Tips Merawat Tas Mahal Agar Awet dan Bisa Dijual Kembali

Tas wanita
Memiliki tas dengan bagus apalagi dengan harga tinggi tentu akan membuat pemiliknya berhati-hati dalam menggunakannya karena takut cepat rusak,  mengingat harga mahal tas tersebut. Namun bukan hanya kehati hatian, beberapa cara merawatnya dengan tepat dapat membut tas kita awet tahan lama, dan mungkin saja akan memiliki harga jual tinggi saat dijual kembali.

Berikut ini kami sajikan beberapa cara merawat tas mahal agar awet dan dapat dijual kembali dengan harga tinggi:

1. Penggunaan krim pembersih
Gunakanlah krim pembersih tas yang dijual di pasaran, namun pilihlah produk yang sesuai material tas. Saat mengaplikasikan krim, gunakan kain katun, setelah itu lap dengan menggunakan kain katun kering. Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, misalnya warna jadi pudar gunakan krim pada bagian bawah tas kemudian bila tidak terjadi kerusakan daru gunakan untuk bagian lainnya.

2. Penyimpanan
Setelah menggunakan krim khusus tas, Masukkan tas dalam kantungnya dan taruh dengan cara didudukan. Jangan disimpan di tas plastik atau vinyl karena akan mengunci kelembaban. Jika bisa, masukkan pula kertas pengganjal tas sehingga tas tidak berubah bentuk. Jika sekiranya tas tidak akan terpakai dalam jangka waktu lama, copot juga tali selempangnya.

3. Membersihkan noda
Meski kita sudah hati hati untuk menjaga agar tas kita  mulus, namun kadang-kadang terjadi juga hal di luar dugaan, misalnya tas tak sengaja terkena makanan, minyak, bahkan tinta.

Untuk noda makanan, taburkan kapur putih yang sudah dihancurkan pada noda, lalu bersihkan kapur dengan kain bersih di pagi hari. untuk permukaan tas yang terkena tumpahan minyak, segera serap dengan tepung maizena. Sedangkan untuk noda tinta, gosokan penghapus putih secara perlahan.

Bila tas anda terkena tumpahan makanan dan mengakibatkan bau di dalam tas, masukkan satu kantung plastik berisi baking soda. Kunci tas dan diamkan selama satu atau dua hari agar aromanya terserap pada baking soda.

4. Merawat bagian dalam tas
Selain bagian luar, bagian dalam tas perlu juga mendapat perhatian. Untuk mencagah kerusakan bagian dalam, masukkan barang-barang Anda dalam sebuah pouch. Selain isi tas jadi lebih terorganisir, hal itu akan menghindarkan riasan atau pulpen mengotori bagian dalam.

5. Merawat unsur metal pada tas agar tetap bersinar
untur logam dalam tas memberikan nilai tambah dari sebuah tas. Namun lama-kelamaan material tersebut akan mengalami penurunan kualitas misalnya pada resleting atau pengunci tas akan terlihat kusam. Agar hal itu tidak terjadi, cegah dengan membersihkan bagian itu dengan cairan pembersih rumah tangga yang biasa dipakai untuk mengelap kompor. Selain bersih, bagian tersebut juga akan jadi mengkilap.

6. Perawatan sehari-hari
Perawatan di atas memang bisa dilakukan minimal satu bulan sekali atau hanya ketika kotor. Namun agar lebih terjaga, Anda bisa menerapkan beberapa aturan sederhana dalam keseharian. Misalnya dengan tidak memegang tas dengan tangan kotor atau baru menyentuh pelembab. Atau dengan jangan menjemur tas di tempat yang panas dan langsung terkena sinar matahari. Lalu hindari pula mengenakan tas yang itu-itu saja agar tidak cepat rusak.

