Tips Membersihkan Furniture Berbahan Kayu

Meja makan untuk 2 orang
Mebel atau furnitur adalah perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lemari. Mebel berasal dari kata movable, yang artinya bisa bergerak. Pada zaman dahulu meja kursi dan lemari relatif mudah digerakkan dari batu besar, tembok, dan atap. Sedangkan kata furniture berasal dari bahasa Prancis fourniture (1520-30 Masehi). Fourniture mempunyai asal kata fournir yang artinya furnish atau perabot rumah atau ruangan. Walaupun mebel dan furniture punya arti yang beda, tetapi yang ditunjuk sama yaitu meja, kursi, lemari, dan seterusnya.

Dalam kata lain, mebel atau furnitur adalah semua benda yang ada di rumah dan digunakan oleh penghuninya untuk duduk, berbaring, ataupun menyimpan benda kecil seperti pakaian atau cangkir. Mebel terbuat dari kayu, papan, kulit, sekrup, dll.

Sebelum Admin berbagi tips sederhana tentang bagaimana membersihkan fornitur yang terbuat dari bahan kayu, sebaiknya ketahui juga tentang penempatan forniture, seperti:
  • Hindari memosisikan furniture di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, hal ini berguna agar warna tidak cepat kusam dan lapisan tidak cepat retak atau melengkung.
  • Sebaiknya letakkan furniture kayu di tempat yang kering karena kelembaban udara yang tinggi dapat menyebabkan jamur dan rayap.

Cara membersihkan forniture:
  • Gunakan lap biasa atau kemoceng untuk membersihkan permukaan furniture, sedangkan untuk sela-sela ornament atau ukiran dapat dibersihkan dengan kuas kecil yg halus.
  • Khusus untuk kotoran yang membandel di permukaan furniture, cara membersihkannya adalah dengan cara dilap menggunakan lap ball dengan air dan sedikit deterjen dan biarkan mengering.
  • Selama proses pembersihkan jangan sering menggunakan bahan pembersih furniture yang mengandung sulvent karena bisa merusak lapisan top coating furniture.
  • Untuk noda ringan seperti noda air bersihkan mengunakan pasta gigi pada kain yang sudah dibasahi air.
  • Sedangkan untuk membersihkan noda bekas lilin bisa dengan hair dryer yang diarahkan ke noda lilin sampai noda lilin meleleh lagi lalu lap dengan kain lembut. Kemudian gosok dengan kain basah dengan sedikit dicampur cuka.
  • Sementara, untuk membersihkan bekas stiker di furniture kayu, caranya dengan meneteskan sedikit minyak goreng pada stiker yang ingin dibersihkan, biarkan minyak meresap lalu gosok denga kain lembut dan ulangi sampai stiker terlepas dan nodanya hilang.

Post a Comment for "Tips Membersihkan Furniture Berbahan Kayu"