pemutih justru akan menguatkan warna nodanya sekjaligus menyebarkan noda ke bagian lain. nah sebaiknya hindari penggunaan pemutih untuk mengilangkan noda karat.
  • Menggunakian pemanas, hal ini juga tidak dianjurkan, 

Cara Menghilangkan Noda Karat di Baju:
  1. Ambil spons yang kuat atau kain mikrofiber dan beri sedikit air sampai lembab. Lakukan gerakan menyeka, bukan menggosok, dan oleskan pada noda. Jika Anda menggosoknya, nodanya akan tersebar dan akan lebih sulit untuk dihilangkan.
  2. Oleskan sedikit deterjen sebesar ukuran biji kacang ke noda dengan menggunakan ujung jari Anda. Gunakan deterjen yang dibuat untuk pakaian sangat kotor, tetapi tidak mengandung bahan pemutih yang kuat.
  3. Biarkan deterjen meresap pada noda karat selama satu atau dua menit dan melembutkan partikel partikel besinya. Kemudian, seka daerah yang terdapat noda sekali lagi menggunakan kain lembab untuk menghilangkan sebanyak mungkin noda sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci dengan deterjen pilihan anda.
  4. Cuci pakaian Anda dengan pengaturan hangat atau suam-suam kuku, jangan gunakan pengaturan pencucian dengan air panas. 
  5. Jika noda di pakaian Anda belum hilang secara sempurna,maka ulangi langkah diatas sekali lagi. Oleskan deterjen dan mencucinya kembali.
Catatan: Hindari mengeringkan pakaian saat masih hangat, karena panas dari mesin pengering akan membuat noda menjadi permanen dan noda karat akan terus berada di pakaian Anda selamanya.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.