7. Bila tidak bisa memperbaiki sendiri, bahwa kepada ahlinya
Bawalah tas anda kepada jasa profesional. Anda bisa pergi ke jasa perbaikan sepatu yang umumnya juga bisa membetulkan tas. Hal ini anda lakukan jika tas rusak atau terkena noda yang tidak bisa Anda perbaiki sendiri. (Sumber: Wolipop)

Tas adalah wadah tertutup yang dapat dibawa bepergian. Materi untuk membuat tas antara lain adalah kertas, plastik, kulit, kain, dan lain-lain. Biasanya digunakan untuk membawa pakaian, buku, dan lain-lain. Tas yang dapat digendong di punggung disebut ransel, sedangkan tas yang besar untuk memuat pakaian disebut koper (dari bahasa Belanda koffer).Ada pula tas yang hanya berbentuk kotak yang biasanya dipergunakan oleh kaum wanita untuk membawa peralatan kecantikannya, biasanya disebut dengan tas kecantikan atau beauty case .

Sekarang tas menjadi salah satu industri yang sangat menggiurkan. Rata-rata penduduk di dunia ini, menghabiskan sebagian dari uangnya untuk membelanjakan tas. Oleh karena itu, para pengusaha sangat tertarik untuk mengembangkan bisnisnya di industri tas ini. Sekarang ada tas yang terbuat dari batik.Modelnya tidak kalah menarik dari tas-tas lainnya.Selain itu, tas ini memeliki corak yang menarik yang dapat menarik perhatian para konsumen. (Wikipedia)

Ingin Karpet Anda Awet? Begini Caranya

Karpet
Permadani atau ambal atau karpet adalah tekstil penutup lantai, terdiri dari lapisan atas "berbulu" yang melekat pada alasnya. Tumpukan permadani umumnya terbuat dari wol atau serat buatan manusia seperti polypropylene, dan biasanya terdiri dari lilitan-lilitan jumbai yang acapkali dipanaskan untuk mempertahankan struktur mereka.

Karpet yang dibuat mesin usianya bisa sampai puluhan tahun, sedangkan karpet buatan tangan dapat berumur ratusan tahun. Karpet buatan tangan juga lebih mudah perawatan dan tidak menyebabkan alergi. Harganya juga lebih mahal, sampai ratusan juta rupiah.

Sebagian besar karpet terkenal, dikemukakannya, berasal dari Turki, Iran, Pakistan dan Afganistan. Kualitas paling bagus, karpet yang berasal dari Iran. Sebagian besar dari Iran adalah karpet buatan tangan.


Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • Hal yang paling dihindari karpet adalah air, maka begitu ada air tumpah, sebaiknya langsung dilap. Bila anda menunda nmengeringkannya maka karpet akan bau, berjamur dan cepat rusak.
  • Ketika mencuci karpet hendaknya jangan merendam karpet terlalu lama. Karena dengan merendam karpet terlalu lama mengakibatkan pewarna karpet yang berasal dari pewarna nabati menjadi mudah luntur jika terkena air.
  • Pemilik karpet hendaknya membersihkan karpet sesering mungkin.

Istilah

Istilah "karpet" sendiri berasal dari kata dalam Bahasa Italia kuno carpita, "carpire" yang berarti membului. Kata karpet biasanya dipakai juga untuk menyebut permadani, di mana permadani Persia diperkenalkan setelah dibukanya jalur perdangangan dengan Eropa barat pada abad ke-17. Dalam sejarahnya karpet atau permadani dipakai juga untuk menyebut penutup meja maupun dinding, karena karpet tidak lazim dipakai untuk menutupi lantai di Eropa hingga abad ke-18.

Cara Memasang Saklar Gantung

macam-macam saklar gantung
macam-macam saklar gantung
Saklar gantung adalah salah satu bentuk saklar listrik yang berguna untuk memutus atau menyambungkan arus listrik. Penggunaannya dapat diaplikasikan untuk menyalakan atau memadamkan alat listrik seperti lampu, pompa air listrik, dan lain-lain.

Rangkaian listrik saklar gantung
Rangkaian listrik saklar gantung
klik gambar untuk memperbesar
Pada dasarnya, semua saklar tunggal berkerja atau berprinsip sama, yakni memotong jalur kabel lsitrik positip/strum. Namun bagaimana cara merangkainya tidak semua tau trerutama bagi kita yang masih awam dalam listrik.

