Home » » Pengertian & Arti Fleece

Pengertian & Arti Fleece

Kain Fleece
Kain Fleece
Fleece adalah salah satu jenis kain hasil produksi tekstil. Fleece merupakan bahan yang memiliki lapisan serat seperti kapas pada salah satu permukaannya. Bahan Fleece memiliki sifat hangat namun tidak panas sehingga nyaman dipakai, oleh karena itu para industri garment sering menggunakan bahan Fleece untuk pembuatan jaket, sweater, jumper, dan lain-lain. Karena. Bahan Fleece sendiri memiliki bermacam jenis, seperti Fleece Katun dan Fleece Polyester.

Fleece adalah hasil akhir dari produk tekstil yang merupakan imitasi dari wol. Ada banyak jenis fleece, diantaranya fleece polyester, fleece cotton, fleece micro, fleece polar, fleece bamboo dll. Karena imitasi dr wol, otomatis fleece memiliki kehangatan dan kelembutan yg dirancang agar sama seperti wol. Dalam dunia per-clothing-an, para insinyur clothing banyak yg menggunakan bahan fleece untuk diaplikasikan menjadi sebuah produk seperti jumper (atau bahasa inggrisnya hoodie), jaket, dan celana.

Jenis Fleece yang banyak digunakan dalam dunia perclothingan adalah fleece cotton. Varian ini tersusun atas campuran serat cotton (katun) 80 persen yang berpadu dengan serat wol sekitar 20 persen. cirikhas dari fleece adalah memiliki benang yang lebih ringan dan bercahaya (lebih cerah) dibandingkan bahan lain dengan warna yang sama. Fleece lembut untuk digunakan, dan katun fleece adalah varian yang terkenal paling lembut dan nyaman. Sehingga dengan tekstur yang lebih halusmenarik para pengguna produk fleece.

Fleece cotton menjadi bahan yang baik karena saat dipakai, mampu menguapkan keringat melalui pori pori dengan cepat, sehingga sweater katun fleece tetap ringan dikenakan saat berkeringat. Begitu juga saat diaplikasikan ke dalam celana training (sweatpants), membuat pengguna tidak mudah kepanasan karena sirlulasi udara pada fleece terjadi dengan sangat baik.

jaket Fleece
Kelebihan dan kekurangan
  • Kekurangan Fleece cotton (dan fleece lainnya secara umum) yaitu mudah terbakar dan cenderung menghasilkan jumlah listrik stratis yang jauh lebih tinggi dibandingkan kain dari bahan lain. 
  • Sementara itu, dibalik kekurangannya, fleece memiliki kelebihan yaitu hangat namun tidak panas , lembut, ringan, halus, dan nyaman.

Referensi: Cahlan Maghribi, "FLEECE? apa itu?"

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.