Tips Higienis Memasang Galon Tanpa Tutup Anti Tumpah

Tutup Anti Tumpah
Beberapa hari yang lalu saya sempat kaget karena susahnya mencari tutup galon anti tumpah. Tutup anti tumpah ini dipasang pada mulut botol galon yang berguna untuk mencegah air mineral dari dalam botol tidak tumpah saat pemasangan botol ke dispenser air.

Saat itu tutup anti tumpah yang saya miliki pecah saat menuangkan botol ke dispenser, akibatnya air dalam botol tetap tumpah saat saya memasang galon ke dispenser. Sayapun mencari tutup anti tumpah yang baru ke beberapa warung hingga toko yang jual air botol galon. Namun barang yang saya cari tidak ada.

Akhirnya saya mencoba pergi ke toko kakak saya yang saya tau pernah menjual tutup anti tumpah ini. Sesampainya di sana, saya kecewa karena barang yang dicari tidak ada. Kakak saya mengatakan bahwa sekarang ini orang-orang jarang yang menggunakan anti tumpah untuk botol galonnya, mereka lebih banyak menggunakan cara cara praktis dengan menyobek tutup galon menggunakan pisau, kemudian dipasang ke dispenser.

Sayapun pulang ke rumah, dan googling di YouTube mencari tutorial bagaimana memasang botol galon tanpa anti tumpah. Sayapun akhirnya mengerti, ternyata sangat mudah memasang galon tanpa tutup anti tumpah.

Namun dari beberapa tutorial di YouTube, banyak yang kurang memperhatikan segi kebersihan dan kesehatan. Untuk itu berikut ini saya bagikan kepada anda bagaimana nmemasang botol galon dengan bersih dan sehat. Selamat mencoba....
  1. Saat pertamakali menerima botol galon air mineral (Baik yang asli produk pabrik ataupun isi ulang) buka dahulu segel plastik tipisnya, kemudian cuci seluruh permukaan galon dari mulai tutup, leher, hingga bagian bawah galon, lalu keringkan.
  2. Siapkan tisu basah yang didapat saat membeli botol galon, lap bagian leher galon hingga tutupnya dengan tisu tersebut.
  3. Lap juga bagian mangkuk dispenser, yaitu tempat masuknya galon. Gunakan bagian dalam Tisu untuk mengelap, dengan cara membuka lipatan tisu. Hal ini diperlukan karena bagian luar tisu sudah dipakai untuk membersihkan leher botol.
  4. Buka kembali lipatan tisu, lihat bagian yang masih bersih. Gunakan untuk mengelap pisau.
  5. Robek tutup galon dengan pisau sebanyak dua kali, bentuk menyilang (+).
  6. Angkat botol dengan dua tangan, pertama tama pegang bagian bawah leher galon dengan dua tangan, lalu miringkan galon ke arah kiri. Tahan galon dengan tangan kiri agar tidak jatuh (pastikan anda tidak memegang leher galon karena kalau terpegang maka leher galon akan kotor oleh tangan anda), pindahkan tangan kanan ke bagian bawah galon.
  7. Angkat galon ke atas menuju dispenser, arahkan mulut botol ke tengah-tengah mangkuk dispenser. Lalu letakkan botol tegak lurus dengan dispenser.
Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton videonya berikut ini:

Post a Comment for "Tips Higienis Memasang Galon Tanpa Tutup Anti Tumpah"