Kali ini Admin akan menjelaskan bagaimana cara pemasangan saklar gantung tersebut, sebagai contoh kita akan memasang saklar gantung untuk sebuah lampu. peralatan yang diperlukan cukup sederhana yaitu:
    alat dan bahan untuk membuat saklar gantung
  • Tang pemotong kabel
  • Isolasi
  • Kabel listrik, gunakan kabel serabut warna hitam merah
  • Kap lampu
  • Sakelar gantung

Cara memasang:
  1. Pastikan anda mengetahui mana kabel positif dan negatip di rumah anda dengan mengetesnya menggunakan TESPEN.
  2. Untuk mencegah terkena strum sebaiknya aliran listrik di rumah dimatikan dengan meng-off-kan MCB
  3. Sambungkan kabel listrik dari kabel utama rumah ke kap/mangkuk lampu
pemasangan kabel pada kap lampu
pemasangan kabel pada kap lampu

4. Potong kabel yang berwarna hitam (Positif), kemudian hasil potongan disambungkan ke saklar
gantung. Kabel yang menyambung ke saklar dapat diperpanjang sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menutup setiap sambungan dengan isolasi
Rangkaian kabel saklar gantung
Rangkaian kabel Saklar Gantung
saklar gantung
Penyambungan kabel pada saklar gantung
Gambar rangkaian instalasi listrik saklar gantung
Rangkaian saklar gantung dengan perpanjangan kabel untuk sakla

Rahasia Saklar Otomatis Pompa Air dengan Dua Pelampung

Pelampung untuk tandon air
Penggunaan saklar otomatis untuk mesin air adalah sangat diperlukan, karena dengan dipasangnya otomatis pompa maka toren atau tangki / tandon air akan selalu terisi penuh, selain itu tangki akan terhindar dari lubernya air.

Mungkin dari kita akan bertanya bagaimanakah cara kerja otomatis pompa tersebut? terdapat beberapa macam jenis saklar otomatis untuk pompa air, diantaranya adalah pressure switch, Float switch, saklar dengan satu pelampung, dan saklar otomatis pompa dengan dua pelampung. Namun untuk kesempatan kali nini Saya akan membahas jenis yang memakai dua pelampung.

Salah satu merek yang umum dipakai adalah "Radar" pelampung air st 70ab. Saat kita membeli alat ini maka akan disediakan satu buah saklar, dua buah pelampung, dan tali pengikat untuk pelampungnya.

Saran untuk dibaca: Cara memasang "Radar" pelampung air st 70ab pada Toren


Prinsip kerja:
    saklar otomatis untuk radar
  1. Setelah seluruh peralatan terpasang maka kedua pelampung dalam keadaan tergantung, hal ini menyebabkan tertariknya tuas saklar yang berada di atasnya, hal ini menyebabkan tersambungnya aliran listrik ke mesin air.
  2. Dalam posisi ini maka air akan mengisi tangki, saat air merendam pelampung yang berada pada posisi paling bawah, maka pelampung tersebut akan terangkat/mengambang, namun tidak berpengaruh apa-apa terhadap tuas saklar sehingga mesin masih bekerja untuk menyuplai air ke tangki.
  3. Saat air sudah mencapai pelampung yang kedua maka pelampung tersebut akan terangkat dan mengambang sehingga lama-lama tekanan pada tuas saklar berkurang, hal ini menyebabkan tuas saklar kembali ke posisi semula dan memutuskan arus listrik ke mesin air. Selanjutnya mesin airpun berhenti bekerja dan suplai air terhenti. Dengan demikian air dalam tangki terhindar dati luber.
  4. Setelah air dalam tangki kita gunakan untuk keperluan di rumah, maka lambat laun ketinggian air menjadi berkurang, satu persatu pelampung akan menggantung. Saat pelampung yang paling atas menggantung maka tidak akan mempengaruhi tuas saklar. Namun saat kedua pelampung sudah tergantung maka tuas saklar atak tertarik sehingga akan mengalirkan listrik ke mesin pompa, begitu seterusnya berulang-ulang.

Bagaimana Pelampung dapat bekerja sedemikian rupa?

Di dalam masing-masing pelampung berisi 90% air, dan 10% udara.Air berfungsi sebagai pemberat (beban kedua pelampung saat tergantung akan mampu menarik tuas saklar). Sedangkan udara berfungsi agar pelampung dapat mengapung di atas permukaan air (saat keduanya mengapung maka akan mengembalikan posisi saklar ke posisi semula/off).

