Home » » Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control)

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control)

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) digunakan untuk Toren / Tendon / Tempat Penampungan Air, dll. York merupakan merek yang banyak digunakan di Indonesia.
Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) digunakan untuk Toren / Tendon / Tempat Penampungan Air, dll. York merupakan merek yang banyak digunakan di Indonesia.

Alat ini memiliki panjang kabel yang berbeda-beda dari tiap pabrikan, mulai dari dua meter hingga lima meter.

Saklar level atau float switch, merupakan saklar diskret yang digunakan untuk mengontrol level permukaan cairan di dalam tangki. Posisi level cairan dalam tangki digunakan untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Posisi level switch ada yang horizontal dan ada yang vertikal.

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) digunakan untuk Toren / Tendon / Tempat Penampungan Air, dll. York merupakan merek yang banyak digunakan di Indonesia.Floating control ini banyak digunakan untuk mengganti pelampung air otomatis jenis lain yang sudah tidak awet (tidak tahan lama dipakai) karena daya pompa yang terlalu besar.

System koneksi floating control ini menggunakan plat dan bola logam seperti umumnya otomatis bawaan pompa celup, jadi dapat menahan daya yang besar atau dapat dilalui arus yang besar sehingga lebih awet dari pelampung air jenis lainnya.


Prinsip kerja

Float Switch posisi mati
Float switch off/mati
Pada posisi horizontal, apabila permukaan cairan turun, pelampung juga akan turun, sehingga kontak akan berubah dari posisinya. Jika permukaan cairan naik lagi, maka pelampung akan naik dan kontak akan berubah lagi. Pada posisi vertikal, di dalam pelampung terdapat magnet tetap, yang bergerak naik turun mengikuti tinggi permukaan cairan. Di dalam pipa bagian tengah pelampung terdapat saklar yang membuka dan menutupnya dikerjakan oleh piston yang bergerak mengikuti magnet tetap di dalam pelampung. FS tersedia dua konfigurasi, yaitu open tank dan closed tank. Open tank digunakan untuk tanki terbuka sehingga terbuka juga terhadap tekanan atmosfir. Sedangkan closed tank digunakan untuk tanki tertutup dan bertekanan.

Kebanyakan, alat ini digunakan hanya untuk satu fungsi, yakni menyalakan mesin air saat air di tangki/toren sudah habis. Dan mematikan kembali mesin air bila air di tangki penampungan sudah penuh.

Float Switch posisi menyala
Float switch on/Hidup
Namun demikian Float Switch dapat digunakan dalam kondisi sebaliknya yakni: menyalakan mesin air saat air di pusat penyedotan masih tersedia. Dan mematikan kembali mesin air bila air di pusat penyedotan habis. Pemasangan Float Switch seperti ini biasanya pada sumur tempat dimana kita menyedot air. hal ini untuk menjaga agar pompa air agar tidak menyala saat kondisi sumur mengalami kekosongan air, atau musim kemarau.

Untuk mengatur agar pompa air dapat secara otomatis on dan off pada level permukaan air yang dikehendaki adalah dengan cara menarik atau mengulur kabel yang dikaitkan pada titik pemberat berwarna orange yang berisikan pasir.

Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. Apakah bisa pelampung air otomatis dipasang ditoren/tangki penampungan air dan bagaimana cara nya,karena di pelampung air otomatis ada tiga jalur kabel ( coklat,biru,kuning ) itu disambung kemana ?

    ReplyDelete
  2. bisa saja, namun kabel yang dipakai adalah yang berwarna coklat dan biru. sedangkan kuning untuk pentanahan/grounding. bila masih bingung coba gunakan pelampung jenis Radar, bisa dibaca di artikel ini: "CARA MEMASANG SAKELAR OTOMATIS POMPA AIR LISTRIK UNTUK TANGKI AIR/TOREN"

    ReplyDelete
  3. Apakah bisa digunakan pada sistem penampungan air kotor/ limbah?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.