Cara Pasang Pintu Geser Rel (Sliding) Rumah Sendiri

Beberapa hari yang lalu saya melakukan sedikit perubahan pada lantai ruang tengah dan kamar anak Saya, yaitu menambah ketinggian lantai sekitar 40cm. Rencananya sih cuma mau pasang keramik saja, ternyata kusen dan pintu kamar harus diganti karena sudah rapuh.

Setelah dipikir-pikir ternyata pintu kamar cocoknya dipasangi pintu geser, karena dengan dipasangnya pintu geser akan memudahkan penempatan peralatan/forniture, karena pintu geser hanya bergerak pada jalurnya, tidak seperti pintu dorong yang memerlukan area untuk bergerak buka-tutup.

Sebelum memasang, saya tanya-tanya dulu berapa harha pintu geser di tempat pembuatan pintu. Setelah bertanya ke beberapa tempat pembuat kusen dan pintu, diperoleh data bahwa untuk satu set pintu geser lengkap dengan aksesorinya adalah Rp. 900.000,-. Itu belum termasuk ongkos pasang sebesar RP. 70.000,-.

Ternyata besar juga biayanya, akhirnya saya mencoba memasang sendiri pintu geser, dan semua peralatannya saya beli terpisah. Kemudian saya menyiapkan beberapa bahan untuk pintu geser ini yakni:
  1. Pesan pintu geser berbahan triplek, berukuran lebar 1 meter, tinggi 2 meter dengan harga Rp. 300.000,-. Ini untuk ukuran lebar kusen 80cm.
  2. Beli satu set asesoris pintu geser Harga: RP. 190.000,- yang terdiri dari: 4 Bracket (untuk dibaut dengan rel pintu/rumah roda, dipasang di tembok), 2 Pengunci roda (agar roda tidak terlepas dari rumah roda), 1 Rel pintu/ Rumah roda dengan panjang 180cm, 2 Roda+pengait, 1 Plat berbentuk n (untuk dipasang di bawah pintu) + Penahan pintu agar tidak berubah posisi.
Setelah semuanya lengkap lalu mulai pemasangan asesoris pintu geser...


1. Memasang plat penahan pintu. 

Pemasangan Plat penahan Pintu geser
Bagian bawah pintu, saat pemasangan plat penahan pintu geser
Plat yang bila dilihat dari samping berbentuk huruf n ini dipasang pada bagian bawah pintu dengan memakai dua buah baud. Perlu diketahui bahwa plat ini harus terpasang masuk ke dalam pintu, jadi bagian bawah pintu di buat cekungan berbentuk kotak memanjang, cekungan ini bisa dilakukan oleh pembuat pintu, jadi sebelumnya harus diberitahukan ke pambuat pintu.


2. Memasang roda gantung

roda pintu geser
Pada sebuah pintu geser biasanya dipasang dua buah roda. Namun sebelumnya, pasang dulu plat pengait pada bagian atas pintu, kemudian masukkan baud roda pada lubang plat tersebut. Terakhir kencangkan baudnya.

Pemasangan roda pada pintu geser
Duah roda yang sudah terpasang pada bagian atas pintu geser

3. Memasang Penahan Pintu Bagian bawah (Stopper)


penahan pintu
Penahan pintu ini terbuat dari plastik yang ditanam di lantai menggunakan dua buah skrup. letaknya berdekatan dengan kusen bagian kanan (Bila saat dibuka pintu bergeser ke arah kanan). bila pintu akan dibuka pe posisi kiri maka penahan ini dipasang di dekat kusen sebelah kiri.
Pemasangan penahan pintu geser
Penahan pintu yang sudah terpasang di lantai


4. Memasang Rel Pintu (rumah Roda)
rel pintu geser


pintu geser yang telah terpasang
Rumah roda yang sudah terpasang
Rumah roda adalah tempat bergeraknya pintu ke kiri dan ke kanan. untuk pemasangnya, pasang dulu kedua plat (bracket) yang berbentuk L pada rumah roda. kemudian pasang di tembok menggunakan baud fisher. Setelah itu masukkan roda yang sudah terpasang di pintu ke dalam rumah roda.
Roda yang sudah terpasang
Roda yang sudah terpasang

5. Memasang Penahan Roda


Pasang penahan roda pada kedua ujung rumah roda.


6. Memasang kunci dan daun pintu


Pintu geser
Berbeda dengan kunci untuk pintu dorong, pada pintu geser, terdapat pengait yang keluar saat kunci diputar dua kali. Jadi pada saat kunci diputar sekali pengait belum keluar, namun setelah diputar dua kali maka pengait akan keluar.


7. Memasang Kusen

kusen pintu geser

Kusen pada pintu geser hanya ada di bagian yang digunakan untuk kunci.

6 comments for "Cara Pasang Pintu Geser Rel (Sliding) Rumah Sendiri"

  1. tengkyu info nya boss.. kebetulan saya memang lagi mau pasang pintu geser..daripada beli jadi mahal.. mendingan pasang sendiri ya..murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan. Ya betul, mending pasang sendiri, mudah dan lebih murah

      Delete
  2. gan, aku jadi mikir itu pintunya dikunciin kemana ya?😂

    ReplyDelete
  3. Apa fungsi point no.1?
    Apa ada benda lain yg ditaruh di lantai dan masuk ke lubang dibawah pintu tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poin 1 itu nantinya bertemu dengan penjelasan yang ada di poin 3 (Penahan Pintu Bagian bawah (Stopper))

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.