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control)

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) digunakan untuk Toren / Tendon / Tempat Penampungan Air, dll. York merupakan merek yang banyak digunakan di Indonesia.
Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) digunakan untuk Toren / Tendon / Tempat Penampungan Air, dll. York merupakan merek yang banyak digunakan di Indonesia.

Alat ini memiliki panjang kabel yang berbeda-beda dari tiap pabrikan, mulai dari dua meter hingga lima meter.

Saklar level atau float switch, merupakan saklar diskret yang digunakan untuk mengontrol level permukaan cairan di dalam tangki. Posisi level cairan dalam tangki digunakan untuk men-trigger perubahan kontak saklar. Posisi level switch ada yang horizontal dan ada yang vertikal.

Pelampung Air Otomatis (Float Switch / Floating Control) / Alat Pengontrol Level Air (Liquid Level Control Switch) digunakan untuk Toren / Tendon / Tempat Penampungan Air, dll. York merupakan merek yang banyak digunakan di Indonesia.Floating control ini banyak digunakan untuk mengganti pelampung air otomatis jenis lain yang sudah tidak awet (tidak tahan lama dipakai) karena daya pompa yang terlalu besar.

System koneksi floating control ini menggunakan plat dan bola logam seperti umumnya otomatis bawaan pompa celup, jadi dapat menahan daya yang besar atau dapat dilalui arus yang besar sehingga lebih awet dari pelampung air jenis lainnya.


Prinsip kerja

Float Switch posisi mati
Float switch off/mati
Pada posisi horizontal, apabila permukaan cairan turun, pelampung juga akan turun, sehingga kontak akan berubah dari posisinya. Jika permukaan cairan naik lagi, maka pelampung akan naik dan kontak akan berubah lagi. Pada posisi vertikal, di dalam pelampung terdapat magnet tetap, yang bergerak naik turun mengikuti tinggi permukaan cairan. Di dalam pipa bagian tengah pelampung terdapat saklar yang membuka dan menutupnya dikerjakan oleh piston yang bergerak mengikuti magnet tetap di dalam pelampung. FS tersedia dua konfigurasi, yaitu open tank dan closed tank. Open tank digunakan untuk tanki terbuka sehingga terbuka juga terhadap tekanan atmosfir. Sedangkan closed tank digunakan untuk tanki tertutup dan bertekanan.

Kebanyakan, alat ini digunakan hanya untuk satu fungsi, yakni menyalakan mesin air saat air di tangki/toren sudah habis. Dan mematikan kembali mesin air bila air di tangki penampungan sudah penuh.

Float Switch posisi menyala
Float switch on/Hidup
Namun demikian Float Switch dapat digunakan dalam kondisi sebaliknya yakni: menyalakan mesin air saat air di pusat penyedotan masih tersedia. Dan mematikan kembali mesin air bila air di pusat penyedotan habis. Pemasangan Float Switch seperti ini biasanya pada sumur tempat dimana kita menyedot air. hal ini untuk menjaga agar pompa air agar tidak menyala saat kondisi sumur mengalami kekosongan air, atau musim kemarau.

Untuk mengatur agar pompa air dapat secara otomatis on dan off pada level permukaan air yang dikehendaki adalah dengan cara menarik atau mengulur kabel yang dikaitkan pada titik pemberat berwarna orange yang berisikan pasir.

Merancang Pemanas Air (Water Heater) Sendiri

Sudah lama saya ingin membuat artikel tentang tata cara pemasangan water heater untuk rumahan. Alhaamdulillah akhirnya referensipun saya dapatkan.

Kebetulah beberapa minggu yang lalu kaka Saya baru menyelesaikan pengerjaan water heater di rumahnya, dan sayapun banyak bertanya tentang water heater tersebut.

Pemanas air yang dipasang kaka saya tersebut menggunakan gas dengan merek Paloma. Berikut ini penjelasannya.

Denah pemanas air di kamar mandi
Denah pemanas air di kamar mandi, klik gambar untuk memperbesar
Pemanas Air (Water Heater) Paloma
Pemanas Air (Water Heater) Paloma

keran water heater