Cara mengatasi Saluran Pembuangan Air yang Tersumbat

wastafel
Memiliki saluran pembuangan air sisa limbah rumah tangga yang lancar adalah harapan setiap pemilik rumah, namun akan menjadi hal yang menjengkelkan apabila terjadi penyumbatan.

Hal itu dapat terjadi akibat kita sendiri yang kurang peduli dengan perawatan saluran pembuangan tersebut, salah dalam mengaplikasikan pipa yang kurang miring dan banyak kelokan, atau sering membiarkan sisa makanan atau minuman masuk ke saluran pembuangan, misalnya saja saat mencuci piring, dengan sengaja kita membiarkan ampas kopi atau teh untuk masuk ke lubang wastafel.

Namun apa boleh buat bila penyumbatan sudah kadung terjadi? berikut ini admin akan coba jelaskan cara-cara mengatasi saluran pembuangan air yang mampat....
    lubang pembuangan wastafel
  1. Pertama bila saluran anda mampet gunakan penyedot manual (plunger) yang memiliki gagang, lakukan penyedotan dengan menekan nekan plunger ke bagian lubang pengeluaran misalnya di wastafel.
  2. Bila dengan cara pertama tidak berhasil, coba gunakan cuka, teteskan cuka pada lubang saluran, lalu diamkan selama 30 menit, setelah itu guyur dengan air panas. Gunakan pluger untuk menyingkirkan penyumbat. Guyur lagi dengan air panas, ulangi tahapan ini sampai saluran benar-benar terbebas dari penyumbatan.
  3. Alat lain yang dapat anda gunakan adalah Drain snake, alat fleksibel ini dapat pula digunakan untuk penyumbat yang sulit dihalau oleh guyuran air biasa, benda seperti bekas rontokan rambut dapat tersingkir dengan alat ini.
  4. Bahan rumahan lain yang dapat anda gunakan adalah Baking soda, bahan yang memiliki berbagai kegunaan ini dapat pula dipakai untuk melancarkan saluran pembuangan. sebelum menggunakan baking soda, sebaiknya saluran diguyur dengan air panas, setelah 20 menit taburkan baking soda dan biarkan semalaman agar baking soda bekerja. Anda dapat pula menambahkan cuka untuk mendapatkan hasil yang maksimal. setelah semalaman, guyur dengan air panas. Baking soda dapat pula dipadankan dengan bahan lain selain cuka, seperti perasan lemon, perasan lemon dapat menghilangkan lemak-lemak yang menempel di saluran pembuangan serta untuk menghasilkan aroma yang wangi.
  5. Selain baking soda ada pula bahan lain yang tak kalah ampuhnya yakni soda api, meski ampuh, anda harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya, gunakan sarung tangan sebelum mengerjakan. untuk mengaplikasikannya, masukkan soda api ke dalam saluran, lalu diamkan selama beberapa asaat sampai suara gemuruh dari lubang saluran berhenti, lalu guyur dengan air untuk melancarkannya. Anda dapat melakukan hal ini sebulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Post a Comment for "Cara mengatasi Saluran Pembuangan Air yang Tersumbat"